Tips Traveling ke Tempat Wisata Di Puncak Bogor Cipanas Dan Cisarua


Tips Traveling ke Tempat Wisata Di Puncak Bogor Cipanas Dan Cisarua – Obyek wisata kawasan Puncak dengan keindahan alam dan kesejukannya terdapat di kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Keindahan tempat wisata di Puncak dan sekitarnya biasanya akan dikenal dengan panorama alam pegunungan yang membentang mulai dari Ciawi, Cisarua, kemudian menuju puncak hingga Cipanas.

Untuk mencapai tempat wisata di Puncak Bogor, pertama-tama Anda bisa memilih jalur transportasi udara dengan tujuan Bandara Atang Sanjaya di Bogor. Setelah sampai Bogor, perjalanan wisata dilanjutkan dengan mobil menuju Ciawi dan tempat wisata di Puncak lainnya.

Jika anda berangkat dari Jakarta lokasinya kurang lebih sekitar 70 km dari Jakarta. Puncak terkenal sebagai tempat wisata yang selalu padat pengunjung di setiap akhir tahun.

Lokasi daerah yang memiliki udara sejuk, oleh karena itu tempat wisata ini cocok untuk anda refreshing bersama keluarga maupun teman-teman, karena tidak bisa ditemui di kota-kota besar yang padat polusi.

Daerah ini sudah cukup banyak dikenal oleh turis Asia dan Timur tengah, oleh sebab itu anda jangan heran jika anda melihat banyak toko-toko yang menggunakan bahasa Arab di spanduk maupun di penawarannya.

Kondisi Puncak Bogor Cipanas dan Cisarua

Kondisi Puncak Bogor Cipanas dan Cisarua
Puncak Bogor Cipanas dan Cisarua Siang Hari

Suhu hariannya berkisar kurang lebih antara 14-18 derajat celcius, oleh karena itu kamu wajib menyiapkan baju hangat dan tebal serta jas hujan karena kondisi pegunungan kota Bogor sering mengalami hujan yang tidak terprediksi sebelumnya. Tak heran jika kota Bogor ini dijuluki sebagai Kota Hujan karena curah hujannya yang tinggi.

Baca juga: Wajib Kunjungi Dan Cicipi 12 Tempat Wisata Kuliner Jogja Ini!

Tempat Wisata Puncak Bogor Cipanas dan Cisarua

Tempat Wisata Puncak Bogor Cipanas dan Cisarua
Tempat Wisata Puncak Bogor Cipanas dan Cisarua

Bagi Anda yang merencanakan berwisata mengunjungi tempat wisata di Puncak pada liburan mendatang, berikut ini beberapa lokasi tempat wisata di Puncak yang kami sarankan.

Keindahan Tempat Wisata di Puncak Berupa Kebun Teh

Keindahan Tempat Wisata di Puncak Berupa Kebun Teh
Keindahan Tempat Wisata di Puncak Berupa Kebun Teh

Perkebunan teh di Puncak Cisarua Bogor ini adalah tempat yang nyaman untuk anda yang ingin beristirahat dan melepas penat kesibukan aktivitas di kehidupan.

Hamparan kebun teh yang hijau adalah sajian utama tempat wisata di Puncak. Pemandangan alam tempat wisata di Puncak telah dikenal luas sebagai lokasi wisata alam yang indah dan menyegarkan.

Baca juga: Menikmati Sejuknya Tempat Wisata The Lodge Maribaya Lembang Bandung

Udara yang bersih dan sejuk serta hijau tanpa polusi udara yang padat membuat tubuh kita lebih menikmati ketenangan pada saat liburan bersama keluarga maupun teman-teman.

Oleh karena itu, kawasan kebun teh di Puncak menjadi primadona pengambilan gambar tempat wisata untuk tujuan komersil. Salah satu titik pemandangan alam menarik adalah pada tikungan terakhir menuju tanjakan puncak pegunungan di Puncak.

Pesona tempat wisata di Puncak dihasilkan oleh dua gunung berapi yang aktif, yaitu Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Dua gunung tersebut menunjukkan tanda-tanda post-vulkanologi berupa sumber mata air panas.

Maka tidak mengherankan bila tempat wisata di Puncak dijadikan sebagai tempat terapi penyembuhan berbagai penyakit kulit dan pernapasan. Salah satu fasilitas kesehatan yang dibangun di kawasan Puncak adalah sanatorium untuk pengobatan penyakit pernapasan.

Istana Presiden, Tempat Wisata di Puncak, Cipanas Bogor

Istana Presiden, Tempat Wisata di Puncak, Cipanas Bogor
Istana Presiden Bogor

Salah satu bangunan bersejarah yang berada pada tempat wisata di Puncak adalah Istana Presiden di Cipanas,Kabupaten Cianjur, Bogor. Memilliki luas kurang lebih sekitar 26 hektare.

Tempat wisata di Puncak ini merupakan lokasi favorit kepala Negara RI untuk menyambut kedatangan tamu negara. Istana Cipanas ini dibangun pada saat Pemerintahan Presiden Soekarno dan sebagai tempat mengasingkan diri dari pengaruh penjajah.

Baca juga: Rekomendasi 10 Tempat Wisata Di Bandung Terpopuler

Istana ini dibangun di atas tanah milik seorang tuan Belanda pada tahun 1740 kemudian digunakan sebagai tempat peristirahatan gubernur–gubernur pada saat itu.

Setelah Indonesia dinyatakan merdeka, tempat ini mulai dipergunakan sebagai istana untuk presiden. Istana Bogor dibangun dengan memperhatikan aspek keindahan, ketenteraman dan jauh dari hiruk pikuk kota besar.

Istana Cipanas adalah tempat wisata di Puncak Bogor yang menyimpan sejumlah barang-barang seni dan dirawat dengan baik hingga saat ini. Koleksi barang seni yang ada di Istana Bogor antara lain lukisan dan patung yang dibuat oleh seniman dunia.

Bangunana-bangunana disana memiliki banyak koleksi lukisan dan ukiran antik karya seniman Indonesia maupun Internasional.

Oleh karena itu, jika anda mengunjungi tempat tersebut, anda bisa menambah wawasan ilmu sejarah Indonesia dtambah menikmati indahnya arsitektur-arsiterktur pada zaman penjajahan Belanda. Selain itu, kita juga bisa menjumpai sejumlah binatang peliharaan istana yang tinggal di lingkungan tempat wisata di Puncak Bogor ini.

Kondisi alam yang asri menggambarkan  pegunungan menjadikan tempat wisata di Puncak Bogor  yang satu ini layak dan wajib untuk Anda kunjungi di saat liburan atau akhir pekan.

Anda perlu memesan jadwal terlebih dahulu untuk berkunjung ke Istana Presiden Cipanas ini kurang lebih sekitar 7 hari sebelum anda datang berkunjung.

Istana Presiden ini buka pada hari Senin-Minggu mulai pukul 08:00-14:00 dengan libur paada hari jumat dan tanggal merah. Pengunjung diwajibkan untuk menggunakan pakaian yang sopan, rapi selama di dalam istana seperti kemeja, batik dan memakai sepatu dikarenakan tempat ini masih digunakan untuk acara-acara resmi dan penting.

Kebun Raya Cisarua Tempat Wisata di Bogor

Kebun Raya Cisarua Tempat Wisata di Bogor
Kebun Raya Cisarua

Dari arah kota Bogor, kebun raya di Cisarua adalah tujuan wisata yang pertama kali dilalui pada jalur Ciawi – Cisarua – Puncak – Cipanas. Kebun Raya di Casarua, Bogor, adalah salah satu tempat perlindungan satwa langka di kawasan tempat wisata di Puncak Bogor.

Kebun Raya Bogor menjadi tempat belajar yang tepat bagi putra-putri kita agar mereka lebih mengenal arti penting pelestarian alam, terutama terhadap binatang-bintang langka yang dilindungi oleh negara.

Baca juga: Tips Travelling Ke Tempat Wisata Di Jepang Yang Mengagumkan

Sepanjang perjalanan melewati jalur wisata Puncak, penglihatan kita tidak akan membosankan karena panorama alam pegunungan begitu indah. Menghabiskan waktu tamasya ke tempat wisata di Puncak bersama keluarga akan lebih lengkap dengan sajian wisata kuliner khas Bogor.

Beragam jajanan rakyat bisa kita dapatkan di kedai-kedai yang dibangun warga di sepanjang jalur Puncak. Setiap akhir pekan, tempat wisata di Puncak dibanjiri oleh para wisatawan yang datang dari kota Jakarta dan sekitarnya.

Tips Traveling ke Tempat Wisata di Bogor

Tips Traveling ke Tempat Wisata di Bogor
Tips Traveling ke Tempat Wisata di Bogor

Tips untuk anda dalam melakukan perjalanan ke Puncak Bogor agar asik dan mengesankan, alangkah baiknya mengikuti tips traveling di bawah ini ya.

  • Diharuskan sebaiknya anda datang pada pagi hari. Dan pastikan anda melewati pintu keluar Jagorawi di Ciawi sebelum pukul 9 pagi pada saat liburan atau akhir pekan dikarenakan kawasan Puncak ini menggunakan sistem lalu lintas buka tutup satu arah.
  • Dikarena jalan raya menuju puncak tidaklah lebar dan banyaknya pengunjung menggunakan motor, sebaiknya anda jangan menggunakan mobil yang mewah. Karena banyak keluhan mobil wisatawan tergores oleh pengemudi motor yang asal lewat di tengah jalan. Selain itu banyak angkot yang berebutan penumpang sehingga jalan raya tidak teratur.
  • Senelum anda berangkat sebaiknya memesan penginapan terlebih dahulu, meskipun penginapan di sekitar tempat wisata di Puncak Bogor tersebut tetapi hanya sedikit penginapan yang membuat nyaman apalagi pada saat libur panjang atau akhir pekan.

Piknik ke tempat wisata di Puncak bukan hanya itu saja. Sementara itu, bagi Anda yang hobi berbelanja barang-barang unik, fashion terbaru, dan cinderamata khas Sunda, tempat wisata di Puncak Bogor juga menawarkan beragam pilihan souvenir menarik dengan harga terjangkau.

Jangan lupa membawa kamera ketika rekreasi ke tempat wisata di Puncak Bogor dan sekitarnya. Banyak tempat-tempat menarik di kawasan Puncak yang layak diabadikan dalam gambar tempat wisata. Ayo jalan-jalan ke tempat wisata di Puncak Bogor dan menikmati keindahan Gunung Gede-Pangrango!

Foto Puncak Bogor Malam Hari