Wajib Kunjungi Dan Cicipi 12 Tempat Wisata Kuliner Jogja Ini!


Tempat Wisata Kuliner Jogja – Berlibur ke jogja, tak lengkap rasanya sebelum mengunjungi beberapa tempat wisata kuliner jogja yang enak dan murah yang akan kami jelaskan pada artikel berikut ini. Setelah berlibur dan menikmati keindahan tempat wisata di Jogja, pastinya kamu akan merasa lapar dan tak heran jika kamu akan memburu makanan atau kuliner khas Jogja yang begitu fonemonal karena cita rasanya yang enak dan pastinya murah tak menguras kantong.

Jogja terkenal dengan wisata kulinernya yang kaya akan cita rasa mulai dari manis, pedas, asin hingga asam yang tentunya akan menggugah selera dan akan membuat kamu mengingat kota Jogja dan ingin kembali lagi merasakan kelezatannya.

Nah, buat kamu yang sedang berada di Jogja atau berencana untuk berlibur ke kota yang masih sangat kental dengan budayanya ini. berikut akan kami jelaskan beberapa tempat wisata kuliner Jogja yang legendaris dan masih tetap banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal ataupun mancanegara. Langsung saja, yuk kita bahas apa saja tempat wisata kuliner Jogja yang wajib kamu kunjungi.

Daftar Tempat Wisata Kuliner Khas Jogja yang Enak dan Murah

Daftar Tempat Wisata Kuliner Khas Jogja yang Enak dan Murah

Ketika berlibur di Jogja kamu tidak perlu bingung mencari tempat kuliner di Jogja karena hampir disetiap sudut kota ini selalu menyediakan kuliner jogja yang enak dan murah pastinya tidak menguras kantong kamu. Berikut daftar tempat wisata kuliner jogja yang wajib kamu kunjungi.

Baca juga: Menikmati Sejuknya Tempat Wisata The Lodge Maribaya Lembang Bandung

Wisata Kuliner Legendaris Jogja

Berikut beberapa tempat wisata kuliner legendaris Jogja yang dapat kamu kunjungi terlebih dahulu yang cocok buat kamu yang punya kantong nipis saat akhir bulan.

1. Gudeg Jogja Merupakan Tempat Makan Harga Mahasiswa

Gudeg Jogja Merupakan Tempat Makan Harga Mahasiswa 
Gudeg Jogja

Ini dia kuliner khas jogja legendaris dan paling populer yang memiliki cita rasa yang enak dan murah sehingga bisa dinikmati oleh berbagai kalangan. Ya, makanan yang satu ini adalah gudeg.

Gudeg adalah makanan khas Jogja yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke daerah istimewa ini. Kamu tidak perlu bingung mencari tempat kuliner gudeg di Jogja karena hampir di setipa sudut kota Jogja, kamu bisa menemukannya.

Namun, kawasan yang paling terkenal dengan makanan khas Jogja yang satu ini berada di daerah Wijilan dan Barek sebagai pusat gudeg Jogja yang paling enak dan terkenal. Untuk bisa sampai ke Wijilan kamu bisa jalan kaki atau naik becak dari kompleks Kraton Jogjakarta karena tempatnya tidak jauh dari Kraton Jogja, waktu tempuhnya kira-kira hanya sekitar 10 menit.

Baca juga: Rekomendasi 10 Tempat Wisata Di Bandung Terpopuler

Namun, jika kamu berada di utara kota Yogyakarta kamu bisa langsung saja mengunjungi daerah Barek karena setiap subuh ada banyak penjual Gudeg di pinggir jalan. Daerahnya tepat berada di sebelah utara kampus UGM. Ada beberapa warung gudeg terkenal disana seperti warung Gudeg Yu Djum, Bu Ahmad dan Bu Yarni.

Selain itu, ada lagi tempat gudeg Jogja yang bisa kamu kunjungi pada malam hari yakni warung gudeg batas kota yang berada di Jl. Adisucipto tepat di depan saphir square yang biasanya buka mulai dari jam 10 malam hingga dini hari. Kamu juga bisa merasakan gudeg yang istimewa secara langsung di Gudeg Pawon yang  berada di Jl. Janturan 36-38  Warungboto Yogyakarta.

2. Kuliner Khas Jogja Oseng Mercon Bu Narti

Kuliner Khas Jogja Oseng Mercon Bu Narti
Oseng Mercon Bu Narti

Kuliner khas Jogja yang satu ini cocok sekali bagi kamu yang ingin merasakan sensasi pedas khas Jogja. Kamu bisa langsung saja mengunjunig warung oseng bu Narti yang menyediakan berbagai varian oseng-oseng mercon dengan rasa pedas gila dan siap menggoyang lidah kamu. Lokasinya berada di Jalana KH Ahmad Dahlan, Gang Purwodiningrat Yogyakarta.

Warung makan khas Jogja yang satu ini menawarkan rasa yang enak dengan harga yang murah dan terjangkau. Kamu bisa merasakan sensasi pedas dari beragam oseng-oseng yang disediakan lengkap dengan nasi putih panas. Ada banyak varian oseng yang bisa kamu coba mulai dari oseng super pedas yang berisi gajih, kulit, tulang mudah hingga kikil. Sangat menggoda sekali bukan?

Tempat wisata kuliner Jogja yang satu ini sangat cocok sekali untuk kamu penggila dan pecinta masakan pedas. Dengan rasanya yang super duper pedas, tak heran jika ada beberapa menu yang disebut dengan oseng mercon, halilintar hingga oseng bledeg.

Baca juga: Menelusuri Jejak Kerajaan Majapahit di Tempat Wisata Pamekasan Madura

Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi masakan pedas seperti mercon dan bledeg, kamu bisa datang di akhir pecan karena biasanya khusus malam minggu warung oseng bu Narti akan melipat gkamukan komposisi cabai yang digunakannya ke masakan. Rasakan sensasi pedas luar biasa di kuliner khas Jogja ini.

3. Sate Klathak Jogja Pak Pong

Sate Klathak Jogja Pak Pong
Sate Klathak Jogja Pak Pong

Ini dia salah satu tempat wisata kuliner Jogja yang legendaris sate klatak jogja, cocok bagi kamu pecinta sate kambing.  Sate klathak pak pong menyajikan menu sate spesial yang tidak akan kamu temukan di tempat yang lainnya.

Sate kambing yang satu ini memiliki rasa yang khas, lezat dan nikmat walaupun menggunakan bumbu yang sederhana. Sate klathak hanya dibuat dengan menggunakan kecap, garam dan merica yang akan membuat rasanya sangat khas.

Selain diolah dengan menggunakan bumbu yang khas, alat masak yang digunakannya pun juga berbeda. Pak Pong menggunakan tusuk sate yang terbuat dari jeruji besi sepeda karena pasalnya jeruji besi sepeda mampu membuat daging matang secara merata.

Tidak hanya itu, penggunaan jeruji besi juga ramah lingkungan karena bisa digunakan berkali-kali. Kamu tertarik mengunjungi tempat wisata kuliner yang satu ini? Langsung saja mengunjungi tempatnya yang berlokasi di Jalan Imogiri Bantul, Yogyakarta.

4. Makanan Berkuah Enak di Jogja Lotek Teteg

Makanan Berkuah Enak di Jogja Lotek Teteg
Lotek Teteg

Bagi kamu pecinta lotek atau gado-gado khas Jogja, pastikan kamu mengunjungi tempat wisata kuliner Jogja Lotek Teteg yang beraada di sebelah timur Stasiun Lempuyangan yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin mencicipi kelezatan dan kenikmatakan lotek teteg khas Jogja ini.

Selain memiliki rasa yang khas, porsi lotek teteg juga banyak, cocok bagi kamu yang kelaparan dan kelelahan ketika berkeliling kota Jogja. Tempat yang disediakan juga sangat nyaman, teduh dan luas.

Baca juga: Lezat Dan Pedasnya Wisata Kuliner Di Kota Surabaya Yang Wajib Kalian Coba

Ciri khas yang dimiliki oleh warung lotek teteg yang satu ini adalah selain memiliki porsi yang jumbo, penyajiannya juga dilakukan dengan menggunakan cobek besar yang digunakan untuk membuat bumbu kacang.

Cobek besar yang digunakan ini mampu untuk membuat bumbu kacang untuk lotek teteg sebanyak 80 porsi dari pagi hari. Jadi, kamu tidak perlu khawatir pelayanannya lama karena lotek teteg sudah dibuat dengan jumlah besar oleh Bu Nur sang pemilik warung lotek teteg khas Jogja.

5. Kuliner Jogja Kekinian Bungong Jeumpa Jogja

Kuliner Jogja Kekinian Bungong Jeumpa Jogja
Bungong Jeumpa Jogja

Bagi kamu yang sedang berada di Jogja namun ingin menikmat aneka masakan khas Aceh, Bungong Jeumpa Jogja merupakan tempat wisata kuliner di Jogja yang tepat untuk kamu kunjungi.

Rumah makan Aceh yang berada di Jogja ini ramai dikunjungi dan sudah memiliki cukup banyak cabang karena masyarakat Jogja juga menggemari masakan khas Aceh seperti Mie Aceh misalnya. Bagi kamu yang ingin menikmati masakan khas aceh yang ada di Jogja, kamu bisa langsung menuju ke lokasi yang berda di Jalan R.W Monginsidi No 1, jalan kaliurang KM 5 dan cabang yang lainnya.

bisa menikmati masakan khas rempah-rempah Aceh yang buka dari jam 8 pagi hingga jam 10 malam. Ada beberapa paket yang bisa kamu pilih seperti ngopi, Nge-Mil, Nge-Mie dan Ngenas dan paket lainnya. Di Bungong Jeumpa Jogja menyediakan aneka sajian misalnya seperti Roti Cane, Mie Aceh, nasi goreng, ayam goreng, kopi, martabak, makanan dan minuman lainnya khas Aceh.

6. Ayam Geprek Bu Rum

Ayam Geprek Bu Rum
Ayam Geprek Bu Rum

Bagi kamu yang sedang mencari tempat kuliner murah di Jogja, Ayam Geprek Bu rum pilihannya. Rasa ayam geprek yang enak dan lezat dan harganya yang murah menjadikan rumah makan yang satu ini ramai dikunjungi, terutama bagi para pelajar.

Baca juga: Meriahnya Festival Objek Wisata Bunaken Dan Danau Tondano Sulawesi Utara

Warung makan jogja yang murah satu ini memang sangat terkenal sekali di kalangan pelajar karena rasanya yang pedas dan mantap membuat para pengunjung ketagihan. Ayam geprek yang dibalut dengan tepung merupakan menu kamulan warung makan Jogja yang satu ini, kamu bisa mencampurnya dengan sambal yang bisa disesuaikan dengan selera kamu.

Kamu bisa mengkombinasikan ayam geprek dnegna aneka menu masakan yang lainnya seperti tahu, tempe, telur dan aneka sayur. Hanya dengan biaya Rp. 7.000 kamu sudah bisa menikmati menu masakan ayam geprek bu Rum ini. Penasaran dengan rasanya? Kamu bisa langsung mengunjungi warungnya yang berada di Jalan Wulung Lor, Papringan Depok, Yogyakarta. Warung ayam geprek bu Rum ini dibuka mulai dari jam 10 pagi hingga jam 4 sore.

Wisata Kuliner Kekinian Khas Jogja

Beberapa tempat wisata kekinian khas Jogja berikut ini juga bisa kamu jadikan pilihan saat berkunjung agar lebih hits.

7. House of Raminten

House of Raminten
House of Raminten

Tempat wisata kuliner khas Jogja yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang ingin merasakan sensasi menu masakan khas angkringan atau tradisional dengan sentuhan tempat makan yang nyaman dan cukup modern. Dengan mengunjungi tempat wisata kuliner Jogja yang satu ini, kamu bisa membuktikan bahwa menu masakan tradisional dapat disajikan secara modern, berkelas dan terlihat sangat elegan.

House of Raminten sendiri merupakan salah satu rumah makan enak di Yogyakarta yang menyediakan varian menu tradisional seperti wedang sereh, brongkos, sate lilit, bola tahu dan juga nasi kucing.

Yang menarik dari rumah makan di Yogyakarta yang satu ini adalah arsitektur bangunannya yang luar biasa. Ketika pertama kali masuk kerumah makan yang satu ini, kamu akan disambut dengan sebuah kereta kuda dan ketika memasuki ruangan kamu akan menjumpai arsitektur Jawa dengan wangi khas Dupa.

Baca juga: Menjelajahi 8 Tempat Wisata Pantai Indah di Kabupaten Malang

Selain itu, ketika kamu menyantap menu makanan yang sudah dipesan. Kamu akan diiringi dengan lagu khas Jawa yakni gending jawa yang mengalun di rumah makan yang satu ini menambah suasana tradisional semakin kental dan terjaga.

Tidak hanya suasananya yang beraroma jawa, namun pelayan yang melayani dan membawakan menu pesanan kamu juga menggunakan pakaian khas jawa yakni kemben. Ketika kamu akan memesan menu makanan, kamu bisa memanggil pelayanan dengan menggunakan kentongan yang juga merupakan alat musik khas jawa. Untuk lokasi rumah makan yang unik ini, kamu bisa menuju ke jalan FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta. Rumah makan ini tersedia dan selalu buka selama 24 jam.

8. Mie Telap 12

Mie Telap 12
Mie Telap 12

Bagi kamu pecinta mie instan, tidak perlu khawatir karena Jogja juga memiliki menu kuliner mie dengan rasa yang enak lezat yakni Mie Talap 12. Disini kamu bisa menimati mie instan yang dimasak dan disajikan dengan tampilan yang sama persis dengan yang terlihat pada bungkusnya.

Jadi, disini kamu tidak perlu kecewa jika ternyata mie yang dihidangkan tidak sesuai dengan gambar yang ada dibungkusnya. Misalnya saja ketika kamu memesan mie instan rasa rendang. Maka nantinya mie instan akan disajikan dalam mangkok lengkap dengan potongan daging rendang asli dan juga topping yang ditata sama persis seperti yang ada di gambar kemasannya.

Nah, untuk minumnya, kamu bisa  menikmati aneka soda float dan juga milkshake. Tertarik untuk datang kesini? Kamu bisa langsung saja datang ke  lokasi yang berada di Jalan Pandean 10B, Yogyakarta

9. Kalimilk Yogyakarta

Kalimilk Yogyakarta
Kalimilk Yogyakarta

Ketika kota lain dijamuri dengan adanya coffe shop, maka berbeda dengan kota yang satu ini. Ada banyak kafe susu di Yogyakarta yang wajib kamu coba, salah satunya adalah kalimilk yakni sebuah kafe yang menyajikan beragam produk olahan susu.

Kalimilk memiliki sebutan khusus bagi para customernya yakni neneners. Nah, para neneners dapat mencicipi beragam jenis olahan susu dengan bermacam-macam rasa mulai dari rasa coklat, snack, buah, cookies dan lainnya. Untuk porsinya kamu bisa memilih 2 pilihan porsi yakni medium dan gajah. Untuk porsi gajah, pastikan kamu mengosongkan perut kamu terlebih dahulu ketika mengunjungi tempat ini karena kamu akan kekenyangan.

Baca juga: Tips Travelling Ke Tempat Wisata Di Jepang Yang Mengagumkan

Suasana kalimilk yang nyaman membuat kafe susu yang berda di jalan Kaliurang KM 4,9 dan Jalan Lempongsari No 251 Yogyakarta ini ramai dikunjungi dan cocok untuk dijadikan tempat nongkrong asik di Jogja bersama dengan sahabat ataupun keluarga kamu ketika berlibur.

Tempat Kuliner Jogja Malam Hari

Ingin menikmati keindahan Jogja di malam hari, tempat kuliner jogja malam hari ini bisa kamu kunjungi.

10. Kuliner Jogja Malam Angkringan Jogja Lik Man

Kuliner Jogja Malam Angkringan Jogja Lik Man
Angkringan Jogja Lik Man

Jika berbicara mengenai tempat wisata kuliner Jogja malam, belum lengkap rasanya jika kita tidak berbicara mengenai angkrigan. Salah satu angkirang di Jogja yang terkenal adalah angkringan lik man yang berada di pinggiran rel. Nasi kucing dan kopi joss di angkringan yang satu ini sangat terkenal. Tidak hanya itu angkringan ini juga terkenal dengan aneka sate dan gorengan yang disediakan dengan harga yang pas dikantong.

Salah satu minuman andalan di angkringan lik man ini adalah Kopi Joss yakni kopi panas yang diberi arang panas. Namun, kamu jangan khawatir karena kopi ini tidak berbahaya dan aman dikonsumsi karena arang yang langsung diambil dari tungku sudah pasti membuat arang tersebut steril.

Cara penyajiannya yang unik menjadi daya tarik bagi para pengunjung untuk menikmati kopi Joss angkringan Lik Man. Dalam hal ini, kopi dicampurkan dengan arang yang masih merah membara dengan rasa unik dank has tidak seperti kopi yang lainnya.

Pasalnya arang yang dicelupkan ke dalam kopi akan mensterilkan kafein sehingga kopi yang kamu minum aman untuk sistem pencernaan kamu. Bagi kamu yang tertarik untuk mencobanya, kamu bisa langsung saja mengunjungi angkringan Lik Man yang berlokasi di sekitar kawasan tugu jogja. Pasrtikan kamu mengunjungi angkringan murah Jogja yang satu ini karena selain menyajikan menu yang rasanya enak, harganya pun juga sangat murah dan terjangkau.

11. Bong Kopitown

Bong Kopitown
Bong Kopitown

Ini dia salah satu tempat wisata kuliner Jogja yang didesain dan memiliki konsep yang sangat unik yakni menggunakan konsep penjara. Bangunannya dibuat menyerupai penjara yang lengkap dengan sekat jeruji besi yang berada di setiap ruangan. Bak di penjara, kasir juga menggunakan kostum sipir penjara yang berdiri di balik meja kasir dan para pelayan berkostum layaknya narapidana yang hilir mudik mengantarkan pesanana ke setiap meja makan yang memesan.

Ada banyak menu kamulan yang disiapkan di Bong kopitown ini seperti sapo tahu, penang fried noodle, rendang spicy noodle dan juga kopi tetes. Ketika baru masuk dan duduk di kursi, jangan heran jika kamu didatangi oleh pelayan dengan kostum narapidana yang menyodorkan selembar Koran yang berisi daftar menu makanan lengkap dengan informasi tentang sejarah berdirinya rumah makan Bong Kopitown.

Lokasi Bong Kopitown sangat mudah ditemukan yakni berada di Jalan Sagan Kidul 4, Yogyakarta, buka dari jam 10 pagi hingga jam 12 malam.

12. Kuliner Jogja Malam Nasi Goreng Beringharjo

Kuliner Jogja Malam Nasi Goreng Beringharjo
Nasi Goreng Beringharjo

Ini dia tempat wisata kuliner Jogja yang cocok bagi kamu pecinta nasi goreng. Walaupun nasi goreng bisa kamu temui dimana saja, namun nasi goreng khas Jogja yang satu ini memiliki rasa yang khas dan beda dengan nasi goreng yang lainnya.

Nasi goreng Beringharjo merupakan nasi goreng yang sangat istimewa yang ada di Yogyakarta dan sangat legendaris karena sudah berdiri sejak tahun 1960 hingga sekarang. Disini tersedia nasi goreng ayam dan juga nasi goreng babi. Kamu tidak perlu khawatir menunggu lama ketika ingin mengunjungi tempat kuliner Jogja malam yang satu ini karena nasi goreng sudah dimasak dalam jumlah besar, namun disajikan sesuai porsinya dalam keadaan yang masih hangat dan kenikmatannya juga tidak hilang.

Jadi walaupun ramai pengunjung, kamu tidak perlu menuggu lama untuk bisa menikmati hidangan nasi goreng istimewa Jogja yang satu ini. Selain nasi goreng, ada juga menu lainnya yang bisa kamu coba seperti bihun goreng, bakmi goreng dan babi kecap. Ingin mencoba nasi goreng spesial ini, kamu bisa langsung saja mengunjungi tempatnya yang berlokasi di Jalan Pabringan 1, Yogyakarta. Dibuka dari jam 7 malam hingga habis.

Itu dia beberapa tempat wisata kuliner khas Jogja yang wajib kamu kunjungi ketika berkunjung kesana. Selamat berlibur!