Tips Desain Taman Minimalis Depan Dan Belakang Rumah


Referensi Desain Taman Minimalis Depan Dan Belakang Rumah – Taman merupakan sebidang tanah atau area yang digunakan untuk menanam berbagai jenis tumbuhan yang umumnya tanaman yang indah dan cantik seperti bunga. Selain itu di taman biasanya ditambahkan beberapa unsur yang bermanfaat untuk pemilik taman seperti adanya unsur biotik dan abiotik yang kehadirannya akan mendukung satu sama lain.

Pada unsur biotik terdapat tumbuhan, hewan, dan manusia. Sedangkan pada unsur abiotik terdapat tanah, udara, air, dan juga sinar matahari. Untuk kebutuhan estetika biasanya di beberapa taman terdapat air mancur buatan, jalan setapak, kolam ikan, mainan ayunan, gazebo, maupun pendukung lainnya.

Lazimnya kita akan menemukan taman dengan perpaduan menanam, menyusun, dan menata berbagai jenis tanaman agar terlihat cantik di pandang mata. Berbagai jenis pohon, rumput, dan juga bunga dikombinasikan sedemikian rupa agar terlihat menarik dan cantik.

Pada saat ini banyak orang yang ingin membangun taman di pekarangan rumah maupun didalam rumah mereka. Namun mereka sering terkendala dengan minimnya lahan yang mereka meiliki. Apalagi saat ini di daerah perkotaan yang semakin minim lahan hijau membuat orang-orang ingin memiliki taman hijau di rumah agar tetap memiliki kualitas oksigen dan udara yang bagus di sekitar rumahnya.

Jika Anda salah satu dari sekian banyak orang yang ingin membangun taman minimalis dengan lahan minim, maka anda tidak perlu takut untuk menyiasatinya karena dengan semakin canggihnya teknologi dan semakin majunya pola pikir manusia, membuat banyak solusi-solusi untuk permasalahan tersebut.

Sekarang banyak desain taman minimalis dan cara membuat taman minimalis yang dapat Anda gunakan untuk membuat sebuah taman kecil nan cantik di rumah anda. Dalam artikel ini akan saya beri beberapa poin penting untuk anda yang sedang mencari referensi tentang taman minimalis.

Taman minimalis merupakan taman mungil yang cenderung di minimalisir tentang berbagai unsur dekoratif dan berbagai pernak-perniknya. Taman minimalis tidak mengukur keindahan taman dari banyaknya dekoratif dan pernak-pernik yang digunakan melainkan memunculkan keindahan taman dengan menggunakan minim pernak-pernik agar taman terlihat bersih, sederhana, indah, dan juga rapi agar adanya taman tetap dapat bersanding serasi dengan bangunannya.

Taman minimalis tentunya tidak bisa lepas dari kesan modern. Taman minimalis modern biasanya menjadi solusi terbaik untuk rumah-rumah minimalis namun menginginkan adanya taman. Meskipun lahan rumah yang tidak luas, Anda tetap dapat membuat taman minimalis modern untuk mempercantik rumah asri Anda.

Perpaduan taman minimalis modern dengan tipe rumah Anda yang juga minimalis pasti akan menambah Anda dan keluarga untuk berlama-lama di rumah. Ada berbagai desain taman minimalis modern untuk rumah yang dapat Anda pilih sebelum menentukan desain mana yang akan Anda gunakan untuk mempercantik rumah, diantaranya yaitu:

Tips Desain Taman Minimalis Depan Rumah

Tips Desain Taman Minimalis Depan Rumah
Tips Desain Taman Minimalis Depan Rumah

Dengan adanya taman di tempat tinggal Anda akan menambah kesan asri dan sejuk. Meskipun Anda hanya memiliki lahan sedikit, Anda tidak perku berkecil hati hati karena dengan pandai menyiasati Anda akan mendapatkan taman cantik di depan rumah Anda. Jika Anda memutuskan untuk membangun taman minimalis depan rumah, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan agar taman minimalis depan rumah Anda akan terlihat cantik.

  1. Perhatikan arah dari sinar matahari

Posisi taman yang akan Anda bangun sebaiknya memperhatikan arah datangnya sinar matahari. Tentu kita ketahui jika tanaman akan sangat membutuhkan sinar matahari untuk tetap bertahan hidup. Dengan pemilihan tempat yang tepat akan membuat tanaman Anda menerima matahari yang cukup dan taman depan rumah Anda akan tetap terjaga dan hidup sehat.

  1. Pilih dengan baik tanaman yang akan ditanam

Mengingat taman yang akan Anda bangun ini adalah taman minimalis depan rumah dengan pemanfaat lahan yang sedikit, sebaiknya Anda memilih tanaman yang cocok dengan jumlah lahan yang Anda miliki, jangan sampai salah memilihan tanaman yang malah membuat kesan rumah Anda sempit. Sebaiknya Anda memilih jenis tanaman yang memiliki ukuran kecil namun dengan berbagai warna agar membuat taman Anda terlihat segar dan menarik.

  1. Atur jarak dari setiap tanaman

Meskipun tanaman yang akan Anda tanam adalah tanaman yang berukuran kecil,namun jangan sampai memaksakan penanamannya. Belilah bibit tanaman secukupnya sesuai dengan luas lahan taman Anda. Memberi jarak pada setiap tanaman akan membuat taman Anda terlihat cantik dan rapi. Jika menanam tanaman dengan jarak yang tidak teratur malah akan membuat taman dan rumah Anda terlihat sempit dan tidak tapi.

Baca juga: Menikmati Sejuknya Tempat Wisata The Lodge Maribaya Lembang Bandung

  1. Buatlah paving taman

Membuat paving pada taman minimalis depan rumah Anda ini bertujuan agar tanaman yang ditanam di taman Anda tidak terinjak oleh tamu atau keluarga yang berkunjung di rumah Anda. Selain untuk melindungi tanaman Anda, adanya paving yang juga berfungsi sebagai pembatas ini juga agar taman Anda terlihat rapi dan tanahnya tidak berceceran ke lantai depan rumah Anda.

Tips Desain Taman Minimalis Belakang Rumah

Tips Desain Taman Minimalis Belakang Rumah
Tips Desain Taman Minimalis Belakang Rumah

Jika Anda memiliki lahan kosong di belakang rumah dan bingung untuk dijadikan apa, ada baiknya Anda memanfaatkan lahan kosng tersbut untuk taman minimalis belakang rumah. Dengan adanya taman akan membuat hunian Anda semakin sejuk dan nyaman.

Taman minimalis belakang rumah juga akan menambah kesan intim Anda dengan keluarga, karena tentu taman minimalis belakang rumah ini hanya dapat dinikmati oleh Anda dan keluarga karen atidak bisa dilihat oleh orang luar. Apalagi saat sore hari tiba, duduk-duduk di taman belakang dengan secangkir kopi atau teh hangat akan membuat pikiran Anda rileks.

Biasanya taman minimalis belakang rumah sudah sepaket dengan rumah minimalis yang banyak ditawarkan oleh para pengembnag perumahan. Taman memang bukan suatu kebutuhan utama manusia, namun dengan adanya taman akan menambah suasana rumah Anda menjadi asri, segar, dan nyaman untuk Anda dan keluarga.

Manfaatkan lahan kosong dibelakang rumah Anda menjadi taman yang cantik, jangan sampai lahan kosong di belakang rumah Anda malah akan ditumbuhi tanaman semak belukar dan menjadi tumbuhnya bibit nyamuk.

Keuntungan Membuat Taman Minimalis Belakang Rumah

Taman Minimalis Belakang Rumah Dengan Kursi
Taman Minimalis Belakang Rumah Dengan Kursi
  1. Menambah keindahan rumah

Desain dan konsep yang matang untuk membangun taman minimalis belakang rumah dengan lahan seadanya akan menambah kesan indah dan cantik rumah Anda. Anda dan keluarga pun akan semakin betah menghabiskan waktu di rumah.

  1. Rumah semakin nyaman

Adanya taman berarti membuat jumlah tanaman di rumah Anda semakin banyak yang berarti rumah Anda akan memiliki kualita oksigen yang semakin banyak dan juga bersih.

Tips Desain Taman Minimalis Dalam Rumah

Tips Desain Taman Minimalis Dalam Rumah
Tips Desain Taman Minimalis Dalam Rumah

Rumah saat ini tidak hanya difungsikan untuk tempat tinggal dan tempat berteduh saja, namun juga digunakan untuk berkumpuk bersama keluarga dan juga untuk melepas penat setelahs eharian melakukan aktifitas di luar rumah. Jika rumah Anda monoton begitu-begitu saja, dalam beberapa tahun kedepan akan membuat Anda dan keluarga merasa bosan dan tidak betah di rumah.

Oleh sebab itu, dengan membangun sebuh taman di dalam rumah bisa menjadi solusi cerdas Anda agar tetap dapat betah dan menghabiskan waktu luang di rumah saja.

Membangun taman minimalis dalam rumah dengan konsep dan desain yang matang akan membuat Anda dan keluarga selalu nyaman dan betah untuk tinggal di rumah. Meskipun mayoritas orang akan membangun taman di depan atau di belakang rumah, ternyata Anda juga dapat membangun taman minimalis dalam rumah juga.

Baca juga: Rekomendasi 10 Tempat Wisata Di Bandung Terpopuler

Sebernarnya ide untuk membangun taman minimalis dalam rumah bukanlah ide yang baru, namun memang tergantung dari ketersediaan lahan dan kemauan pemilik rumah mau membuat taman minimalis dalam rumah atau tidak.

Berikut beberapa pertimbangan yang harus Anda pikirkan sebelum memutuskan untuk membangun taman minimalis dalam rumah.

Pertimbangan Saat Membangun Taman Minimalis Dalam Rumah

Pertimbangan Saat Membangun Taman Minimalis Dalam Rumah
Pertimbangan Saat Membangun Taman Minimalis Dalam Rumah
  1. Hitung luas ruangan dalam rumah

Pastikan luas ruangan yang Anda jadikan taman minimalis dalam rumah sudah sesuai dengan desain dan konsep yang Anda inginkan. Jika luas ruangan dan luas lahan yang dibutuhkan taman tidak sesuai malah akan merepotkan Anda dan keluarga. Bisa-bisa ruangan rumah Anda malah akan sempit, jadi hitung dan pastikan luas ruangan dan luas yang dibutuhkan taman sudah sesuai.

  1. Desain dan konsep taman minimalis dalam rumah

Untuk mempercantik taman minimalis dalam rumah Anda sebaiknya Anda memilih desain dan konsep taman yang sesuai dengan model rumah Anda. Biasanya taman minimalis dalam rumah akan cocok dipadupadankan dengan rumah yang memiliki gaya minimalis.

  1. Tentukan jenis tanaman

Karena taman minimalis ini akan dibangun di dalam rumah sebaiknya Anda memilih jenis tanaman yang tidak terlalu banyak membutuhkan air. Jika Andamemilih tanaman yang banyak membutuhkan air tentu Anda akan sering menyiraminya dan malah akan membuat becek sekitaran taman tersebut.

Ingat, taman ini ada di dalam rumah Anda. Selain itu sebaiknya Anda memilih tanaman yang memiliki ukuran kecil saja karena jika memilih tanaman yang besar malah akan memenuhi ruangan dalam rumah Anda dan pertumbuhan tanaman yang berukuran besar besar juga tidak baik jika ditempatkan di dalam rumah.

Bonus Artikel Tips Desain Taman Minimalis

Taman Minimalis Lahan Sempit

Taman Minimalis Lahan Sempit
Taman Minimalis Lahan Sempit

Memiliki lahan sempit bukan berarti Anda tidak bisa membangun taman, dengan teknologi semakin canggih Anda dapat mewujudkan hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. Salah satu solusinya yaitu dengan membangun taman berbentuk vertikal.

Baca juga: Ingin Uang Jajan Tambahan? Ini Dia Ide Usaha Bisnis Tanpa Modal untuk Mahasiswa, Cobain Yuk!

Taman vertikal sangat cocok untuk taman minimalis lahan sempit. Dengan taman bermoderl ke atas maka Anda tidak membutuhkan banyak ruang di rumah untuk membangunnya. Anda hanya perlu menyiapkan dindin di rumah Anda yang kokoh untuk membuat taman minimalis lahan sempit ini. Mudah bukan?

Taman dan Kolam Minimalis

Taman dan Kolam Minimalis
Taman dan Kolam Minimalis

Terakhir yaitu taman dan kolam minimalis. Selain membangun taman yang ditumbuhi tanaman saja, Anda dapat memilih opsi lain yaitu dengan membangun taman dan kolam minimalis. Anda dapat membangun raman dan kolam minimalis ini di depan atau belakang rumah, sesuaikan saja dengan lahan yang tersedia di rumah Anda.

Di kolam tersebut Anda juga dapat menarik ikan hias yang dapat menjadi hiburan Anda di waktu senggang dengan memberikan makan. Perceikan air kolam tentu juga akan menambah suasana damai di rumah Anda.

Itulah tadi beberapa ulasan menarikmengenai beberapa desain taman minimalis yang dapat Anda bangun di beberapa bagian di rumahAnda. Perhatikan juga kondisi dan tipe rumah Anda sebelum menentukan desain taman mana yang akan Adan pilih.

Jangan sampai memaksakan membangun sebuah taman yang ternyata malah membuat penghuni rumah tidak nyaman. Dan juga hitung biaya yang Anda siapkan apakah sudah sesuai dengan biaya taman yang akan Anda bangun. Semoga artikel ini bermanfaat.