Kriteria dan Cara Cek Listrik Subsidi dan Non Subsidi Gratis Token WWW PLN CO

Listrik Subsidi dan Non Subsidi – Beberapa waktu lalu, masyarakat banyak sekali yang mencari tahu dan bertanya-tanya apakah listrik saya masuk ke dalam kategori listrik subsidi dan non-subsidi? Hal ini karena adanya kebijakan baru pemerintah pada layanan pln.co.id yang mengeluarkan stimulus Covid-19. Nah, ada beberapa masyarakat yang akan mendapatkan token listrik gratis untuk yang 450 VA dan potongan diskon 50% untuk yang 900VA.

Namun, tahukah kamu? Ternyata tidak semua orang bisa mendapatakan subsidi atau kompensasi PLN ini. Ya, hanya beberapa orang saja yang akan mendapatkan. Lalu, bagaimana cara mengetahui atau cara cek listrik subsidi dan non subsidi ini? Langsung saja yuk kita simak ulasannya.

Kriteria Listrik Subsidi dan Non Subsidi

Sebelumnya, saya sudah menjelaskan tentang cara mendapatkan token listrik gratis baik secara online melalui layanan PLN.CO.ID dan secara offline dengan menghubungi layanan PLN 123. Bisa juga melalui WhatsApp di nomor 08122-123-123.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa baca artikelnya di cara mendapatkan token listrik gratis yang sudah saya bahas sebelumnya. Disana saya juga sudah menjelaskan secara lebih detail dan lengkap tentang kenapa website PLN tidak bisa diakses beberapa hari ini.

Oke jadi, selama 3 bulan mulai dari april PLN akan memberikan subsidi bagi beberapa kriteria yang sudah ditentukan oleh sistem. Kriteria listrik subsidi dan non subsidi akan saya bahas dalam artikel kali ini, yuk simak baik baik beberapa kriteria yang saya amati di lingkungan rumah saya.

Cara Cek Subisidi Listrik PLN hingga Token Gratis Stimulus Covid-19

Oke sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek apakah listrik plnmu termasuk kategori listrik pln subsidi atau non-subsidi.

Untuk lebih jelasnya tentang beberapa cara tersebut, langsung saja mari kita simak ulasan beberapa cara cek subsidi listrik PLN hingga mendapatkan token listrik gratis dari program stimulus covid-19 berikut ini.

Cara Cek Listrik Subsidi PLN Online di Layanan WWW.PLN.CO.ID

Oke cara pertama untuk mengetahui apakah jenis listrik dirumahmu termasuk jenis listrik PLN subsidi atau non subsidi. Kamu bisa langsung mengeceknya secara online di layanan pln.co,id.

Beberapa waktu lalu, situs resmi www.pln.co.id tengah mengalami gangguan tidak bisa diakses. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena sepertinya saat ini pihak PLN sudah mengatasi masalah server PLN yang down ini.

Kamu bisa coba kunjungi website resmi pln.co.id, maka kamu akan langsung ke direct ke laman layanan.pln.co.id.

Oke, jadi untuk lebih jelasnya kamu bisa ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Buka Situs pln.co.id atau layanan.pln.co.id

Oke, pertama, kamu bisa buka situs resmi PLN pln.co.id atau bisa langsung ke situs layanan.pln.co.id.

2. Tidak Perlu Login pln.co.id

Untuk mengecek apakah nomor meteran listrik atau ID Pelangganmu masuk ke dalam listrik subsidi untuk mendapatkan token gratis PLN, kamu tidak perlu melakukan login terlebih dahulu. Kamu bisa langsung masuk ke menu selanjutnya.

3. Pilih Menu Gratis/Diskon Stimulus PSBB

Berikutnya jika sudah masuk ke beranda layanan PLN.CO.ID, langsung saja pilih menu Gratis/Diskon Stimulus PSBB yang ada di daftar menu bagian kiri.

4. Masukkan Nomor Meteran/ID Pelanggan

Nah, sekarang kamu bisa langsung masukkan nomor meteran atau ID Pelanggan listrik PLN mu untuk tahu apakah kamu bisa dapat listrik gratis subsidi dari PLN atau termasuk ke dalam kategori orang yang tidak mendapatkan subsidi atau non subsidi.

5. Pilih Cari dan Selesai

Nah, sekarang langsung saja klik Cari untuk tahu hasilnya.

Selesai, sekarang kamu bisa lihat informasi tentang nomor IDPEL atau Nomor Meter, Nama, Tarif yang harus dibayarkan, Diskon atau gratis potongan tarif tagihan listrik PLN, pajak dan keterangannya.

Cara Cek Listrik Subsidi atau Non Subsidi PLN Online Lewat WhatsApp 08122-123-123 (WA PLN)

Selanjutnya, kamu juga bisa langsung menghubungi pihak layanan PLN lewat WA PLN resmi di nomor 08122-123-123. Caranya juga sangat mudah, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Buka Aplikasi WhatsApp (WA)

Buka aplikasi WhatsApp atau WA terlebih dahulu. Pastikan kamu sudah menyimpan nomor WA PLN 08122-123-12 di kontakmu.

2. Chat Lewat WA PLN

Berikutnya, kamu bisa langsung cari kontak WA PLN lalu hubungi pihak PLN dengan cara mengechatnya.

3. Ikuti Arahan Petunjuk

Lanjut, ikuti arahan petunjuk hingga kamu mengetahui dan melakukan cek subsidi PLN pada listrik di ID Pelanggan atau Nomor Meteran listrikmu. Apakah termasuk ke dalam kategori subsidi atau non-subsidi.

4. Cek Subsidi Listrik PLN Selesai

Selesai, jika memang dari informasi yang diberikan ID Pelanggan atau Nomor Meter listrik PLN milikmu termasuk ke dalam kategori Subsidi. Maka untuk selanjutnya, kamu akan mendapatkan kode token gratis atau informasi tentang diskon atau potongan tagihan listrik PLN 3 bulan ke depan.

Cek Listik PLN Subidi atau Non Subsidi secara Online di PLN 123

Buat kamu yang mungkin tidak memiliki paket data internet. Tak perlu khawatir kamu juga bisa cek subsidi listrik PLN tanpa harus pergi ke halaman www.pln.co.id untuk mengeceknya secara online.

Kamu bisa langsung hubungi nomor layanan pelanggan PLN di nomor 123. Ketikkan kode dial 123 di ponselmu, lalu pilih Telepon.

Tunggu hingga tersambung dengan CS layanan PLN. Selanjutnya, kamu bisa langsung tanyakan apakah ID Pelanggan atau Nomor Meter Listrik milikmu memperoleh subsidi atau non-subsidi.

Cara Cek ID Pelanggan atau Nomor Meter Listrik PLN Subisidi Token Gratis

Oh iya, satu lagi nih sebelum kamu menghubungi atau mengunjungi alamat situs resmi layanan pln.co.id. Pastikan dulu kamu mengetahui ID Pelanggan atau nomor Meter listrik PLNmu ya.

Dengan begitu, kamu bisa tahu apakah kamu bisa dapat listrik gratis berupa token atau tagihan listrik atau tidak.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk cek ID Pelanggan (IDPEL) dan nomor meter yakni sebagai berikut ini.

Cek ID Pelanggan atau Nomor Meter Lewat Aplikasi PLN Mobile

Kamu bisa cek ID pelanggan atau nomor meter melalui aplikasi PLN mobile. Dengan syarat sebelumnya kamu sudah pernah daftar dan login melalui akun PLN mobile ini.

Cek ID Pelanggan PLN lewat Website Resmi www.pln.co.id

Selanjutnya, kamu juga bisa cek ID Pelanggan PLN lewat situs website resmi PLN di alamat www.pln.co.id login terlebih dahulu untuk tahu informasi lebih jelasnya.

Cek ID Pelanggan PLN Sendiri Dirumah

Atau sebenarnya kamu juga bisa cek ID pelanggan PLN sendiri dirumah secara online. ID Pelanggan biasanya akan terdapat pada meteran listrik yang ada dirumahmu. Coba deh cek sekarang!

Cara Membedakan Meteraan Listrik Subsidi dan Non-Subsidi

Oke, selanjutnya nih buat kamu yang masih belum bisa membedakan meteran listrik subsidi dan non subsidi. Saya memiliki cara mudah untuk mengetahuinya melalui kode ID pelanggan atau nomor meteran yang biasanya didapatkan saat membeli dan mengisi pulsa token listrik.

Bukan hanya ada disitu saja, untuk pengguna nomor meteran listrik dengan sistem tagihan kamu bisa langsung cek di struk tagihan Listrik bulanan yang diberikan oleh pihak PLN.

Kode PLN Subsidi dan Non Subsidi Tagihan Token Gratis Kompensasi PLN

Kamu bisa melihat perbedaan meteran listrik subsidi dan non subsidi ini melalui kode tersebut. Adapun kode-kodenya antara lain sebagai berikut.

KodeKeterangan
R1/450 VAGRATIS
R1T/450 VAGRATIS
R1/900 VADISKON (Subsidi)
R1T/900 VADISKON (Subsidi)
R1M/900 VANon Subsidi
R1MT/900 VANon Subsidi

Penjelasan dari kode PLN tersebut adalah sebagai berikut.

R1      = Pascabayar

R1M   = Mampu (Non Subsidi)

R1T    = Token Pascabayar

R1MT = Token Non Subsidi

Sekarang kamu sudah tahu bedanya kan? PLN Token gratis 900 VA hanya bisa digunakan oleh pelanggan PLN yang memiliki kode R1T.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Online di PLN.CO.ID

Lanjut, untuk lebih jelasnya kamu bisa cek tagihan listrikmu secara online baik melalui aplikasi PLN, website PLN.CO.ID atau bahkan melalui WA PLN dan juga layanan PLN di nomor 123.

Oke itu dia informasi tentang cara cek listrik subsidi dan non subsidi melalui pln online di www.layanan.pln.co.id hingga aplikasi, WA PLN dan juga layanan PLN 123. Semoga artikel ini bermanfaat, sekarang kamu bisa cek sendiri. Terimakasih!

255K
SHARES
2.4M
VIEWS

Sosok wanita periang, dengan ketawa lepas, suka makan coklat sembari menulis. Suka makan tapi sulit gemuk! follow sosial media saya ya, biar kita lebih akrab lagi :D