Perbedaan WordPress dan Blogspot

Perbedaan WordPress dan Blogspot – Dunia blog tahun 2021 ini saya perkirakan akan meningkat penggiatnya, di tambah lagi dengan adanya pandemi, orang-orang terpaksa berkegiatan di rumah, sebagian besar kegiatan bisa dikerjakan secara daring! Mulai dari belanja hingga bekerja. Banyak sekali sektor industri yang terkena imbas pandemi dari sisi ekonomi, tetapi yang malah naik adalah di sektor yang berhubungan dengan daring, maka dari itu mulai sekarang seharunya kamu sudah mulai mengenal internet lebih dalam lagi.

Salah satunya adalah blog, dari blog ini sebenarnya kamu bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang tayang di blog kamu, seperti baliho di pinggir jalan.

Semakin besar trafik, semakin banyak uang yang bisa kamu hasilkan.

Dunia blog sendiri yang paling terkenal dan banyak digunakan adalah WordPress dan Blogspot, keduanya memiliki perbedaan yang bisa menjadi keunggulan dari masing-masing keperluan.

Contohnya wordpress, yang bisa kamu gunakan untuk segala macam kebutuhan mulai dari membuat profile perusahaan, hingga manajemen sistem yang rumit seperti web sekolah, kamu bisa menggunakan wordpress.

Tetapi wordpress tidaklah gratis!

yang gratis adalah blogspot.

Apa saja perbedaan mencolok dari ke dua hal ini, mari kita bahas dengan detail di bawah ini.

Perbedaan WordPress dan Blogspot yang Mencolok

Kedua web sistem ini memiliki berbedaan mencolok yang bisa kita urai di bawah ini.

1. Gratis dan berbayar

WordPress adalah sebuah CMS (Content Management System) yang berbasis bahasa pemograman PHP yang bisa di custom sesuai keinginan, di wordpress sebenarnya ada 2 jenis yang pertama yaitu wordpress.com hosted gratis dan wordpress.org selfhosted berbayar.

Sama halnya dengan blogspot.com milik google ini juga gratis sama dengan wordpress.com, dengan embel-embel alamat blog kamu nantinya menjadi blogkamu.blogspot.com, dan jika kamu menggunakan wordpress selfhosted kamu akan bisa custom nama alamat blog kamu seperti punyaku: alvindayu.com

2. Membutuhkan Hosting dan Tidak

Hosting artinya rumah untuk web kamu ya, untuk wordpress selfhosted tentunya membutuhkan rumah atau penyimpanan file agar bisa online dan diakses melalui internet dari seluruh indonesia bahkan dunia, sedangkan blogspot.com sendiri tidak membuhkanya,

Bukan berarti tidak butuh penyimpanan ya!

Karena kamu sudah di beri penyimpanan gratis oleh google untuk blogspot kamu.

Tetapi kelemahan jika di host di google blog kamu bisa sewaktu-waktu di hapus tanpa pemberitahuan telebih dahulu jadi data dan jerihpayah kamu selama ini bisa sia-sia dan hilang seketika.

Sedangkan wordpress kamu bisa di backup otomatis di google drive atau pihak hosting biasanya sudah menyediakan auto backup untuk masalah datamu, jadi jangan khawatir jika kamu ingin menggunakan wordpress selfhosted.

Biayanya pun tidak mahal, banyak sekali perusahaan hosting indonesia yang jual hosting murah untuk keperlua blog kamu yang masih baru.

3. Fleksible dan Terbatas

Tentunya jika kamu menggunakan blogspot akan terbatas jika kamu ingin membuat CMS yang serba otomatis atau terintregrasi ke sistim kantor kamu, karena bahasa pemograman yang digunakan blogspot hanya sebatas html, java, xml saja yang saya ketahui.

Lain halnya jika kamu menggunakan wordpress, yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginan kamu, dengan plugin yang sudah banyak tersedia, salah satunya yang aku gunakan untuk auto backup ke google drive data web selang waktu 12 jam, dan menghapus file sebelumnya secara otomatis.

Dan plugin itu gratis kok 😀

4. Mudah dan Lebih Rumit

Untuk masalah ini sebenarnya hanyalah masalah kebiasanya, jika kamu baru saja menggunakan blogsot maka akan terlihat rumit jika di bandingkan sebelumnya kamu telah menggunakan wordress, dan juga sebaliknya.

Tetapi ada perbedaan mencolok yang bisa kamu rasakan jika kamu lebih mendalami keduanya, akan lebih rumit menggunakan wordpress dibandingkan blogspot yang sudah di bahas di poin 3.

Jika kamu terjun lebih dalam lagi tentang wordpress, masalah yang ditimbulkanpun akan semakin rumit. 😀 agar lebih tahu, kamu kudu merasakanya sendiri.

Jadi pada intinya kedua hal ini sama-sama memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

WordPress VS Blogger Mana yang Lebih Unggul?

Kalau kamu tanya ke aku, ya pasti aku memilih wordpress yang lebih unggul dari beberapa sisi, karena aku sudah terbiasa dengan wordpress di bandingkan blogspot.

Oh ya blogspot sebenarnya bisa untuk di beri hosting jika kamu mau, tetapi biasanya hanya digunakan untuk menyimpan file di directory misalnya blogkamu.com/file

Maka folder /file ada di hosting kamu, tetapi jika kamu menggunakan hosting akan jadi nanggung, mending pakai wordpress sekalian. 😀

Buka #Tag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *