Keindahan Tempat Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung

Keindahan Tempat Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung Tumbnail

Kawah Putih Ciwidey – Bandung merupakan kota yang sedang berkembang dengan sangat pesat pada saat ini. Bandung juga terkenal sebagai kota yang memiliki tempat wisata yang cukup menawan, indah dan terkenal di kalangan para wisatawan yang sedang mencari tempat untuk menyegarkan pikiran.

Salah satu tempat wisata di Bandung yang bisa kamu kunjungi saat sedang berada disana adalah sebuah kawah yang sangat indah dan sering disebut sebagai surganya kota Bandung.  Kawah yang terkenal sebagai surga Kota Bandung adalah Kawah Putih.

Keindahan Tempat Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung
Keindahan Tempat Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung

Kawah putih merupakan tempat wisata di Bandung yang paling terkenal. Kawah putih ini lebih tepatnya berada di Ciwidey, Jawa Barat. Tempat wisata Kawah Putih Bandung ini berada kurang lebih sekitar 50 Km arah selatan dari kota Bandung.

Konon Tempat wisata Kawah Putih Bandung merupakan sebuah danau yang terbentuk akibat dari letusan Gunung Patuha. Sesuai dengan nama dari tempat wisata di Bandung ini, Tempat wisata Kawah Putih Bandung memiliki tanah yang berwarna putih akibat dari pencampuran unsur belerang. Selain itu,  air danau Tempat wisata Kawah Putih Bandung juga berwarna putih kehijauan dan dapat berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung, suhu, dan cuaca yang sedang terjadi pada saat itu.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan secara lebih rinci tentang Tempat wisata Kawah Putih Bandung ini. Informasi selengkapnya, yuk simak ulasan berikut ini.

Lokasi Tempat wisata Kawah Putih Bandung

Lokasi Tempat wisata Kawah Putih Bandung
Lokasi Tempat wisata Kawah Putih Bandung

Tempat wisata Kawah Putih Bandung ini berlokasi di Kota Bandung tepatnya di Ciwidey. Tempat wisata Kawah Putih Bandung berada di kawasan pegunungan yang berada di ketinggian lebih dari 2.400 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian yang cukup tinggi tersebut, sudah dapat dipastikan suhu udara di kawasan Kawah Putih sangat dingin yakni dengan suhu 8 derajat Celsius sampai dengan 22 derajat Celsius. Nah bagi kamu yang ingin berkunjung ke Tempat wisata Kawah Putih Bandung ini, jangan lupa membawa jaket atau memakai pakaian yang tebal agar memberikan kehangatan bagi tubuhmu.

Selain Tempat wisata Kawah Putih Bandung memiliki keindahan yang bisa dinikmati oleh para wisatawan, Tempat wisata di Bandung ini juga sering kali menjadi tempat untuk kegiatan lain, seperti pengambilan gambar film, melukis, Prewedding, hingga kegiatan mendaki dan berkuda.

Baca Juga: Rekomendasi 10 Tempat Wisata Di Bandung Terpopuler

Sejarah Kawah Putih yang Jarang Diketahui Pengunjung

Sejarah Kawah Putih yang Jarang Diketahui Pengunjung
Sejarah Kawah Putih yang Jarang Diketahui Pengunjung

Walaupun Tempat wisata Kawah Putih Bandung terkenal akan keindahannya, namun kawah ini sebenarnya adalah sebuah danau belerang yang terbentuk akibat dari letusan GUnung Patuha yang terjadi pada ribuan tahun yang lalu.

Nah, karena kawah ini merupakan danau belerang, maka pengaruh akan belerang ini cukup besar seingga mampu mempengaruhi warna dan kepekatan akan cairan yang ada di dalam kawah. Pada saat kadar belerang cukup tinggi, maka aroma belerang yang ada di dalam kawah juga akan amat terasa. Selain itu, kepekatan cairan pada kawah juga akan ikut terpengaruh pada saat kandungan belerang yang ada di dalam kawah kuat, maka kepekatan aka cairan yang ada di dalam kawah juga akan semakin tinggi dan kawah akan berubah warna menjadi putih.

Selain kandungan belerang yang ada di kawah putih, kondisi akan Tempat wisata Kawah Putih Bandung ini juga dipengaruhi oleh intensitas hujan dan cuaca yang berada dilokasi sekitar. Apabila intensitas hujan tinggi, maka konsentrasi belerang akan menurun. Begitu juga sebaliknya, ketika intensitas hujan rendah, maka konsentras dan pengaruh belerang pada kawah akan semakin tinggi.

Belerang Kawah Putih Ciwidey
Belerang Kawah Putih Ciwidey

Tempat wisata Kawah Putih Bandung ini memiliki pemandangan yang sangat indah, jadi tidak heran jika lokasi ini sering dijadikan sebagai tempat prewedding yang banyak dilakukan oleh pasangan. Hal ini karena Tempat wisata Kawah Putih Bandung ini memiliki nilai yang lebih dibandingkan dengan tempat wisata Ciwidey yang ada di Bandung lainnya.

Dengan warna kawah yang serba puti kehijau-hijauan, Tempat wisata Kawah Putih Bandung  ini akan sangat bagus untuk dijadikan spot dalam mengabadikan momen melalui foto. Kamu akan mendapatkan foto selfie atau wefie terbaik pada saat kamu berlibur ke tempat ini.

Menurut cerita dari masyarakat sekitar mengenai Kawah Putih. Tempat wisata Kawah Putih Bandung ini ada sejak abad ke 10 di mana terjadi sebuah letusan hebat dari sebuah Gunung yang bernama gunung Patuha. Setelah letusan gunung patuha ini terjadi, banyak masyarakat yang beranggapan bahwa lokasi wisata Kawah Putih Bandung ini merupakan sebuah kawasan yang angker. Hal ini karena setiap burung yang terbang melewati kawasan Tempat wisata Kawah Putih Bandung tersebut akan mati.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu kepercayaan masyarakat akan angkernya Tempat wisata Kawah Putih Bandung ini sudah mulai pudar. Tepatnya pada akhir tahun 1837, ada kunjungan dari seorang ahli botani dengan kebangsaan Jerman datang ke kawasan Tempat wisata Kawah Putih Bandung  ini untuk melakukan penelitian.

Opini Masyarakat tentang Kawah Putih Ciwidey
Opini Masyarakat tentang Kawah Putih Ciwidey

Peneliti tersebut bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, ia sangat tertarik dengan kawasan pegunungan sunyi yang bahkan tidak ada burung yang terbang di atasnya sehingga ia berkeliling desa untuk mencari informasi mengenai Tempat wisata Kawah Putih Bandung sebelum terkenal seperti sekarang.

Namun, opini masyarakat mengenai Tempat wisata Kawah Putih Bandung  dirasa tidaklah masuk akal Bagi Dr. Franz Wilhelm Junghuhn. Nah, karena peneliti tersebut tidak percaya dengan cerita-cerita dari masyarakat sekitar kawah putih, lalu ia memutuskan untuk pergi ke dalam hutan rimba untuk mencari tahu apa yang ada di sana. Singkat cerita, akhirnya Dr. Franz Wilhelm Junghuhn sebagai seorang penliti handal berhasil mencapai puncak gunung kawah putih. Dari gunung itu, ia melihat keberadaan sebuah danau yang sangat indah yang berwarna putih dengan bau belerang yang menyengat.

Nah, sejak saat itulah keberadaan Tempat wisata Kawah Putih Bandung Ciwidey ini menjadi terkenal dan mulai dari tahun 1987 pemerintah Bandung selanjutnya mengembangkan kawasan ini sebagai tempat wisata yang ada di Bandung. Harapannya bagi pengunjung yang mengunjungi Tempat wisata Kawah Putih Bandung satu ini akan memiliki pengalaman yang unik dengan melihat danau yang dapat berubah warna.

Baca Juga: Menikmati Sejuknya Tempat Wisata The Lodge Maribaya Lembang Bandung

Akses Menuju ke Tempat wisata Kawah Putih Bandung

Akses Menuju ke Tempat wisata Kawah Putih Bandung
Akses Menuju ke Tempat wisata Kawah Putih Bandung

Kawah Putih yang tepatnya beralamat di Jalan Raya Soreang Ciwidey ini berada tidak jauh dari tempat wisata Bandung Situ Patenggang. Kamu bisa dengan mudah mencapai Tempat wisata Kawah Putih Bandung  ini dengan membawa sebuah kendaraan pribadi karena sudah banyak terdapat penunjuk jalan.

Apabila kamu memulai perjalanan dari Jakarta, kamu hanya perlu menggunakan jalur ke arah tol Cipularang dan keluar melalui pintu tol Kopo. Selanjutnya kamu bisa melanjutkanperjalanan ke Soreang Bandung, setelah sampai kamu bisa langsung mengarahkan kendaraan kamu ke Terminal Ciwidey. Setelah itu kamu bisa langsung menuju ke Tempat wisata Kawah Putih Bandung yang berada di bagian selatan Ciwidey.

Namun, apabila kamu menggunakan kendaraan umum, kamu bisa menggunakan angkot dari terminal Leuwi Panjang yang menuju ke terminal Ciwidey. Dari terminal Ciwidey, kamu bisa menggunakan angkutan umum untuk menuju ke Situ Patenggang dan turun di depan gerbang Tempat wisata Kawah Putih Bandung. Kamu bisa menikmati keindahan Tempat wisata Kawah Putih Bandung jika kamu sudah sampai ke tempat ini.

Itulah beberapa akses yang bisa kamu pilih dan kamu gunakan untuk bisa sampai ke lokasi Tempat wisata Kawah Putih Bandung yang merupakan salah satu tempat wisata yang ada di ciwidey.

Fasilitas Tempat wisata Kawah Putih Bandung

Fasilitas Tempat wisata Kawah Putih Bandung
Fasilitas Tempat wisata Kawah Putih Bandung

Karena Tempat wisata Kawah Putih Bandung ini telah dikembangkan sebagai kawasan wisata, tidak heran jika tempat wisata Kawah Putih Bandung ini memiliki fasilitas penunjang kenyamanan berwisata yang memadai, antara lain yaitu:

1. Area parkir yang luas

Bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi atau kendaraan yang cukup besar sekalipun seperti bus pariwisata, kamu tidak perlu khawatir karena area parkir yang ada di Tempat wisata Kawah Putih Bandung ini memiliki area parkir yang cukup luas.

Area Parkir Kawah Putih Ciwidey yang Luas
Area Parkir Kawah Putih Ciwidey yang Luas

Jadi kamu tidak perlu khawatir untuk tidak mendapatkan tempat parkir. Kamu akan dikenakan biaya sekitar Rp. 150 ribu untuk mobil hingga ke atas kawasan kawah putih. Sedangkan untuk motor kamu akan dikenakan biaya sekitar Rp. 35 ribu. Biasanya pengunjung akan disarankan untuk menggunakan kendaraan pada saat menuju ke kawasan Tempat wisata Kawah Putih Bandung dari pintu masuk. Hal ini karena jaraknya yang cukup jauh yakni sekitar 5,6 kilometer dengan jalan yang menanjak atau sekitar 10 hingga 15 menit jika menggunakan kendaraan.

Apabila kamu berjaan kaki, kamu akan bisa menghabiskan waktu dan energimu, jadi akan lebih baik jika kamu menggunakan kendaraan.

2. Mushola

Mushola Kawah Putih Ciwidey
Mushola Kawah Putih Ciwidey

Bagi kamu yang ingin beribadah bagi umat muslim, kamu tidak perlu khawatir karena di Tempat wisata Kawah Putih Bandung ini sudah disediakan mushola sebagai tempat untuk beribadah. Mushola yang disediakan di Tempat wisata Kawah Putih Bandung ini cukup bersih.

3. Transportasi dari gerbang depan sampai dengan kawah

Transportasi dari Gerbang Depan Sampai dengan Kawah Putih Ciwidey
Transportasi dari Gerbang Depan Sampai dengan Kawah Putih Ciwidey

Seperti yang sudah saya sebutkan tadi, dari area gerbang depan sampai dengan kawah putih memiliki jarak yang cukup jauh dan akan sangat melelahkan jika kamu berjalan kaki menuju ke Tempat wisata Kawah Putih Bandung tersebut. Oleh karena itu, bagi kamu yang tidak membawa kendaraanmu bisa menyewa kendaraan atau transportasi dari gerbang depan sampai dengan lokasi wisata kawah  putih.

Adanya fasilitas transportasi transit ini diharapkan dapat memudahkan para pengunjung untuk menuju ke Tempat wisata Kawah Putih Bandung yang sangat jauh jaraknya dari gerbang depan Tempat wisata Kawah Putih Bandung.

4. Pusat informasi

Di Tempat wisata Kawah Putih Bandung ini juga disediakan pusat informasi, kamu bisa mengunjungi pusat informasi ini jika kamu kehilangan barang atau orang. Kamu bisa memanfaatkan pusat informasi ini untuk membagikan informasi kepada banyak pengunjung sehingga kamu tidak perlu berteriak-teriak saat mencari seseorang yang mungkin kamu kehilangan jejaknya pada saat berjalan-jalan menikmati keindahan Tempat wisata Kawah Putih Bandung ini.

5, Restoran dan warung makanan

Restoran dan warung makanan Kawah Putih Ciwidey
Restoran dan warung makanan Kawah Putih Ciwidey

Puas berkeliling dan berfoto ria di Tempat wisata Kawah Putih Bandung ini, selanjutnya kamu bisa menikmati hidangan makanan yang ada di warung atau restoran di sekitar Tempat wisata Kawah Putih Bandung ini. Nah, jadi bagi kamu yang kelaparan setelah kamu berjalan-jalan mengelilingi kawah putih yang sangat indah dan eksotis selanjutnya kamu bisa menikmati hidangan makanan yang lezat untuk mengisi perutmu yang kosong bersama dengan teman, kerabat, ataupun keluarga.

6. Toilet

Di Tempat wisata Kawah Putih Bandung ini juga disediakan toilet atau kamar mandi sehingga kamu tidak perlu khawtir untuk membuang air pada saat sedang asik menikmati keindahan yang ada di Tempat wisata Kawah Putih Bandung ini.

Baca Juga: Tempat Wisata Farmhouse Lembang Bandung yang Asik dan Menyenangkan

Harga tiket masuk Kawah Putih Ciwidey

Harga tiket masuk Kawah Putih Ciwidey
Harga tiket masuk Kawah Putih Ciwidey

Sebelumnya sudah saya jelaskan sedikit mengenai biaya parkir yang harus kamu keluarkan untuk memarkirkan kendaraanmu. Nah, untuk lebih lengkapnya mengenai harga tiket dan biaya parkir menuju ke Tempat wisata Kawah Putih Bandung  berikut beberapa informasi selengkapnya.

Untuk Harga tiket masuk ke Tempat wisata Kawah Putih Bandung pada hari biasa dan hari libur serta akhir pekan adalah sama yaitu Rp. 15 ribu untuk tiap orang, sedangkan untuk tarif kendaraan adalah sebagai berikut:

  • Parkir atas (mobil): Rp. 150 ribu
  • Parkir atas (motor): Rp. 35 ribu
  • Ontang-anting: Rp. 13 ribu
  • Parkir bawah (mobil): Rp. 6 ribu
  • Parkir bawah (motor): Rp. 5 ribu
  • Parkir bawah (bus): Rp. 25 ribu

Bagi kamu yang ingin melakukan sesi foto prewedding di tempat ini, kamu akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 500 ribu .

Yang dimaksud dengan area parkir atas adalah kamu bisa membawa kendaraanmu sampai dengan lokasi kawah putih lalu memarkirkannya disana. Namun, khusus kendaraan yang cukup besar seperti bus tidak dapat parkir di atas.

Nah, untuk area parkir bawah merupakan ara parkir kendaraan yang ada di gerbang masuk. Nah, untuk melanjutkan perjalanan menuju ke atas kawah putih kamu bisa menggunakan atau menaiki ontang-anting untuk menuju kawah putih dan menikmati keindahan dan keeksotisan Tempat wisata Kawah Putih Bandung ini.

Bagi kamu yang tidak tahu apa itu ontang-anting? Ontang-anting merupakan kendaraan khas Kawah Putih Ciwidey yang berasal dari bahasa Sunda yang berarti ‘mondar mandir’. Orang ciwidey menyebut kendaraan tersebut sebagai ontang-anting. Kendaraan ini berupa mini bus yang telah dimodifikasi menjadi terbuka dan dilengkapi dengan pengaman yang sudah pasti akan menemani perjalananmu menuju ke lokasi kawah putih dengan aman dan nyaman.

Kapasitas maksimal yang dimiliki oleh kendaraan ontang-anting ini adalah mencapai hingga 12 orang. Namun, bagi kamu yang ingin menaiki kendaraan khas ciwidey ini tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat karena ada banyak ontang anting beroperasi di kawasan Tempat wisata Kawah Putih Bandung ini.

Jam buka Kawah Putih Ciwidey

Jam buka Kawah Putih Ciwidey
Jam buka Kawah Putih Ciwidey

Tempat wisata Kawah Putih Bandung ini buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai dengan jam 5 sore.

Kamu bisa menikmati keindahan kawah putih yang merupakan tempat wisata terkenal yang ada di bandung ini setiap hari mulai dari pagi hingga sore hari.

Tips Berkunjung ke Tempat wisata Kawah Putih Bandung

Tips wisata ke Tempat wisata Kawah Putih Bandung
Tips wisata ke Tempat wisata Kawah Putih Bandung

Bagi kamu yang berencana untuk berkunjung dan menikmati keindahan Tempat wisata Kawah Putih Bandung  ini. Kamu bisa melakukan perjalanan dengan bekal tips-tips berikut ini, Agar perjalanan wisatamu ke Kawah Putih lebih nyaman dan aman:

  1. Kamu bisa menggunakan sunblock terlebih dahulu sebelum beraktifitas di Kawah Putih. Hal ini karena suhu udara yang ada di Tempat wisata Kawah Putih Bandung ini sangat dingin dan bukan berarti kamu akan aman dari sengatan matahari,
  2. Bawalah masker apabila kamu tidak kuat dengan bau belerang yang sangat menyengat di area kawasan kawah putih ini. Namun, apabila kamu tidak mempunyai masker, kamu dapat membelinya di lokasi karena suda hdisediakan banyak penjual masker di Tempat wisata Kawah Putih Bandung ini.
  3. Walaupun kamu senang berjalan-jalan menikmati keindahan kawah putih, namun saya sarankan sebaiknya kamu jangan terlalu lama berada di kawah karena dapat membuat pernafasan kamu terganggu. Untuk menghindari hal tersebut kamu bisa naik sebentar ke atas dan kemudian kembali lagi ke kawah bila masih ingin melihat pemandangan Kawah Putih.
  4. Kamu sebaiknya memarkir kendaraan di gerbang dan kemudian lanjut menggunakan ontang-anting apabila rombongan kamu terdiri dari sedikit orang. Hal ini karena biaya yang akan dikenakan akan lebih murah. Selain itu dengan menggunakan ontang-anting kamu dapat menikmati pemandangan hutang pegunungan dengan jelas selama perjalanan menuju ke puncak kawah putih.

Baca Juga: Objek Wisata Orchid Forest Cikole Lembang Bandung yang Mempesona

Itulah beberpa informasi yang bisa saya sampaikan kepada kalian semua mengenai Tempat wisata Kawah Putih Bandung. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Keindahan Tempat Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung 1