Nikmatnya Wisata Kuliner di Kopitiam Oey di Jakarta


Wisata Kuliner di Kopitiam Oey di Jakarta – Halo kawan-kawan pecinta travelling dan backpacker di Indonesia! Kita ketemu lagi dengan review tempat-tempat wisata yang indah dan menarik yang ada di Indonesia dan Mancanegara. Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia sendiri sangat kaya dengan warisan budaya dan kuliner khas nusantara karena kekayaan akan rempah-rempah yang dimilikinya. Budaya minum kopi ala hawker-hawker di Tanjung Pinang sudah menjadi kebiasaan dan tradisi yang masih kental disana. Namun pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai pengalaman ngopi yang serupa, namun ada di Jakarta. Namanya adalah Kopitiam Oey.

Kopitiam Oey sendiri adalah nama kedai kopi yang didirikan oleh Pak Bondan Winarno, koki sekaligus presenter wisata kuliner terkenal di televisi. Kopitiam Oey memiliki sejumlah menu unik dan lezat yang tersedia hanya pada waktu-waktu tertentu. Kopitiam Oey terletak di Jl. Agus Salim, kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Adanya kedai kopi milik Pak Bondan Winarno ini diharapkan dapat mendukung iklim pariwisata di Jakarta selain Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Taman Impian Jaya Ancol, Pulau Bidadari, Pulau Tidung, Dunia Fantasi, Masjid Istiqlal, dan lain-lain.

Baca Juga: Menikmati Wisata Kuliner Tanjung Pinang Khas Melayu

Sebelum meninggal Pak Bondan menuturkan melalui Majalah Gatra bahwa tujuannya mendirikan Kedai Kopi atau Kopitiam Oey adalah untuk menularkan budaya minum kopi yang telah ada di Indonesia sejak berabad-abad lamanya. Kopitiam Oey ini bisa menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta untuk mengenalkan budaya Melayu-China dalam hal wisata kuliner minum kopi. Kopitiam yang telah hadir di Indonesia selama ini hanya berkembang di Pulau Sumatera dan pulau-pulau di sekitar Selat Malaka. Maka, Pak Bondan ingin warga Jakarta ikut serta menelusuri budaya tersebut melalui penataan interior kedai dan aneka menu khas yang dijual di Kopitiam Oey.

Keunikan Kedai Kopitiam Oey Jakarta

Keunikan Kedai Kopitiam Oey Jakarta
Keunikan Kedai Kopitiam Oey Jakarta

Terdapat beberapa hal yang unik dan menarik dari kedai kopitiam oey milik pak Bondan Winarno. Berikut akan saya jelaskan beberapa keunikan yang dimiliki oleh kedai kopitiam oey yang ada di Jakarta.

Beda Jam Makan, Beda Menu Makan

Keunikan Kopitiam Oey dari Pak Bondan Winarno adalah variasi menu makan yang tidak bisa ditemukan pada semua jam makan. Beda jam makan, kita dapat menemukan menu makan yang berbeda-beda pula. Menu pagi hari yang tersedia di Kopitiam Oey adalah nasi item dan french toast. Makanan ini terbilang tidak terlalu berat namun cukup mengenyangkan untuk mengawali aktifitas seharian.

Sangat unik sekali bukan? mereka memiliki konsep menu makan yang sangat unik. Hal ini tentunya akan memudahkan pengunjung karena mereka tidak perlu bingung memilih menu masakan yang sesuai dengan jam makan mereka.

Bagaimana soal harga? Harga makanan dan minuman di Kedai Kopi Pak Bondan Winarno berkisar antara Rp 8.000 sampai Rp 26.000. Harga yang bersahabat, bukan?

Menu Makanan di Kopitiam Oey

Beda menu pagi, beda pula siang hari. Menu makan siang Kedai Pak Bondan di kawasan Menteng terbilang lebih variatif. Pengunjung dapat memilih menu sate Ponorogo, gado-gado, maupun nasi tim ayam. Bagaimana dengan menu makan malam? Menu makan yang ditawarkan juga terbilang maknyus. Tersedia nasi goreng kambing dan mie kepiting yang akan memanjakan lidah setiap wisatawan penyuka dunia kuliner Nusantara. Nasi goreng kambing tidak berbau amis walaupun irisan daging yang dipakai adalah daging kambing.

Menu Makanan di Kopitiam Oey
Menu Makanan di Kopitiam Oey

Khusus untuk menu mie kepiting, yang Kamu dapatkan bukan hanya mie kuah beraroma kepiting yang kental, tetapi juga ada campuran daun sawi, bakso ikan, jamur, irisan daging ayam, dan kaki kepiting goreng. Hmm, siap-siap iler menetes karena menahan diri untuk mencicipi kelezatannya wisata kuliner Pak Bondan Winarno yang satu ini.

Roti Talua Menggoda Selera

Sebelum mencoba menu utama Kopitiam Oey milik Pak Bondan, wisatawan dapat mencoba menu pembuka yang berupa Roti Talua. Makanan kecil ini merupakan salah satu menu andalan Kopitiam Oey selain Kopi Tradisional Vietnam. Sesuai namanya, Roti Talua terdiri dari roti bakar dan talua (telur) yang dimasak setengah matang.

Roti Talua Menggoda Selera Kopitiam Oey di Jakarta
Roti Talua

Diantara tumpukan roti tawar dan telur setengah matang, pengunjung kedai bisa merasakan gurihnya perpaduan bawang bombay dan kesegaran tomat yang keduanya ditumis dengan bumbu spesial. Hmm, walaupun Roti Talua adalah menu asli Nusantara, namun kelezatannya tidak kalah dibanding menu sejenis dari luar negeri, misalnya: beef burger, sandwich, dan hotdog.

Jadi kedai kopitiam Oey yang satu ini bukan sekedar kedai kopi biasa karena mereka juga menyediakan menu masakan lainnya dari makanan pembuka hingga makanan berat juga ada. Bagi kamu yang tidak hanya ingin menikmati kopitiam khas melayu yang nikmat, pastikan kamu datang ke kedai kopi milik pak bondan ini.

Baca Juga: Wajib Kunjungi Dan Cicipi 12 Tempat Wisata Kuliner Jogja Ini!

Tak heran jika mereka menyediakan banyak pilihan menu andalan yang akan disajikan karena memang pak Bondan sendiri adalah seorang chef dan pengamat masakan khas nusantara dan juga sudah cukup terkenal karena beberapa tahun lalu banyak acara TV tentang wisata kuliner yang ia bawakan dan terknal dengan jargon “Maknyus” – nya.

Sedapnya Minum Kopi Tradisional Vietnam

Sedapnya Minum Kopi Tradisional Vietnam
Kopi Tradisional Vietnam

Tidak puas hanya menikmati kopitiam khas melayu disini juga disediakan kopi tradisional khas Vietnam. Traditional Vietnamese Coffee dan Wedang Oewoeh Imogiri adalah minuman andalan yang dijual di Kedai Kopi Pak Bondan Winarno. Penyajian kopi tradisional ala Vietnam terbilang sangat unik dan membutuhkan kesabaran pengunjung untuk segera menikmatinya. Cara membuat kopi Vietnam adalah dengan cara menyaring ampas kopi sehingga terpisahkan bagian air kopi dan butir-butir ampas kopi.

Proses penyaringan ampas kopi ini membutuhkan kesabaran ekstra sampai tetes demi tetes air kopi tersaring sempurna. Kamu akan mendapatkan nikmat kopi buatan kedai Pak Bondan selang beberapa menit kemudian. Seperti slogan yang selalu Pak Bondan katakan di televisi: Rasanya maknyus, Pemirsa! Rasanya benar-benar maknyus. Kopi tradisional Vietnam ala Pak Bondan rasanya cenderung ke pahit dengan sedikit rasa manis. Mungkin komposisi ini tidak sesuai untuk peminum kopi pada umum. Namun citarasa ini sangat cocok bagi pemburu wisata kuliner kopi sejati.

Baca juga: Lezat Dan Pedasnya Wisata Kuliner Di Kota Surabaya Yang Wajib Kalian Coba

Bagi kamu pecinta kopi pastikan kamu mengunjungi tempat wisata kuliner yang satu ini ketika berkunjung ke ibukota Jakarta. Tidak hanya dapat menikmati kopi khas melayu dan Vietnam kamu juga bisa merasakan aneka ragam citarasa masakan khas Indonesia yang lezat dan tidak bisa terlupakan. Selain itu, olahan tersebut juga merupakan sebuah resep langsung dari pak Bondan sendiri. Jadi kenikamatan dan kelezatannya sudah pasti tidak dapat diragukan lagi.

Kekayaan wisata kuliner di Nusantara dihasilkan melalui beragam budaya yang berkembang di Indonesia. Mulai dari budaya Melayu, China, Jawa, Betawi, serta budaya-budaya daerah lainnya saling memperkaya cita rasa wisata kuliner. Dengan demikian, keragaman wisata kuliner dapat mendukung promosi tempat-tempat wisata terindah di Indonesia di mata wisatawan dalam negeri dan mancanegara. Indonesia sanga indah bukan?

Nikmatnya Wisata Kuliner di Kopitiam Oey di Jakarta 1