Menambah Kecepatan Loading WordPress Dengan HTML Compression


Mengatasi Loading WordPress Lambat – Banyak faktor yang bisa membuat website yang menggunakan WordPress (selanjutnya saya sebut sebagai WordPres site) mempunyai loading yang cepat, diantaranya memperkecil ukuran file aset seperti CSS dan JS, defer dan async JS, mengurangi jumlah HTTP request dan masih banyak lagi. Namun kali ini saya hanya akan membahas cara memperkecil ukuran file HTML untuk mempercepat loading WordPress.

HTML Compression

HTML compression memperkecil ukuran file html dengan cara menghapus line break, spasi tab dan mengganti double spasi dengan single spasi. Dengan demikian ukuran HTML menjadi lebih kecil, karena dokumen yang dimuat menjadi lebih kecil otomatis waktu loadingnya bertambah sedikit lebih cepat.

Setidaknya ada dua cara untuk memperkecil ukuran file HTML, yang pertama menggunakan plugin dan yang kedua tanpa menggunakan plugin.

1. Mempercepat Loading WordPress Menggunakan Plugin

Plugin merupakan bagian dari software yang berisi beberapa fungsi yang bisa ditambahkan ke dalam WordPress. Kita bisa langsung menginstalnya melalui menu Dasbor > Plugins > Add New.

Kelebihan dari menggunakan plugin adalah, kita bisa mengontrol bagaimana fungsi pada plugin tersebut bekerja melalui halaman administration setting yang sudah disediakan. Sehingga kita tidak perlu menyentuh kode PHP yang ada.

Banyak sekali Plugin HTML compression yang bisa dipakai, namun yang saya rekomendasikan antarai lain:

1. Minify HTML

Plugin ini sangat minimal, namun berfungsi dengan sangat baik di dalamnya juga terdapat ekstra fitur seperti memperkecil ukuran file JS dan CSS.

2. Fast Velocity Minify

Plugin ini memiliki ekstra fitur yang sangat banyak, diantaranya menggabungkan JS dan CSS menjadi satu grup untuk mengurangi jumlah HTTP request, menghandle script yang ada di header dan footer secara terpisah, WP CLI support.

3. Autoptimize

Selain memperkecil ukuran file html, js dan css, plugin ini juga memiliki tambahan fitur seperti mengahapus emoji, defer dan async, optimasi Google Fonts.

2. Mempercepat Loading WordPress Tanpa Menggunakan Plugin

Metode ini langsung menambahkan kode PHP ke dalam file functions.php, tentu cara ini sangat riskan. Kita bisa saja membuat WordPress site menjadi error jika salah dalam memasukan kode tersebut. Selain itu, kode yang sudah ditambahkan bisa terhapus secara otomatis jika kita melakukan auto update pada tema. Sehingga bagi pemula yang tidak ingin mengambil resiko, sebaiknya menggunakan cara yang pertama saja.

Kodenya sebagai berikut:

Salin seluruh kode di atas, lalu masukkan ke dalam file funtions.php dari tema yang sedang aktif. Sekali lagi, untuk menghindari eror yang tidak diinginkan saya sarankan untuk mencoba kode tersebut di localhost, sebelum menggunakannya pada WordPress site kamu yang sudah live.

Demo

This slideshow requires JavaScript.

Semoga bermanfaat.

Menambah Kecepatan Loading WordPress Dengan HTML Compression 1