Pantai Papuma Jember, Tempat Wisata di Jember Paling Hits dan Populer!

Pantai Papuma Jember – Sudah pernah datang atau mengunjungi kota Jember? Atau kalian masih asing dengan nama salah satu kota yang ada di Jawa Timur ini? Ada banyak tempat wisata di Jember yang bisa kalian kunjungi. Terutama wisata pantai di Jember. Ya, ada banyak tempat wisata pantai di Jember. Salah satunya adalah pantai Papuma Jember.

Nah, buat kalian yang akan datang atau berkunjung ke kota Jember. Pastikan kalian tidak melewatkan tempat wisata di Jember ya. Salah satu pantai yang indah di Jember adalah pantai papuma.

Walaupun banyak juga beberapa pantai di Jember lainnya yang bisa kalian kunjungi misalnya seperti pantai Payangan Jember, pantai watu ulo Jember, pantai Bandealit, pantai anyer dan masih banyak pantai di Jember yang lainnya.

Ya, ada banyak sekali memang pantai di kota Jember yang indah, eksotis dan menarik perhatian karena memang kota Jember berada di garis pantai Samudera Hindia. Pantai di Jember juga terkenal dengan ombaknya yang besar loh karena memang berada di garis pantai selatan.

Oke, kali ini saya akan membahas tentang pantai Papuma Jember? Buat kalian yang sedang mencari informasi tentang salah satu tempat wisata pantai di Jember yang satu ini. Simak yuk ulasannya berikut ini.

Keindahan Tempat Wisata Pantai Papuma di Jember

Keindahan Tempat Wisata Pantai Papuma di Jember
Keindahan Tempat Wisata Pantai Papuma di Jember

Sebagai mantan mahasiswa di salah satu Universitas di Jember, tentu saja saya sudah tidak asing dengan kota ini.

Ya, Jember adalah kota rantau bagi saya sekitar 3,5 tahun ketika saya berkuliah disana. Walaupun memang kota asal saya tidak jauh-jauh banget sih dari kota Jember. Hehe.

Salah satu pantai yang terkenal dan populer di kota Jember adalah pantai Papuma.

Saya pernah ke pantai Papuma sekitar 5 kali rasanya hingga saat ini saya sudah kembali ke kampung halaman.

Keindahan dan keeksotisan pantai Papuma tidak perlu diragukan lagi.

Pantai papuma Jember memiliki pasir putih yang bersih dan indah dengan sentuhan keeksotisan batu karang yang ada di pinggir hingga tengah pantai.

Udaranya bersih, segar dan masih terjaga keasriannya hingga saat ini.

Setelah melewati pintu masuk saya di sambut dengan monyet-monyet liar yang ada di pinggir kanan kiri jalan menuju ke pantai.

Ya, disana masih cukup banyak monyet yang berkeliaran bebas menyambut para pengunjung. Ekosistemnya masih benar-benar terjaga!

Eits, tapi jangan khawatir monyet-monyet ini tidak akan mengganggu kok kalau kalian tidak mengganggunya. Hehe.

Dari pintu masuk pantai Papuma menuju ke pantainya cukup jauh dengan tanjakan yang cukup curam. Jalanan menuju ke pantai Papuma dari pintu masuk kurang lebih sekitar 1-2 kilometer.

Jangan khawatir saat melewati jalan tanjakan menuju ke Pantai Papuma karena kalian bisa melihat keindahan pantai Papuma dari atas.

Sebelum sampai ke pantai kalian bisa lihat keindahan dan keeksotisan pantai papuma dari atas dengan puluhan perahu layar milik warga sekitar yang berjejer rapi di pinggir pantai. Ini indah banget sih!

Tak sabar ingin segera sampai ke pantai Papuma saya melanjutkan perjalanan saya.

Sebelum menuju ke pantai saya melewati rumah-rumah warga yang ada di sekitar pantai walaupun tidak banyak.

Pertama kali masuk ke area pantai Papuma saya disambut dengan keindahan pasir putih yang bersih dengan pamandangan laut yang biru dihiasi dengan perahu layar warga yang berjejer di pinggiran pantai.

Keadaan disana sangat sejuk dan segar ditemani dengan angin sepoi-sepoi khas pantai karena memang masih banyak pepohonan tinggi dan hijau yang tumbuh di sekitar pantai.

Tak puas dengan view pantai Papuma yang dihiasi dengan jejeran perahu layar, saya melanjutkan perjalanan saya untuk mengeksplor area pantai Papuma lainnya.

Ya, saya dan suami saya yang statusnya masih pacar saat itu melanjutkan perjalanan untuk mencari icon batu karang khas tanjung Papuma yang berada di tengah laut.

Kalian bisa ikuti jalan tanjakan untuk melihat pantai dengan hiasan batu karang kokoh yang berada di tengah laut ini.

Dari atas pantai papuma saya melihat desiran ombak yang menghiasi pasir putih yang bersih dan indah. View yang sangat memanjakan mata kami.

Tak hanya itu, keindahan dan keeksotisan batu karang yang ada di pinggir hingga tengah pantai yang berjejer layaknya pintu gerbang yang berkesan sedang mengucapkan selamat datang untuk para pengunjung ini sangat-sangat indah.

Melihat keindahan pantai dari atas, keindahan pantai dengan air laut yang jernih berwarna biru kombinasi hijau tosca di pinggiran pantai mampu menyegarkan pikiran.

Saat itu saya berhenti di salah satu pondok kayu lengkap dengan kursi kayu dan meja untuk menikmati keindahan ombak dan pantai Papuma dari ketinggian.

Udaranya masih sama sejuk dan menyegarkan mata serta pikiran karena masih ada banyak pohon yang tumbuh subur dan hijau. Membuat saya dan pengunjung lainnya betah menikmati keindahan pantai Papuma yang elok.

Penasaran dengan kesegaran air laut khas pantai Papuma Jember, saya dan suami memutuskan untuk turun ke bawah dan bermain air dan pasir di pinggiran pantai.

Ditemani dengan gemericik suara ombak yang berbenturan dengan batu karang membuat pikiran semakin fresh dan tenang saat berada di pinggir pantai Papuma.

Kalian jangan khawatir takut panas ya saat berada disini. Karena ada banyak pohon di pinggiran pantai yang bisa kalian jadikan sebagai tempat berteduh ketika hanya ingin menikmati keelokan dan keeksotisan pantai Papuma.

Pokoknya saya jamin kalian akan betah banget deh berlama-lama disini! Bahkan di siang hari pun udara dan suasananya masih cukup sejuk.

Sekarang sudah tergambar belum kira-kira bagaimana keseruan dan keindahan pantai Papuma Jember ini?

Baca Juga: Tips Memilih Agensi Travel Jember Surabaya, Harga Dan Rute PP

Alamat dan Lokasi Pantai Papuma Jember

Foto Pantai Papuma Di Sore Hari
Foto Pantai Papuma Di Sore Hari

Buat kalian yang ingin berkunjung atau berlibur ke tempat wisata di Jember yang satu ini kalian bisa langsung menuju ke TKP.

Lokasi pantai Papuma Jember lebih tepatnya berada di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember Jawa Timur.

Agar tidak tersesat kalian bisa mengecek dan cari lokasinya di Google Map. Atau klik aja Google Map lokasi pantai Papuma Jember yang sudah saya sediakan linknya diatas.

Rute Menuju Pantai Tanjung Papuma Jember

Rute Menuju Pantai Tanjung Papuma Jember
Rute Menuju Pantai Tanjung Papuma Jember

jarak pantai Papuma atau papuma beach dengan kota Jember kurang lebih sekitar 45 km jika dilihat dari peta atau map.

Ya, cukup jauh memang karena lokasi pantai tanjung Papuma ini berada di sebelah barat laut Jember.

Saya sendiri waktu itu, memakan waktu sekitar kurang lebih 1,5 jam untuk bisa sampai ke pantai Tanjung Papuma dengan menggunakan sepeda motor.

Untuk rutenya saya rasa aman dan masih nyaman karena bisa dijangkau dan diakses oleh kendaraan roda dua hingga roda empat juga.

Walaupun jalanannya penuh dengan tanjakan dan di kanan kiri hutan, namun jalan menuju lokasi pantai papuma sudah baik jalanannya sudah beraspal dan tidak rusak.

Jadi, kalian tidak perlu khawatir susah dan sulit untuk menuju ke pantainya ya!

Tenang saja pemerintah kota Jember sudah mempermudah akses menuju wana wisata Tanjung Papuma yang memang cukup populer dan potensial ini kok!

Harga Tiket Masuk Pantai Papuma Jember Terbaru

Harga Tiket Masuk Pantai Papuma Jember Terbaru
Harga Tiket Masuk Pantai Papuma Jember Terbaru

Lalu, kira-kira berapa sih harga tiket masuk pantai Papuma Jember.

Menurut pengalaman saya saat berkunjung ke pantai Papuma terakhir kalinya saya dikenakan harga tiket masuk Rp. 20.000 per orang dan tiket parkir motor Rp. 2.000.

Sepertinya untuk weekend harga tiket masuk akan lebih mahal sekitar Rp. 30.000 per orangnya.

Ya, cukup mahal memang. Hal ini juga sempat menjadi kontroversi di masyarakat karena harga tiket pantai Papuma yang cukup mahal.

Namun, saya rasa mahalnya tiket masuk tersebut masih akan tetap terbayarkan kok dengan keindahan, keeksotisan dan keelokan pantai Papuma Jember yang mengesankan.

Ya walaupun mungkin ini cukup mahal dan menguras kantong para mahasiswa.

Itu sebabnya, saya lebih sering memilih untuk berkunjung ke pantai Payangan Jember yang tidak kalah eksotisnya dengan pantai Papuma saat menjadi seorang mahasiswa. Hehe

Karena memang harga tiket masuk dan parkir pantai Payangan lebih murah dibandingkan dengan Pantai Papuma yang berada di satu jalur wisata.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Papuma Jember

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Papuma Jember
Fasilitas yang Tersedia di Pantai Papuma Jember

Fasilitas yang ada di pantai Papuma Jember sudah cukup baik dan lengkap karena memang sebagai salah satu tempat wisata populer di Jember pengelola wisata tentu saja harus memperhatikan masalah fasilitas ini.

Ada banyak fasilitas yang ada dan tersedia di pantai Tanjung Papuma seperti berikut ini.

1. Toilet

Kalian tidak perlu khawatir saat akan buang air kecil atau saat ingin membersihkan diri setelah bermain dan mandi di pantai Papuma.

Karena di pantai Papuma sudah tersedia toilet yang cukup bersih dan memadai untuk digunakan oleh pengunjung atau wisatawan.

2. Warung Makan di Sekitar Pantai

Tidak sedikit juga warga sekitar yang membuka warung makanan dan minuman di sekitar pantai.

Jadi, setelah capek bermain pasir atau mandi di pantai Papuma kalian bisa mengisi perut kosong kalian di warung makan dan minuman yang ada di sekitar pantai Papuma ini.

Bahkan buat kalian yang hanya ingin menikmati view laut di pantai Papuma sembari meminum es degan juga bisa memesannya di warung sekitar pantai ini.

Ya, walaupun harga snack atau minuman memang lebih mahal ya dibandingkan dengan harga yang ada di luaran.

Maklum lah, di tempat wisata kan memang apa-apa mahal!

3. Resto di Pantai Papuma Jember

Buat kalian yang bertanya-tanya adakan resto yang ada di sekitar atau dekat dengan pantai papuma.

Ya, ada cukup banyak resto yang ada dekat dengan pantai papuma. Tapi, lokasi resto ini tidak berada pas di area pantai Papuma ya.

Untuk menemukan resto di papuma Jember ini kalian bisa cari di pintu keluar Pantai Papuma.

Ada banyak resto yang bisa kalian kunjungi dan cicipi kelezatan makanannya.

Ada banyak resto di dekat pantai Papuma terutama resto seafood atau ikan bakar yang bisa kalian coba.

4. Area Parkir yang Luas

Tak perlu khawatir masalah tempat parkir di pantai Papuma Jember karena tempat wisata di Jember yang satu ini memiliki area parkir yang cukup luas.

Buat kalian yang ingin berkunjung menggunakan kendaraan roda empat sebagai transportasi umum ataupun transportasi pribadi bisa parkir di area pantai Papuma yang cukup luas.

Bahkan nih, buat kalian yang membawa sepeda motor atau kendaraan roda 2 bisa amat sangat mudah mengeksplor seluruh area pantai Papuma yang indah nan eksotis.

5. Musholla yang Layak dan Bersih

Buat kalian pengunjung muslim jangan khawatir ketika ingin beribadah saat berlibur ke pantai tanjung Papuma beach ini.

Disana juga sudah tersedia musholla yang layak dan bersih sebagai tempat ibadah yang bisa kalian gunakan.

6. Playground

Saya yakin, ketika berkunjung bersama keluarga khususnya bersama dengan anak-anak.

Pantai tanjung Papuma bisa kalian jadikan pilihan yang tepat karena selain pantai yang eksotis dan indah. Di pantai ini juga sudah disediakan playground untuk bermain anak agar tidak bosan saat berlibur di pantai.

7. Area Outbound

Di papuma beach ini juga disediakan area outbound loh. Jadi, buat kalian yang ingin menginap atau berkemah dengan membangun tenda untuk menikmati keindahan malam di pantai Papuma kalian bisa nih menyewa area outbound ini.

Atau buat kalian yang hanya ingin berlatih dan berolahraga, area outbound di pantai papuma ini bisa kalian jadikan pilihan.

Baca Juga: Menikmati Sejuknya Tempat Wisata The Lodge Maribaya Lembang Bandung

Aktivitas atau Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Pantai Papuma Jember

Aktivitas atau Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Pantai Papuma Jember
Aktivitas atau Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Pantai Papuma Jember

Oke, sekarang lanjut ke bahasan kira-kira aktivitas atau kegiatan apa ya yang bisa kita lakukan di pantai Papuma Jember ini?

Tenang, liburan kalian bersama dengan keluarga atau pasangan atau bahkan juga teman akan lebih seru dan menyenangkan karena adanya beberapa aktivitas atau kegiatan berikut ini yang bisa kalian lakukan saat berada di pantai Papuma.

1. Menikmati View Pantai Papuma yang Indah

Kegiatan pertama yang bisa kalian lakukan saat berada di pantai Papuma ini sudah pasti kalian bisa menikmati keindahan view pantai Papuma dengan hamparan pasir putih yang eksotis dan mempesona.

Ada banyak batu karang yang berjejer dari bibir pantai hingga tengah lautan yang indah dan menakjubkan.

Ditambah lagi dengan hiasan perahu layar milik nelayan sekitar yang menambah kesan semakin cantik dan indah saat terparkir rapi di pinggiran pantai.

Kalian bisa menikmati view indah Pantai Papuma saat sunrise ataupun sunset.

2. Camping

Adanya fasilitas area outbound, kalian juga bisa loh membangun tenda untuk camping saat berlibur di pantai Papuma.

Dengan begitu, kalian akan lebih puas menikmati keindahan pantai papuma mulai dari sunrise di pagi hari hingga sunset di sore hari.

Bahkan di malam hari pun pantai ini akan memancarkan keindahan dengan hamparan laut birunya, pasirnya yang lembut dengan hiasan bintang di langit pantai Papuma yang gemerlap indah.

3. Traking dan Berenang

Kalian juga bisa kok tracking untuk mengeksplor lebih jauh dan lebih dalam lagi keindahan pantai papuma ini.

Buat kalian yang hobi berenang, tidak masalah jika kalian ingin mandi dan berenang di pantai.

Tapi ingat, jngan sampai berenang di area terlarang yang sudah di pasang palang larangan oleh para pengelola pantai ya untuk keselamatan kalian.

Soalnya ombak pantai Papuma ini cukup besar.

4. Snorkling, Diving dan Boating

Ingin tahu keindahan karang bawah laut khas pantai Papuma? Kalian juga bisa kok melakukan kegiatan snorkling atau diving untuk mengekesplor keindahan dan keeksotisan bawah laut tanjung Papuma.

Tetap ikuti arahan pengelola pantai ya. Lebih baik jika kalian menanyakan kepada petugas penglola pantai mengenai boleh tidaknya snorkling dan diving di area pantai Papuma.

Pastikan juga kalian didampingi oleh instruktur profesional dan berpengalaman saat akan melakukan kegiatan ini.

Tidak hanya snorkling dan diving saja, kalian juga bisa menjelajahi area pantai hingga tengah laut pantai Papuma dengan boat yang disediakan oleh pihak pengelola pantai.

5. Hunting Foto

Buat kalian pecinta fotografi, pantai papuma juga bisa kalian jadikan tempat untuk hunting foto.

Keindahan dan keeksotisan pantai papuma memang sangat pas untuk diabadikan oleh pecinta fotografi.

Pantai papuma Jember ini juga sudah sering kok dijadikan spot fotografi terbaik untuk keperluan foto preweding, foto shoot produk atau bahkan yang lainnya.

Karena memang view-nya yang sebagus dan seindah itu!

Sejarah dan Asal Usul Pantai Papuma

Sejarah dan Asal Usul Pantai Papuma
Sejarah dan Asal Usul Pantai Papuma

Anyway, tidak hanya terkenal dengan keindahan pantai dengan pasir putihnya yang bersih dan cantik saja loh.

Ternyata pantai Papuma ini juga terkenal dengan kemistisannya.

Menurut informasi dari pengelola pantai Papuma, Wana Wisata Pantai Tanjung Papuma Jember ini sudah dibuka sejak tahun 1994 dan mulai ramai dikunjungi sejak tahun 1996 karena daya tarik dan keindahan pantainya yang menakjubkan.

Ya, saya rasa tidak akan ada orang yang menyesal saat berkunjung ke pantai Papuma karena memang kalian akan disuguhkan pemandangan pantai yang elok dan indah. Tak jemu dipandang mata!

Oke, balik lagi ke topik tentang sejarah dan asal usul Pantai Papuma yang indah dan penuh misteri ini.

Konon katanya menurut informasi yang saya dapatkan dari warga sekitar, nama Pantai Pasir Putih Malikan atau yang dikenal dengan pantai Papuma ini diambil dari nama batu karang yang berjejer mulai dari bibir pantai yakni batu malikan.

Nah, katanya nih menurut cerita yang beredar di masyarakat sekitar, ada peristiwa bersejarah yang terjadi di batu malikan yang ada di pinggir hingga tengah pantai Papuma.

Konon di masa lalu, batu malikan tersebut adalah tempat memancing ikan dari seorang raja yang bernama raja mursada dan mursaud.

Saat memancing kail mereka berdua tidak sengaja di makan oleh seekor ikan ajaib yang dikenal dengan ikan raja Mina.

Karena mereka berdua tahu bahwa ikan tersebut adalah ikan ajaib mereka kemudian melepaskan kembali ikan tersebut ke lautan dan sebagai imbalan, ikan raja Mina memberikan pedang sakti miliknya kepada keduanya.

Suatu ketika saat kedua raja tersebut kembali memancing, konon katanya kedua pemuda tersebut diserang oleh seekor ular raksasa yang memang merupakan penghuni laut.

Namun, pasalnya ular tersebut berhasil dikalahkan oleh raden Mursada menggunakan pedang yang diberikan oleh ikan sang raja Mina.

Raden mursada memotong ular raksasa tersebut menjadi 3 bagian potongan ular.

Kemudian 3 bagian potongan ular tersebutlah yang katanya saat ini berubah menjadi jejeran batu karang mulai dari watu ulo hingga tanjung Papuma.

Ya, jika dilihat memang jejeran batu karang ini terlihat seperti deretan batu dengan bentuk menyerupai ular mulai dari pantai Papuma hingga pantai Watu Ulo yang berada di garis pantai yang sama.

Ini hanya cerita sejarah asal usul Pantai Papuma yang beredar di masyarakat saja ya. Kalian bisa percaya atau tidak. Hehe.

Baca Juga: Tempat Wisata Farmhouse Lembang Bandung yang Asik dan Menyenangkan

Mitos Pantai Papuma Jember

Mitos Pantai Papuma Jember
Mitos Pantai Papuma Jember

Kemistisan pantai Papuma Jember juga akan lebih terasa dengan adanya mitos-mitos yang beredar disana.

Berikut ini beberapa mitos yang menambah kemistisan pantai Papuma Jember.

1. Ombak Besar si Pemakan Korban di Pantai Selatan Tanjung Papuma Jember

Mitos yang beredar di masyakarat yang pertama adalah pasalnya ombak besar di pantai papuma rutin memakan korban.

Ya, memang ombak di pantai Papuma cukup besar karena memang lokasinya yang berada di garis pantai selatan Jawa.

Pantai papuma terkenal dengan ombaknya yang ganas dengan gulungan ombak yang besar dan berkekuatan tinggi.

Sehingga tak jarang memang ombak besar ini mencelakakan pengunjung atau wisatawan saat bermain atau mandi di pantai.

Hingga saat ini memang sudah banyak korba yang hanyut terseret ombak pantai Papuma yang cukup membahayakan.

Mitos yang beredar, pasalnya kejadian mistis yang memakan banyak korban terseret ombak ini seringkali dikait-kaitkan dengan Nyi Roro Kidul sang penguasa pantai laut selatan.

Ini hanya mitos saja ya! Kalian bisa percaya atau tidak. Hehe.

2. Ular Berbisa Penghuni Pulau Tak Bernama di Papuma

Tak hanya itu, ada juga mitos yang beredar di masyarakat sekitar bahwa konon katanya ada pulau yang tidak bernama dihuni oleh ular-ular berbisa.

Seperti yang saya sudah jelaskan sebelumnya bahwa ada banyak tonjolan batu karang yang ada di pantai Papuma dengan nama batu yang berbeda-beda.

Pasalnya ada salah satu batu karang di Papuma yang tidak memiliki nama. Batu karang tak bernama ini seringkali dihindari oleh warga sekitar tanjung Papuma karena konon ada banyak ular berbisa yang tinggal disana.

3. Gua Lawa Tempat Bersemayam Dewi Sri Wulan

Nah, mitos berikutnya yang juga beredar di masyarakat adalah adanya Gua di salah satu batu karang tanjung Papuma yang menjadi tempat bersemayam Dewi Sri Wulan.

Gua Lawa atau gua kelelawar ini disebut-sebut sebagai tempat bersemayams salah satu putir penguasa pantai selatan dan juga tempat bersemedinya Kyai Mataram di masa lalu.

Gua ini tidak selalu bisa terlihat oleh para pengunjung. Gua lawa ini hanya bisa dilihat oleh pengunjung saat air laut surut saja.

Larung Sesajen Agar Petik Laut atau Panen Ikan Melimpah

Mitos lainnya yang dipercaya oleh masyarakat sekitar tanjung Papuma adalah tradisi larung sesajen.

Tradisi ini seringkali masyarakat sekitar tanjung Papuma lakukan agar hasil panen ikan melimpah.

Ya, mayoritas masyarakat tanjung Papuma yang bekerja sebagai nelayan sering kali menggelar acara tradisi larung sesajen ini dari dulu hingga sekarang.

Tips Berlibur ke Tempat Wisata Pantai Papuma Jember

Tips Berlibur ke Tempat Wisata Pantai Papuma Jember
Tips Berlibur ke Tempat Wisata Pantai Papuma Jember

Nah, itu dia beberapa mitos yang masih beredar di masyarakat dari dulu hingga sekarang.

Eits, tapi jangan sampai kalian mengurungkan niat kalian untuk berkunjung ke salah satu pantai Indah yang ada di Jember ini ya.

Kan itu hanya mitos saja, kalian tidak perlu khawatir tentang keselamatan kalian saat berada di pantai Papuma Jember ini karena saat ini sudah ada banyak pengelola pantai yang siap sedia membantu dan melayani kalian semua.

Selama kalian tidak melanggar peraturan yang sudah ditetapkan oleh pihak pengelola. Kalian tidak perlu takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pihak pengelola pantai papuma juga sudah memberikan tanda peringatan di setiap area atau sudut pantai yang tidak boleh atau dilarang.

Jadi, selama kalian tidak melanggar larangan tersebut saya rasa berlibur ke tempat wisata di Jember yang satu ini akan menjadi moment yang seru dan menyenangkan bersama keluarga, pasangan, kerabat, saudara, teman, sahabat atau yang lainnya.

Penginapan Villa atau Hotel Dekat Pantai Papuma Jember

Penginapan Villa atau Hotel Dekat Pantai Papuma Jember
Penginapan Villa atau Hotel Dekat Pantai Papuma Jember

Oke, sebelum saya menutup artikel ini. Saya akan menjelaskan terlebih dahulu nih tentang beberapa pilihan hotel di pantai Papuma Jember yang bisa kalian jadikan referensi saat akan berkunjung atau menginap disana.

Ada beberapa hotel di Pantai Papuma Jember yang bisa kalian jadikan pilihan seperti hotel Ambulu, Cempaka Hill Hotel Jember, Hotel Panorama Jember, Royal Hotel Jember dan masih banyak lagi pilihan hotel lainnya yang ada di kota Jember.

Hotel Ambulu adalah hotel yang paling dekat dengan tempat wisata pantai Papuma Jember.Jaraknya sekitar 10 Kilometer saja.

Untuk hotel di Jember yang lainnya jaraknya kurang lebih sekitar 30 kilometer.

Kalian bisa pilih penginapan di Pantai Papuma Jember yang sesuai dengan budget dan keinginan serta kebutuhan kalian ya!

Oke, mungkin itu saja informasi tentang tempat wisata pantai papuma Jember sebagai salah satu tempat wisata di Jember yang populer dan mempesona.

Selamat berlibur dan jangan lupa berkunjung ke pantai di Jember yang eksotis ini saat berada di Jember ya!

See u ❤

Buka #Tag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *