Menjelajahi Keindahan Republik Ceko Eropa di Tempat Wisata Praha

Menjelajahi Keindahan Republik Ceko Eropa di Tempat Wisata Praha

Menjelajahi Keindahan Republik Ceko Eropa di Tempat Wisata Praha – Praha adalah ibukota Republik Ceko dan menjadi salah satu tempat wisata terindah di Eropa. Bersama dengan negara Swiss, Hongaria, dan Slovakia, negara Republik Ceko terletak di jantung benua Eropa. Sejak jaman bersatunya Republik Ceko dan Slovakia dalam Cekoslovakia, kota Praha tidak pernah sepi kunjungan wisatawan.

Daya tarik tempat wisata di Praha adalah bangunan gedung bersejarah dan taman bunga. Khusus untuk taman bunga, wisatawan bisa menjumpainya dengan mudah pada hampir setiap sudut kota. Inilah keindahan alam khas tempat wisata di Eropa.

Keindahan Republik Ceko Eropa di Tempat Wisata Praha
Keindahan Republik Ceko Eropa di Tempat Wisata Praha

Review tempat wisata kali ini sumbernya dari salah satu teman saya yang baru pulang dari liburan ke Eropa. Dia membagi laporan perjalanan wisata ke jantung benua Eropa selama 5 hari. Karena baru pertama kali berkunjung ke Eropa, dia langsung terkagum-kagum dengan keindahan kota Praha. Seperti dalam film-film dongeng, disana-sini wisawatan bisa menyaksikan bangunan kuno berdiri megah berselang-seling dengan taman bunga.

Baca Juga: Tips Travelling Ke Tempat Wisata Di Jepang Yang Mengagumkan

Tips Travelling ke Tempat Wisata di Praha Eropa

Sebelum membahas mengenai tempat wisata di Praha yang ia kunjungi, saya akan bagikan tips travelling ke Eropa terutama ke beberapa tempat wisata di Praha.

  • Hindari Memakai Sepatu Hak Tinggi Bagi Kaum Wanita

Untuk wisatawan perempuan sebaiknya menghindari travelling memakai sepatu hak tinggi karena sebagian besar jalan di Praha ditutupi dengan batu giling yang memiliki permukaan tidak rata.

  • Tukar Mata Uang Czech Koruna di Pusat Kota Praha

Sebelum liburan keliling tempat wisata di Praha, siapkan dulu mata uang Czech Koruna, disingkat Kc. Tapi ada sedikit trik dalam menukar uang dollar ke Kc, yaitu jangan menukar di bandara internasional Praha? Kenapa? Karena nilai tukarnya lebih rendah dari ketentuan umum. Selain itu, menukar mata uang di bandara juga kena biaya komisi. Rugi dobel deh. Oleh karena itu, wisatawan disarankan menukar mata uang Kc di pusat kota Praha. Lebih menguntungkan.

Mengapa perlu menukar mata uang? Apakah tempat komersil di tempat wisata di Praha tidak menerima kartu kredit? Sebenarnya sebagian besar tempat wisata di Eropa, termasuk juga di Praha, melayani pembayaran pembelian melalui kartu kredit. Hanya saja terdapat sejumlah tempat wisata yang hanya menerima uang tunai dalam transaksi jual beli. Misalnya makanan cepat saji di pinggir jalan, penjual roti, minuman ringan, dan lain-lain. Jadi untuk tujuan praktis dan jaga-jaga, lebih baik membawa uang tunai saja. Meski demikian, wisatawan harus tetap berhati-hati kemungkinan ada copet.

Tips Travelling ke Tempat Wisata di Praha Eropa
Tips Travelling ke Tempat Wisata di Praha Eropa
  • Teliti Sebelum Membeli Makanan dan Minuman di Praha

Makanan yang dijual murah di Praha antara lain hotdog dengan sosis. Harganya sekitar Kc 60. Tapi harus diingat bahwa daging yang dipakai dalam sosis disana kebanyakan daging babi. Sehingga wisatawan muslim harus berhati-hati membeli makanan di Praha. Pilihan aman mendapatkan makanan non-babi di Praha adalah membeli roti di supermarket yang banyak terdapat disana. Roti disana lumayan enak, lagipula tidak mengandung daging babi. Itulah makanan aman untuk turis yang anti makan daging babi.

  • Ketahui Informasi mengenai Tarif Karcis Transportasi dan Jalur Tram di Kota Praha

Kota Praha memiliki sistem transportasi berupa tram. Tarif naik tram di Praha lumayan murah dan tentunya memiliki sistem teratur. Sambil naik tram, wisatawan bisa melihat dan menikmati pemandangan setiap jalur yang dilewati. Mulai jajaran gedung yang terkenal, makanan tradisional rakyat Ceko, hingga arsitektur peninggalan Romawi kuno.

Untuk kebutuhan transportasi selama menjelajahi tempat wisata di kota Praha, wisatawan bisa memberi karcis langganan transportasi di bandara maupun stasiun metro. Karcis transportasi ini berfungsi seperti voucher hape dan bisa dipakai untuk semua jenis transportasi mulai dari metro, trem, hingga bus. Jika turis baru tiba di bandara Praha, maka jalurnya adalah naik bus umum 119, lalu turun di stasiun metro Dejvicka. Setelah itu, perjalanan lanjut naik metro jalur A menuju pusat kota Praha.

Terdapat ketentuan mengenai lama waktu pemakaian dan tarif karcis transportasi di Praha. Yaitu karcis transportasi seharga Kc 24 untuk perjalanan 30 menit, karcis seharga Kc 32 untuk pemakaian perjalanan selama 90 menit, karcis seharga Kc 110 untuk lama pemakaian 24 jam, dan kalau mau langsung ambil travelling selama perjalanan 3 hari wisatawan cuma perlu membayar Kc 310.

  • Jangan Lupa Lakukan Validasi setelah Membeli Karcis Transportasi

Tips liburan kali ini adalah jangan lupa melakukan validasi sesaat setelah membeli karcis transportasi. Hal ini disebabkan karena sering terjadi pemeriksaan terhadap karcis yang dibawa penumpang yang naik trem. Sama seperti kalau kita naik kereta api di Indonesia kan suka ada pemeriksaan tiket penumpang dari kondektur KA. Nggak lucu dong kalau lagi liburan lalu kita dideportasi karena tuduhan nggak beli tiket resmi.

Baca Juga: 5 Tips Skydiving dan Hang Gliding yang Aman, Baca Dulu Jika Mau Liburan

Jelajahi Keindahan Beberapa Tempat Wisata di Praha

Ada banyak tempat wisata menarik di kota Praha. Keindahan alam dan budaya Bohemian ibukota negara Republik Ceko ini seolah tidak luntur walau modernisasi sudah merambah setiap penjuru kota. Hal ini hampir sama dengan kondisi tempat wisata di Jepang dan tempat wisata di China.

  • Old Town Square dan Charles Bridge
Praha Republik Ceko Old Town Square dan Charles Bridge
Praha Republik Ceko Old Town Square dan Charles Bridge

Obyek wisata bersejarah di Praha diantaranya adalah Old Town Square dan Charles Bridge. Dua tempat wisata tersebut selalu ramai dikunjungi wisatawan mulai pukul 10.00 sampai 18.00 waktu setempat. Kalau mau menikmati suasana agak tenang di Old Town Square, wisatawan harus bangun lebih awal dari jam 10.00.

  • Petrin Hill
Petrin Hill Prague Praha Republik Ceko
Petrin Hill Prague Praha Republik Ceko

Jika kamu termasuk orang yang menyukai wisata kuliner sekaligus hobi mengabadikan gambar tempat wisata yang indah, Petrin Hill adalah lokasi wisata yang tepat di Praha. Petrin Hill banyak dikunjungi turis untuk tujuan piknik keluarga. Wisatawan banyak yang menghabiskan waktu bersantai disana sambil menggelar tikar dan makan kue.

  • Restoran Bellavista

Tak jauh monastry Petrin Hill terdapat restoran Bellavista. Inilah tempat yang tepat untuk bersantap bersama orang tersayang. Wisatawan bisa memandang indahnya bukit Petrin yang hijau dan berbunga bersanding dengan kelezatan kuliner Praha.

Restoran Bellavista Praha Republik Ceko
Restoran Bellavista Praha Republik Ceko

Setelah lelah berkeliling di beberapa tempat wisata di Praha, restoran Bellavista dapat kamu jadikan tujuan untuk mengisi perutmu yang kosong. Tersedia hidangan makanan lezat khas Praha di restoran yang satu ini. Tidak hanya itu, tempat yang satu ini juga cukup keren dengan pemandangan indah yang disuguhkan sembari menikmati kuliner khas Praha yang akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

Baca Juga: Tips Traveling ke Tempat Wisata Di Puncak Bogor Cipanas Dan Cisarua

Kebudayaan yang berkembang di negara Republik Ceko merupakan perpaduan beberapa budaya di Eropa. Hal ini menghasilkan percampuran budaya yang unik dan mewarnai segala bidang kehidupan masyarakat setempat. Daya tarik tempat wisata di Praha dihasilkan melalui kombinasi beragam budaya Eropa dan keteraturan sistem masyarakat modern yang berjalan serasi. Hal tersebut menghasilkan pesona tempat wisata di Eropa yang tak terlupakan kepada setiap wisatawan yang berkunjung. Happy travelling!

Menjelajahi Keindahan Republik Ceko Eropa di Tempat Wisata Praha 1