Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung yang Eksotis dan Mempesona

Fasilitas Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung

Tangkuban Perahu Bandung – Selain tempat wisata Kawah Putih Bandung, kawasan wisata Tangkuban Perahu yang memiliki kawah juga merupakan salah satu objek wisata yang paling populer di daerah Bandung dan sekitarnya . hal ini wajar sekali, karena pemandangan yang ada di sekeliling gunung dan kawah tangkuban perahu memiliki keindahan yang sangat luar biasa dan sangat memanjakan mata.

Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung yang Eksotis dan Mempesona
Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung yang Eksotis dan Mempesona

Tempat wisata Gunung tangkuban perahu ini, seolah-olah harus menjadi tempat wisata yang wajib anda kunjungi jika anda sedang berlibur di Bandung. Tempatnya yang mudah dijangkau dan cukup unik memiliki daya tarik sendiri untuk dikunjungi oleh para wisatawan asing ataupun wisatawan lokal. Kawah utama yang berada di tempat wisata tangkuban perahu Bandung adalah kawah ratu yang sangat luas sekali. Anda bisa menikmati pemandangan yang ada di sekitar kawah utama ratu tangkuban perahu ini secara langsung dari bibir kawah.

Nah, bagi anda yang penasaran atau sedang mencari informasi seputar tempat wisata di Bandung. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai beberapa informasi tentang tempat wisata tangkuban perahu Bandung yang sangat eksotis dan indah. Untuk informasi selengkapnya, yuk simak ulasannya berikut ini jika anda berniat untuk berkunjung ke tempat wisata tangkuban perahu Bandung.

Tangkuban Perahu Legenda dan Sejarahnya

Tangkuban Perahu Legenda dan Sejarahnya
Tangkuban Perahu Legenda

Gunung Tangkuban Perahu dikenal dengan legenda dan sejarah dari Jawa barat yang terkenal. Legenda yang terkenal di tempat wisata tangkuban perahu Bandung ini adalah legenda Sangkuriang dan Dayang sumbi yang bahkan sudah dijadikan sebagai sebuah film. Alasan mengapa Gunung ini disebut sebagai tangkuban perahu ( perahu terbalik) karena memang jika dilihat dari jauh gunung ini akan terlihat seperti perahu yang terbalik. Bagi anda yang ingin melihat gunung tangkuban perahu ini dengan jelas, Anda bisa melihatnya dengan jelas dari daerah Maribaya Lembang.

Cerita rakyat tangkuban perahu ini cukup dikenal di daeraha provinsi Jawa barat. Cerita rakyat tentang tangkuban perahu mengisahkan tentang Sangkuriang dan dayang sumbi. Sangkuriang merupakan seorang anak yang jatuh cinta pada Dayang Sumbi yang merupakan ibunya sendiri.

Tangkuban Perahu Legenda
Tangkuban Perahu Legenda

Namun, karena dayang sumbi mengetahui bahwa sangkuriang adalah anaknya maka ia memiliki keinginan agar keinginan dari sangkuriang tidak terlaksana. Dengan begitu, dayang sumbi mengajukan syarat untuk dibuatkan telaga dan perahu dalam satu malam kepada sangkuriang. Dengan segala upaya dan usaha dari Dayang Sumbi, akhirnya sangkuriang gagal memenuhi syarat tersebut. Sangkuriang  marah dan kemudian melampiaskan kemarahannya dengan menendang perahu yang baru setengah jadi tersebut yang sudah ia buat dengan susah payah.

Nah, menurut legenda dari cerita rakyat perahu yang ditendang oleh Sangkuriang ini mendarat terbalik, dan akhirnya jadilah sebuah gunung yang disebut dengan gunung tangkuban perahu. Sedangkan, Tunggul dari sebuah pohon yang ditebang dan dibuat menjadi perahu tersebut juga berubah menjadi gunung bukit tunggul.

Bentuk dari gunung yang terlihat seperti perahu terbalik tersebut akan sangat terlihat jelas jika dilihat dari daerah Cibodas Lembang.

Baca Juga: Pesona Objek Wisata Curug Cimahi Rainbow Waterfall Bandung

Daya Tarik Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Daya Tarik Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung
Daya Tarik Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Bagi anda yang sedang berkunjung ke kota Bandung, anda harus menyempatkan untuk bisa ke tempat wisata Tangkuban Perahu Bandung ini. Hal ini karena adanya beberapa hal yang menjadi daya tarik dari tempat wisata di Bandung yang satu ini. Adapun beberapa daya tarik yang dimiliki oleh tempat wisata tangkuban perahu adalah sebagai berikut:

Wisata Alam Puncak Tangkuban Perahu Bandung

Gunung Tangkuban Perahu ini berada di ketinggian kurang lebih sekita 2.084 meter diatas permukaan laut atau sekitar 6.837 kaki. Jadi, tidak heran jika suhu udara yang ada di kawasana ini sangat sejuk atau bahkan cukup dingin meski anda berada disini pada siang atau malah hari.

Jika dilihat dari peta letak posisi geografis Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung berada pada posisi 60 46’LS 1070 36’ BT (Trop. Nederl. 1938).

Wisata Alam Tangkuban Perahu Bandung
Wisata Alam Puncak Tangkuban Perahu Bandung

Taman Wisata Alam Gunung puncak Tangkuban Parahu ini memiliki beberapa daya tarik wisata tersendiri. Beberapa daya tarik yang bisa anda nikmati dan yang ditawarkan oleh tempat wisata yang satu ini adalah suguhan pesona pemandangan alam yang indah. Terutama daya tarik adanya wisata alam Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Baru, Kawah Domas yang merupakan beberapa kawah yang berada di Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung.

Oleh karena itu, banyak wisatawan yang datang ke sini dengan tujuan hanya untuk bisa menikmati keindahan alam khas dataran tinggi yang ada di gunung tangkuban perahu ini. Hingga saat ini, salah satu tempat wisata andalan Bandung ini banyak yang mengunjungi dan banyak wisatawan yang rela membayar harga tiket berapa pun untuk bisa masuk ke tempat wisata Tangkuban Perahu ini. Anda bisa merelaksasikan dan menyegarkan pikiran anda dengan beban dari rutinitas sehari-hari.

Paket Outbound di Tangkuban Perahu

Tempat Outbound di Tangkuban Perahu
Paket Outbound di Tangkuban Perahu

Selain anda bisa menikmati keindahan gunung dan kawah yang ada di tangkuban perahu, anda juga bisa melakukan kegiatan outbound di Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung ini. Gunung tangkuban perahu menyediakan fasilitas untuk melakukan outbound dan outbound ini merupakan salah satu tempat Outbound terbaik yang ada di Kota Bandung khususnya di Lembang.

Tidak heran jika tempat wisata tangkuban perahu ini banyak dijadikan sebagai tempat untuk acara Outing, gathering dan yang lainnya oleh para pengunjung. Selain itu, di tempat wisata yang satu ini juga menjadi lokasi favorit sejumlah Tour Travel yang ada di Bandung untuk gelar acara outbound, bagi kliennya yang ikut program Paket Outbound Bandung.

Mengenai Harga Paket Outbound Tangkuban Perahu sendiri, biasanya harga tiket sudah menjadi satu dengan harga tiket masuk Gunung Tangkuban Perahu juga.

Spot Foto Prewedding Tangkuban Perahu Bandung

Spot Foto Prewedding Tangkuban Perahu Bandung
Spot Foto Prewedding Tangkuban Perahu Bandung

Bagi anda yang sedang mencari tempat untuk melakukan foto prewedding anda bisa memilih Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung  ini sebagai tempat yang bagus untuk meakukan  sesi pemotretan Pre-wedding secara outdoor.

Selain tempat sesi pemotretan yang populer seperti Pine Forest Camp dan Jalan Braga dan tempat wisata di Bandung yang lainnya. Anda bisa menjadikan tempat wisata tangkuban perahu Bandung sebagai alternatif tempat foto prewedding yang lainnya. Biasanya anda akan dikenakan tarif atau biaya tambahan untuk bisa melakukan sesi pemotretan di kawasan wisata tangkuban perahu ini.

Baca Juga: Objek Wisata Alam Situ Patenggang Bandung yang Eksotis dan Menakjubkan

Lokasi dan Alamat Tangkuban Perahu Bandung

Lokasi dan Alamat Tangkuban Perahu Bandung
Peta Lokasi dan Alamat Tangkuban Perahu Bandung

Lembang merupakan suatu daerah yang terkenal dengan tempat wisatanya yang eksotis seperti The Lodge Maribaya dan lainnya. Objek wisata yang juga tak kalah terkenal adalah Tempat Wisata Tangkuban perahu. Bagi anda yang ingin mengunjungi tempat wisata di Bandung yang satu ini, anda bisa mengunjunginya di kompleks wisata kawah Gunung Tangkuban perahu yang berada di perbatasan Bandung Barat dengan Subang, tepatnya setelah Cikole Lembang.

Tempat wisata Tangkuban Perahu Bandung ini sangat mudah sekali untuk di akses karena rute menuju ke kawasan ini sudah terdapat banyak penunjuk jalan menuju ke tempat wisata andalan Bandung yang satu ini.

Rute Menuju ke Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung

Rute Menuju ke Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung
Rute Menuju ke Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung

1Sedangkan untuk rute menuju ke Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung  ini, jalan yang akan anda lewati dari Bandung sampai ke lokasi kawah sudah cukup bagus. Anda bisa menggunakan alternatif sebagai berikut ini:

Rute Tangkuban Perahu dengan Kendaraan Pribadi

Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa menggunakan rute Bandung  kemudian menuju ke Lembang  dan berakhir di Ciater. Setelah itu, untuk selanjutnya Anda tinggal mengikuti jalan Setiabudhi menuju ke Lembang, dan belok kanan ke arah Subang mulai dari bunderan Lembang. Anda tidak perlu khawatir tersesat karena banyak rambu informasi disepanjang jalan menujuke Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung ini.

Rute Menuju Tangkuban Perahu dengan Kendaraan Umum

Sedangkan, apabila anda menggunakan kendaraan umum, anda bisa naik angkutan kota dari Stasiun Hall menuju ke Lembang. Lalu, setelah itu anda bisa berhenti di terminal Lembang, untuk selanjutnya anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot dari lembang menuju ke cikole .

Rute Tangkuban Perahu dengan Menggunakan Elf

Selain beberapa kendaraan diatas, anda juga bisa mencoba alternatif lainnya yakni dengan naik elf atau angkutan sejenis bus mini dari terminal ledeng  yang berada di jalan setiabudi menuju ke arah subang atau dari terminal lembang.

Nah, dari arah Bandung, nanti anda akan menemukan jalan masuk ke Tangkuban Perahu di sebelah kiri jalan tepat setelah hutan pinus Cikole yang juga merupakan objek wisata yang cukup indah yang ada di Bandung. Setelah sampai di pintu gerbang masuk Gunung Tangkuban Perahu, selanjutnya anda masih harus menempuh perjalanan dengan jarak sekitar 3 kiometer untuk menuju ke kawah gunung tangkuban perahu ini.

Baca Juga: Tempat Wisata Farmhouse Lembang Bandung yang Asik dan Menyenangkan

Fasilitas Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung

Fasilitas Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung
Fasilitas Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung

Adapun beberapa fasilitas yang bisa anda nikmati di Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung ini adalah sebagai berikut:

Hotel dan Penginapan Tangkuban Perahu

Bagi anda yang ingin menginap atau bermalam di Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung ini, anda bisa menginap dan menemukan penginapan dengan mudah tidak jauh dari kawasan Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung ini.

Memang tidak terdapat sebuah penginapan ataupun hotel yang berada di dalam kompleks wisata gunung Tangkuban Perahu ini, namun anda bisa dengan mudah menemukan penginapan ataupun hotel yang tidak jauh dari lokasi Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung ini. Jadi, Anda bisa mencari penginapan  yang ada di daerah Lembang yang terletak dekat dengan lokasi Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung.

Kantin atau Warung

Bagi anda yang merasa lapar dan haus saat sudah puas mengelilingi keindahan dan keeksotisan Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung ini, jangan khawatir karena banyak pedagang yang menyediakan makanan dan minuman dan tempat untuk berisitirahat di sekitar Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung  ini.

Masjid

Bagi anda yang beragama islam, anda tidak perlu khawatir untuk melakukan ibadah karena di Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung  ini juga sudah disediakan masjid sebagai tempat untuk beribadah. Masjid yang disediakan juga cukup bersih.

Toilet

Di Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung  ini juga disediakan cukup banyak kamar mandi atau toilet yang bersih. Jadi, bagi anda yang ingin buang air tidak perlu khawatir lagi untuk mencari tempat di kawasan wisata ini.

Area Parkir

Di Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung  ini juga disediakan area parkir yang cukup luas. Sarana parkir juga tersedia cukup luas. Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi, anda bisa langsung memarkirkan kendaraan anda di dekat kawah tangkuban perahu sehingga anda tidak perlu berjalan jauh untuk menuju lokasi utama Wisata Tangkuban Perahu Bandung.

Sedangkan bagi anda yang menggunakan kendaraan besar seperti bis, anda bisa memarkirkannya di area parkir khusus mobi besar yang terletak kurang lebih sekitar 200 meter sebelum anda menuju ke kawah ratu.

Baca Juga: Objek Wisata Orchid Forest Cikole Lembang Bandung yang Mempesona

Tangkuban Perahu Bandung Tiket Masuk

Tangkuban Perahu Bandung Tiket Masuk
Tangkuban Perahu Bandung Tiket Masuk

Selanjutnya mengenai informasi harga tiket masuk menuju tempat wisata tangkuban perahu Bandung. Tiket masuk menuju kawah area tangkuban perahu kami piker harganya relatif lebih mahal. Berikut beberapa informasi mengenai harga tiket bagi wisatawan lokal yang berkunjung ke Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung :

  • Hari biasa harga tiketnya mulai dari Rp. 20 ribu
  • Hari libur atau weekend anda akan dikenakan harga tiket sebesar Rp. 30 ribu di weekend.

Sedangkan, untuk harga tiket bagi wisatawan asing atau mancanegara akan dikenakan biaya sekitar Rp.200 ribu untuk hari biasa dan Rp. 300 ribu untuk hari libur atau weekend.

Untuk harga tiketnya berbeda dengan harga tiket masuk, anda akan dikenakan biaya sekitar Rp. 5 ribu untuk biaya parkir motor.

Spot Terbaik di Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung

Spot Terbaik di Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung
Spot Terbaik Tangkuban Perahu Bandung

Bagi anda yang mengingikan spot foto menarik dan indah di Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung  ini, anda bisa menikmati keindahan pemandangan di area beberapa kawah yang ada di sekitar Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung  ini. Berikut beberapa kawah yang bisa anda kunjungi pada saat anda berada di Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung :

Kawah Ratu Tangkuban Perahu

Kawah Ratu Tangkuban Perahu
Kawah Ratu Tangkuban Perahu

Kawah utama yang ada di Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung  ini adalah Kawah Ratu. Kawah ini memiliki ukuran yang sangat luas sekali dan bisa dikatakan objek wisata utama dari kompleks wisata tangkuban perahu. Bagi anda yang ingin menikmati keindahan Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung  ini, Anda bisa langsung memarkir kendaraan yang anda gunakan di bibir kawah, jadi anda tidak perlu berjalan jauh untuk menuju lokasi.

Anda bisa berjalan sedikit menuju ke area sebelah kanan dari parkiran di kawah ratu untuk bisa menikmati suasana yang lebih tenang atau hanya sekedar menikmati kopi,. Anda bisa menikmati kopi sambil menikmati pemandangan indah dari bibir kawah. Disana terdapat banyak warung yang dilengkapi dengan bangku yang ada di pinggir kawah hanya untuk tempat ngopi dan beristirahat.

Jalan menuju kawah juga cukup unik anda akan menemukan sebuah jalan dengan pepohonan yang rindang dengan warna hitam yang ada di kiri dan di kanan jalan. Selain itu, anda akan meihat beberapa ekor lutung yang sedang bermain di pohon-pohon yang rindang tersebut.

Kawah Upas

Kawah Upas
Kawah Upas

Selanjutnya kawah yang berada di sekitar tempat wisata tangkuban Perahu Bandung yang lainnya adalah Kawah upas. Kawah ini merupakan kawah kecil yang berada dibagian atas dari kawah ratu. Sayangnya, pada saat ini akses jalan menuju kawah upas ditutup oleh pengelola karena dianggap akan membahayakan pengunjung.

Cikahuripan

Cikahuripan
Cikahuripan

Selanjutnya spot yang juga tidak kalah menarik adalah spot cikahuripan. Cikahuripan ini adalah  sumber air yang dipercaya berkhasiat yang ada di tempat wisata tangkuban perahu. Sumber air ini sedikit masuk ke hutan, jadi bagi anda yang ingin tahu anda harus hiking mengikuti jalan setapak beberapa ratus meter dari gerbang kawah upas. Cikahuripan biasanya akan sering dikunjungi oleh warga atau orang yang memiliki niatan/kepercayaan tertentu.

Kawah Domas

Kawah Domas
Kawah Domas

Kawah lainnya selain kawah ratu adalah kawah domas. Kawah domas ini berada di area tempat wisata tangkuban perahu lainnya. Pada area kawah ini anda bisa berendam dengan menggunakan lumpur belerang. Hal ini karena memang kawahnya bisa didatangi langsung oleh para pengunjung yang ingin menikmati nyamannya berendam di lumpur belerang.

Bagi anda yang ingin menikmati kenyamanan berendam di lumpur belerang, anda perlu melakukan hiking terlebih dahulu untuk bisa sampai ke lokasi.

Baca Juga: Objek Wisata Taman Hutan Raya Juanda Bandung yang Istimewa (Tebing Keraton)

Tips Berkunjung ke Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung

Tips Berkunjung ke Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung
Tips Berkunjung ke Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung

Bagi anda yang sudah merencanakan untuk belibur ke tempat wisata Tangkuban Perahu Bandung ini, berikut kami rangkum beberapa tips agar liburan anda menjadi lebih nyaman.

  1. Bawalah masker bagi anda yang sensitive terhadap bau belerang. Hal ini karena Kawah tangkuban perahu masih aktif.
  2. Walaupun berada di kawasan pegunungan dengan suasana yang cukup dingin, namun tidak menutup kemungkinan panas matahari akan membuat kulit anda menjadi gosong. Oleh karena itu, gunakanlah sunblock untuk melindungi kulit anda saat berjalan-jalan di tempat wisata Tangkuban Perahu Bandung.
  3. Pedagang yang ada di kawasan wisata biasanya akan cenderung memaksa agar anda membeli barang dagangannya. Oleh karena itu, sebaiknya anda jangan ragu untuk menolak dnegan tegas bagi para pedagang yang memaksa.
  4. Pastikan anda datang ke area lokasi wisata tidak terlalu sore, hal ini karena Area wisata biasanya akan ditutup pada pukul 5 sore.

Baca Juga: Rekomendasi 10 Tempat Wisata Di Bandung Terpopuler

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata tangkuban perahu Bandung yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung yang Eksotis dan Mempesona 1