Cara Batalka Pesanan Shopee Alvindayu

Cara Membatalkan Pesanan Shopee – Hayo siapa yang lagi bingung cari cara batalkan pesanan di Shopee? Tahu nggak ternyata kalian juga bisa loh membatalkan pesanan yang sudah kalian buat ketika belanja di Shopee. Ya, kalau kalian sedang bingung dan mencari tahu bagaimana cara membatalkan pesanan Shopee? Jangan bingung lagi karena di artikel kali ini saya akan membahasnya secara detail dan lengkap untuk kalian semua.

Oke deh, tanpa perlu basa-basi lagi. Langsung saja yuk saya ceritakan pengalaman saya saat membatalkan pesanan di Shopee.

Saya juga akan menjelaskan secara lebih detail dan lengkap tentang cara membatalkan pesanan Shopee yang sudah dibayar. Langsung saja yuk simak!

Pengalaman Membatalkan Pesanan di Shopee yang Sudah Dibayar

Oke, jadi cerita dulu nih. Beberapa waktu lalu saya juga sempat bingung gimana sih cara batalkan pesanan Shopee.

Karena kebetulan saat itu ternyata si seller Shopee menghubungi saya dan berkata bahwa produk yang saya inginkan ternyata sold out.

Padahal saya masih bisa klik masukkan keranjang produk itu pas mau checkout.

Huhu, harusnya kan kalau memang produk habis ya harusnya tidak ada stok produk di Shopeenya kan ya? Hmmm

Tapi nggak papa lah, untung saja si seller Shopee ini menginformasikan terlebih dahulu ke saya pas produk masih dalam keadaan di kemas.

Nah, karena produk yang saya inginkan habis saat itu. Si seller shopee ini menawarkan saya untuk menggantinya dengan produk lainnya yang serupa tapi tak sama.

Harga produk Shopee yang ditawarkan ini juga lebih murah selisih Rp. 10 ribu, dia bilang nanti selisihnya mau di ganti dengan produk lainnya.

Karena produk yang ditawarkan tidak sesuai dengan apa yang saya inginkan. Saya minta batalkan pesanan saja ke seller Shopee.

Nah, masalahnya seller Shopee ini lama banget responnya!

Langsung saja saya cek produk Shopee yang sudah saya pesan dan sudah saya bayar, ternyata masih dalam proses pengemasan yang artinya si penjual masih belum mengirimkan produk Shopee pesanan saya ini.

Saya klik menu Dikemas pada menu akun Shopee saya ternyata disitu ada tulisan Ajukan Pembatalan Pesanan.

Yang itu artinya, saya bisa membatalkan pesanan Shopee saya sebelum dikirimkan oleh pihak seller Shopee.

Oke, deh langsung saja saya klik Ajukan Pembatalan Pesanan produk Shopee yang ada di menu tersebut.

Lalu, selanjutnya bagaimana? Untuk lebih jelasnya simak yuk ulasan cara membatalkan pesanan Shopee berikut ini.

Cara Membatalkan Pesanan Shopee yang Sudah Dibayar Pakai Shopee Paylater

Lanjut dikit ya ceritanya sebelum bahas caranya! Hehe.

Nah, jadi kebetulan saat itu saya membuat pesanan di Shopee menggunakan metode pembayaran Paylater atau pakai fitur Shopee Paylater.

Ya, kebetulan barang yang akan saya beli cukup mahal harganya (menurut saya). 

Jadi, saya memutuskan untuk menggunakan fitur belanja di Shopee menggunakan Shopee Paylater.

Karena sepertinya mubadzir saja jika fitur Shopee Paylater ini tidak digunakan, saldonya juga masih cukup untuk membeli produk di Shopee secara cicilan pakai fitur Paylater ini. Hehe.

Nggak cuma itu, bunga Shopee Paylater saya rasa juga cukup rendah ya! Apalagi kalau kalian ambil cicilan Shopee Paylater yang cuma 1x cicilan saja, nggak dikenakan bunga alias bunga 0% lho!

Eh kok malah bahas Shopee Paylater!

Buat kalian yang penasaran sama fitur Shopee Paylater, baca artikel lengkapnya disini ya Cara Menggunakan Shopee Paylater!

Lanjut ke topik utamanya nih. Lalu bagaimana cara saya membatalkan pesanan Shopee yang sudah dibayar menggunakan Shopee Paylater.

Oke, deh langsung saja yuk kita simak ulasannya berikut ini.

1. Buka dan Login Shopee

Buka Aplikasi Shopee untuk Membatalkan Pesanan Shopee
Buka Aplikasi Shopee

Nah, seperti biasa yang pertama silahkan kalian buka aplikasi Shopee yang sudah ada di ponsel kalian.

Dan pastikan kalian juga sudah login ke akun Shopee milik kalian ya!

2. Pilih Menu Saya

Pilih Menu Saya untuk Membatalkan Pesanan Shopee
Pilih Menu Saya

Nah, kalau sudah silahkan klik atau pilih menu Saya yang ada di pojok kanan bawah tampilan beranda Shopee.

3. Pilih Menu Dikemas

Pilih Menu Dikemas untuk Membatalkan Pesanan Shopee
Pilih Menu Dikemas

Lanjut, di menu profil kan ada menu Pesanan saya tuh. Nah, kalian bisa langsung saja klik menu Dikemas seperti yang terlihat pada gambar.

Ini berarti meskipun pesanan sudah dibayarkan, namun produk Shopee atau pesanan kalian masih ada di dalam proses pengemasan bukan proses pengiriman.

4. Klik Produk yang Sedang Dikemas

Klik Produk yang Sedang Dikemas untuk Membatalkan Pesanan Shopee
Klik Produk yang Sedang Dikemas

Nah, kalau sudah akan muncul produk pesanan Shopee yang sedang dikemas tuh! Kalian bisa langsung klik produk yang sedang dikemas tersebut.

5. Pilih Batalkan Pesanan Shopee

Klik Batalkan Pesanan Shopee
Klik Batalkan Pesanan Shopee

Lanjut, kalian akan dihadapkan pada tampilan rincian produk pesanan Shopee yang sudah dibayar dan sedang dikemas.

Scroll ke bawah cari dan pilih menu Batalkan Pesanan. 

6. Pilih Alasan Pembatalan

Pilih Alasan Pembatalan Pesanan Shopee
Pilih Alasan Pembatalan Pesanan Shopee

Selanjutnya, kalian akan disuruh pilih alasan pembatalan pesanan Shopee yang akan kalian lakukan.

Pilih alasan pembatalan pesanan Shopee.

7. Ajukan Pembatalan Shopee

Ajukan Pembatalan Pesanan ShopeeAjukan Pembatalan Pesanan Shopee

Nah, karena pada saat itu alasan saya mengajukan pembatalan karena barang sudah habis kata dan si Seller Shopee slow respon banget balas chatnya.

Saya pilih saja alasannya karena Penjual Tidak Membalas Chat.

Pilihan alasan pengajuan pembatalan pesanan Shopee bisa kalian sesuaikan dengan alasan kalian masing-masing ya!

Kalau sudah memilih alasan, klik Ajukan Pembatalan Pesanan.

8. Konfirmasi Pengajuan Pembatalan Pesanan

Konfirmasi Pengajuan Pembatalan Shopee
Konfirmasi Pengajuan Pembatalan Shopee

Selanjutnya, akan muncul pop up informasi untuk konfirmasi.

Baca baik-baik pop up informasi tersebut. Kalau kalian setuju, klik Konfirmasi. 

9. Tampilkan Rincian Pembatalan

Tampilkan Rincian Pembatalan Pesanan Shopee
Tampilkan Rincian Pembatalan Pesanan Shopee

Nah, kalau sudah secara otomatis kalian akan kembali ke menu pesanan Shopee Dikemas.

Untuk melihat rincian pembatalan pesanan Shopee yang sudah kalian lakukan sebelumnya.

Kalian bisa klik menu Tampilkan Rincian Pembatalan. 

10. Cara Membatalkan Pesanan Shopee Selesai

Cara Membatalkan Pesanan Shopee Selesai
Cara Membatalkan Pesanan Shopee Selesai

Selesai, disana kalian bisa lihat rincian pesanan Shopee yang sudah kalian ajukan untuk dibatalkan kepada seller Shopee.

Sebenarnya ini masih belum sepenuhnya selesai dan berhasil sih.

Karena kalian harus menunggu persetujuan dari pihak seller Shopee untuk masalah ini.

Kebetulan pada saat itu, si seller Shopee membalas pesan saya dan sudah saya suruh untuk menyetujui pengajuan pembatalan pesanan Shopee yang sudah saya ajukan.

Dan ya, beberapa saat kemudian pesanan Shopee saya berhasil di batalkan.

FAQ Cara Membatalkan Pesanan Shopee

1. Bagaimana Jika Seller Tidak Menanggapi Pengajuan Pembatalan Pesanan?

Saya rasa kalau misalkan kasusnya seller tidak menanggapi pengajuan pembatalan pesanan.

Secara otomatis pengajuan pembatalan akan dibatalkan oleh pihak Shopee.

Jadi, kalian tidak perlu khawatir.

2. Bagaimana Jika Seller Menolak Pengajuan Pembatalan Pesanan Shopee?

Nah, kalau kasusnya seperti ini tentu ini akan beda lagi.

Jika memang kasusnya seperti ini, kalian bisa langsung saja hubungi CS Shopee untuk meminta bantuan untuk cari tahu solusinya bagaimana.

3. Bagaimana Cara Membatalkan Pesanan yang Sudah Dikirimkan?

Nah, untuk mengajukan pembatalan pesanan yang sudah dikirimkan oleh seller saya rasa bisa-bisa saja. Tapi mungkin nanti prosedurnya cukup ribet.

Karena jika memang barang atau pesanan Shopee sudah dikirimkan dan sampai ke alamat kalian.

Kalian bisa manfaatkan fitur ajukan pengembalian dana untuk mengajukan pengembalian dana Shopee.

Dan kalian juga harus mengirimkan kembali barang tersebut ke penjual atau seller terkait.

Mau nggak mau kalian harus rela berkorban ongkir Shopee untuk mengirimkan barang tersebut kepada si seller Shopee.

Wah ribet ya?

4. Bagaimana Cara Membatalkan Pesanan yang Belum Dibayar?

Nah, lain halnya kalau misalnya kalian ingin membatalkan pesanan Shopee yang belum dibayar.

Caranya mudah saja! Ya sudah, kalian tidak perlu melakukan pembayaran.

Secara otomatis pesanan tersebut akan dibatalkan oleh pihak Shopee.

5. Apakah Jika Mengajukan Pembatalan, Dana Shopee Akan Dikembalikan?

Jawabannya adalah YA! Dana Shopee akan dikembalikan kepada kalian jika pesanan Shopee yang kalian checkout sebelumnya berhasil dibatalkan.

Pengembalian dana Shopee biasanya akan diproses maksimal 2×24 jam.

6. Bagaimana Cara dan Proses Pengembalian Dana Shopee Jika Pesanan Dibatalkan?

Untuk cara pengembalian dana Shopee, biasanya pihak Shopee akan mengembalikan dana ke akun Shopeepay milikmu.

Oleh karena itu, pastikan kalian mengaktifkan Shopeepay dulu ya.

Untuk tahu bagaimana cara mengaktifkan Shopeepay, baca artikel tentang Cara Mengaktifkan Shopeepay ini. Tak masalah jika kalian lupa password atau nomor HP akun Shopee karena di artikel tersebut saya sudah menjelaskannya sesuai dengan pengalaman saya.

Jika memang tidak ingin melakukan pengembalian dana Shopee melalui Shopeepay, kalian bisa mengembalikan dana Shopee melalui rekening bank.

Nantinya, dana pengembalian Shopee tersebut akan ditransfer langsung ke rekening kalian.

Tapi pastikan dulu kalian sudah menautkan dan memverifikasi rekening bank yang kalian gunakan di akun Shopee milik kalian ya!

7. Apakah Limit Shopee Paylater Akan Kembali Juga Jika Pesanan Dibatalkan?

Nah, seperti kasus yang saya alami ketika membatalkan pesanan Shopee yang dibayar pakai Shopee Paylater.

Ternyata dana Shopee Paylater yang diambil dari limit Shopee Paylater saya untuk membeli produk pesanan tersebut juga kembali ketika pengajuan pembatalan pesanan Shopee berhasil.

Jadi, jika kalian bertanya apakah dana Shopee Paylater akan dikembalikan juga jika membatalkan pesanan Shopee yang sebelumnya dibayar pakai Shopee Paylater?

Jawabannya adalah IYA!

Untuk proses pengembalian dana Shopee saat Membatalkan Pesanan Shopee sama seperti yang lainnya yakni 2×24 jam.

Oke deh, itu dia beberapa informasi tentang cara membatalkan pesanan Shopee sesuai pengalaman saya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kalian semua ya!

Thank you!

255K
SHARES
2.4M
VIEWS

Sosok wanita periang, dengan ketawa lepas, suka makan coklat sembari menulis. Suka makan tapi sulit gemuk! follow sosial media saya ya, biar kita lebih akrab lagi :D