Cara Menggunakan Shopeepay

Cara Menggunakan Shopeepay – Beberapa bulan lalu, tepatnya pada awal bulan Januari tahun 2019 ini kalau tidak salah pihak Shopee menambahkan fitur barunya yakni fitur Shopeepay. Nah, banyak pertanyaan tentang fitur baru dari Shopee yang satu ini nih. Mulai dari pertanyaan apa itu Shopeepay, bagaimana cara mengaktifkan shopeepay, cara menggunakan shopeepay, cara top up shopee pay hingga cara belanja di Shopee dengan Shopeepay?

Buat kalian yang penasaran tentang hal-hal tersebut, jangan khawatir. Kalian bisa tidur dengan tenang setelah membaca artikel seputar Shopeepay dari alvindayu ini.

Ya, saya akan membahas dan mengupas tuntas tentang apa itu Shopeepay, cara menggunakan, cara mengaktifkan, cara top up hingga cara belanja dengan Shopeepay.

Pokoknya setelah membaca artikel ini rasa penasaran kalian akan terobati deh.

Percaya deh! Langsung saja yuk kita bahas artikelnya.

Apa Itu Shopeepay? Shopeepay Adalah……

Apa itu Shopeepay Shopeepay Adalah
Apa itu Shopeepay Shopeepay Adalah

Oke, pertama mari kita bahas dari yang paling dasar dulu. Pertanyaan yang seringkali ditanyakan oleh orang-orang setelah mendengar adanya fitur baru dari Shopee ini adalah sebenarnya apa itu Shopeepay?

Jadi, Shopeepay adalah salah satu fitur terbaru dari Shopee yang memiliki fungsi yang sama dengan dompet digital atau uang elektronik pada umumnya.

Hanya saja, Shopeepay ini cuma dikhususkan untuk melakukan transaksi belanja di Shopee oleh pengguna Shopee.

Bukan hanya berfungsi sebagai alternatif metode pembayaran belanja di Shopee saja loh, Shopeepay ini juga merupakan tempat untuk menampung refund atau pengembalian dana.

Nah, biasanya kan ada beberapa kasus yang mengharuskan penjual untuk mengembalikan dana tuh. Misal karena salah kirim produk, produk rusak atau yang lainnya.

Dalam kasus seperti ini mengaktifkan Shopeepay dirasa amat sangat penting karena nantinya refund atau pengembalian dana tersebut bisa langsung masuk ke akun Shopeepay milik kalian.

Intinya sih si Shopeepay ini memudahkan sekali lah dalam melakukan transaksi di Shopee, baik untuk seller Shopee ataupun buyer Shopee.

Fungsi dan Kegunaan Shopeepay

Oke, jadi dari penjelasan diatas sebbenarnya kita sudah bisa simpulkan bahwa fungsi dan kegunaan Shopeepay dalam hal ini adalah sebagai alternatif pembayaran untuk belanja di Shopee.

Jadi, kan ada banyak tuh metode pembayaran di Shopee yang bisa dilakukan misalnya seperti metode pembayaran melalui atm, transfer bank mobile banking, indomaret, alfamart dan diantaranya juga ada metode pembayaran Shopeepay yang bisa kalian pilih nih.

Keuntungan Menggunakan Shopeepay untuk Belanja di Shopee

Keuntungan Menggunakan Shopeepay untuk Belanja di Shopee
Keuntungan Menggunakan Shopeepay untuk Belanja di Shopee

Kenapa harus menggunakan Shopeepay? Bukannya lebih ribet ya karena harus top up atau isi saldo Shopeepay dulu untuk menggunakannya?

Eits, jangan salah dibandingkan dengan metode atau sistem pembayarannya yang lainnya, menggunakan sistem pembayaran menggunakan Shopeepay lebih menguntungkannya.

Ada beberapa keuntungan belanja di Shopee menggunakan Shopeepay antara lain adalah.

1. Lebih Cepat dan Mudah

Daripada menggunakan sistem pembayaran bank transfer melalui atm atau pembayaran Shopee lewat Indomaret atau alfamart.

Tentu saja bayar dengan saldo Shopeepay akan lebih cepat dan mudah.

Kalian tidak perlu keluar rumah untuk membayar tagihan Shopee ke ATM atau ke Indomaret/Alfamart kan jadinya?

Tapi, ingat pastikan kalian mengisi atau menambah saldo Shopeepay kalian untuk bisa bayar belanja di Shopee dengan Shopeepay ini.

2. Banyak Tawaran Diskon

Saat menggunakan Shopeepay untuk belanja di Shopee, kalian akan lebih banyak mendapatkan tawaran diskon.

Misalnya diskon free ongkir Shopee dan diskon atau potongan lainnya yang menguntungkan kalian.

Ya, dengan menggunakan Shopeepay kalian akan mendapatkan tambahan kuota gratis Ongkir Shopee loh! Menarik sekali bukan?

Ini merupakan strategi dari pihak Shopee agar penggunanya lebih memilih untuk menggunakan fitur pembayaran Shopeepay dibandingkan dengan metode pembayaran Shopee yang lainnya.

Cara Mengaktifkan Shopeepay

Gimana? tertarik untuk menggunakan Shopeepay untuk belanja di Shopee?

Sebelum menggunakannya pastikan dulu kamu mengaktifkan akun Shopeepay milikmu ya.

Cara mengaktifkan Shopeepay sebenarnya amat sangat mudah sekali.

  • Kalian hanya perlu cari dan pilih menu Shopeepay di menu Profil saya.
  • Kemudian setelah itu, kalian akan diminta untuk melakukan verifikasi dan memasukkan kode OTP yang sudah dikirimkan melalui nomor HP.
  • Atur PIN Shopeepay dan selesai deh.

Untuk tahu lebih jelas mengenai cara mengaktifkan Shopeepay, kalian bisa membacanya disini: Cara Mengaktifkan Shopeepay

Disana saya sudah menjelaskan tentang cara mengaktifkan Shopeepay dan beberapa masalah mengapa Shopeepay tidak bisa digunakan atau tidak bisa dibuka.

Saya juga sudah jelaskan dan memberikan solusinya terkait masalah tersebut. Baca disana saja deh ya agar lebih jelas!

Cara Top Up Shopeepay

Cara Top Up Shopeepay
Cara Top Up Shopeepay

Nah, setelah berhasil mengaktifkan Shopeepay. Langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan untuk bisa menggunakan fitur Shopeepay ini untuk belanja di Shopee adalah kalian harus mengisi atau menambah saldo Shopeepay.

Ada beberapa cara mengisi atau top up Shopeepay yang bisa kalian lakukan diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Cara Top Up Shopeepay Melalui Bank Transfer

Cara top up Shopeepay pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan cara mengisi Shopeepay melalui bank transfer.

Nah, di fitur top up Shopeepay melalui bank transfer ini terdiri dari 3 cara mengisi saldo Shopeepay yang bisa kalian coba lakukan.

Kalian bisa mengisi saldo Shopeepay dengan cara mengisi saldo shopeepay lewat ATM, Ibanking ataupun Mbanking.

Bisa kalian pilih sendiri mau mengisi Shopeepay melalui bank transfer yang mana.

Nah, di cara mengisi saldo Shopeepay melalui bank transfer ini didukung oleh beberapa pilihan bank yang bekerja sama dengan pihak Shopee. Misalnya seperti BCA, Mandiri, BNI dan BRI.

Hingga saat ini hanya empat nama bank tersebut yang bekerjasama dengan pihak Shopee.

Jadi, pastikan kalian memiliki rekening dari bank-bank tersebut ya agar bisa top up saldo Shopeepay melalui bank transfer.

2. Cara Mengisi Saldo Shopeepay Lewat ATM

Nah, buat kalian yang memilih untuk isi saldo Shopeepay lewat ATM. Kalian bisa lakukan langkah-langkah cara mengisi saldo Shopeepay lewat ATM.

  • Pertama, kalian bisa buka aplikasi Shopee. Pastikan kalian sudah masuk atau login ke akun Shopee milik kalian ya.
  • Setelah itu, pada tampilan beranda. Pilih atau klik menu Shopeepay.
  • Nah, setelah itu silahskan klik Top Up. Maka akan muncul pilihan untuk  cara mengisi saldo Shopeepay.
  • Kalian bisa pilih Top Up Shopeepay melalui bank transfer.
  • Pilih rekening bank yang kalian gunakan. Setelah itu, konfirmasi.
  • Kemudian kalian akan mendapatkan kode nomor virtual account dari pihak Shopee.

Nah, kalau sudah mendapatkan no virtual account ini. kalian bisa langsung pergi ke ATM bank terdekat untuk mentransfer uang untuk top up Shopeepay.

Sebenarnya dibawah no virtual account yang kalian dapatkan, pihak Shopee sudah memberikan petunjuk bagaimana cara mengisi saldo Shopeepay lewat ATM. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Setelah masuk ke akun rekening bank kalian di ATM.
  • Kalian bisa pilih menu Transaksi Lainnya, lalu pilih Trasfer setelah itu pilih Ke Rekening BCA Virtual Account.
  • Nah, setelah terbuka silahkan masukkan no virtual account yang sudah kalian dapatkan dari pihak Shopee sebelumnya.
  • Lalu, setelah itu masukkan jumlah yang akan di transfer untuk top up Shopeepay (minimal Rp. 10.000)
  • Kemudian, akan muncul konfirmasi. Pastikan yang tertera di layar ATM adalah nama merchant Shopeepay dan usernamenya atas nama akun Shopeemu sendiri.
  • Pilih Ya, jika informasi konfirmasi sudah benar.

Sudah deh selesai!

Mudah sekali kan cara mengisi saldo Shopeepay lewat ATM?

3. Cara Mengisi Saldo Shopeepay di Indomaret dan Alfamart

Selain, bisa mengisi atau menambah saldo Shopeepay melalui bank transfer dan lewat ATM. Kalian juga bisa loh mengisi saldo Shopeepay di Indomaret atau alfamart. Cara mengisi Shopeepay di Indomaret dan alfamart juga cukup mudah untuk dilakukan.

  • Kalian hanya perlu pergi ke menu Shopeepay. Lalu pilih Top up.
  • Pilih metode Top Up Shopeepay melalui Indomaret atau Alfamart. Lalu, konfirmasi.
  • Masukkan nominal uang atau dana yang akan kalian top up ke akun Shopeepay milik kalian.
  • Lalu, pilih Bayar Sekarang. Maka kalian akan mendapatkan Kode Pembayaran Shopeepay. Pilih Ok.

Nah, kalau sudah mendapatkan kode pembayaran dari Shopee seperti ini. Kalian bisa langsung pergi ke Indomaret atau alfamart terdekat.

Setelah itu, langsung saja bilang ke kasirnya kalau mau top up saldo Shopeepay. Kasirnya sudah mengerti kok!

Kalian akan diminta untuk menyebutkan kode pembayaran yang sudah kalian dapatkan dari pihak shopee sebelumnya.

Berikan kode pembayaran Shopeepay tersebut ke kasirnya. Lalu, si kasir akan menyebutkan detail informasi konfirmasi seperti username dan jumlah dana Shopeepay yang akan di top up.

Jika dana sudah benar, kalian bisa langsung minta kasir Indomaret atau Alfamart ini untuk memprosesnya.

Selesai deh. Kalian bisa cek saldo Shopeepay kalian sekarang! Mudah banget kan?

Namun, sayangnya berita terupdate dari pihak Shopee mengenai cara mengisi Shopeepay di Indomaret atau Alfamart pada saat ini masih belum dapat dilakukan.

Pihak shopee menyebutkan bahwa top up Shopeepay di Indomaret dan Alfamart masih dalam perbaikan sistem.

Hal ini sudah terjadi sejak tanggal 11 Maret 2019 hingga saat ini.

Pihak Shopee juga sudah memberikan konfirmasi melalui akun twitter resmi miliknya yang mengatakan bahwa Top Up Shopeepay melalui indomaret dan alfamart di tutup sementara.

Tapi jangan sedih dan khawatir karena kalian masih bisa kok top up Shopeepay melalui Bank tranfer. Bisa melalui ATM, ibanking dan mbanking.

Masih kurang jelas mengenai cara top up Shopeepay di berbagai macam metode? Kalian bisa baca di artikel Cara Top Up Shopeepay.

Disana saya menjelaskan langkah-langkah cara top up Shopeepay dengan detail, jelas dan lengkap dengan gambarnya juga. Biar lebih mengerti dan paham baca dulu aja deh!

Cara Menggunakan Shopeepay Untuk Belanja di Shopee

Cara Menggunakan Shopeepay Untuk Belanja di Shopee
Cara Menggunakan Shopeepay Untuk Belanja di Shopee

Nah, sekarang ke pertayaan mengenai bagaimana cara menggunakan Shopeepay untuk belanja di Shopee.

Oke, mari kita langsung bahas tentang cara belanja dengan Shopeepay.

Sebenarnya cara belanja di Shopee pakai Shopeepay sama dengan cara belanja belanja di Shopee pada umumnya.

Hanya saja saat checkout dibagian metode pembayaran belanja Shopee. Kalian bisa pilih bayar tagihan belanja Shopee dengan menggunakan Shopeepay.

Sudah deh beres, saat kalian memilih atau klik Bayar Sekarang. Maka secara otomatis saldo Shopeepay mu akan berkurang.

Mudah dan simple sekali memang.

Untuk yang ingin tahu lebih jelas tentang cara belanja di Shopee menggunakan Shopeepay kalian bisa lanjut baca: Cara Belanja Menggunakan Shopeepay.

Eh, tapi ingat untuk mendapatkan kuota free ongkir kalian bisa pilih voucher gratis ongkir yang mendukung pembayaran dengan menggunakan Shopeepay sebelum checkout.

Buat kalian yang masih belum tahu mengenai cara gratis ongkir Shopee. Buruan baca artikel tentang: Cara Gratis Ongkir Shopee ini deh.

Disana saya sudah menjelaskan secara lengkap dan jelas tentang bagaimana cara gratis ongkir Shopee untuk penjual ataupun pembeli. Cek aja!

Cara Mengambil Uang di Shopeepay

Cara Mengambil Uang di Shopeepay

Tidak hanya dapat melakukan top up atau menambah dan mengisi saldo shopeepay saja loh.

Kalian juga bisa nih mengambil uang di Shopeepay.

Cara mengambil uang di Shopeepay juga tergolong amat sangat mudah.

Ada beberapa cara penarikan Shopeepay yang bisa kalian lakukan saat akan mengambil dana atau uang yang ada di Shopeepay antara lain adalah sebagai berikut.

1. Cara Penarikan Shopeepay ke Rekening

Pertama, kalian bisa melakukan penarikan Shopeepay ke rekening. Cara menarik dna Shopeepay ke rekening sangat mudah.

Kalian hanya perlu buka aplikasi Shopee setelah itu, pada tampilan beranda Shopee pilih Shopeepay.

Kemudian, pilih Penarikan untuk menarik dana Shopeepay.

Setelah itu, kalian bisa pilih berapa uang yang ada di Shopeepay yang akan diambil dan pilih rekening tujuan yang kalian gunakan. Selesai!

Eits tapi ingat, untuk melakukan penarikan uang di Shopeepay pastikan kalian melakukan verifikasi terlebih dahulu.

Penarikan Shopeepay tidak akan bisa dilakukan jika kalian tidak melakukan verifikasi KTP/KITAS.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara verifikasi Shopeepay dan cara penarikan saldo Shopeepay ke rekening kalian baca artikel sebelumnya yang sudah dibahas terlebih dahulu. Langsung klik linknya saja!

2. Cara Mengambil Uang di Shopeepay Melalui Indomaret

Selain dapat melakukan penarikan Shopeepay langsung ke rekening. Kalian juga bisa loh mengambil uang di Shopeepay melalui Indomaret.

Cara mengambil uang di Shopeepay melalui Indomaret juga cukup mudah.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa baca artikel tentang cara penarikan Shopeepay melalui Indomaret.

Disana saya sudah menjelaskan secara lengkap dana jelas.

Jadi, tidak perlu lagi dijelaskan disini ya. Hehe

FAQ Tentang Masalah-masalah Shopeepay

FAQ Tentang Masalah Shopeepay 1

Setelah membahas tentang Shopeepay lebih dalam pada ulasan diatas.

Nah, sekarang saya juga akan membahas tentang masalah-masalah atau gangguan yang biasanya banyak di keluhkan dan ditanyakan oleh para pengguna Shopeepay nih.

Oke, sekarang mari kita buka FAQ tentang masalah-masalah, keluhan dan pertanyaan-pertanyaan yang biasanya sering ditanyakan oleh para pengguna Shopee terkait masalah atau gangguan yang terjadi pada akun Shopeepay miliknya. Termasuk juga milik kalian yang kebetulan juga sedang membaca artikel ini.

Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan pengguna Shoopee.

1. Bagaimana Cara Membuat Shopeepay dan Aktivasi Shopeepay?

Oke, pertanyaan pertama yang paling sering ditanyakan dan sebenarnya merupakan hal yang paling dasar adalah tentang bagaimana sih cara membuat Shopeepay dan juga bagaimana cara aktivasi Shopeepay.

Jadi, sebenarnya Shopeepay merupakan suatu fitur yang otomatis ada dalam aplikasi Shopee ketika kalian daftar akun Shopee dan menggunakannya.

Cara membuat Shopeepay sama dengan cara membuat akun Shopee. Jadi, untuk bisa memanfaatkan dan menggunakan Shopeepay terlebih dahulu kalian haru membuat akun Shopee.

Kalau sudaha memiliki akun Shopee, secara otomatis kalian juga sudah memiliki akun Shopeepay.

Lalu, pertanyaan mengenai bagaimana cara aktivasi Shopeepay?

Buat kalian yang bingung cara aktivasi Shopeepay, kalian bisa baca artikel tentang Cara Mengaktifkan Shopeepay ini.

2. Lupa PIN Shopeepay, Bagaimana Cara Mengetahui/Melihat PIN Shopeepay?

Masalah berikutnya yang juga sering ditanyakan oleh para pengguna Shopee terkait Shopeepay adalah pada saat lupa PIN Shopeepay, bagaimana  cara mengetahui PIN Shopeepay?

Oke, saat kalian lupa PIN Shopeepay yang kalian buat, maka kalian harus mereset ulang PIN Shopeepay kembali.

Caranya mudah, kalian bisa pilih menu Shopeepay yang saat ini sudah ada di tampilan beranda awal Shopee.

Setelah itu, pilih pengaturan dan reset ulang PIN Shopeepay.

Untuk lebih jelasnya mengenai langkah-langkah cara reset ulang lupa PIN Shopeepay kalian bisa baca artikel tentang Cara Mendapatkan PIN Shopeepay.

Disana sudah saya jelaskan secara lengkap langkah-langkah sekaligus gambar per langkahnya juga.

3. Kenapa Shopeepay Tidak Bisa Digunakan?

Pertanyaan berikutnya yang juga seringkali ditanyakan oleh para pengguna Shopee saat akan belanja di Shopee pakai Shopeepay adalah ternyata Shopeepay tidak  bisa digunakan.

Ada beberapa hal yang membuat Shopeepay kalian tidak bisa digunakan, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Saldo Shopeepay Tidak Mencukupi

Hal pertama yang membuat Shopeepay tidak bisa digunakan adalah karena saldo Shopeepay kalian tidak cukup untuk membayar total tagihan belanja di Shopee.

Oleh karena itu, sebelum checkout pastikan saldo Shopeepay kalian mencukupi ya.

Kalau tidak mencukupi lebih baik lakukan top up Shopeepay terlebih dahulu.

  • Lupa PIN Shopeepay

Penyebab lainnya kenapa tidak bisa menggunakan Shopeepay mungkin karena kalian salah atau lupa PINK Shopeepay milik kalian.

Jadi, sudah pasti Shopeepay tidak akan bisa digunakan untuk belanja di Shopee.

Kalialn bisa ikuti cara mengetahui PIN Shopeepay untuk bisa memasukkan PIN yang benar.

4. Kenapa Tidak Bisa Top Up Shopeepay?

Masalah dan pertanyaan berikutnya yang juga sering ditanyakan oleh para pengguna Shopee saat mengalami masalah ketika akan megngunakan Shopeepay adalah tidak bisa top up Shopeepay.

Saya rasa permasalahan ini sudah tidak ada lagi. Karena memang beberapa waktu lalu sistem pembyaran Shopeepay mengalami masalah sehingga pengguna Shopee tidak bisa top up Shopeepay.

Hal ini juga sudah disebutkan oleh pihak Shopee bahwa ada masalah terkait perizinan Shopeepay di BI.

Namun, saat ini masalah tersebut saya rasa sudah aman.

Tapi memang, dari bulan Maret hingga sekarang pengguna Shopee tidak bisa melakukan top up saldo Shopeepay melalui Indomaret/Alfamart karena sistem mengalami perbaikan.

Tapi kalian masih bisa top up saldo Shopeepay melalui bank transfer ATM, ibanking dan mbanking kok. Jangan sedih!

5. Menu Top Up Shopeepay Tidak Muncul

Lalu, bagaimana jika menu top up Shopeepay tidak muncul? Ada beberapa hal yang bsa membuat menu top up Shopeepay tidak muncul antara lain adalah:

  • Top Up Shopeepay hanya bisa dilakukan melalui aplikasi Shopee, tidak bisa melalui PC/laptop. Jadi, pastikan kalian menggunakan aplikasi Shopee saat akan mengisi saldo Shopeepay.
  • Aplikasi Shopee perlu diperbaharui. Untuk menikmati fitur-fitur baru dari Shopee, pastikan kalian secara rutin memperbaharui aplikasi Shopee. Karena bisa saja top up Shopeepay tidak muncul karena aplikasi Shopee kalian adalah versi lama.

Jika beberapa hal diatas sudah dilakukan tapi masih saja menu top up Shopeepay tidak muncul.

Kalian bisa langsung hubungi call center Shopee bisa melalui chat Shopee, panggilan atau email call center Shopee.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa membaca di cara mengatasi masalah-masalah di Shopee.

6. Apakah Shopeepay Bisa untuk Belanja?

Mungkin ini adalah pertanyaan dari orang yang masih awal sekali dengan Shopeepay.

Sudah pasti jawabannya adalah YA shopeepay bisa untuk belanja produk-produk yang ada di Shopee.

Ingat hanya produk yang ada di Shopee saja ya! Shopeepay tidak bisa digunakan untuk belanja produk di merchant lainnya.

7. Berapa Lama Pengembalian Dana Shopeepay?

Untuk masalah pengembalian dana Shopeepay saya rasa tergantung dari kasus pengembalian dana atau refund yang dilakukan ya.

Kalau saya pribadi yang memang sudah pernah melakukan refund dana dari pihak Shopee prosesnya saya rasa cukup cepat.

Kasus dan masalah ini sudah saya pernah bahas di artikel: Cara Mengaktifkan Shopeepay

Karena memang saat itu saya terpaksa melakukan aktivasi Shopeepay untuk mendapatakn pengembalian dana dari pihak Shopee.

Untuk lebih jelasnya mengenai kronologinya, kalian bisa baca di artikel: Cara Login Shopee Tanpa OTP, Lupa Password dan Nomor HP Hilang

Silahkan dibaca dulu.

Nah, itu tadi penjelaskan tentang Shopeepay mulai dari cara mengaktifkan Shopeepay, cara top up Shopeepay hingga cara menggunakan Shopeepay.

Bahkan saya juga coba bantu jawab mengenai masalah-masalah yang sering dipertanyakan oleh pengguna Shopee.

Semoga bermanfaat ya. Thanks!

255K
SHARES
2.4M
VIEWS

Sosok wanita periang, dengan ketawa lepas, suka makan coklat sembari menulis. Suka makan tapi sulit gemuk! follow sosial media saya ya, biar kita lebih akrab lagi :D