Tips Untuk Mengurangi Intensitas Gadget Pada Anak Anda “Kecanduan Gadget”

Parenting, Tips

Sudah bukan sesuatu yang aneh lagi kalau kita menjumpai orang-orang di tempat umum asik dengan gadgetnya masing-masing yang mengabaikan dunia luar mereka, bahkan cenderung apatis jika ada kejadian yang mengharuskan interaksi dengan lingkungan, dunia nyata, mulai di terminal, rumah sakit, tempat makan bahkan tempat bekerja. Ada yang memang sedang membuka email atau menyelesaikan pekerjaan pentingnya, tapi ada juga yang asik main games atau berinteraksi di dunia maya lewat akun sosial medianya.

Keasikan di akun sosial media bila tidak cerdas mengatur waktu akan membuat pekerjaan terbengkalai dan komunikasi sesama anggota keluarga jadi terganggu karena masing-masing anggota keluarga terlalu asik dengan gadgetnya masing-masing.

Berikut Tips Untuk Mengurangi Intensitas Gadget Pada Anak

Berikut Tips Untuk Mengurangi Intensitas Gadget Pada Anak

Memang tidak mudah melepaskan keasikan ngobrol dengan teman di dunia maya, tapi keluarga juga harus mendapat pehatian lewat interaksi langsung bukan hanya melalui pesan singkat, whatsapp, BBM dan sejenisnya, kecuali memang ketika masing-masing sedang berada di luar rumah.

Yuk Ladies, kita buat kesepakatan dengan anggota keluarga agar bisa mengurangi ngoprekin gadget saat berada di rumah. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan.

Jadikan Waktu Mengobrol Saat Makan Malam

Buat kesepakatan agar saat makan malam tidak ada yang menyentuh gadgetnya kecuali bila ada panggilan masuk. Itupun harus segera disimpan kembali bila telah selesai menerima panggilan. Setelah makan malam atau di sela-sela waktu makan malam, buatlah suasana yang mendukung agar sesama anggota keluarga bisa lebih dekat lewat obrolan. Misalnya saja membahas aktivitas dan kesibukan seharian dan rencana yang akan dilakukan esok atau beberapa hari mendatang. Lewat obrolann ini juga kita bisa saling mengetahui kesibukan masing-masing anggota keluarga.

Gadget Untuk Si Kecil?

Sesekali mengenalkan games yang edukatif bagi anak-anak memang diperlukan, sambil mengenalkan teknologi pada anak-anak. Namun sebagai orang tua, kita harus bijak untuk membuat aturan waktu kapan dan berapa lama anak-anak bisa bermain gammes atau memainkan gadget. Begitu juga saat mereka bermain gadget, sebagai orang tua tetap perlu mendampingi mereka . Akses internet yang akan dipakai oleh mereka dan games yang akan dimainkan pun sudah kita set, terutama untuk aplikasi hiburan seperti Youtube agar tidak membuka film atau saluran yang bukan untuk konsumsi mereka.

Ciptakan Suasana Menyenangkan

Untuk mengalihkan keasikan anak-anak atau anggota keluarga lainnya dari keasikan gadget juga bisa dilakukan dengan mengajak mereka terlibat dalam kegiatan yang seru dan dilakukan bersama-sama. Misalnya bermain monopoli atau ular tangga yang melibatkan interaksi bersama keluarga, mengajak anak-anak laki-laki mencuci mobil atau perempuan mencoba resep baru di rumah atau bisa juga menonton film terbaru bersama-sama.

Buat Kesepakatan Bersama

Cara lainnya yang bisa kita lakukan agar anggota keluarga mematuhi kesepakatan soal aturan pemakain gadget juga dengan membuat aturan yang sanksinya disetujui oleh semua anggota keluarga. Misalnya saja hukuman mencuci piring setelah makan, mengepel halaman atau memotong rumput.