Persiapan Menyambut Kelahiran Bayi, Berikut Hal-hal Yang Perlu Dipersiapkan

Persiapan Menyambut Kelahiran Bayi, Berikut Hal-hal Yang Perlu Dipersiapkan

Persiapan Menyambut Kelahiran Bayi – Hal-hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri yang akan menjadi ibu dan ayah adalah hari-hari menyambut kedatangan bayi tercinta. Persiapan demi persiapan dilakukan dengan sebaik-baiknya demi calon sang buah hati tersayang termasuk dalam persiapan hadiah bayi. Mulai dari menyiapkan kamar, pakaian, serta perlengkapan lainnya dilakukan dengan suka cita.

Persiapan Menyambut Kelahiran Bayi
Persiapan Menyambut Kelahiran Bayi

Sebagai calon orang tua, apalagi calon orang tua anak pertama pastinya kamu akan menyiapkan segala hal dengan sempurna untuk kehadiran buah hati yang nantinya akan berada ditengah-tengah kamu bersama dengan keluarga. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan mengenai beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut kedatangan bayi kamu.

Beberapa Hal yang Harus Dilakukan dalam Persiapan Menyambut Kelahiran Bayi

#1 Tips Menyiapkan Kamar Tidur Bayi

Tips Menyiapkan Kamar Tidur Bayi
Tips Menyiapkan Kamar Tidur Bayi

Hal yang pertama yang harus kamu perhatikan adalah menyiapkan kamar bayi yang nyaman untuk bayi kamu yang akan lahir. Berikut ini beberapa tips mendekorasi kamar bayi agar nyaman, aman, dan indah.

  • Letak Kamar yang Berdekatan

Pastikan letak kamar bayi tidak berjauhan dengan kamar orang tuanya, sehingga sang ibu lebih mudah menjaga dan mengetahui kalau-kalau bayinya menangis karena lapar atau mengompol.

  • Pastikan Ada Jendela

Setelah menentukan letak kamar bayi, pastikan ada jendela atau lubang ruangan yang baik untuk sirkulasi udara, sehingga ada pergantian udara kotor dengan udara bersihnya dengan baik, bayipun akan sehat.

  • Pilih Warna Cat Kamar yang Sesuai

Warna kamar bayi dapat dipilih sesuai dengan warna favorit orang tuanya, atau bisa dengan berdasarkan jenis kelamin sang bayi. Kalau bayi laki-laki biasanya sering menggunakan warna biru dan putih, sedangkan bayi perempuan biasanya memakai warna merah jambu atau kuning yang sifatnya lembut.

  • Pencahayaan yang Cukup

Selain udara yang bersih masuk kedalam kamar, pastikan juga kamar bayi mempunyai pencahayaan yang cukup, sehingga kondisi kamar bayi pun bersih dan sehat.

Baca Juga: Memilih Menu Makanan Bergizi Untuk Bayi Sehat Dan Bergizi

Kenyamanan dan kebersihan menjadi hal penting setelah semua kategori pemilihan kamar bayi disiapkan. Buat suasana nyaman di kamar bayi dengan penggunaan warna kamar bayi yang lembut dan menyejukkan. Pastikan kamar bayi harus selalu bersih dan steril, sehingga bayi pun selalu sehat tidak mudah terserang penyakit.

#2 Tips Menyiapkan Perlengkapan Bayi

Tips Menyiapkan Perlengkapan Bayi
Tips Menyiapkan Perlengkapan Bayi

Kamar bayi tidak lengkap apabila perlengkapan bayi seperti perlengkapan mandi, bermain, dan makannya tidak disiapkan juga. Tips untuk menyiapkan perlengkapan bayi dengan lengkap dan ekonomis.

  • Membuat Catatan Khusus

Buat catatan khusus saat mulai menyiapkan perlengkapan bayi sebelum lahir, diantaranya pakaian bayi, popok dan pampers bayi, perlengkapan mandi, perlengkapan makan dan minum, serta mainan. 

  • Menggunakan Perlengkapan Kerabat yang Layak Pakai untuk Menghemat

Agar biaya pengeluaran untuk menyiapkan perlengkapan bayi tidak membengkak bisa dengan memakai perlengkapan bayi dari kerabat atau teman yang sudah tidak dipakai lagi, yaitu barang-barang yang umur pemakaiannya cukup singkat seperti box bayi dan troler bayi.

  • Perlengkapan Bayi dengan Satu Merk Saja

Membeli perlengkapan mandi bayi dan perawatan kulitnya dengan satu merk saja, selain bisa mendapatkan harga paket, dengan memakai satu merk dapat menghindari iritasi kulit kalau-kalau tidak cocok dengan produk yang dibeli.

  • Membeli Perlengkapan yang Sesuai Pemakaian

Pastikan beli perlengkapan bayi dengan sesuai pemakaian, jangan berlebih, karena umur pemakaian perlengkapan bayi itu sangat singkat. Apabila sudah tidak terpakai lagi, dapat disimpan di dalam tempat yang bersih, agar bisa dipakai lagi untuk anak yang kedua.

Baca Juga: Tips dan Cara Alami Menambah Berat Badan Bayi

Itulah informasi mengenai beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut kelahiran bayi. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu para calon orang tua yang sedang menantikan kelahiran buah hatimu. Terimakasih.

Persiapan Menyambut Kelahiran Bayi, Berikut Hal-hal Yang Perlu Dipersiapkan 1