Pengembalian Dana Shopee

Pengembalian Dana Shopee – Suka kesel nggak sih kalau ternyata barang atau produk yang kita beli secara online tidak sesuai dengan ekspektasi kita? Hmm, sudah pasti kesel, kecewa dan bingung akan menghantui kita kan? Ya, namanya juga belanja online ya kan? Kita memang harus lebih extra hati-hati ketika akan membeli produk secara online. Tapi, buat kalian yang kebetulan belanja di Shopee. Jangan khawatir karena kalian bisa kok mengajukan pengembalian dana Shopee.

Ya, buat kalian yang kebetulan belanja online di Shopee dan mendapatkan barang yang tidak sesuai dengan keinginan. Tak perlu khawatir karena kalian bisa mengajukan pembatalan pesanan Shopee yang selanjutnya akan diteruskan proses pengembalian dana oleh pihak Shopee.

Lalu, bagaimana cara mengajukan pengembalian dana Shopee? Oke, untuk tahu jawabannya mari kita simak ulasannya berikut ini.

Cara Mengajukan Pengembalian Dana Shopee yang Sudah Dibayar

Oke, sebenarnya ada beberapa cara berbeda untuk mengajukan pengembalian dana Shopee yang sudah kalian bayarkan kepada penjual.

Yakni cara mengajukan pengembalian dana Shopee yang sudah dibayarkan dengan status pesanan dikemas, cara mengajukan pengembalian dana Shopee dengan status barang sudah dikirim oleh seller Shopee dan juga cara mengajukan pengembalian dana Shopee dengan status barang atau produk sudah diterima oleh kita sebagai buyer.

Ya, ketiganya punya perlakuan yang berbeda untuk mengajukan pengembalian dananya.

Eits, tapi ada beberapa hal dulu nih yang perlu kalian siapkan untuk mengajukan pengembalian dana Shopee.

Ini nih yang harus kamu siapkan saat akan mengajukan pengembalian dana Shopee.

1. Tambahkan Rekening Bank ke Akun Shopee

Pertama, pastikan kamu sudah menambahkan rekening bank ke akun Shopee.

Karena nantinya pengembalian dana Shopee akan di transfer ke rekening bank yang sudah kalian tautkan dan sudah diverifikasi oleh pihak Shopee.

Buat kalian yang masih bingung bagaimana cara menambahkan dan verifikasi rekening bank di Shopee, Kalian bisa baca artikel cara menambah rekening bank di Shopee untuk tahu lebih jelasnya!

2. Aktifkan Shopeepay

Bagaimana kalau tidak punya rekening?

Tak masalah, pihak Shopee biasanya akan mengirimkan pengembalian dana Shopee dari pesanan yang dibatalkan atau dikembalikan kepada penjual melalui fitur dompet elektronik terbarunya yakni Shopeepay.

Nah, kalau kalian belum mengaktifkan Shopeepay, segera aktivasi Shopeepay terlebih dahulu deh!

Untuk kalian yang bingung bagaimana cara mengaktifkan Shopeepay, bisa baca artikel tentang cara mengaktifkan Shopeepay yang sudah saya bahas sebelumnya.

3. Aktifkan Shopee Paylater

Lalu, bagaimana saat kalian belanja di Shopee secara kredit menggunakan Shopee Paylater? Bisakah dana Shopee Paylater juga dikembalikan ke saldo limit Shopee Paylater?

Exactly, jawabannya adalah IYA!

Ya, kalau kalian membatalkan pesanan atau mengajukan pengembalian pesanan dan sudah disetujui oleh pihak penjual.

Maka secara otomatis dana yang keluarkan menggunakan Shopee Paylater juga akan dikembalikan oleh pihak Shopee.

Pengembalian dana Shopee akan ditambahkan ke limit Shopee Paylater jika kalian menggunakan saldo Shopee Paylater ketika belanja di Shopee sebelumnya.

Buat kalian yang masih belum tahu bagaimana cara mengaktifkan Shopee Paylater, cus baca artikelnya sekarang deh!

Jadi, sudah paham ya?

Salah satu hal yang sudah saya sebutkan diatas perlu kalian persiapkan sebelum mengajukan pengembalian dana Shopee.

Kalian bisa pilih ingin pengembalian dana Shopee langsung dikirimkan ke rekening bank, melalui Shopeepay atau melalui Shopee Paylater jika kalian menggunakan fitur Shopee Paylater sebelumnya.

Cara Mengajukan Pengembalian Dana Shopee Saat Pesanan Sedang Dikemas/Barang Belum Dikirim

Oke, kalau beberapa hal diatas sudah kalian persiapkan. Sekarang lanjut ke cara mengajukan pengembalian dana Shopee di status pesanan yang berbeda-beda nih.

Pertama saya akan membahas tentang cara mengajukan pengembalian dana Shopee dengan status produk/barang masih dalam proses dikemas oleh penjual terlebih dahulu.

Ya, kalian bisa mengajukan pengembalian dana Shopee saat barang berada dalam status dikemas dan masih tidak dikirim oleh seller Shopee.

Nah, sebenarnya cara mengajukan pengembalian dana Shopee ketika produk atau barang masih dalam status pesanan sedang dikemas oleh penjual cukup mudah.

Jika berada di kondisi seperti ini, kalian hanya perlu membatalkan pesanan dan menunggu konfirmasi dari pihak seller untuk merespon atau menyetujui pengajuan pembatalan pesanan yang kalian lakukan.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa ikuti langkah-langkah cara mengajukan pengembalian dana Shopee saat pesanan sedang dikemas oleh seller Shopee berikut ini.

1. Buka Aplikasi Shopee

Buka Aplikasi Shopee untuk Ajukan Pengembalian Dana Shopee
Buka Aplikasi Shopee

Pertama, silahkan buka aplikasi Shopee milik kalian.

2. Pilih Menu Saya

Pilih Menu Saya untuk Ajukan Pengembalian Dana Shopee
Pilih Menu Saya

Lanjut, silahkan pilih menu Saya untuk melihat status pesanan produk atau barang yang kalian beli di seller.

3. Pilih Menu Dikemas pada Pesanan

Pilih Menu Dikemas untuk Ajukan Pengembalian Dana Shopee
Pilih Menu Dikemas

Berikutnya, kalian bisa pilih menu Dikemas pada status pesanan yang ada di bawah nama dan foto profil akun Shopee.

4. Pilih Produk yang Sedang Dikemas

Klik Produk yang Sedang Dikemas untuk Ajukan Pengembalian Dana Shopee
Klik Produk yang Sedang DikemaS

Lanjut, pilih produk yang sedang dikemas dan akan kalian batalkan.

5. Ajukan Pembatalan Pesanan

Klik Batalkan Pesanan Shopee 1
Klik Batalkan Pesanan Shopee

Lalu, akan muncul detail rincian produk yang kalian beli dan bayarkan kepada seller Shopee yang masih dikemas.

Untuk mengajuan pengembalian dana Shopee, kalian bisa scroll ke bawah cari dan pilih menu Ajukan Pembatalan Pesanan.

6. Pilih Opsi Alasan Pengajuan Pembatalan

Pilih Alasan Mengajukan Pengembalian Dana Shopee
Pilih Alasan Mengajukan Pengembalian Dana Shopee

Selanjutnya, kalian akan diminta untuk memilih opsi alasan mengapa kalian ingin mengajukan pembatalan pesanan Shopee.

Ajukan Pembatalan Pesanan atau Pengembalian Dana Shopee
Ajukan Pembatalan Pesanan atau Pengembalian Dana Shopee

Pilih alasan, lalu klik Ajukan Pembatalan Pesanan.

6. Tunggu Respon Penjual

Konfirmasi Pengajuan Pembatalan Shopee atau Pengembalian Dana Shopee
Konfirmasi Pengajuan Pembatalan Shopee atau Pengembalian Dana Shopee

Berikutnya, silahkan tunggu respon penjual untuk menyetujui pembatalan pesanan yang sudah kalian ajukan.

Kalian bisa berbicara baik-baik kepada seller Shopee melalui fitur chat Shopee tentang agar seller bisa menyetujui ajuan kalian.

Lalu, bagaimana jika seller tidak merespon?

Jangan khawatir karena biasanya pihak Shopee akan memberikan waktu maksimal 2×24 jam untuk menunggu seller melakukan konfirmasi pembatalan pesanan yang sudah kalian ajukan.

Jika lebih dari itu, maka secara otomatis pihak Shopee akan membatalkan pesanan tersebut tanpa persetujuan penjual karena penjual tidak merespon dalam waktu yang sudah ditentukan.

7. Pengembalian Dana Shopee Selesai

Cara Mengajukan Pengembalian Dana Shopee Selesai
Cara Mengajukan Pengembalian Dana Shopee Selesai

Jadi, jika pesanan sudah dibatalkan maka secara otomatis dana Shopee akan dikembalikan ke akun Shopeepay atau rekening bank milikmu yang sudah ditambahkan dan diaktifkan sebelumnya.

Kalau kalian menggunakan Shopee Paylater, maka pengembalian dana Shopee akan secara otomatis ditambahkan kembali ke saldo limit Shopee Paylater milikmu.

Cara ini hampir sama dengan cara membatalkan pesanan Shopee yang sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya. Baca juga deh!

Cara Mengajukan Pengembalian Dana Shopee Saat Pesanan Sudah Dikirim Oleh Penjual

Oke, kalau sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang cara mengajukan pengembalian dana Shopee yang status pesanannya belum dikirim oleh seller Shopee.

Berikutnya saya akan menjelaskan tentang cara mengajukan pengembalian dana Shopee saat pesanan atau barang sudah dikirimkan oleh pihak seller Shopee.

Tentu ini sudah berbeda kasusnya, cara mengajukan pengembalian dana pun akan berbeda.

Adapun cara mengajukan pengembalian dana Shopee saat pesana sudah dikirimkan oleh penjual dan resi bahkan sudah di input adalah sebagai berikut.

1. Buka Aplikasi Shopee

Buka Aplikasi Shopee untuk Mengajukan Pengembalian Dana Shopee yang Sudah Dikirim
Buka Aplikasi Shopee untuk Mengajukan Pengembalian Dana Shopee yang Sudah Dikirim

Pertama-tama, silahkan buka aplikasi Shopee untuk mengajukan pengembalian dana Shopee.

2. Klik Menu Saya

Pilih Menu Saya untuk Mengajukan Pengembalian Dana Shopee yang Sudah Dikirim
Pilih Menu Saya untuk Mengajukan Pengembalian Dana Shopee yang Sudah Dikirim

Lanjut, klik menu Saya pada beranda Shopee. Sebelumnya pastikan kalian sudah login Shopee dulu.

3. Pilih Rincian Pesanan Dikirim

Pilih Pesanan Saya Dikirim untuk Mengajukan Pengembalian Dana Shopee
Pilih Pesanan Saya Dikirim untuk Mengajukan Pengembalian Dana Shopee

Selanjutnya, kalau menu akun profil sudah terbuka. Kalian bisa klik Dikirim pada rincian pesanan yang sudah dikirimkan oleh penjual.

4. Lihat Rincian Pesanan

Lihat Rincian Pesanan untuk Mengajukan Pengembalian Dana Shopee yang Sudah Dikirim
Lihat Rincian Pesanan untuk Mengajukan Pengembalian Dana Shopee yang Sudah Dikirim

Selanjutnya, klik pesanan untuk melihat rinciannya.

5. Pilih Ajukan Pengembalian

Ajukan Pengembalian untuk Mengajukan Pengembalian Dana Shopee yang Sudah Dikirim
Ajukan Pengembalian untuk Mengajukan Pengembalian Dana Shopee yang Sudah Dikirim

Berikutnya, kalian bisa pilih menu Ajukan Pengembalian yang ada di bawah.

6. Alasan Pengajuan Pengembalian Dana

Selanjutnya, kalian akan diminta untuk memasukkan alasan pengajuan pengembalian dana Shopee sebelum melanjutkan.

Pastikan isi alasan pengajuan pengembalian dana sesuai kenyataan.

7. Selesai, Tunggu Persetujuan Penjual

Selesai, sekarang kalian tinggal menunggu respon persetujuan seller Shopee atas pengajuan kalian.

Penjual Menolak Pembatalan Pesanan atau Pengembalian Barang/Dana Shopee

Dalam kasus yang seperti ini, sepertinya akan sulit untuk mengajukan pembatalan pesanan ataupun pengembalian dana Shopee.

Karena barang sudah dikirimkan dan sedang proses diantar oleh kurir.

Jadi, biasanya dalam kasus ini pihak penjual akan meminta kalian untuk menunggu sampai barang datang.

Baru deh kalian bisa mengajukan pengembalian barang atau dana Shopee.

Ya, gimana lagi? Kan barangnya udah dikirim dan resi sudah di input ya kan?

Jadi, mau nggak mau kalian harus sabar menunggu barang datang baru deh mengajukan pengembalian dana Shopee atau ajukan pengembalian barang.

Tentu saja untuk melakukan pengajuan pengembalian barang atau dana Shopee ini kalian harus punya alasan yang jelas ya!

Misalnya, salah pilih produk atau barang ketika checkout dan ingin menggantinya dengan produk/barang lainnya.

Atau mungkin pada saat barang sampai ternyata barang atau produk tidak sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh seller.

Nah, kalau misalnya kasusnya seperti ini beda lagi cara mengajukan pengembalian dananya!

Cara Mengajukan Pengembalian Dana Shopee Ketika Produk Salah/Tidak Sesuai

Oke, buat kalian yang mengalami masalah tentang produk yang dikirimkan oleh penjual tidak sesuai atau salah.

Kalian juga bisa kok manfaatkan fitur garansi dari pihak Shopee.

Kalian bisa lakukan pengajuan pengembalian barang/dana Shopee kepada penjual jika produk atau barang tidak sesuai.

Eits, tapi ingat! 

Kalian hanya bisa melakukan pengajuan pengembalian barang/dana Shopee ini jika kalian masih belum meng-klik menu Pesanan Diterima.

Karena kalau sudah klik Pesanan Diterima maka harapan kalian untuk mendapatkan dana dan mengembalikan barang tersebut akan hilang sudah!

Oke deh, langsung saja begini cara mengajukan pengembalian dana Shopee ketika barang tidak sesuai dan ingin ajukan pengembalian barang.

1. Buka Aplikasi Shopee

Pertama, silahkan buka aplikasi Shopee. Pastikan kalian sudah login Shopee ya!

2. Pilih Menu Saya

Kalau sudah, lanjut ke menu Saya yang ada di pojok kanan bawah beranda.

3. Pilih Menu Pesanan Dikirim

Setelah itu, pada menu rincian pesanan. Pilih pesanan Dikirim.

Kenapa dikirim? Karena pesanan belum selesai jadi, statusnya masih dalam proses dikirim walaupun barang sudah kalian terima.

3. Buka Detail Produk

Buka detail atau rincian pensanan yang sudah dikirimkan oleh seller.

4. Cari dan Pilih Ajukan Pengembalian Dana/Barang

Setelah itu, cari dan pilih ajukan pengembalian barang/dana.

5. Pilih Alasan Pengajuan

Selanjutnya, kalian akan diminta untuk memilih atau menentukan alasan mengapa ingin mengajukan pengembalian barang/dana Shopee.

Pilih yang paling sesuai dengan kasus kalian.

6. Lakukan Kesepakatan dengan Penjual

Selanjutnya, kalian bisa tunggu respon penjual untuk menyetujui pengajuan pengembalian dana/barang yang sudah kalian ajukan.

Nah, agar disetujui kalian bisa nih hubungi pihak penjual melalui fitur chat Shopee.

Kalian bisa chatting dengan penjual terkait masalah pengajuan pengembalian barang/dana Shopee yang akan kalian lakukan.

Jelaskan pada penjual tentang kondisi barang yang kalian terima dan lakukan kesepakatan kepada penjual.

Oke, kalau sudah sepakat barang akan dikembalikan

Siapa yang Menanggung Biaya Ongkir Ketika Ajukan Pengembalian Barang Shopee?

Sekarang kalian bisa bertanya pada penjual terkait siapa yang akan menanggung ongkos kirim pengembalian barang tersebut?

Kalian dan penjual harus memutuskan masalah ini.

Kalau masih menjadi sengketa tentang ongkos kirim, biasanya penanggungan biaya ongkos kirim akan ditentukan oleh pihak Shopee.

Jadi, kalau sudah begini pihak Shopee lah yang akan memutuskan siapa yang akan menanggung ongkos kirim pengembalian barang yang diajukan.

7. Tunggu Barang Sampai ke Penjual

Nah, kalau sudah sepakat. Kalian bisa langsung kirimkan kembali barang yang sudah kalian terima ke penjual.

Pastikan kalian packing produk dengan rapi dan tuliskan alamat penjual ya!

Kalian bisa menggunakan jasa pengiriman apa saja.

Tunggu hingga produk/barang yang dikembalikan diterima oleh penjual.

Kalau sudah diterima penjual wajib menyetujui pengajuan pengembalian barang/dana Shopee yang sudah dilakukan.

8. Pengembalian Dana Shopee Selesai

Nah, kalau pesanan Shopee sudah berhasil dibatalkan dan pengembalian barang Shopee sudah berhasil dilakukan.

Maka secara otomatis ketika penjual, menyetujui pengajuan pengembalian barang, secara otomatis pengajuan pengembalian dana Shopee juga sudah selesai dan berhasil dilakukan.

Pengembalian Dana Shopee Masuk Kemana?

Kalian bisa cek pengembalian dana Shopee yang sudah dikirimkan oleh pihak Shopee.

Kalian bisa cek di akun rekening bank yang sudah kalian tautkan pada pihak Shopee.

Atau di akun Shopeepay yang sudah kalian aktifkan sebelumnya.

Biasanya, kalau akun Shopeepay sudah diaktifkan. Pihak Shopee akan mengirimkan pengembalian dana Shopee ke akun Shopeepay milik kalian.

Nah, selanjutnya. Baru deh kalian bisa nih tarik dana Shopeepay ke rekening bank kalian!

Berapa Lama Proses Pengembalian Dana Shopee?

Jika kalian bertanya berapa lama proses pengembalian dana Shopee?

Menurut pihak Shopee proses pengembalian dana Shopee akan dilakukan kurang lebih 2×24 jam.

Tapi menurut pengalaman saya yang sudah pernah melakukan penarikan dana Shopeepay.

Proses pengembalian dana Shopee cukup cepat bahkan tidak sampai sehari.

Pengembalian Dana Shopee Gagal?

Nah, kalau kalian menemui masalah ketika melakukan proses pengembalian dana Shopee.

Kalian bisa nih langsung hubungi CS Shopee untuk menanyakan masalah tersebut.

Begini 3 Cara Menghubungi CS Shopee untuk Mengatasi Masalah Shopee

Bisakah Ajukan Pengembalian Dana Shopee Lewat Indomaret?

Setahu saya, cara pengembalian dana Shopee lewat Indomaret sudah tidak bisa dilakukan deh!

Soalnya Shopee sudah memiliki fitur Shopeepay.

Jadi, pengembalian dana Shopee akan dikirimkan ke akun dompet elektronik Shopeepay milik kalian.

Setelah itu, baru deh kalian bisa melakukan penarikan dana Shopeepay ke rekening. Tapi sebelumnya kalian harus tambahkan dan verifikasi rekening bank dulu!

Oke deh, itu dia beberapa cara mengajukan pengembalian dana Shopee. Semoga bermanfaat ya!

Thank you!

255K
SHARES
2.4M
VIEWS

Sosok wanita periang, dengan ketawa lepas, suka makan coklat sembari menulis. Suka makan tapi sulit gemuk! follow sosial media saya ya, biar kita lebih akrab lagi :D