Menjelajahi 8 Tempat Wisata Pantai Indah di Kabupaten Malang


Kabupaten Malang dan Kota Wisata Batu selalu menarik di mata saya. Mungkin anda tidak asing lagi dengan indahnya pantai-pantai di Malang. Hanya saja mungkin tidak banyak orang yang mengetahui ternyata masih banyak pantai-pantai yang bersembunyi. Bagi saya, Malang adalah miniatur Pulau Bali di provinsi Jawa Timur. Ada banyak tempat wisata di Malang yang menarik untuk dikunjungi pada masa liburan.

Dengan kondisi geografis yang didominasi oleh pegunungan, Kabupaten Malang dikelilingi oleh sejumlah gunung api aktif maupun gunung mati. Diantaranya adalah Gunung Anjasmoro, Gunung Kelud, Gunung Bromo, Gunung Kawi, Gunung Welirang, Gunung Arjuno, dan Gunung Semeru.

Keindahan Tempat WIsata Pantai di Malang

Keindahan Tempat WIsata Pantai di Malang

Pariwisata Malang merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang memberikan banyak kontribusi pada pendapatan daerah. Mulai dari potensi wisata pendidikan, tempat wisata alam, tempat wisata modern, dan tempat wisata pantai menghasilkan daya tarik wisata yang tak pernah membosankan.

Tapi, tahukah Anda bahwa Kabupaten Malang memiliki 8 tempat wisata pantai menakjubkan layaknya Seven Beaches in One Zone yang ada di Yogyakarta.

Apa saja nama pantai-pantai alami yang ada di Malang? Berturut-turut membujur dari arah barat ke timur pantai-pantai tersebut adalah Pantai Ngliyep, Pantai Balekambang, Pantai Wonogoro, Pantai Bajul Mati, Pantai Sendang Biru, Pantai Lenggosono, Pantai Sipelot, dan Pantai Licin.

Semua pantai tersebut menghadap ke lautan lepas Samudera Hindia yang berombak besar. Ayo kita bahas dimana saja lokasi 8 pantai indah di Malang Selatan ini.

  • Keeksotisan Pantai Ngliyep Tempat Wisata di Malang

Keeksotisan Pantai Ngliyep Tempat Wisata di Malang

Obyek wisata pantai Ngliyep ini berada di wilayah pantai paling barat di Kabupaten Malang. Pantai ini terletak 62 km sebelah selatan kota Malang.Tepatnya pantai Ngliyep ini terletak di Kecamatan Donomulyo. Transportasi darat menuju Pantai Ngliyep terbilang sangat lancar karena telah dibangun jalan raya kabupaten sampai ke bibir pantai.

Pantai Ngliyep merupakan tempat bermuaranya sungai atau Kali Kondang Merak. Pantai Ngliyep sangat populer di kalangan wisatawan Jawa Timur. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan ada juga pulau kecil yang cocok untuk menikmati matahari terbit dan tenggelam.

Ada juga bukit Cinta Kasih yang konon ada legenda mengatakan jika ada anak muda yang datang ke tempat tersebut akan menjadi pasangan kekasih. Ya, percaya tidak percaya hanya untuk hiburan saja hehe. Dari pantai tersebut anda bisa perjalan ke atas bukit kecil yang dijuluki dengan sebutan Teluk Putri, nama tersebut diambil dari kulit Putri Raja lembut seprti sutra. Tiket masuk Rp. 15.000 dengan biaya parkir Rp. 5000.

  • Pantai Balekambang Sebagai Tempat Wisata di Malang yang Nge-TOP

Pantai Balekambang Sebagai Tempat Wisata di Malang yang Nge-TOP

Tempat wisata pantai di Malang yang kedua adalah Pantai Balekambang. Pantai Balekambang tidak kalah ngetop dibanding Pantai Ngliyep. Pantai Balekambang ini lokasinya di wilayah kelurahan Wonogoro, Kecamatan Bantur. Jalan darat menuju Balekambang juga sudah mulus. Jalan-jalan ke Pantai Balekambang akan mengingatkan Anda pada kesegaran pantai Popoh di Tulungagung dan Pantai Prigi di Trenggalek.

Pantai ini juga dijuluki sebgai Tanah Lotnya Malang karena ada sebuah Pura Amerta yang berdiri kokoh di atas pulau tersebut.pura tersebut didirikan untuk tempat ibadah umat Hindu dan merayakan berbagai upacara adat. Pantai ini juga tidak kalah cocok untuk menikmati sunset. Saat air laut surut anda akan melihat banyak terumbu karang yang indah di bibir pantai.

Tiket masuknya Rp. 5000,-
  • Keindahan Pantai Wonogoro Sebagai Tempat Wisata di Malang

Keindahan Pantai Wonogoro sebagai Tempat Wisata di Malang

Sesuai namanya, Pantai Wonogoro berada di kelurahan Wonogoro, Kec. Bantur, Kab. Malang. Lokasi Pantai Wonogoro berdekatan dengan Pantai Balekambang. Namun karena pengelolaan Balekambang lebih baik, maka Balekambang lebih populer sebagai salah satu tempat wisata terindah di Indonesia, khususnya area Jawa Timur. Pantai Wonogoro merupakan tempat bermuaranya aliran tiga sungai besar, yaitu Kali Borek, Kali Sat, dan Kali Sumberbulus.

  • Tempat Wisata di Malang Pantai Bajul Mati

Tempat Wisata di Malang Pantai Bajul Mati

Pantai yang berada di sebelah timur Wonogoro adalah Pantai Bajul Mati. Nama yang unik untuk sebuah lokasi tujuan wisata. Pantai Bajul Mati merupakan tempat bermuaranya Kali Duren. Pantai Bajul Mati terletak di Kec. Gedangan. Pantai ini terletak di Teluk Bajul Mati, sebuah teluk kecil layaknya Pantai Pangandaran di Kab.

Ciamis, Jawa Barat. Pantai ini berjarak kurang lebih sekitar 58 km dari kota Malang. Pantai Bajul Mati ini memiliki pasir yang putih dan air yang jernih seperti kristal. Ombak disinipun cukup besar sehingga tidak diperbolehkan untuk mandi ataupun berenang.

Jika anda ingin menikmati air jernihnya, anda dapat pergi ke muara sungai yang memiliki air tenang dan warna kehijauan. Terdapat juga Gua Wil yang berada di pantai tersebut. Tiket masuknya Rp. 4000,-.

  • Pantai Sendang Biru Sebagai Tempat Wisata di Malang

Pantai Sendang Biru Sebagai Tempat Wisata di Malang

Diantara 8 tempat wisata pantai di Malang, Pantai Sendang Biru merupakan pantai yang istimewa karena menjadi penghubung menuju Pulau Sempu. Pantai Sendang Biru terletak di Desa Sitiarjo Kec. Sumbermanjing, Kab. Malang. Pariwisata Pantai Sendang Biru dan Pulau Sempu merupakan satu paket wisata. Lain kali akan saya bahas lebih detail mengenai pariwisata Pulau Sempu yang menakjubkan.

  • Pesona Pantai Lenggosono Sebagai Tempat Wisata di Malang

Pesona Pantai Lenggosono Sebagai Tempat Wisata di Malang

Setelah melalui Teluk Tambakan di Tambakasri, perjalanan wisata di pantai Malang selatan akan menuju Teluk Lenggosono tempat Pantai Lenggosono berada. Kondisi Pantai Lenggosono yang menjorok ke dalam pulau serupa dengan Pantai Tanjung Layar pada Taman Nasional Ujung Kulon di provinsi Banten. Pantai Lenggosono berada di Desa Purwodadi Kec. Tirtoyudo Kab. Malang. Pantai Lenggosono adalah lokasi pertemuan dua muara sungai, yaitu Kali Purwo dan Kali Sumber Rejo.

  • Daya Tarik Pantai Sipelot Sebagai Tempat Wisata di Malang

Daya Tarik Pantai Sipelot sebagai Tempat Wisata di Malang

Urutan pantai indah yang ketujuh adalah Pantai Sipelot. Pantai Sipelot adalah obyek wisata di Malang yang berada di Teluk Sipelot. Tempat wisata pantai ini letaknya berada di arah timur Desa Pujiharjo Kec. Ampel Gading Kab. Malang.

Pantai Sipelot lokasinya menjorok ke daratan sehingga ombak yang dihasilkan tidak terlalu besar. Meski demikian, ombak pantai ini tidak seekstrim Pantai Pelabuhan Ratu di Jawa Barat. Tetapi nada tidak disarankan untuk mandi di pantai ini karena pasalnya ada sebuah teluk cerukan daratan yang melindungi pantai berada pada sisi kanan dan kiri.

  • Keunikan Pantai Licin Sebagai Tempat Wisata di Malang

Keunikan Pantai Licin Sebagai Tempat Wisata di Malang

Lalu, deretan terakhir dari delapan obyek wisata Pantai di Malang adalah Pantai Licin. Pantai Licin terletak di selatan wilayah Lebak Harjo Kec. Ampel Gading Kab. Malang. Wilayah Pantai Licin berbatasan langsung dengan Pasirian di Kab. Lumajang.

Obyek wisata di Jawa Timur yang satu ini belum banyak dikunjungi wisatawan. Jadi, kalau Anda ingin berlibur ke tempat wisata alam yang tidak terlalu crowded, kunjungilah Pantai Licin di Malang. Pantai ini memiliki pasir hitam dengan air yang jernih.

Pasir hitam di pantai ini berasal dari letusan gunung Semeru. Jika ke pantai tersebut disarankan untuk berhati-hati dalam berjalan, karena banyak lumut yang tumbuh seperti namanya pantai licin.

Malang sudah terlanjur identik dengan wisata pegunungan berhawa dingin. Promosi delapan pantai indah di Malang memang belum optimal. Oleh karena itu, melalui artikel wisata ini saya berharap para wisatawan dan backpacker tertarik mengunjungi kedelapan pantai indah di Malang yang mempesona.

Mungkin dari artikel pariwisata Malang ini Anda akan memiliki lebih banyak pilihan ketika berlibur ke kota-kota di Jawa Timur selain Surabaya, Probolinggo, Gresik, Sidoarjo, Lumajang, dan lain-lain. Ayo menjelajahi keindahan 8 pantai indah di Malang!