Objek Wisata Taman Hutan Raya Juanda Bandung yang Istimewa (Tebing Keraton)

Objek Wisata Taman Hutan Raya Juanda Bandung yang Istimewa

Wisata Taman Hutan Raya Juanda Bandung – Bagi anda yang sedang mencari sebuah destinasi Tempat Wisata di Bandung yang cukup populer, anda tidak salah lagi karena pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai tempat wisata yang terpopuler yang ada di Bandung. Kota Bandung yang dijuluki sebagai kota kembang ini memang menawarkan pesona wisata alam dan sejarah sekaligus untuk liburan.

Setelah kami membahas mengenai Wisata Situ Patenggang Bandung, kini kami akan menjelaskan mengenai salah satu tempat wisata yang menawarkan keindahan dan keeksotisan alam dalam segi taman adalah Tempat Wisata Taman Hutan Raya Djuanda. Yuk, simak ulasan selengkpanya berikut ini.

Keindahan Taman Hutan Raya Juanda Bandung

Keindahan Taman Hutan Raya Juanda Bandung
Keindahan Taman Hutan Raya Juanda Bandung

Wisata Alam Bandung memang tengah menjadi trend tersendiri pada saat ini. Kota Bandung terkenal dengan pesona akan eksotisme dan romantisme yang ada di dalamnya. Bandung menjadi pilihan banyak wisatawan untuk masalah menyegarkan pikiran atau refreshing.

Sangat banyak tempat wisata yang ada di Bandung, salah satunya adalah Tempat Wisata Taman Hutan Raya Djuanda. Tempat wisata di Bandung yang satu ini merupakan sebuah tempat wisata di Bandung utara yang sangat legendaris dan sudah banyak dikenal orang, terbukti dengan banyak para wisatawan yang berkunjung ke taman ini.

Lokasi Objek Wisata Taman Hutan Raya Juanda Bandung

Lokasi Objek Wisata Taman Hutan Raya Juanda Bandung
Lokasi Objek Wisata Taman Hutan Raya Juanda Bandung

Taman Hutan Raya Juanda atau terkenal dengan sebutan Tahura Juanda dan disingkat menjadi THR Juanda merupakan sebuah tempat wisata di Bandung, tepatnya berada di area kompleks Tahura Ir.H Djuanda No 99, Dago Pakar, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan.

Tempat Wisata Taman Hutan Raya Djuanda ini memiliki lokasi yang sangat strategis yakni berada di pusat kawasan wisata Dago. Tempat Wisata Taman Hutan Raya Djuanda ini dikenal sebagai destinasi favorit Wisatawan karena banyaknya Cafe di Bandung yang ada di kompleks tersebut. Selain itu ada juga Factory Outlet serta lokasi favorit Tempat Hiburan Malam di Bandung.

Sejarah Taman Hutan Raya Juanda Bandung

Sejarah Taman Hutan Raya Juanda Bandung
Sejarah Taman Hutan Raya Juanda Bandung

Tempat wisata Taman Hutan Raya Ir.H Djuanda Bandung ini sebenarnya adalah sebuah kawasan konservasi terpadu yang menggabungkan wisata alam sekunder dengan hutan tanaman.

Tempat Wisata Taman Hutan Raya Djuanda ini memiliki luas areal sebesar 590 hektar lahan. Luas area ini membentang mulai dari area wisata Dago Pakar hingga area Wisata The Lodge Maribaya Lembang Bandung.

Pasalnya Tempat Wisata Taman Hutan Raya Djuanda ini memiliki luas awal sebesar 10 hektar saja. Kawasan wisata yang berada di bawah pengelolaan Dinas Kehutanan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat didirikan pada tahun 1965.

Tempat Wisata Taman Hutan Raya Djuanda ini berada di ketinggian antara 770 sampai dengan 1.330 mdpl atau meter di atas permukaan air laut. Anda akan menemui berrbagai jenis tanaman karena terdapat kurang lebih sekitar 2500 jenis tanaman, yang terdiri dari 40 jenis familia serta 112 species.

Peresmian Tempat wisata Taman Hutan Raya Ir.H. Djuanda Bandung sendiri dilakuan pada tanggal 14 Januari 1985 dan di klaim sebagai Taman Hutan Raya yang pertama di Indonesia. Tanggal tersebut disesuaikan dengan tanggal kelahiran Djoeanda Kartawidjaja.

10 Objek Wisata di Taman Hutan Raya Juanda Bandung

Anda tdak akan rugi pada saat berkunjung ke tempat ini karena Tempat Wisata Taman Hutan Raya Djuanda ini terdapat banyak sekali objek wisata menarik yang dapat anda nikmati bersama dengan keluarga, teman atau berdua dengan pasangan, datang berkunjung ke Taman Hutan Raya Juanda ini.

Nah, penasaran kan apa saja objek wisata yang ada di tempat wisata taman hutan raya Juanda ini. Yuk, simak ulasannya.

1. Goa Belanda Bandung

Goa Belanda Bandung
Goa Belanda Bandung

Objek wisata yang bernama Goa Belanda Bandung ini merupakan salah satu objek wisata yang identic dengan tempat wisata Taman Hutan Raya Ir.H Djuanda Bandung ini.

Apabila anda sudah pernah mengunjungi Tempat Wisata Sejarah di Bandung misalnya seperti Gua Pawon dan beberapa Museum yang ada, maka anda pun wajib untuk datang ke objek wisata yang satu ini.

Di Goa Belanda Bandung ini, anda akan melihat bukti sisa peninggalan zaman kolonialisme Belanda di bumi nusantara yang dapat disaksikan secara langsung dari dekat. Disini juga disediakan berbagai macam fasilitas yang masih cukup terjaga dan lengkap.

Goa Belanda ini dibangun sekitar tahun 1918, dulunya tempat wisata Goa Belanda ini digunakan sebagai markas militer, gudang penyimpanan senjata, pusat komunikasi, PLTA hingga berfungsi sebagai penjara.

2. Goa Jepang

Goa Jepang
Goa Jepang

Objek wisata lainnya yang ada di Tempat Wisata Taman Hutan Raya Djuanda adalah Goa Jepang. Goa Jepang ini merupakan sebuah gua yang merupakan hasil jerih payah cucuran keringat, darah dan nyawa para pejuang Indonesia yang dipaksa untuk bekerja atau dikenal dengan istilah romusha.

Sesuai dengan namanyaG goa yang merupakan peninggalan pada masa penjajahan jepang ini dibangun pada tahun 1942. Goa Jepang ini memiliki 4 pintu dengan 2 saluran udara. Bagi anda yang ingin datang ke Goa ini anda bisa menempuh jarak sekitar 600 meter dari pintu masuk Taman Hutan Raya Ir.H Djuanda.

3. Curug Omas

Curug Omas
Curug Omas

Bagi anda yang sangat menyukai air terjun dan ingin bermain air Tempat Wisata Taman Hutan Raya Djuanda ini juga terdapat sebuah curug yang bernama curug omas. Air terjun omas ini merupakan air terjun yang lebih dikenal dengan sebutan Curug Maribaya. Hal ini karena memang lokasinya yang berada di kawasan Wisata Maribaya Lembang Bandung.

Curug Omas memiliki daya tarik dengan keeksotisan pemandangan alam serta keindahan air terjun yang memiliki tinggi sekitar 30 meter serta suasana dan udaranya yang sangat sejuk. Air terjun omas atau Curug Omas ini merupakan sebuah air terjun yang mempertemukan dua titik aliran sungai di Bandung, yaitu Sungai Cikawari dengan sungai cigulung. Lalu, kedua aliran tersebut membentuk jalur daerah aliran sungai Teras Cikapundung.

Bagi anda yang ingin mengunjungi Tempat Wisata Taman Hutan Raya Djuanda Curug Omas ini anda bisa melalui Gerbang Taman Hutan Raya Juanda di Maribaya. Jalan ini merupakan rute yang lebih dekat dibanding jika via gerbang Dago Pakar yang berjarak kurang dari 7 KM.

Anda bisa sampai ke lokasi ini dengan berjalan kaki/hiking atau anda bisa menggunakan ojek dengan mengeluarkan biaya sekitar Rp. 70 ribu untuk tiap orangnya.

4. Curug Lalay

Objek Wisata Taman Hutan Raya Juanda Bandung yang Istimewa (Tebing Keraton) 1

Curug lalay memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan lokasi yang tersembunyi yang ada di kawasan lembah. Di sekitar objek wisata curug lalay ini terdapat sebuah cerukan yang mirip dengan gua. Di dalam cerukan tersebut terdapat banyak binatang kelalawar.

5. Curug Dago

Curug Dago
Curug Dago

Curug Dago ini merupakan sebuah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 12 meter dan berada di lokasi yang memiliki ketinggian di atas 800 meter di atas permukaan air laut.

6. Tebing Keraton

Objek Wisata Taman Hutan Raya Juanda Bandung yang Istimewa (Tebing Keraton) 2
Tebing Keraton

Objek wisata yang bernama tebing keratin ini merupakan tempat wisata kekinian dan sangat instagramable di Kota Bandung. Daya tarik yang dimiliki objek wisata tebing keraton ini adalah anda bisa menikmati dan menyaksikan keeksotisan dari matahari terbit dan matahari terbenam yang berada di satu lokasi.

Anda juga bisa melihat pemandangan alam dari ketinggian tebing keraton ini, anda akan menyaksikan keindahan yang melebihi dari keindahan yang anda saksikan di Bukit Moko, Bukit Bintang, Gunung Batu Lembang maupun Caringin Tilu dan Puncak Ciumbuleuit.

7. Penangkaran Rusa

Penangkaran Rusa Djuanda
Penangkaran Rusa Djuanda

Bagi anda yang menyukai hewan rusa, anda bisa mengunjungi Tempat Wisata Taman Hutan Raya Djuanda ini. Anda bisa menyaksikan hewan rusa secara langsung dari dekat di tempat penangkaran rusa jenis rusa tutul.

8. Monumen Ir.H Djuanda

Monumen Ir.H Djuanda
Monumen Ir.H Djuanda

Anda bisa mendokumentasikan waktu liburan anda ke Taman Hutan Raya Juanda ini dengan berfoto di depan monument Ir. H. Djuanda ini.

9. Museum Ir.H.Djuanda

Museum Ir.H.Djuanda
Museum Ir.H.Djuanda

Di Tempat Wisata Taman Hutan Raya Djuanda ini juga terdapat sebuah museum yang bernama Museum Ir. H. Djuanda. Museum ini memiliki luas sekitar seluas 8 x 10 meter persegi. Anda bisa melihat beberapa benda bersejarah dari seorang tokoh pahlawan yang ada di masanya.

10. Prasasti Batu Raja Thailand

Prasasti Batu Raja Thailand
Prasasti Batu Raja Thailand

Konon di Tempat Wisata Taman Hutan Raya Djuanda ini dulunya terdapat 2 orang raja yang berasal dari Kerajaan Thailand. Kedua orang raja tersebut sangat terpesona dengan keindahan curug Dago.

Nah untuk mengabadikan kunjungan mereka di tempat ini, maka mereka membuat 2 prasasti yang terbuat dari batu tulis yang bertuliskan kedua nama raja tersebut yaitu Raja Rama V (Raja Chulalonkorn) dan Raja Rama VII (Pradjathipok Pharaminthara) dari dinasti kerajaan Chakri.

10 Fasilitas Di Taman Hutan Raya Juanda Bandung

Beberapa fasilitas yang tetap menjaga unsur pelestarian hutan untuk kenyamanan pengunjung. Adapun beberapa fasilitas yang bisa anda gunakan dan bisa anda manfaatkan di Tempat Wisata Taman Hutan Raya Djuanda adalah sebagai berikut:

1. Sarana Outbound

Sarana Outbound
Sarana Outbound

Anda bisa menggunakan sarana outbound yang disediakan di Tempat Wisata Taman Hutan Raya Djuanda ini. Anda akan merasakan keseruan yang menyenangkan bersama dengan teman, keluarga, pasangan dan kerabat anda yang lainnya.

2. Area Paintball

Area Paintball Juanda Bandung
Area Paintball Juanda Bandung

Selain are outbound juga terdapat area permainan pantball anda bisa mencoba bermain perang-perangan Paintball yang seru dan menegangkan di sini. Selain itu, anda juga bisa berlatih memanah pada area ini.

3. Tempat Bermain Anak

Tempat Bermain Anak
Tempat Bermain Anak

Bagi anda yang berkunjung ke Tempat Wisata Taman Hutan Raya Djuanda ini bersama dengan anak anda. Anda tidak perlu khawatir anak anda akan rewel dan ingin cepat pulang karena di tempat wisata di bandung yang satu ini juga menyediakan tempat untuk bermain anak.

Jadi pada area ini, terdapat playground yang sangat akan bermanfaat sekali dan membuat anak anda nyaman untuk liburan ke Tempat Wisata Taman Hutan Raya Djuanda ini.

4. Sarana Olahraga

Sarana Olahraga Hutan Juanda
Sarana Olahraga Hutan Juanda

Bagi anda yang suka untuk berolahraga, anda juga bisa menggunakan fasilitas berupa sarana olahraga di Tempat Wisata Taman Hutan Raya Djuanda ini. Anda akan merasakan sensasi berolahraga yang berbeda di kawasan hutan kota yang masih alami dan hijau rindang dengan pepohonan, dan udara yang bersih dan menyehatkan tentunya.

5. Bumi Perkemahan

Bumi Perkemahan Hutan Juanda
Bumi Perkemahan Hutan Juanda

Lelah beraktifitas dan berjalan-jalan di Tempat Wisata Taman Hutan Raya Djuanda ini. Anda bisa mencoba untuk menutupnya dengan memilih cara beristirahat dengan bermalam di sini dengan cara berkamping. Di Tempat Wisata Taman Hutan Raya Djuanda ini terdapat area atau tempat yang dikhususkan sebagai Camping Ground bagi pengunjung, yang suasananya tidak kalah dengan tempat camping di Bandung yang lainnya.

6. Guest House

Guest House
Guest House Hutan Raya Juanda Bandung

Tidak suka dengan suasana perkemahan, jangan khawatir karena di Tempat Wisata Taman Hutan Raya Djuanda juga disediakan tempat bermalam sekelas Guest House di Bandung yang nyaman ditinggali.

7. Area Pertunjukan

Area Pertunjukan Hutan Raya Juanda
Area Pertunjukan Hutan Raya Juanda

Disini juga disediakan area pertunjukan yang digunakan untuk menghibur para pengunjung yang berupa Panggung terbuka yang bisa anda manfaatkan.

8. Area Wisata Kuliner

Area Wisata Kuliner
Area Wisata Kuliner

Di Tempat Wisata Taman Hutan Raya Djuanda ini juga terdapat tempat makan berupa kedai yang menjajakan aneka menu kuliner yang bisa anda nikmati di sana seperti minuman atau makanan. Di tempat wisata Bandung ini juga terdapat salah satu Tempat Ngopi di Bandung yang sangat populer yaitu Coffee Shop Armor Kopi, yang selain menyediakan aneka minuman kopi yang enak juga kudapan seperti cireng dan lain-lainnya.

9. Toilet

Selain itu, disini juga tersedia beberapa toilet yang cukup bersih untuk sekedar buang air atu yang lainnya.

10. Area Parkir Kendaraan

Anda tidak perlu khawatir tidak kebagian parkir karena area parkir di Tempat Wisata Taman Hutan Raya Djuanda ini sangat luas.

Harga Tiket Masuk Taman Hutan Raya Djuanda Bandung

Harga Tiket Masuk Taman Hutan Raya Djuanda Bandung
Harga Tiket Masuk Taman Hutan Raya Djuanda Bandung

Harga Tiket Masuk Taman Hutan Raya Juanda Bandung antara lain sebagai berikut:

  • Wisatawan lokal Rp.12.000/orang
  • Wisatawan Mancanegara Rp.76.000/orang

Jam Buka Taman Hutan Raya Juanda Bandung

Untuk informasi mengenai jam buka tempat wisata bandung yang satu ini adalah dibuka setiap hari, Senin – Minggu, mulai pukul 06.00 – 18.00 WIB.

Daftar Tarif Retribusi Tahura Djuanda

Selain tiket masuk kami juga akan menjelaskan mengenai tarif dari beberapa wahana permainan yang memerlukan tiket juga. Berikut daftar tariff retribusi Taman Hutan Raya Djuanda Bandung.

  1. Kegiatan/Latihan

Untuk tariff kegiatan atau latihan yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut:

    • Kegiatan dengan durasi 1 – 2 hari dikenakan tarif Rp.50 ribu/hari
    • Kegitan dengan durasi 3 – 7 hari, dikenakan tarif retribusi Rp.100 ribu/hari
    • Kegiatan lebih dari 7 hari, dikenakan tarif Rp.150 ribu/hari.
  1. Tarif kegiatan mengambil Gambar/Video

    • Film Komersial Rp.5 juta/hari
    • Video Komersial Rp.2 juta/hari
    • Foto Komersial Rp.5 juta/hari
  1. Tarif Outbound,Flying Fox, paint Ball, Camping & Olah raga

    • Wisatawan Lokal Rp.20 ribu/hari
    • Wisatawan Mancanegara Rp.50 ribu/hari
  1. Tarif Parkir Kendaraan

    • Sepeda biasa Rp. 2.500
    • Sepeda Motor Roda 2 Rp.5 ribu
    • Mobil Roda 4 Rp.10 ribu
    • Roda 6 (Bus) Rp.20 ribu
  1. Tarif Fasilitas

    • Sewa Panggung Terbuka Rp.300 ribu/hari
    • Sewa Peralatan Olahraga Rp.50 ribu/unit
    • Plaza Rp.300 ribu/hari
    • Sewa Alat Camping Rp.20 ribu/unit
    • Pondokan Guest House Rp.250 ribu/hari

Rute Jalan Ke Taman Hutan Raya Juanda Bandung

Rute Jalan Ke Taman Hutan Raya Juanda Bandung
Rute Jalan Ke Taman Hutan Raya Juanda Bandung

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Tempat wisata Taman Hutan Raya Djuanda Bandung, terdapat banyak rute untuk mengakses lokasi Taman Hutan Raya Ir.H Djuanda ini. Berikut beberapa alternative rute yang bisa anda lewati:

  1. Melalui Terminal Dago

Apabila anda melalui rute ini anda akan dengan cepat dan mudah untuk sampai lokasi karena hanya berjarak sekitar 2 Kilometer dan jalanan mulus berhotmix dan dapat dilewati kendaraan Roda dua, empat hingga bus.

  1. Melalui Jalan Ciumbuleuit – Punclut Bandung

Rute yang lainnya anda bisa melalui jalan Ciumbuleuit – Punclut Bandung yang berjarak 6 Kilometer. Rute ini masih berupa tanah dan hanya dapat dilalui kendaraa roda 2 saja.

  1. Melalui Lembang – Maribaya

Rute ini merupakan rute menuju ke Taman Hutan Raya Djuanda yang bisa dibilang cukup nyaman karena bisa dilewati oleh kendaraan roda 2, 4 dan Bus dengan jarak sekitar 4 kilometer.

Itulah beberapa informasi mengenai Tempat wisata Taman Hutan Raya Djuanda yang bisa kami sampaikan kepada anda. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Objek Wisata Taman Hutan Raya Juanda Bandung yang Istimewa (Tebing Keraton) 3