Keeksotisan Dan Misteri Gunung Anjasmoro dan Sekitarnya


Keeksotisan Dan Misteri Gunung Anjasmoro – Gunung Anjasmoro merupakan salah satu tempat wisata alam di provinsi Jawa Timur yang berupa pegunungan yang indah. Gunung ini memiliki ketinggian 2.277 mdpl. Secara administratif, kawasan Gunung Anjasmoro terbagi ke dalam tiga kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Jombang, Kota Mojokerto, dan Kota Administratif Batu.

Gunung Anjasmoro berdampingan dengan beberapa pegunungan antara lain Gunung Welirang, Gunung Arjuna dan Gunung Argo Wayang. Semua gunung tersebut sudah tidak aktif lagi. Meski begitu, aktifitas post-vulkanik masih nampak dengan ditemukannya berbagai macam sumber mata air alami.

Keindahan Gunung Anjasmoro tentu akan membuat yang melihatnya terpesona dan ingin kembali kesana. Buat kamu yang tinggal di sebuah desa dekat gunung anjamoro ini, kamu bisa menyaksikan keindahan matahari terbit (sunrise) ketika olahraga jalan pagi di sekitar desa di kaki gunung tersebut.

Baca juga: Menjelajahi Keindahan Republik Ceko Eropa di Tempat Wisata Praha

Keindahan semburat cahaya oranye akan terpancar dari balik punggung Gunung Anjasmoro. Udara segar juga dapat kamu rasakan setiap pagi karena jalanan desa cenderung minim polusi udara. Suasana seperti itu tentu akan mampu membuatmu tenang.

Akses dan Rute Menuju Gunung Anjasmoro

Akses dan Rute Menuju Gunung Anjasmoro
Akses dan Rute Menuju Gunung Anjasmoro

Untuk mencapai kawasan wisata Gunung Anjasmoro, setiap wisatawan dan backpacker bisa memilih beragam jalur transportasi. Bila Kamu berangkat dari Kota Surabaya, Kamu bisa memilih transportasi menuju Wonosalam di Kabupaten Jombang maupun ke Pacet di Kabupaten Mojokerto. Yang lebih dekat adalah menuju Pacet,Mojokerto. Mode transportasi yang mendukung liburan kesana tentu saja transportasi darat.

Baca juga: Menikmati Wisata Kuliner Tanjung Pinang Khas Melayu

Kamu bisa menyewa mobil maupun menjelajahi keindahan tempat wisata pegunungan dengan sepeda motor. Apabila kamu ingin menikmati suasana pegunungan,namun tidak ada waktu untuk melakukan hiking, tidak perlu khawatir kamu tetap bisa menikmati keindahan Gunung Anjasmoro di sekitar wilayah gunung.

Tempat Wisata di Sekitar Gunung Anjasmoro

Tempat Wisata di Sekitar Gunung Anjasmoro
Tempat Wisata di Sekitar Gunung Anjasmoro

Ada beberapa pilihan tempat yang dapat kamu coba untuk memanjakan matamu untuk menikmati keindahan Gunung Anjasmoro yang tidak kalah bagusnya jika dibandingkan dengan mendaki Gunung Anjasmoro. Berikut ini beberapa tempat wisata maupun event wisata yang bisa Kamu temukan di Gunung Anjasmoro.

1. Pemandian Air Panas Pacet di Kabupaten Mojokerto

Pemandian Air Panas Pacet di Kabupaten Mojokerto
Pemandian Air Panas Pacet di Kabupaten Mojokerto

Pacet merupakan salah satu wilayah yang ada di Mojokerto yang terkenal karena keindahan alamnya. Akses jalan menuju Pacet begitu baik,ditambah lagi dengan pemandangan pegunungan di sepanjang jalan menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Pacet. Wilayah Pacet sejak dulu terkenal dalam hal pariwisata alam berkat pemandian air panas yang dipercaya mampu menyembuhkan beragam penyakit kulit.

Banyak wisatawan dating untuk berendam di kolam air panas. Air panas yang ada di pemandian pacet ini,merupakan sumber langsung dari pegunungann. Selain pemandian air panas, Pacet juga memiliki kolam rennag air dingin yang begitu luas. Sehingga untuk kamu yang tidak berminat untuk berendam di air panas,kamu dapat berenang di kolam air dingin.

Tiket masuk ke pemandian air panas ini sebesar 10 ribu per orang. Wana Wisata Pacet pernah tertimpa bencana banjir dan tanah longsor sehingga harus ditutup selama beberapa bulan. Untungnya, saat ini salah satu tempat wisata di Jawa Timur ini sudah berfungsi kembali.tempat wisata ini tidak pernah sepi pekunjung dari pagi hingga malam.

Baca juga: Nikmatnya Wisata Kuliner di Kopitiam Oey di Jakarta

Wisatawan yang berkunjung ke Pacet dapat melakukan berbagai kegiatan dari menikmati sumber air panas alam,menunggang kuda, mendirikan kemah di camping area dan outbond, menjelajahi hutan pinus, mengunjungi air terjun Grojogan Sewu, maupun menyalurkan hobi fotografi untuk mengabadikan gambar tempat wisata yang indah.

Selain itu,di sepanjang jalan kawasan Pacet banyak warung lesehan yang menyediakan berbagai macam makanan berat dan makanan ringan.Kawasan wisata Pacet telah dilengkapi dengan tempat penginapan, masjid, pusat jajanan rakyat dan oleh-oleh serta beragam fasilitas lain penunjang liburan. Bagi pengunjung yang lelah setelah berjalan-jalan,dapat memanfaatkan jasa pijat refleksi yang ada disana.

2. Festival Durian Wonosalam di Kabupaten Jombang

Festival Durian Wonosalam di Kabupaten Jombang
Festival Durian Wonosalam di Kabupaten Jombang

Durian Wonosalam terkenal rasanya enak dan berdaging tebal. Popularitas durian Wonosalam mengalahkan durian monthong asal Thailand. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang memanfaatkan komoditas perkebunan tersebut sebagai daya tarik kunjungan wisata berupa Festival Durian Wonosalam. Festival makan durian Wonosalam makin populer sebagai ajang promosi pariwisata Jombang.

Baca juga: Objek Wisata Taman Hutan Raya Juanda Bandung yang Istimewa (Tebing Keraton)

Setiap tahun diadakan acara membelah duren dan makan buah durian secara massal di Wonosalam. Kalender wisata ini sempat tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai kegiatan makan buah durian paling banyak. Festival Durian Wonosalam diadakan pada setiap masa panen raya durian di Lapangan Kecamatan Wonosalam. Setiap petani durian menyumbang buah durian sebagai partisipasi dalam event tahunan tersebut.

3. Pemandian Alam Selecta di Kota Batu

Pemandian Alam Selecta di Kota Batu
Pemandian Alam Selecta di Kota Batu

Jika Wana Wisata Pacet mengandalkan sumber air panas, maka hal yang sebaliknya terjadi pada Pemandian Alam Selekta. Selekta memiliki kolam renang dengan air alam yang dingin, khas alam pegunungan Kota Wisata Batu. Selekta berada pada sebuah lembah yang damai dengan dikelilingi puluhan resort indah. Pemandangan Selekta didominasi oleh bunga-bunga berwarna menyala khas pertanian bunga Batu.

Pada suatu kesempatan saya pernah melakukan piknik bersama teman-teman ke Selekta. Setiap wisatawan bisa melakukan kegiatan outbond, olahraga renang, bermain petak umpet di taman bunga, maupun menemani anak-anak bermain di playground. Tempat wisata di Batu ini telah dilengkapi musholla sehingga Kamu tidak perlu repot mencari tempat beribadah di sela-sela aktifitas berlibur.

Baca juga: Tempat Wisata Farmhouse Lembang Bandung yang Asik dan Menyenangkan

Kamu bisa bersantai di taman yang ada di selekta. Wana wisata ini juga menyediakan sepeda air dan sepeda angin. Jika bersepeda angin,kamu akan bisa menikmati keindahan taman bunga selekta dari ketinggian dengan ditemani hembusan angin yang menyejukkan.Selekta juga menyediakan food court yang menyediakan berbagai makanan.Tidak perlu khawatir ketika perut keroncongan setelah bermain.

Kamu dapat menikmati jagung bakar serut yang lezat cocok dengan suhu kota Malang yang dingin.Di sepanjang jalan Selekta kamu bisa menemui pedagang-pedagang yang menjual sayur-sayuran,buah-buahan,makanan ringan khas malang ,bahkan tanaman hias. Sangat cocok bagi kamu yang ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

4. Monumen Sumber Boto di Kabupaten Jombang

Monumen Sumber Boto di Kabupaten Jombang
Monumen Sumber Boto di Kabupaten Jombang

Sumber Boto merupakan kawasan wisata yang menggabungkan kesegaran kolam renang, monumen perjuangan rakyat, dan bumi perkemahan dalam satu tempat. Obyek wisata Sumber Boto terletak di Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang. Jika Kamu memilih berangkat dari jalur Surabaya – Nganjuk, maka pada pertigaan Mojoagung Kamu tinggal belok kiri dan 10 menit kemudian sampai di Sumber Boto.

Sebagai kawasan wisata pelestarian alam dan tempat liburan keluarga, Sumber Boto saat ini dibangun dengan dukungan program penghijauan dan perbaikan sarana pendukung wisata. Perkemahan pelajar Jombang seringkali diadakan disana dalam rangka acara sekolah.

Baca juga: Objek Wisata Orchid Forest Cikole Lembang Bandung yang Mempesona

Setiap wisatawan yang berkunjung ke Sumber Boto akan disambut oleh monumen perjuangan rakyat yang menggambarkan semangat warga Jombang mengisi kemerdekaan RI. Monumen tersebut menjadi ikon wisata kota Jombang karena berbagai kegiatan Pramuka dilaksanakan disana.

Itulah beberapa tempat wisata yang ada di sekitar Gunung Anjasmoro. Begitu banyak tempat wisata di sekitar Gunung Anjasmoro. Kamu bisa bersantai bersama keluarga di salah satu tempat yang kamu inginkan. Tidak perlu khawatir akan fasilitas, karena semua tempat wisata telah didukung oleh infrastuktur yang baik. Tempat-tempat wisata ini sangatlah cocok bagi kamu yang bosan dengan kehidupan kota yang begitu padat penduduk ,bising dan polusi. Disini kamu bisa menenangkan diri, bersantai dan menikmati kuliner yang ada sembari melihat pemandangan pegunungan di sekililing. Selamat berlibur!

Keeksotisan Dan Misteri Gunung Anjasmoro dan Sekitarnya 1