Menikmati Wisata Kuliner Tanjung Pinang Khas Melayu

Wisata Kuliner Tanjung Pinang Khas Melayu – Apa kabar kawan-kawan backpacker dan traveller di yang ada Indonesia. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai tempat wisata kuliner Tanjung Pinang yang memiliki cita rasa khas Melayu. Beberapa tempat wisata kuliner khas Tanjung Pinang yang akan saya jelaskan pada artikel ini dapat kamu jadikan sumber referensi untuk menjelajahi kuliner khas Indonesia dari berbagai macam daerah dan wilayah di Indonesia yang legendaris.

Salah satunya adalah wisata kuliner melayu khas Tanjung Pinang ini. Mudah-mudahan informasi website ini bisa membantu Kamu dalam menyusun rencana liburan keluarga yang menyenangkan. Pada saat berlibur ke beberapar tempat wisata di Tanjung Pinang yang menarik untuk dikunjungi setiap wisatawan lokal maupun mancanegara tak lengkap rasanya jika kamu tidak menyantap kelezatan kuliner khas daerah tersebut.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai tempat wiisata kuliner dengan nuansa Melayu yang bisa kita dapatkan dari tempat wisata di Pulau Bintan tersebut. Budaya Melayu masih sangat terlihat dan kental di Tanjung Pinang bukan hanya dari cara penduduk setempat bercakap-cakap, berpakaian, dan memilih arsitektur tempat tinggal. Namun juga, Wisata kuliner di Tanjung Pinang juga masih kental dengan aroma budaya Melayu. Sangat menarik sekali bukan?

Budaya Melayu yang berkembang di Tanjung Pinang mirip dengan unsur Melayu yang ada di negara Malaysia dan Singapura. Oleh karena itu, suasana tempat wisata di Malaysia dan tempat wisata di Singapura dapat kita temukan dengan mudah di Tanjung Pinang. Ibukota provinsi Kepulauan Riau (Kepri) itu dikenal sebagai Kota Gurindam berkat sejarah masa lalu kota itu sebagai pusat Kerajaan Melayu.

Kelezatan Makanan Khas Wisata Kuliner Tanjung Pinang

Kelezatan Makanan Khas Wisata Kuliner Tanjung Pinang
Kelezatan Makanan Khas Wisata Kuliner Tanjung Pinang

Lalu, makanan khas Tanjung Pinang apa saja yang menggoda selera kita untuk mencobanya? Kamu tentu tidak asing dengan nama menu makanan nasi lemak, roti prata kuah kari, lou mie, nasi ayam, sate, mie goreng, mie rebus, dan lain-lain.

Baca juga: Tips Traveling ke Tempat Wisata Di Puncak Bogor Cipanas Dan Cisarua

Menu-menu tersebut saat ini makin populer karena menjamurnya restoran Melayu di kota-kota besar. Satu lagi wisata kuliner khas Tanjung Pinang, yaitu olahan gonggong. Gonggong adalah sebutan untuk hewan siput laut yang hidup hanya ada di Kepulauan Riau. Menu-menu tersebut terkenal lezat dan menggugah selera setiap pengunjung.

Restoran dengan Makanan Khas Melayu di Tanjung Pinang

Restoran dengan Makanan Khas Melayu di Tanjung Pinang
Restoran dengan Makanan Khas Melayu di Tanjung Pinang

Keunikan tempat wisata kuliner di Tanjung Pinang selain dari menu-menu makanan Melayu juga dari bangunan tempat makan. Restoran di Tanjung Pinang umumnya berbentuk Hawker Centre. Hawker Centre adalah konsep restoran outdoor dan semi-outdoor dengan meja-meja bundar yang dikelilingi kursi plastik. Konsep resto ini dipakai oleh kebanyakan restoran negara-negara di Eropa yang beriklim sedang, misalnya di Paris, Praha, Roma, Madrid, dan lain-lain. Wisatawan bebas makan bersama dengan teman, keluarga dan kerabat sambil menikmati cita rasa khas makanan Melayu.

Sedapnya Secangkir Kopi Khas Kopitiam

Sedapnya Secangkir Kopi Khas Kopitiam
Kopi Sekanak Tanjung Pinang

Selain Hawcker Centre, tempat menikmati wisata kuliner di Tanjung Pinang adalah dengan mengunjungi kedai kopi yang dikenal dengan nama kopitiam. Konsep kopitiam ini menggabungkan sejarah budaya masa lalu dengan citarasa makanan original warisan leluhur. Saat ini banyak kopitiam di Jakarta, Bandung, maupun Surabaya yang meniru kedai kopi kopitiam. Namun kopitiam yang otentik tetap dari asalnya, yaitu Tanjung Pinang dan kawasan Kepulauan Riau.

Baca juga: Wajib Kunjungi Dan Cicipi 12 Tempat Wisata Kuliner Jogja Ini!

Nama minuman yang dijual di kopitiam antara lain teh tarik, ice milo, teh obeng, dan lain-lain. Kegiatan minum kopi di kopitiam merupakan salah satu budaya masyarakat Tanjung Pinang yang dilakukan pada waktu sarapan, istirahat siang, dan malam hari selepas bekerja.

Kemeriahan kedai kopi di Tanjung Pinang merupakan daya tarik pariwisata di Pulau Bintan yang mampu menyedot kunjungan wisatawan dari dalam dan luar negeri. Bila sekali Kamu merasa cocok dengan iklim pergaulan di Tanjung Pinang, bisa dipastikan Kamu akan ketagihan mencoba beragam menu lezat wisata kuliner setempat.

Menikmati Sedapnya Makanan Melayu di Akau Potong Lembu

Menikmati Sedapnya Makanan Melayu di Akau Potong Lembu
Menikmati Sedapnya Makanan Melayu di Akau Potong Lembu

Dimanakah lokasi makan yang nyaman dan asyik di sekitar Kota Tanjung Pinang? Referensi pertama adalah Akau Potong Lembu. Akau Potong Lembu merupakan salah satu hawker centre paling ramai di Tanjung Pinang. Suasana disana sangat ceria dan semarak oleh kehadiran pengunjung dan penikmat wisata kuliner Melayu. Kemeriahan hawker centre Akau Potong Lembu diklaim mengalahkan tempat makan sejenis di Lau Pa Sat di Singapura dan Jalan Alor di Kuala Lumpur, Malaysia.

Menikmati Kopitiam dan Roti Prata di Kedai Kopi Mall

Menikmati Kopitiam dan Roti Prata di Kedai Kopi Mall
Menikmati Kopitiam dan Roti Prata di Kedai Kopi Mall

Bila wisatawan ingin menikmati kopi Melayu dengan latar belakang lokasi mall, Tanjung Pinang memiliki sejumlah kopitiam yang terkenal. Mall yang memiliki kedai kopi dengan citarasa Melayu antara lain: Pujasera 21, Melayu Square, Ocean Corner, dan Akau Laut Jaya Pelantar 2. Ingin mencoba minum es teh tarik sekaligus menikmati roti prata kuah kari? Cobalah kunjungi Kedai Kopi Pagi Sore. Roti prata di kedai tersebut enak sekali. Apalagi ditemani dengan segelas es teh tarik, nikmat roti prata sangat terasa kari ayamnya.

Baca juga: Lezat Dan Pedasnya Wisata Kuliner Di Kota Surabaya Yang Wajib Kalian Coba

Jajanan Khas Melayu Tanjung Pinang

Selain kopitiam dan roti prata khas melayu yang ada di restoran dan mall tanjung pinang. Belum lengkap rasanya jika kamu tidak menikmati jajanan dan masakan khas melayu di Tanjung Pinang yang lainnya berikut ini.

  • Deram-deram atau Drum Drum

Deram-deram atau Drum Drum
Deram-deram atau Drum Drum

Nama jajanan khas melayu yang satu ini memang unik dan lucu. Kamu bisa menemui jajanan khas melayu ini di swalayan sekitaran Tanjungpinang. Jajanan khas melayu ini memiliki benutk yang mirip dengan donat mini namun berasal dari tepung beras dan juga gula merah.

Konon kue khas melayu ini adalah salah satu cemilan yang disediakan di kesultanan melayu pada jaman dahulu.

  • Mie Tarempa

Mie Tarempa
Mie Tarempa

Kamu akan menemukan makanan khas Tanjungpinang ini di sepanjang jalan. Ada tiga jenis mie tarempa yang bisa kamu coba yakni mie tarempa goreng, lembab, dan berkuah. Bentuk dari mie tarempa ini mirip denganm mi gepeng kwetiau. Mie ini disajikan bersama dengan suwiran ikan tongkol berbumbu diatasnya ditumis bersama denagn telur dan kecambah.

Baca juga: 5 Daftar Makanan Paling Enak di Asia Go Internasional Yang Wajib Kamu Coba

Mie tarempa memiliki rasa pedas, namun kamu bisa memesannya sesuai selera kamu. Ada banyak warung yang menyediakan menu masakan khas melayu ini dari pagi hingga malam hari. Kebetulan saya mendatangi warung yang beralamat di Kopitiam Mie Tarempa di Jalan DI panjaitan KM 7, Kota Piring, Tanjungpinang Timur.

Kekayaan budaya Melayu telah berakar pada kehidupan masyarakat Tanjung Pinang dan kepulauan di provinsi Kepri sejak lama. Budaya Melayu memberi ciri khusus pada wisata kuliner di Tanjung Pinang. Daya tarik wisata inilah yang perlu dipertahankan oleh masyarakat setempat sehingga kekayaan budaya mereka tidak akan tergerus modernisasi zaman. Tanjung Pinang bisa menjadi tujuan alternatif kegiatan wisata keliling Nusantara selain Pulau Bali, Pulau Lombok, Kota Bandung, Kota Manado, dan lainnya. Ayo lestarikan kekayaan wisata kuliner di Nusantara!