Belajar Melihat Peluang Usaha dan Pengembangan Diri Agar Sukses


Hallo sahabatku semua yang punya cita-cita besar, kali ini saya akan membahas tetang “Belajar melihat peluang usada dan pengembangan diri”. Siapa yang tak ingin menjadi orang besar, sukses, hebat dan terkenal, apalagi kalau membaca karier BJ Habibie salah satu putra bangsa Indonesia menjadi orang hebat, penemuannya diakui dunia dan kesuksesannya membuat hati orang jadi kagum.

Belum lagi memikirkan bagaimana bocah ajaib dunia mampu mengubah peradaban manusia dengan hasil penemuannya. Seperti Thomas Alfa Edison yang hanya mengenyam pendidikan dasar formal (Setaraf SD) selama tiga bulan.

Lalu, dia belajar mandiri dan mampu memberdayakan potensi dirinya, hingga mampu menjadi orang besar. Tentu dalam hati kecil Anda pun mengimpikan jadi orang besar, hebat, terkenal dan sukses.

Membicarakan para tokoh di atas, tentunya menimbulkan pertanyaan dari mana mereka memulai sehingga mampu menjadi orang-orang yang sukses. Padahal kalau kita pelajar sejarah mereka, ternyata bermula dari hal-hal yang sederhana saja, bedanya mereka mampu melihat kesempatan yang ada di sekitar mereka.

Mereka mampu mendayagunakan kreatiitas dan imajinasi dari hal yang sederhana menjadi hal yang luar biasa. Kini, bagaimana dengan kita. Apakah Anda tidak ingin menjadi orang yang sukses dan dikagumi banyak orang, seperti tokoh di atas.

Lalu bagaimana melihat peluang dan pengembangan diri Anda. Untuk mengembangkan potensi diri , Kita harus mampu mendayagunakan kreativitas. Perlu Anda ketahui, bahwa setiap orang yang mempunyai potensi untuk kreativ walaupun berbeda tingkat kreativitasnya.

Jika Anda melongok sejarah orang-orang besar dunia, mereka begitu kreatif sejak awal masa kanak-kanak. Kreativitas yang dikembangkan sejak dini memunculkan talenta yang brilian.

Suatu hal yang perlu diingat, bahwa kreatifvitas tidak muncul begitu saja, namun membutuhkan kondisi yang merangsang terutama dorongan dari dalam diri sendiri.

Jika kecerdasan yang baik dan didukung dengan kreativitas yang tinggi, maka Anda akan semakin mahir mempergunakan kecerdasan secara efektif dan mampu menghasilkan gagasan yang luar biasa dengan tepat.

Kreativitaslah yang memunculkan talenta dan bakat Anda beserta kelebihan-kelebihan yang dimiliki. Kini bergantung pada pengetahuan, bagaimana mengembangkan kemampuan menjadi pribadi yang kreatif.

Untuk mengembangkan dan mendorong munculnya kreativitas pada diri Anda, langkah-langkah yang dapat dipergunakan, antara lain:

Langkah-Langkah Untuk Memunculkan Kreativitas

  • Pengembangan pikiran kreatif

Kembangkan pikiran kreatifmelihat peluang bisnis dan pengembangan diri

Anda perlu membiasakan diri untuk berpikir kreatif memenuhi segala keinginan maupun kebutuhan. Untuk dapat merangsang pikiran kreatif Anda harus membiasakan diri menyusun jalan pikiran atau menganalisis tahapan memproses sesuatu untuk untuk menjadi sesuatu dengan memusatkan perhatian, pengamatan dan minat pada suatu objek lebih terfokus.

Begitu juga, perlu membiasakan diri untuk mengeluarkan pendapat, perasaan, pikiran, gagasan, prakarsa, cipta dan karya secara bebas sesuai dengan tingkat penalaran.

  • Bersikap aktif

Jika Anda mau maju, maka harus pandai membuka peluang pengembangan potensi diri. Caranya, harus proaktif dalam berbagai hal. tidak boleh bersikap pasif, bergerak apabila ada perintah dan belajar bila disuruh.

Sudah tentu kita tidak ingin dikatakan sebagai orang yang malas, oranng yang tidak produktif dan orang yang tidak memiliki prospek masa depan.

Nah, karena itu kita harus aktif meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan sekitar Anda. Lihatlah peluang, apa yang dapat An da perbuat dan manfaatkan dari apa yang Anda lihat, hadapi maupun alami. Kemudian Anda harus bersikap aktif dan cepat mengambil keputusan untuk tentukan tindakan yang harus diperbuat. Jangan sungkan dan ragu-ragu.

  • Memunculkan ide, gagasan dan prakarsa

Kreativitas sangat erat hubungannya dengan ide, gagasan, prakarsa dan imajinasi. Untuk merangsang munculnya ide, gagasan, prakarsa maupun imajinasi Anda, maka perlu dibangkitkan rasa ingin tahu Anda mengenai segala sesuatu.

Untuk itu, Anda dapat belajar mengamati langsung berbagai hal, seperti melihat ke Museum Iptek, Pasar Seni, Galeri, Pameran, Planetarium, Sea World, Museum Dirgantara, Kebun Binatang, Pantai, Gunung dan sebagainya.

  • Susun rencana kerja

Tindakan yang bijaksana dan orang-orang yang sukses dalam hidupnya adalah orang-orang yang mampu mewujudkan ide, gagasan, angan-angan, keinginan dan imajinasi menjadi sebuah perbuatan atau karya nyata yang berdaya guna.

Jangan jadikan ide-ide tersebut menggelantung dalam benak pikiran saja atau menjadi pepesan kosong semata. Atau jangan sampai ide-ide yang brilian yang Anda miliki menjadi mubazir dan lenyap begitu saja. Untuk itu, Anda harus mampu berusaha, berbuat atau melakukan untuk mewujudkan ide-ide tersebut.

Buatlah rencana kerja untuk mewujudkan ide-ide brilian Anda berdasarkan tahapan-tahapan yang harus dilakukan atau dilalui.

Kumpulkan dan cari sarana penunjang pengembangan ide atau gagasan, seperti buku petunjuk, bahan utama maupun perlengkapan pendukungnya , atau tempat sarana pelatihan dan sebagainya. Kemudian, laksanakan rencana kerja ide, gagasan, prakarsa maupun imajinasi tersebut.

  • Tanamkan keyakinan berhasil

Jangan takut gagal, karena kegagalan itu merupakan keberhasilan yang tertunda. Ingat, para tokoh penemu di Dunia dan pengukir sejarah itu berhasil karena mereka dengan ulet dan gigih melakukan penelitian dan percobaan untuk mengembangkan ide-idenya itu menjadi sebuah karya nyata. Jika Anda tidak pernah memulainya, maka tidak pernah akan sukses.

Tanamkan keyakinan akan berhasil atas usaha yang dilakukan, walau betapa sulitnya suatu usaha yang Anda perjuangkan. Jangan ragu-ragu, jika hendak melakukan Usaha karena keraguan akan melemahkan semangat dan usaha pun menjadi setengah-setengah. Keraguan menyebabkan timbulnya kegagalan.

  • Mencari dukungan

Untuk menunjang keberhasilan dalam mengembangkan potensi diri, maka tidak boleh ragu untuk mendapatkan dukungan dari manapun. Anda harus tahu kepada siapa yang tepat dan tempat merujuk yang dapat mendukung, membantu dan mengembangkan potensi diri.

Anda tidak perlu ragu atau malu untuk mencari orang atau lembaga yang dapat memberi dukungan, pembinaan dan pelatihan agar berhasil mengembangkan potensi diri. Banyak orang yang berbakat, kreatif dan penghasil karya yang bermutu, namun tidak berkembang.

Hal ini disebabkan kelemahan tidak mampu atau kurang inisiatif untuk mencari rujukan yang dapat menunjang atau memberi dukungan dan menyalurkan potensi yang tepat. Nah, kini Anda jangan ragu untuk mencari tokoh atau lembaga yang mampu menghantarkan kesuksesan usaha yang kita cita-citakan.