5 Tips Skydiving dan Hang Gliding yang Aman, Baca Dulu Jika Mau Liburan

5 Tips Skydiving dan Hang Gliding yang Aman

Tips Skydiving dan Hang Gliding – Sky diving dan hang gliding merupakan salah satu jenis liburan dengan biaya mahal karena wisatawan akan ‘membuang’ uang mereka hingga jutaan rupiah hanya agar bisa terbang bebas di angkasa dalam waktu singkat saja. Mungkin beberapa orang menganggap hal ini gila karena ada seseorang yang rela liburan menghabiskan jutaan rupiah hanya untuk melayang bebas di udara.

Tips Skydiving dan Hang Gliding
Tips Skydiving dan Hang Gliding

Namun, itulah faktanya pada saat para traveller dan wisatawan lebih mengutamakan kesenangan diri dalam satu hal terutama pada saat liburan, maka uang bukanlah menjadi pertimbangan utama. Jadi tak heran jika banyak orang yang rela mengeluarkan uang banyak hanya untuk sky diving dan hang gliding.

Liburan sky diving dan hang gliding adalah dua jenis liburan mengadu nyawa di udara yang memiliki resiko besar pada saat melakukannya. Namun, keduanya berbeda. Apa yang membedakan sky diving dan hang gliding?

Secara sederhana saya dapat menjelaskan bahwa olahraga sky diving diawali dengan wisatawan naik pesawat terbang kecil lalu meloncat secara bebas di angkasa. Sedangkan hang gliding diawali dengan berlari kencang di daerah perbukitan sampai kaki kamu tidak menapaki tanah alias terbang.

Baca Juga: 6 Tips Liburan Aman Untuk Pendakian ke Area Kawah Gunung Bromo

Dimana Tempat Liburan Sky Diving dan Hang Gliding?

Tempat Liburan Sky Diving dan Hang Gliding
Tempat Liburan Sky Diving dan Hang Gliding

Sayangnya, olahraga sky diving dan hang gliding kebanyakan terdapat di tempat wisata mancanegara. Tempat olahraga sky diving dan hang gliding yang terkenal adalah di New Zealand (Selandia Baru), Brazil, dan Amerika Serikat. Tempat wisata di Amerika Serikat, tempat wisata di China, dan tempat wisata di Eropa yang memiliki area lapangan yang luas dan kondisi geografis yang bergunung-gunung pada umumya dikembangkan ke arah pariwisata dirgantara.

Bagaimana dengan tempat liburan sky diving dan hang gliding di Indonesia? Setahu saya hanya ada beberapa tempat wisata di Indonesia yang menyediakan layanan olahraga hang glading. Contoh tempat wisata alam di Indonesia yang menyediakan olahraga hang gliding adalah daerah sekitar Kota Wisata Batu dan dataran tinggi Dago di Kota Bandung. Beberapa tempat wisata di Bali juga menawarkan paket liburan dirgantara yang tidak kalah menarik.

Sedangkan olahraga sky diving belum begitu populer di Indonesia. Selain alasan Indonesia memiliki sejarah penerbangan yang buruk (berulangkali terjadi kecelakaan pesawat terbang komersil), olahraga sky diving membutuhkan intruktur yang andal agar wisatawan bisa terbang dengan aman. Instruktur itulah yang akan menjadi tandemmu ketika terbang bebas di angkasa selama beberapa detik sampai dengan terbukanya parasut dan terbang selama beberapa menit.

Tips Liburan Sky Diving dan Hang Gliding yang Aman

Tips Liburan Sky Diving dan Hang Gliding yang Aman
Tips Liburan Sky Diving dan Hang Gliding yang Aman

Itulah penjelasan sekilas tentang olahraga adrenalin sambil berlibur dengan cara sky diving dan hang gliding. Kemudian, apa saja tips dan kiat supaya liburan penerbangan sky diving dan hang gliding berlangsung aman dan menyenangkan? Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kamu akan olahraga sky diving dan hang gliding adalah.

  • Pilih operator penyelenggara yang memiliki reputasi baik

Sky diving dan hang gliding adalah olahraga penguji nyali yang beresiko tinggi dan taruhannya adalah nyawa. Oleh sebab itu, kamu harus memilih operator penyelenggara sky diving dan hang gliding yang memiliki reputasi baik. Reputasi yang baik juga ditentukan oleh kemampuan operator tersebut menganalisa kondisi cuaca apakah layak terbang atau tidak.

Bagaimana cara mengetahuinya? Googling saja. Internet telah menyediakan rekam jejak para operator bisnis layanan sky diving dan hang gliding. Ada banyak website operator sky diving dan hang gliding yang bisa kamu pilih.

Untuk mengetahui komentar yang lebih fair, cobalah bergabung dengan komunitas pecinta olahraga sky diving dan hang gliding, misalnya melalui Yahoogroups. kamu perlu berlangganan newsletter mereka untuk mendapatkan testimoni yang mencerminkan kualitas layanan operator sky diving dan hang gliding yang bersangkutan.

Karena kebanyakan anggota komunitas sky diving dan hang gliding merupakan warga asing dan berbahasa asing, pakailah layanan Google Translate untuk memahami percakapan mereka.

Baca Juga: Tips Traveling ke Tempat Wisata Di Puncak Bogor Cipanas Dan Cisarua

  • Pilihlah paket yang ditawarkan lalu baca dan pahami syarat dan ketentuan yang berlaku

Setelah mendapatkan operator sky diving dan hang gliding yang terpercaya dan memiliki reputasi baik, langkah selanjutnya adalah memilih ‘paket terbang’ sesuai dana yang Kamu miliki. Tiap paket sky diving ditawarkan dengan harga yang berbeda-beda tergantung operator dan jenis layanannya.

Kalau Kamu memilih tempat liburan sky diving di New Zealand, tarif yang ditawarkan sekitar NZ$ 500. Ada catatannya lagi. Kalau Kamu menginginkan rekaman video dan foto ketika sedang terbang, Kamu harus menambah lagi dana liburan.

Kalau sudah oke dengan paket dan harga yang ditawarkan, hal penting berikutnya yang harus Kamu baca adalah syarat dan ketentuan (term of service atau TOS) yang berlaku. Ketahui bentuk pertanggungjawaban operator sky diving dan hang gliding ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya cedera kaki.

Jika Kamu tidak mampu berbahasa asing, manfaatkan Google Translate untuk menterjemahkan TOS yang bisa dicopy di website layanan operator sky diving dan hang gliding yang bersangkutan.

  • Perhatikan dan pahami petunjuk dari instruktur sky diving dan hang gliding
Tips Skydiving dan Hang Gliding perhatikan dan pahami petunjuk dari instruktur
Tips Skydiving dan Hang Gliding perhatikan dan pahami petunjuk dari instruktur

Nah, kalau Kamu sudah membulatkan tekad mau liburan terbang di angkasa dan sudah sampai di tempat wisata tujuan, inilah saatnya bagi Kamu untuk mendengarkan petunjuk dari instruktur olahraga sky diving dan hang gliding. Pahami dengan baik apa yang mereka ucapkan.

Kalau masih ada tips olahraga sky diving dan hang gliding yang belum dimengerti, Kamu jangan ragu untuk bertanya. Ingat, Kamu membayar jasa mereka untuk liburan terbang di udara. Manfaatkan sebaik mungkin dana yang telah Kamu keluarkan.

Dan berita buruknya, tiap negara punya dialek atau aksen yang berbeda dalam mengucapkan bahasa Inggris walaupun kata yang diucapkan sebenarnya sama. Setiap operator penyelenggara sky diving dan hang gliding biasanya sudah menyiapkan artikel seputar informasi sky diving dan hang gliding di website mereka.

Oleh karena itu, ada bagusnya kalau Kamu print-out terlebih dulu tips olahraga sky diving dan hang gliding yang bisa Kamu dapatkan melalui website di internet. Pelajari di rumah sejak beberapa hari sebelum liburan ke luar negeri.

  • Tidak perlu berdandan dan pilihlah pakaian yang sesuai dengan ukuran badan

Tips liburan olahraga sky diving dan hang gliding yang keempat adalah memilih baju terbang yang nyaman. Pakaian olahraga terbang yang nyaman adalah bagian penting dalam keselamatan olahraga sky diving dan hang gliding. Ingat, postur tubuh manusia dewasa di Indonesia dibandingkan dengan postur manusia dewasa di luar negeri tidaklah sama.

Ukuran baju manusia dewasa di Indonesia mungkin saja sama dengan ukuran baju remaja di Amerika. Apabila baju terbang yang Kamu pakai terlalu besar, jangan ragu untuk minta diganti dengan ukuran baju yang lebih kecil.

Next, tips liburan terbang bagi wisatawan wanita adalah Kamu tidak perlu berdandan yang menor agar kelihatan cantik di depan kamera. Percuma saja Kamu berdandan rapi karena kamera yang digunakan untuk merekam olahraga sky diving dan hang gliding pada umumnya merupakan kamera dengan fish-eye lens.

Dan kebanyakan wisatawan yang terbang sky diving dan hang gliding akan menunjukkan ekspresi ketakutan ketika baru lepas landas. Jadi, pakaian baju santai dan hindari aksesoris yang tidak perlu. Ingat, Kamu sedang olahraga terbang di udara, bukan sedang kondangan.

  • Siapkan mental, tenangkan pikiran, dan banyak berdoa

Dan tips liburan sky diving dan hang gliding yang paling utama dari beberapa tips di atas adalah menyiapkan mental. Ketika beberapa detik sebelum Kamu sudah siap terbang, Kamu pasti akan lupa semua tips liburan di atas.

Itulah beberapa tips liburan skydiving dan hang gliding yang aman bagi kamu yang sudah merencanakan liburan dan menikmati olahraga tersebut. Pada saat melakukan tips di atas bisa saja kamu akan blank namun tenangkan pikiran Kamu dan yakinlah bahwa liburan sky diving dan hang gliding akan memberikan kesenangan yang tidak akan Kamu lupakan. Jangan lupa berdoa kepada Tuhan agar kegiatan liburan yang menantang bahaya ini bisa berjalan lancar, aman dan tanpa kendala yang berarti. Kalau semua persiapan terbang sudah ditata rapi, let’s God do the rest.

Baca Juga: Tips Travelling Ke Tempat Wisata Di Jepang Yang Mengagumkan

Demikian beberapa tips liburan ke tempat wisata sky diving dan hang gliding yang bisa saya share disini Tips liburan di atas saya himpun dari beberapa backpacker, komunitas pecinta olahraga sky diving dan hang gliding, dan website operator sky diving dan hang gliding. Ayo berlibur menjelajahi angkasa!

5 Tips Skydiving dan Hang Gliding yang Aman, Baca Dulu Jika Mau Liburan 1