Mencicipi Kelezatan Wisata Kuliner di Probolinggo Yang Sedang Hits

Mencicipi Kelezatan Wisata Kuliner di Probolinggo – Sebagai salah satu kota di provinsi Jawa Timur, Kabupaten Probolinggo memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi setiap backpacker tidak hany tempat wisata alamnya yang indah, namun tempat wisata kuliner di Probolinggo juga memiliki kelezatan dan kenikmatan yang luar biasa. Obyek wisata yang ada di Probolinggo antara lain Taman Nasional Gunung Bromo, perkemahan Gunung Lamongan, kompleks bangunan kuno di pusat kota, pabrik kertas Leces yang bersejarah, dan pelabuhan Ketapang yang sibuk. Secara umum, kondisi alam Probolinggo bervariasi mulai dari daerah pantai hingga pegunungan.

Khusus untuk bangunan-bangunan kuno di Probolinggo, Kamu bisa menjumpainya di daerah sekitar Sekolah Kristen Mater Dei. Disana berkumpul bangunan bank, institusi pendidikan, dan gedung Pemerintahan dengan arsitektur unik. Walau masyarakat Probolinggo kebanyakan suku Madura yang beragama Islam, namun warga non-muslim juga memiliki identitas tersendiri bagi perkembangan budaya setempat.

Baca juga: Nikmatnya Wisata Kuliner di Kopitiam Oey di Jakarta

Saya pernah berlibur ke kota Probolinggo bersama dengan seorang teman. Dan pada saat itu pula saya berkenalan dengan sejumlah makanan khas daerah Probolinggo. Probolinggo adalah penghasil buah mangga terkenal di Jawa Timur. Sebagai salah satu tempat wisata di Jawa Timur, Probolinggo mempunyai tempat wisata kuliner yang lengkap. Mulai dari lontong balap, tahu tek, bakso, ikan bakar, hingga sejumlah restoran cepat saji bisa kita temui disana. Semua lokasi tersebut menjadi tempat wisata murah bagi warga setempat.

Menu Favorit Wisata Kuliner di Probolingo

Menu Favorit Wisata Kuliner di Probolingo
Menu Favorit Wisata Kuliner di Probolingo

Untuk mencapai kota Probolinggo, jalur yang paling mudah adalah dari Surabaya atau Mojokerto dengan tujuan Terminal Bayuangga, Probolinggo. Dari terminal Probolinggo, Kamu bisa lanjut naik angkutan umum lyn D warna kuning untuk tujuan alun-alun kota.

Probolinggo tidak hanya terkenal dengan keindahan tempat wisatanya namun beberapa tempat wisata kuliner di Probolinggo juga patut dan wajib kamu coba. Beberapa menu wisata kuliner kesukaan saya di Kota Probolinggo antara lain adalah sebagai berikut ini.

Bakso Edi Eratex dan Stasiun KA

Bakso Edi Eratex dan Stasiun KA
Bakso Edi Eratex dan Stasiun KA

Bakso Edi sudah megang banget untuk sebuah brand makanan lokal murah meriah kuliner di Probolinggo. Tiap kali berlibur ke Probolinggo rasanya belum lengkap kalau nggak mampir ke Bakso Edi. Setahu saya, Bakso Edi mempunyai dua cabang saja. Yang pertama di depan pabrik tekstil Eratex, yang kedua di samping stasiun kereta api Probolinggo. Dari kedua tempat tersebut, Bakso Edi yang ada di depan Eratex yang lebih ramai pengunjungnya.

Baca Juga: Menikmati Wisata Kuliner Tanjung Pinang Khas Melayu

Citarasa Bakso Edi sebenarnya standard. Mau bagaimana enaknya bakso ya tetap saja bakso. Tapi ada kesan tersendiri bagi kita waktu makan ini bakso. Dagingnya kenyal, takaran bumbunya pas, dan diklaim tanpa bahan kimia. Setelah makan bakso Edi Kamu bisa menikmati kesegaran es degan (es kelapa muda). Wuih, perjalanan jauh jadi segar kembali! Panasnya cuaca akan terbayar oleh kelezatan wisata kuliner Probolinggo.

Barisan PKL Alun-alun Probolinggo

Barisan PKL Alun-alun Probolinggo
PKL Alun-alun Probolinggo

Tempat favorit saya untuk berwisata kuliner di Probolinggo adalah kawasan alun-alun. Disana ada banyak sekali pilihan menu yang sesuai selera wisatawan. Deretan pedagang kaki lima (PKL) menjajakan tahu tek, es degan, mie ayam probolinggo, nasi goreng mawut, soto Madura, dan lain-lain. Agak ke barat sedikit dari alun-alun, yaitu jalan A. Yani, Kamu bisa menemukan makanan yang lebih modern di gerai-gerai fastfood seperti pizza, burger, aneka juice, steak, dan lain-lain.

Alun-alun Probolinggo menjadi tempat favorit saya untuk rileks karena dekat dengan fasilitas internet di Telkom, perpustakaan umum di sebelah lembaga pemasyarakatan, dan bangunan stasiun KA yang asli peninggalan Belanda. Sambil menikmati sepiring tahu tek Kamu bisa memandang tata ruang taman alun-alun yang asri. Menurut saya, alun-alun Probolinggo lebih hijau daripada alun-alun Kota Wisata Batu yang unik itu.

Rumah Makan Rawon Nguling Probolinggo

Rumah Makan Rawon Nguling Probolinggo
Rumah Makan Rawon Nguling Probolinggo

Rawon nguling merupakan menu masakan khas Probolinggo yakni berada tepat di wilayah Nguling Probolinggo sesuai dengan namanya. Rumah makan rawon Nguling ini sangat legendaris sekali sehingga tak heran jika rumah makan yang satu ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat lokal maupun wisatawan yang ingin mencicipi cita rasa khas rawon Nguling tersebut.

Kelezatan semakin bertambah dengan memadukan rawon dengan nasi ditambah dengan sambal bajak yang dijamin akan membuat kamu ketagihan dan ingin kembali lagi menikmatinya.

Buat kamu yang ingin mencicipi cita rasa dan kelezatan rawon nguling, kamu bisa langsung saja mendatangi TKP yang beralamat di Jalan Raya 75 Tambak Rejo, Tongas Probolinggo. Rumah makan rawon Nguling ini buka mulai dari pukul 5 pagi hingga pukul 9 malam.

Rumah Makan Sumber Hidup Probolinggo

Rumah Makan Sumber Hidup Probolinggo
Rumah Makan Sumber Hidup Probolinggo

Tempat wisata kuliner di Probolinggo berikutnya yang menjadi favorit saya dan masyarakat yang ramai datang ke tempat kuliner Probolinggo yang satu ini adalah rumah makan sumber hidup Probolinggo. Sama seperti bakso Pak Eddy, rumah makan yang satu ini juga menjadi rumah makan yang populer di Probolinggo.

Baca juga: Lezat Dan Pedasnya Wisata Kuliner Di Kota Surabaya Yang Wajib Kalian Coba

Suasananya yang nyaman membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama menikmati hidangan yang ditawarkan. Salah satu menu favorit yang menjadi andalan di warung makan yang satu ini adalah es krimnya yang menggugah selera. Selain es krim ada juga menu masakan berat dan cemilan penutup. Bagi pengunjung muslim pastikan kamu berhati-hati memilih menu masakan karena ada beberapa menu masakan yang non halal.

Rumah Kopi Barista Probolinggo

Rumah Kopi Barista Probolinggo
Rumah Kopi Barista Probolinggo

Tempat wisata kuliner yang satu ini cocok sekali bagi kamu yang ingin menikmati secangkir kopi hangat di Kota Probolinggo. Rumah kopi barista Probolinggo ini merupakan tempat ngopi terbaik yang ada kuliner di Probolinggo.

Tempatnya yang nyaman sangat cocok sekali untuk dijadikan sebagai tempat nongkrong untuk menghabiskan maam bersama dengan teman-teman kamu dan juga pasangan.

Pusat Perbelanjaan Jalan PB Sudirman

Wisata kuliner di Kota Probolinggo bukan itu saja lho. Kalau mau cari tempat makan yang ramai, Kamu bisa memilih jalan-jalan ke kawasan Jl. PB Sudirman. PB Sudirman merupakan salah satu jalur tersibuk kuliner di Probolinggo karena berdiri sejumlah pusat perbelanjaan, restoran waralaba, pasar tradisional, pertokoan, dan bangunan pendukung kegiatan ekonomi rakyat. Mau keliling jalan-jalan utama Probolinggo naik becak? Disini lokasi pemberhentian yang tepat.

Baca Juga: Wajib Kunjungi Dan Cicipi 12 Tempat Wisata Kuliner Jogja Ini!

Salah satu plaza favorit saya adalah GM Plaza. Tiap kali mau balik ke Surabaya, saya selalu mencari oleh-oleh jajanan rakyat disana. Walau namanya plaza, tetap saja yang dijual produk UKM setempat. Misalnya keripik pisang, keripik nangka, kacang koro, jagung gepeng, tape singkong Probolinggo, buah kenitu, dan lain-lain. Inilah tempat berbelanja oleh-oleh makanan yang tepat untuk Kamu.

Selain beberapa kawasan wisata kuliner di Probolinggo tersebut, masih banyak spot menarik di kota Probolinggo untuk Kamu jelajahi dalam berwisata kuliner. Jangan lupakan daerah pantai Probolinggo dengan hasil lautnya. Wisatawan bisa lanjut ke Kraksaan, Pajarakan, dan Gending untuk menikmati wisata kuliner masyarakat pesisir. Kawasan pantai Probolinggo menawarkan citarasa makanan laut yang tidak kalah eksotis dibanding Bali dan Ujung Kulon. Ayo cintai wisata kuliner Indonesia!