Tips Investasi Pemula Modal Kecil

Tips Investasi Pemula Modal Kecil – Hai semuanya, masih seputar finance nih! kali ini saya akan membahas tentang tips investasi untuk pemula. Lebih tepat investasi pemula dengan modal kecil! Nah, sebelumnya saya sudah membahas tentang jenis investasi untuk pemula yang perlu diketahui. Jika masih belum baca coba baca dulu deh biar nyambung dengan artikel ini.

Kali ini saya akan membahas tentang tips investasi khususnya untuk pemula dan para milenial yang sudah sadar akan pentingnya merencanakan keuangan sejak dini untuk kesejahteraan di masa depan, hehe. Oke kali ini saya akan bahas tips investasi yang sudah saya pelajari dan saya dapatkan dari beberapa sumber terpercaya seperti  jouska, stockgasm, investopedia, nerdwallet, forbes dan lain sebagainya.

Jadi, di artikel kali ini saya akan rangkum hasil riset dan pengetahuan saya tentang tips investasi kepada kalian semua sahabat alvindayu.

Artikel ini saya buat untuk pengetahuan dan pelajaran saya sendiri agar nantinya jika saya lupa saya bisa membaca kembali tulisan ini untuk mengingatnya. Tapi yang paling utama juga sudah pasti untuk pembaca setia alvindayu.com.

Oke, langsung saja yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: 10 Daftar Aplikasi Pinjam Uang Online Terdaftar OJK, Syarat dan Cara Pengajuannya

Tips Investasi Pemula Modal Kecil

Tips Investasi untuk Pemula dengan Modal Kecil
Tips Investasi untuk Pemula dengan Modal Kecil

Mengapa saya membahas artikel tips investasi untuk pemula dengan modal kecil? Karena saya rasa bagi para beginner yang baru saja terjun di dunia investasi, modal adalah salah satu hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan bahas tentang cara dan tips investasi pemula dengan modal kecil.

Dengan begitu, kalian bisa belajar investasi sejak dini walaupun dimulai dengan menggunakan modal yang kecil. It’s okay! Menurut laman yang dilansir oleh forbes, lebih baik belajar investasi sedikit demi sedikit karena lama-lama juga akan menjadi bukit. Ya kan?

Jangan terlalu banyak memikirkan hal-hal buruk yang mungkin terjadi karena sebenarnya ada banyak jenis investasi mulai dari yang low risk hingga high risk yang bisa kalian pilih. Oke buat kalian yang masih awam dan masih sangat pemula untuk terjun ke dunia investasi tak perlu khawatir dan tidak usah takut. Investasi tidak semenyeramkan itu kok! Langsung saja mari simak tipsnya berikut ini.

1. Cari Tahu Alasan Mengapa Perlu untuk Berinvestasi

Cari Tahu Alasan Mengapa Perlu untuk Berinvestasi
Cari Tahu Alasan Mengapa Perlu untuk Berinvestasi

Tips investasi pemula yang pertama adalah kamu bisa mulai dengan mencari tahu terlebih dahulu alasan kamu untuk berinvestasi itu apa? Ya, dengan mengetahui alasan atau tujuan investasi maka sudah pasti niat dan tekad agar sukses berinvestasi menjadi semakin membara. Hehe. 

Kamu bisa cari tahu dulu nih, coba tanyakan dirimu sendiri. Kenapa saya harus berinvestasi? Apa sih pentingnya investasi buat hidup saya? Tanyakan itu dalam hati dan pikiranmu. Dengan begitu kamu tidak hanya akan tahu arah dan tujuanmu investasi, akan tetapi kamu juga akan tahu berapa jangka waktu yang diperlukan untuk berinvestasi.

Misalnya saja, saya ingin berinvestasi agar bebas finansial setelah pensiun nanti. Saya ingin berinvestasi untuk memiliki rumah 10 atau 20 tahun lagi. Saya ingin berinvestasi untuk masa depan keluarga yang lebih baik agar bebas finansial di umur 50 tahun dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ingat jangan banyakin pinjaman, tapi banyakin investasi dari sekarang biar sejahtera hidup di masa depan!

Jadi, coba deh sekarang tanyakan dulu untuk apa kamu berinvestasi? Tujuan investasi mana yang menjadi alasanmu untuk berinvestasi mulai dari sekarang?

2. Atur Tujuan dan Waktu Untuk Berinvestasi

Atur Tujuan dan Waktu Untuk Berinvestasi
Atur Tujuan dan Waktu Untuk Berinvestasi

Sudah tahu alasan dan tujuanmu untuk investasi? Nah, sekarang coba atur tujuan dan jangka waktu investasi yang diperlukan. Dengan mengetahui tujuanmu untuk berinvestasi, kamu juga akan tahu jangka waktu investasi yang kamu perlukan untuk mencapai tujuan investasi awal yang kamu tetapkan. Bahkan nih, kamu juga akan tahu kira-kira berapa uang yang harus kamu sisihkan untuk berinvestasi.

Sehingga dengan begitu investasimu akan lebih terarah dan bisa disesuikan dengan jenis investasi modal kecil yang kamu perlukan. Tak masalah jika kamu memulai investasimu dengan modal yang kecil karena semakin besar tujuanmu untuk berinvestasi maka akan semakin pula modal investasi yang akan berani kamu keluarkan.

3. Buat Rencana Investasi (Investment Plan)

Buat Rencana Investasi (Investment Plan)
Buat Rencana Investasi (Investment Plan)

Jika niat untuk berinvestasi sudah kuat dengan tujuan dan jangka waktu investasi yang jelas. Sekarang kamu bisa mulai untuk membuat rencana investasi (investment plan) untuk mulai berinvestasi. Kamu bisa mulai rencanakan bentuk investasi apa yang kamu inginkan dan sesuai dengan tujuanmu.

Setelah itu, kamu bisa coba pilih jenis investasi untuk pemula apa yang pas dengan tujuanmu. Ada beberapa jenis investasi yang dapat kamu pilih misalnya seperti investasi saham, obligasi, reksadana, sertifikat deposito, ETF, Indeks dana, property, emas dan lainnya.

Masing-masing investasi tersebut memiliki risiko dan return yang berbeda-beda. Namun satu hal yang pasti, hukum investasi adalah low risk, low return dan high risk, high return. Jadi, semakin kecil resikonya maka akan semakin kecil return yang akan kalian dapatkan. Begitu juga sebaliknya, semakin besar risikonya semakin besar pula return yang bisa kalian dapatkan. Ya, memang begitulah investasi.

Baca Juga: Mengenal Investasi Reksadana, Jenis Produk dan Cara Investasi di Reksadana

4. Pilih Jenis Investasi Pemula Modal Kecil

Pilih Jenis Investasi Pemula Modal Kecil
Pilih Jenis Investasi Pemula Modal Kecil

Nah, jika sudah membuat rencana investasi. Berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah memilih jenis investasi yang sesuai dengan yang kamu inginkan. Misal sebagai pemula kamu masih ingin belajar dan memulai investasi dengan modal yang kecil terlebih dahulu. It’s okay, tidak masalah.

Kamu bisa pilih jenis investasi dengan modal kecil misalnya seperti saham, obligasi, deposito, emas dan reksadana. Sebenarnya semua jenis investasi bisa dimulai dengan modal yang sangat kecil sekalipun. Akan tetapi satu hal yang perlu kamu ingat adalah setiap investasi memiliki risiko yang berbeda-beda.

Baca Juga: Jenis Investasi untuk Pemula, No 6 Paling Aman dan Menguntungkan

Semakin besar risiko akan semakin besar return yang akan kamu dapatkan. Misalnya saja seperti saham dan emas. Keduanya memiiki risiko dan return yang berbeda. Risiko investasi saham lebih besar dbandingkan dengan investasi emas. Tapi return saham juga lebih besar dibandingkan emas yang harganya terus stabil bahkan minim risiko rugi.

Buat kamu yang ingin selalu berada di zona nyaman, untuk memulai investasi kamu bisa biasakan dulu coba investasi emas atau deposito karena kedua jenis investasi ini cenderung aman.

Tips dari alvindayu buat para investor pemula yang ingin mencoba investasi di berbagai jenis investasi seperti saham, obligasi dan sekuritas lainnya namun tetap ingin aman. Kalian bisa coba investasi reksadana, disana kalian bisa mulai investasi tanpa perlu repot karena akan dibantu oleh manajer reksadana yang dapat membantumu. Kamu juga bisa pilih mau investasi di saham, obligasi atau sekuritas dan surat berharga lainnya yang tersedia di reksadana.

5. Brainstorming dengan Orang yang Paham Investasi

Brainstorming dengan Orang yang Paham Investasi
Brainstorming dengan Orang yang Paham Investasi

Selanjutnya, daripada kamu bingung sendiri dalam memutuskan jenis investasi apa yang pas dan cocok denganmu. Lebih baik kamu cari orang yang paham investasi lalu melakukan brainstorming dengannya. Ini penting banget sih, buat kamu yang masih pemula dalam dunia investasi.

Kamu bisa sharing dengan teman, sahabat, keluarga atau saudara yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia investasi. Atau kalau kamu punya budget lebih kamu bisa nih coba sharing dan konsultasi dengan konsultan keuangan yang memang sudah ahlinya.

Tapi untuk irit budget, mending cari teman untuk diajak berdiskusi masalah investasi deh biar lebih santai. Sambil ngopi misalnya, lumayan kan!

6. Putuskan Dimana Kamu Akan Berinvestasi

Putuskan Dimana Kamu Akan Berinvestasi
Putuskan Dimana Kamu Akan Berinvestasi

Setelah melewati tahapan-tahapan dengan penuh pertimbangan diatas. Sekarang kamu bisa coba putuskan dimana kamu akan berinvestasi. Ingat tidak masalah kamu mulai investasi pemula modal kecil, nanti kalau sudah terasa hasilnya pasti mau nambah-nambah lagi deh.

Intinya satu hal penting yang harus kalian ingat saat akan berinvestasi menurut stockgasm adalah pastikan tetap balance antara risk, return dan investment. Dengan begitu, keuanganmu akan aman.

Jadi, gimana? sudah ada di tahap mana kalian sekarang? Coba deh lakukan tips investasi pemula modal kecil diatas dan share pengalamanmu di kolom komentar ya. Tidak ada salahnya berbagi ilmu dan sharing dikolom komentar alvndayu.com untuk berbagi cerita dan pengalamanmu dalam dunia investasi.

Baca Juga: Ingin Uang Jajan Tambahan? Ini Dia Ide Usaha Bisnis Tanpa Modal untuk Mahasiswa

FYI, saya masih ada di tahap ke-3 nih. Nanti saya share disini progress saya untuk berinvestasi demi kehidupan yang lebih baik di masa depan yang cerah nanti ya. Hehe. Thank you sudah mengunjungi websiite alvindayu.com ini. Semoga informasi yang saya bagikan bermanfaat bagi yang membutuhkan informasi seputar investasi.

255K
SHARES
2.4M
VIEWS

Sosok wanita periang, dengan ketawa lepas, suka makan coklat sembari menulis. Suka makan tapi sulit gemuk! follow sosial media saya ya, biar kita lebih akrab lagi :D