Pesona Objek Wisata Curug Cimahi Rainbow Waterfall Bandung

Tempat Wisata Curug Cimahi Rainbow Waterfall

Curug Cimahi Bandung – Kota Bandung memang terkenal dengan aneka Tempat Wisata yang memiliki ciri khas alam pegunungan. Hal ini karena memang jika dilihat secara Geografis Kota Bandung dikelilingi oleh Pegunungan. Jadi tidak heran jika di Kota ini terdapat banyak sekali air terjun yang sangat indah dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal ataupun mancanegara.

Salah satunya Tempat wisata air terjun yang saat ini sedang ramai menjadi tujuan wisata favorit baru di kalangan wisatawan lokal, nusantara dan juga mancanegara yaitu Tempat wisata Curug Cimahi Bandung.

Pesona Objek Wisata Curug Cimahi Bandung
Pesona Objek Wisata Curug Cimahi Bandung

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas mengenai  salah satu Tempat Wisata Air Terjun di Bandung yang sangat terkenal di sosial media Instagram dengan nama populer Curug Pelangi.

Setelah sebelumnya saya membahas mengenai Wisata Orchid Forest Bandung, Penasaran kan seperti apa daya tarik wisata dari Curug Cimahi yang populer juga dengan Mitosnya ? berapa Harga Tiket Masuknya ? dan dimana lokasi, alamat serta rute jalan menuju ke sana ? yuk kita simak saja review Tempat wisata Curug Cimahi Bandung ini.

Lokasi Tempat wisata Curug Cimahi Bandung

Lokasi Tempat wisata Curug Cimahi Bandung
Lokasi Tempat wisata Curug Cimahi Bandung

Curug Cimahi merupakan salah satu tempat wisata yang berada di desa Kertawangi tepatnya di  Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Secara detail lokasinya berada di jalan Kolonel Masturi, Cisarua, dimana lokasinya sangat dekat dengan sejumlah Tempat Wisata yang ada di Lembang.

Curug Cimahi merupakan sebua air terjun yang berada di atas ketinggian 1050 meter di atas permukaan air laut (mdpl) dengan suhu kawasan yang berkisar antara 18 – 22 derajat celcius. Jadi, tidak heran jika suhu di Tempat wisata Curug Cimahi Bandung ini memiliki udara yang sejuk dan  khas pegunungan.

Sumber Air Curug Cimahi
Sumber Air Curug Cimahi

Sumber air dari Air terjun atau biasa disebut Curug cimahi ini sendiri berasal dari daerah hulu bandung barat yaitu tempat wisata danau di bandung Situ Lembang. Lalu, kemudian air tersebut mengalir menuju ke kota cimahi dan airnya sebagian digunakan sebagai sumber air minum (PDAM) dan sebagiannya lagi untuk pertanian.

Tempat wisata Curug Cimahi Bandung  ini pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1992. Tempat wisata Curug Cimahi Bandung  ini pernah berhenti beroperasi sebagai Tempat Wisata di Cimahi Bandung dikarenakan renovasi dan juga direvitalisasi, hal ini terjadi pada tahun tahun 2010 sampai dengan tahun 2014.

Namun, pada tahun 2014  tepat pada bulan Desember setelah dibenahi dengan konsep tempat wisata baru yang lebih menarik dan dengan penambahan fasilitas sarana dan prasarana wisatawanya, Tempat wisata Curug Cimahi Bandung  inipun diresmikan kembali sebagai tempat wisata untuk umum oleh Kepala Perhutani Divre Jabar Ir Ellan Barlian MM.

Baca Juga: Menikmati Sejuknya Tempat Wisata The Lodge Maribaya Lembang Bandung

Daya Tarik Wisata Curug Cimahi Bandung

Daya Tarik Wisata Curug Cimahi Bandung
Daya Tarik Wisata Curug Cimahi Bandung

Tempat wisata Curug Cimahi Bandung  ini memiliki konsep yang berbeda sedikit dengan sejumlah Tempat Wisata Air terjun atau Curug yang ada di Bandung yang sudah dikenal baik pada umumnya. Tempat wisata Curug Cimahi Bandung  ini memiliki keunikan dan daya tarik tersediri yang tidak bisa kamu temukan di tempat lainnya.

Kamu bisa saja kagum dengan pesona akan keindahan Tempat wisata Curug atau Air terjun yang ada di Kota Bandung Curug Panganten, kemudian juga Curug Malela, Curug Cinulang, Curug Tilu Leuwi Opat, Curug Bugbrug, Curug Maribaya atau Juga Curug Siliwangi.

Namun, terdapat beberapa hal yang akan membuat kamu menjadi takjub dengan Tempat wisata Curug Cimahi Bandung ini. Kamu akan merasakan sensasi wisata air terjun yang tidak biasa bagi kamu. Penasaran kan seperti apa? Yuk simak beberapa daya tarik Tempat wisata Curug Cimahi Bandung  yang wajib kamu ketahui..

Curug Cimahi Rainbow Waterfall

Curug Cimahi Rainbow Waterfall
Curug Cimahi Rainbow Waterfall

Curug Cimahi memiliki daya tarik utama yaitu curug ini yang akan terlihat warna warni pada sore dan malam hari. Hal inilah yang menjadikan destinasi wisata Bandung ini banyak dikunjungi wisatawan baik lokal ataupun mancanegara.

Nah, warna warni tersebut dikarenakan setelah dibuka kembali pada desember 2014 yang lalu curug ini memiliki konsep wisata air terjun ala Amerika. Ide tersebutmerupakan ide atau gagasan dari seorang ADM Perhutani KPH Bandung Utara yang bernama Wismo Tri Kuncoro. Ia mengatakan bahwa ia sangat terinspirasi serta mengadopsi konsep salah satu wisata air terjun yang ada di negara bagian Colorado Amerika. Maka, dari itu curug cimahi didesain sedemikian rupa menjadi Curug Pelangi atau The Rainbow Waterfall di Bandung ini.

Tempat wisata Curug Cimahi ini memilii keunikan tersendiri, kamu akan disuguhi dengan konsep melihat pertunjukan air terjun yang jatuh dari ketinggian tidak kurang dari 71 meter. Sebelum deburan air menyentuh tanah, kamu akan melihat air yang berwarna-warna layaknya sinar pelangi sebelum jatuh ke bawah.

Cahaya seperti pelangi tersebut disebabkan oleh adanya lampu-lampu yang telah disetting yang bisa menghasilkan warna-warni pelangi ketika disorotkan ke air terjun dibagian belakang air terjun Cimahi.

Baca Juga: Objek Wisata Taman Hutan Raya Juanda Bandung yang Istimewa (Tebing Keraton)

Keindahan Curug Cimahi saat Sore Hari

Keindahan Curug Cimahi saat Sore Hari
Keindahan Curug Cimahi saat Sore Hari

Keindahan curug cimahi ini akan terlihat sangat luar biasa jika menjelang sore dan di malam hari. Kamu akan melihat perpaduan yang sangat eksotis dari alam sekitar curug yang sangat alami khas pegunungan dengan teknologi pencahayaan cahaya menghadirkan suguhan atraksi alam yang spektakuler.

Untuk menikmati suasana eksotis dan khas di Curug Peangi atau The Rainbow Waterfall ini, kamu bisa turun ke bawah dengan menuruni anak tangga. Kamu akan merasa terpesona dengan setiap sentuhan butiran air terjun yang mambasahai wajahmu, ditambah dengan pemandangan warna warni air yang dilihat akan semakin syahdu.

Curug Cimahi sebagai Tempat Tinggal atau Habitat Monyet

Curug Cimahi sebagai Tempat Tinggal atau Habitat Monyet
Curug Cimahi sebagai Habitat Monyet

Selain kamu bisa melihat keindahan kilauan cahaya yang terlihat seperti warna-warna pelangi merah, jingga, kuning, hijau, Biru, Nila dan Ungu. Keindahan dan keeksotisan alam di Tempat wisata Curug Cimahi Bandung  ini akan semakin semakin lengkap manakala kamu tahu bahwa kawasan sekitar Curug pun adalah habitat hidup satwa liar dilindungi Monyet.

Tempat Wisata Curug Cimahi Bandung ini memang merupakan tempat alternatif wisata fauna di bandung lainnya, seperti di kawasan wisata Ciwidey bandung selatan yang kita kenal sebagai pusat penangkaran rusa di Ranca Upas, dan macan di Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi.

Tempat Berfoto Dengan Spot Yang Menarik di Curug Cimahi Rainbow Waterfall

Tempat Berfoto Dengan Spot Yang Menarik di Curug Cimahi Rainbow Waterfall
Tempat Berfoto Dengan Spot Yang Menarik di Curug Cimahi Rainbow Waterfall

Curug Cimahi menjadi semamik hits dan populer dengan adanya spot foto yang menarik yang ada disana. Di Tempat wisata Curug Cimahi Bandung ini terdapat beragam spot menarik  berupa upload foto-foto di sana membuat banyak orang yang melihatnya jadi penasaran dan datang ke sini.

Hingga saat ini jumlah pengunjung sudah mengalami peningkatan dan semakin banyak dan terus mengalami grafik pertumbuhan kunjungan wisatawan yang meningkat mulai dari dibuka. Pengunjung yang datang tidak hanya didominasi warga bandung saja, akan tetapi wisatawan dari dalam dan mancanegara.

Tempat wisata Curug Cimahi Bandung ini biasanya akan selalu ramai pada saat liburan akhir pekan. Selain itu pengunjug akan bertambah banyak ketika musim liburan hari raya Idul Fitri, Natal, imlek dan tahun baruan yang sengaja sedang liburan ke bandung.

Kamu bisa menikmati berbagai spot menarik disini yang sangat banyak sekali. Kamu bisa menikmati spot baik dari lokasi atas curug yang memang telah disediakan tempatnya dan juga di area bawah curug cimahi. Dengan begitu kamu akan sangat dimanjakan oleh keindahan alam untuk pecinta foto selfie atau wefie dan fotographer profesional.

Itu hanya beberapa hal yang bisa menjadikan kamu untuk betah berlama-lama di Tempat wisata Curug Cimahi Bandung, namun sebenarnya masih banyak hal-hal baru yang bisa kamu temukan di sana secara langsung jika berekreasi ke sana.

Baca Juga: Objek Wisata Alam Situ Patenggang Bandung yang Eksotis dan Menakjubkan

Fasilitas Tempat Wisata Curug Cimahi Bandung

Fasilitas Tempat Wisata Curug Cimahi Bandung
Fasilitas Tempat Wisata Curug Cimahi Bandung

Demi memberikan kenyamanan kepada setiap pengunjung yang datang ke Tempat wisata Curug Cimahi Bandung ini, maka pihak pengelola pun ( Perhutani ) sudah menyediakan berbagai fasilitas yang berfungsi untuk memberikan kemudahan serta keamanan bagi seluruh tamu tempat ini. Adapun beberapa fasilitas yang bisa kamu nikmati adala sebagai berikut:

  • Shelter/pemberhentian istirahat
  • Tempat Parkir
  • Pintu Pagar
  • Pagar Pengaman
  • Peta Lokasi
  • Jalan setapak
  • Piknik Site
  • Bangku
  • Tempat Sampah
  • Pusat Informasi dan Pos Jaga
  • Mushola
  • Warung atau rumah makan

Harga Tiket Masuk Curug Cimahi Bandung

Harga Tiket Masuk Curug Cimahi Bandung
Harga Tiket Masuk Curug Cimahi Bandung

Curug Cimahi merupakan salah satu Tempat Wisata Murah di Bandung yang berada di bagian Barat yang pada saat ini menjadi tempat favorit warga bandung terutama kamum muda-mudi sebagai tempat Rekreasi yang mengasyikan.

Untuk bisa memasuki kawasan Tempat wisata Curug Cimahi Bandung  ini, kamu hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp.15 ribu/orang. Sedangkan untuk biaya tiket parkir, kamu hanya perlu membayar uang sebesar Rp.2 ribu untuk motor dan Rp.5 ribu untuk parkir mobil, maka setiap pengunjung sudah bisa menikmati hiburan murah meriah yang menyenangkan.

Jam Buka Curug Cimahi Rainbow Waterfall Bandung

Jam Buka Curug Cimahi Rainbow Waterfall Bandung
Jam Buka Curug Cimahi Rainbow Waterfall Bandung

Bagi kamu yang ingin berwisata ke Tempat wisata Curug Cimahi Bandung ini, kamu bisa datang setiap hari dari hari  senin hingga minggu yang dibuka mulai pukul 08.00 – 21.00 WIB.

Baca Juga: Keindahan Tempat Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung

Rute Jalan Menuju Curug Cimahi Bandung

Peta Lokasi Curug Cimahi Bandung
Peta Lokasi Curug Cimahi Bandung

Jika kamu memulai perjalanan dari kota Bandung, maka untuk bisa sampai ke Tempat wisata Curug Cimahi Bandung  kamu hanya perlu untuk menempuh jarak sekitar 20 Kilometer saja. Kamu bisa melakukan perjalanan dengan beberapa alternatif jalan yang bisa dilalui yaitu kendaraan pribadi dan transportasi umum. Berikut beberapa cara mengaksesnya.

Rute Kendaraan Pribadi

Bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi kamu bisa melewati jalur Cimahi. Setelah itu, kamu bisa jalan terus melalui arah Cihanjuang dan daerah Parongpong ( Taman Kupu-kupu ) arah ke Lembang.

Selain itu, kamu juga bisa melewati jalur jalan Cihideung ( Taman Bunga Cihideung ) menuju arah Cisarua. Kamu bisa melalui jalan Kolonel Masturi ke arah Universitas Advent Indonesia menuju terminal Parongpong jika kamu memulai perjalanan dari Kota Cimahi.

Rute Jalan Menuju Curug Cimahi Bandung
Rute Jalan Menuju Curug Cimahi Bandung

Rute Transportasi Umum

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan transportasi umum untuk bisa menuju ke Tempat wisata Curug Cimahi Bandung  ini. Kamu bisa menggunakan angkutan umum dengan rute dari Ledeng – Syukasari jika kamu memulai perjalanan dari terminal Ledeng.

Setelah tiba di terminal Sukasari depan Villa Istana Bunga, kamu bisa turun kemudian berjalan kaki sekitar 25 menit . selanjutnya kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan naik angkutan Cisarua – Lembang atau jika dari Cimahi bisa dari Terminal Pasar Atas Cimahi jurusan Cimahi – Cisarua.

Bagi kamu yang memulai perjalanan dari arah kota Bandung, kamu bisa menggunakan angkutan umum dengan mencari angkutan dengan rute St.Hall – Lembang jika mulai dari stasiun bandung. Kemudian setelah itu,kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan naik angkutan jurusan Lembang – Cisarua dan turun tepat di depan pintu gerbang wana wisata Curug Cimahi.

Atau kamu juga bisa menggunakan rute jalan dari terminal ledeng, kemudian naik angkutan Ledeng – Parongpong. Setelah itu, kamu bisa melanjutkannya dengan menggunakan angkutan rute Parongpong – Padalarang.

Sejarah dan Mitos Curug Cimahi

Sejarah dan Mitos Curug Cimahi
Sejarah dan Mitos Curug Cimahi

Sebelumnya telah disinggung jika di Tempat wisata Curug Cimahi Bandung ini terdapat sebuah sejarah dan Mitos  yang sering disinggung oleh pengunjung. Namun kabar mengenai mitos tersebut masih belum ada catatan resmi kapan curug ini ditemukan atau cerita mitosnya. Menurut cerita warga sekitar yang menceritakan mengenai sejarah Curug Cimahi ini.

Sejak tahun berdirinya Curug Cimahi ini yakni sekitar 31 tahun yang silam, beberapa warga kampung Cisarua yang berjumlah 3 orang yang bernama Jajang, Engkos dan Dani yang merintis pembukaan dan pembangunan curug ini.

Mereka awalnya dibantu beberapa warga yang membantu untuk membuat jalan berundak yang menuju lokasi air terjun. Nah, Sejak saat itulah keberadaan Curug Cimahi semakin diketahui oleh masyarakat umum hingga saat ini. Kemudian, seiring dengan berjalannya waktu, Tempat wisata Curug Cimahi Bandung  ini kian ramai dikunjungi. Apalagi pada saat musim libur tiba, Tempat wisata Curug Cimahi Bandung  ini sudah pasti dipenuhi pengunjung yang ingin refreshing.

Tips Wisata Ke Curug Cimahi di Bandung

Tips Wisata Ke Curug Cimahi di Bandung
Tips Wisata Ke Curug Cimahi di Bandung

Bagi kamu yang ingin melihat keindahan pemandangan air terjun Pelangi-nya memang mengundang banyak decak kagum dari setiap pengunjung yang datang. Kamu juga harus memperhatikan bahwa kawasan wisata curug ini pun dikategorikan sebagai objek wisata yang ekstrim dan berbahaya.

Hal ini karena untuk menuju lokasi air terjun ini, pengunjung harus memiliki keberanian sekaligus siap untuk memacu adrenalin untuk bisa menuruni sebanyak 587 anak tangga sepanjang 500 meter panjangnya dengan tingkat kecuraman mencapai 45 derajat. Kamu harus menyiapkan tenaga yang cukup karena lama tempuh standar 30 menit , perjalanan yang sangat menantang dan perlu kehatia-hatian.

Tak sulit bagi kamu untuk menuju dan menemukan tempat ini karena Tempat wisata Curug Cimahi Bandung  ini sudah memiliki Akses jalan yang bagus dan lancar pula. Hanya saja, apabila kamu berkunjung di akhir pekan atau hari libur apalagi long weekend, akses ke tempat ini akan ikut terhambat karena banyaknya pengunjung yang mengunjungi tempat wisata Di Bandung karena menuju kea rah Lembang.

Nah, oleh sebab itu kamu harus memperhatikan waktu untuk berkunjung ke tempat ini. Saran atau tips yang wisata yang bisa saya sampaikan adalah sebaiknya jika kamu mengunjungi  tempat ini pada saat menjelang waktu sore dan malam hari. Dengan begitu kamu bisa menikmati keindahan warna pelangi dari Curug ini dan terhindar dari macet.

Baca Juga: Tempat Wisata Farmhouse Lembang Bandung yang Asik dan Menyenangkan

Sangat menarik sekali bukan? kamu bisa jadikan Tempat wisata Curug Cimahi Bandung ini sebagai salah satu tempat rekreasi yang bisa kamu tambahkan ke list wisatamu bersama dengan teman, kerabat, dan keluarga untuk sekedar melepaskan penatnya rutinitas sehari-hari. Mungkin itu saja informasi yang bisa saya sampaikan mengenai Tempat wisata Curug Cimahi Bandung ini. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat berlibur. Terimakasih.

Pesona Objek Wisata Curug Cimahi Rainbow Waterfall Bandung 1