1

Tips Mengajak Memilih Makanan Bergizi Untuk Anak Dengan Cara Yang Tepat

Tips Mengajak Anak Memilih Makanan Bergizi Dengan Cara Yang Tepat – Salah satu hal yang bisa bikin pusing para orang tua menghadapi anak-anak adalah selera anak soal makan. Kebanyakan anak menjadi picky eater alias pilih-pilih makanan. Tapi bukan berarti juga membuat anda menuruti maunya mereka, lho.

Sebagai orang tua kita bisa membiasakan cara makan yang baik dan sehat termasuk juga etika yang tepat ketika makan. Mumpung masih kecil, akan lebih mudah membiaskan etika makan pada anak-anak sedari dini seperti berikut ini.

Mengajak Anak Memilih Makanan Dengan Cara Yang Tepat

Mengajak Anak Memilih Makanan Dengan Cara Yang Tepat

Berdoa Sebelum Makan

Agama mana pun tentunya mengajarkan kepada kita untuk memulai makan dengan berdoa. Apapun makanan yang akan disantap, haruslah disyukuri sebagai bentuk rasa terimakasih atas rejeki yang sudah didapatkan.

Makan dengan Duduk

Setelah mencuci tangan sebelum makan, ajari juga mereka untuk makan dengan posisi duduk. Selain lebih sopan, makan dengan duduk juga secara medis lebih sehat, dan tidak mengganggu organ pencernaan serta membuat kita lebih peka dengan pesan tubuh apakah kita sudah kenyang atau belum.

Nyaman dengan Makanan

Tampilan makanan yang menarik memang bisa membangkitkan selera. Namun anak-anak juga perlu menghargai makanan bukan hanya dari tampilannya menarik atau tidak.Terangkan pada anak-anak manfaat makanan bagi kesehatan tubuhnya. Misalnya saja saat mengajari anak-anak untuk menyukai masakan sayuran daripada camilan lyang belum tentu sehat bagi tubuh.

Makan Dengan Porsi Cukup

Saat banyak makanan tersaji, pastikan anak-anak tidak menjadi kalap dengan mengambil semua makanan. Kapasitas perut tidak bisa menampung makanan dalam jumlah banyak sekaligus. Ambil makanan dalam jumlah cukup dan anak-anak bisa menambah lagi bila belum kenyang.

Jangan Mencela Makanan

Bila ada makana yang terlihat kurang menarik atau rasanya kurang enak, tidak usah dibahas dan mencelanya. Ajarkan juga pada anak bagaimana panjangnya proses sebuah makanan dihasilkan. Cara ini juga akan mengajarkan anak-anak untuk menghargai usaha dan kerja keras orang lain.

Berat Badan

Ada soal lain soal makan anak-anak yang berhubungan dengan berat badan. Kalau bukan kegemukan akibat terlalu banyak makan, seorang anak akan terlihat sangat kurus karena susah makan. Jangan mencela dan menghubungkan kebiasaan makan dengan berat badan mereka karena akan memengaruhi selera makan dan moodnya. Bantulah anak-anak untuk memilih makanan yang tepat dan dibutuhkan mereka. Buatlah kreasi olahan dan tampilan yang bisa membuat mereka mau menikmati makanan yang sudah anda siapkan.

Jadi Contoh Yang Baik

Anak adalah peniru yang jago. Biasanya mereka akan meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya termasuk kebiasaan makan. Nah, tunjukan contoh makan yang baik di depan anak-anak dan mereka akan melakukan pola makan yang baik dan sehat seperti yang anda lakukan