Investasi Emas

Investasi Emas – Hai everyone pembaca setia alvindayu.com. Masih bicara tentang dunia keuangan dan per-ivestasi-an nih. Hehe

Entah kenapa akhir-akhir ini saya suka banget bahas artikel tentang keuangan dan tidak sedang malas untuk menulis.

Salah satunya mungkin karena saya ingin mulai berinvestasi kali ya?

Jadi, mau tidak mau saya akan banyak mencari informasi seputar investasi apa yang akan saja pilih terutama untuk jangka panjang.

Di artikel sebelumnya saya sudah pernah bilang kalau akhir-akhir ini saya dan suami ingin sekali mulai ber-investasi.

Oleh karena itu, beberapa minggu terakhir ini saya banyak menghabiskan waktu saya untuk mencari informasi seputar keuangan terutama dalam hal investasi.

Maklum lah ya, namanya juga calon investor pemula!

Pasti deh saat bingung untuk menentukan jenis investasi untuk pemula yang cocok jalan satu-satunya adalah mencari informasi seputar investasi sebanyak-banyaknya.

Nah, sembari mencari informasi tentang investasi secara lebih deep lagi.

Saya pikir akan lebih baik lagi jika saya menuangkan hasil riset dan pengetahuan saya tentang investasi ini kepada para pembaca setia blog alvindayu.com.

Agar lebih bermanfaat dan semoga jadi ladang amal juga buat saya. Aamiin, hehe. 

Oke, jadi informasi seputar dunia keuangan terutama masalah investasi ini saya dedikasikan sepenuhnya untuk para pembaca setia blog alvindayu ini.

Terutama buat kalian yang masih pemula dalam dunia investasi dan ingin melakukan investasi tapi masih bingung.

Mari kita belajar bersama melalui artikel-artikel seputar investasi yang akan saya bagikan disini.

Baca Juga: Investasi Saham: Pengertian, Jenis Hingga Cara Investasi Saham

Seputar Investasi Emas

Seputar Investasi Emas
Seputar Investasi Emas

Sebelumnya saya kan sudah pernah jelaskan tentang jenis investasi untuk pemula tuh.

Kalian bisa baca artikel tentang jenis investasi untuk pemula terlebih dahlulu jika masih belum membacanya.

Baca Juga: Jenis Investasi untuk Pemula, No 6 Paling Aman dan Menguntungkan

Disitu saya tulis ada sekitar 8 jenis investasi untuk pemula yang wajib diketahui oleh kalian para calon investor yang masih awam dalam dunia investasi nih.

Nah jadi, rencananya dari ke-8 jenis invetasi yang sudah saya bahas di artikel jenis investasi untuk pemula itu akan saya bahas lagi secara lebih detail tentang masing-masing jenis investasinya.

Biar saya paham dan kalian juga paham gitu loh.

Well, setelah sebelumnya saya sudah bahas tentang investasi reksadana dan investasi saham.

Dimana keduanya amat sangat menarik perhatian saya karena sama-sama high return, tapi high risk juga. But it’s okay!

Ada satu lagi nih jenis investasi yang juga menarik perhatian saya yaitu investasi emas.

And ya, oleh karena itu setelah saya pelajari dan pahami jenis investasi reksadana dan investasi saham.

Saya juga tertarik untuk mempelajari investasi emas karena low risk-nya ini.

Beberapa bulan lalu, memang suami saya sudah pernah mengajak saya untuk investasi emas.

Hanya saja, saat itu saya masih belum cukup tertarik dalam hal investasi.

But, it’s not too late. Sekarang sepertinya saya mulai sadar pentingnya investasi untuk masa depan.

Oke deh, beberapa hari terakhir ini saya sudah mencari tahu banyak tentang investasi emas yang saya dapatkan dari beberapa sumber.

Hari ini saya akan share pengetahuan dan pengalaman saya di artikel ini.

Sudah siap untuk belajar dan memahami investasi emas?

Langsung saja yuk kita bahas lebih dalam lagi.

Alasan Investasi Emas Banyak Diminati

Alasan Investasi Emas Banyak Diminati
Alasan Investasi Emas Banyak Diminati

Sebelum membahas lebih jauh tentang investasi emas, saya akan bahas sedikit tentang alasan mengapa investasi emas masih banyak diminati dari dulu.

Bahkan, masih banyak loh investor yang tertarik untuk berinvestasi dalam bentuk emas.

Kira-kira kenapa ya?

Oke, jadi menurut sejarah dan bahkan kalian mungkin sudah tahu jika mata uang terdahulu pada saat jaman Rasullullah SAW adalah dinar yang merupakan kepingan emas.

Nah, dari situlah emas dianggap sebagai salah satu hal yang memiliki nilai cukup tinggi karena susah untuk didapatkan dan dijadikan sebagai mata uang.

Balik ke pertanyaan awal, kenapa emas masih banyak diminati hingga saat ini?

Ternyata jika kita hitung kembali nilai emas dari dulu hingga sekarang memiliki nilai yang sama.

Kok bisa? Maksudnya gimana sih?

jadi, dapat dikatakan bahwa nilai emas stabil dari dulu dari sekarang jadi nilai emas ini tidak terpengaruh pada fenomena inflasi dan deflasi gitu loh.

Masih belum paham?

Oke, mari kita flashback ke tahun sekitar 1979. Nah menurut laman yang dilansir oleh Suara Merdeka, 30 oktober 1979, harga 1 ekor kambing rata-rata Rp. 25.000 saat Idul Adha.

Nah, pada saat itu, harga emas adalah sekitar $12.86 per gram dengan kurs USD/IDR saat itu sekitar 1 USD = Rp. 625.

Oke jadi, kira-kira harga emas sekitar Rp. 8.037 per gram-nya.

Berarti pada saat itu, harga 1 ekor kambing adalah setara dengan 3 gram emas = Rp. 25.000.

Pada tahun 2019 tahun ini, harga kambing berada di kisaran Rp. 1,8 juta hingga Rp. 2,5 juta per ekornya.

Harga emas disaat yang sama adalah Rp. 756.000. Itu berarti harga kambing tahun 2019 ini adalah senilai dengan 3 gram emas juga.

See, harga kambing pada tahun 1979 sama dengan harga rata-rata kambing yang dijual pada tahun 2019 saat ini.

Inilah yang membuktikan bahwa nilai emas tidak terpengaruh oleh adanya fenomena politik, inflasi ataupun deflasi.

Emas akan terus naik di setiap tahunnya. Ya, walaupun tidak signifikan.

Tapi, ini pas banget untuk dijadikan pilihan investasi untuk pemula. Masih ragu untuk investasi emas?

Apa Itu Investasi Emas?

Apa Itu Investasi Emas
Apa Itu Investasi Emas

Oke sekarang mari kita bahas lebih dalam tentang investasi emas.

Well, siapa sih yang tidak tahu emas? Bahkan mungkin beberapa dari kalian saat ini sedang memakainya.

Ya, perhiasan yang kalian pakai adalah salah satu bentuk emas yang sudah diolah menjadi berbagai macam bentuk seperti kalung, gelang, cincin dan lainnya.

Walaupun memang tidak dibuat dengan 100% emas murni.

Jadi, apa itu investasi emas? Apakah membeli perhiasan emas juga termasuk ke dalam investasi?

Mari kita temukan jawabannya bersama!

Yes, sesuai dengan namanya investasi emas adalah investasi yang dilakukan dalam bentuk emas yang diharapkan dapat memberikan keuntungan ekonomi di masa depan, terutama untuk investasi jangka panjang.

Emas adalah salah satu logam mulia. Sebenarnya ada banyak sekali logam mulia, namun sejauh ini yang paling tinggi nilainya adalah emas.

Oleh karena itu, banyak orang yang tertarik untuk investasi emas dibandingkan dengan logam mulia yang lainnya.

Kenapa saya tertarik untuk investasi emas?

Semua orang yang paham investasi bahkan yang tidak paham investasi, saya rasa sudah pasti sudah tahu jawabannya.

Ya, karena emas memiliki sifat safe-haven.

Apa itu safe-haven?

Jadi, sebenarnya safe haven ini hanyalah suatu istilah saja untuk mencerminkan sifat emas yang memiliki nilai atua harga yang cendurung stabil setiap tahunnya.

Oleh karena itu, emas dianggap sebagai investasi yang aman karena low risk.

Bahkan nih, menurut laman yang dilansir oleh benzinga.com, ditengah gentingnya keadaan politik dan semakin tingginya tingkat inflasipun harga emas tetap cenderung stabil dan bahkan bisa lebih tinggi lagi harganya.

Keren nggak tuh?

Apakah Membeli Perhiasan Emas Termasuk Investasi?

Apakah Membeli Perhiasan Emas Termasuk Investasi
Apakah Membeli Perhiasan Emas Termasuk Investasi

Ini mungkin pertanyaan yang paling sering terbesit di benak kalian yang ingin mulai investasi emas.

Karena selain bisa dikenakan sehari-hari, investasi emas dalam bentuk perhiasan juga tidak membutuhkan biaya untuk menyewa safe deposit box.

Oke, setelah saya riset ternyata membeli perhiasan emas tidak termasuk ke dalam investasi.

Mengapa?

Sesuai dengan yang dilansir oleh laman bbc.com, dapat saya simpulkan bahwa ada beberapa hal yang membuat keputusan membeli perhiasan emas tidak termasuk dalam kategori investasi yakni sebagai berikut.

  1. Harga jual perhiasan emas biasanya akan lebih rendah dari pada harga belinya di setiap tahun.
  2. Ada penyusutan bobot atau kualitas kadar karat pada emas di suatu perhiasan yang sering digunakan.
  3. Tidak memiliki sertifikat keaslian emas, dengan begitu kalian tidak akan tahu kira-kira berapa sebenarnya nilai karat pada emas tersebut. Ingat perhiasan emas diolah bukan dengan menggunakan emas murni akan tetapi campuran dari logam mulia lainnya!
  4. Perhiasan emas memiliki mark up nilai. Jadi, pas beli perhiasan emas sebenarnya kamu tidak membeli emas berdasarkan berat dan kadar karatnya saja akan tetapi juga membayar lebih untuk biaya lainnya.

Nah, sekarang sudah tahu kan mengapa investasi perhiasan emas dirasa kurang pas jika dikatakan sebagai investasi?

Lalu, kira-kira jenis investasi emas apa ya yang menguntungkan?

Bentuk Investasi Emas

Sebelum membahas lebih jauh tentang jenis investasi emas. Seperti kalian harus tahu terlebih dahulu bentuk investasi emas itu sendiri.

Jadi, ada beberapa bentuk investasi emas yang ada hingga saat ini. Antara lain adalah:

1. Investasi Emas Fisik (Real Assets)

Investasi Emas Fisik (Real Assets)
Investasi Emas Fisik (Real Assets)

Sesuai dengan namanya, bentuk investasi emas fisik adalah bentuk investasi yang secara langsung memiliki emas yang berwujud yang dapat kalian pegang.

Jadi, menurut goldpriceoz, ada beberapa jenis investasi emas fisik misalnya seperti investasi emas batangan, koin emas (dinar atau emas kuno) dan perhiasan emas.

Tapi, mending kita coret saja kali ya yang perhiasan emas karena menurut saya ini tidak pas untuk dikatakan sebagai investasi.

2. Investasi Emas dalam Bentuk Surat/Sertifikat (Paper Assets)

Investasi Emas dalam Bentuk Surat
Investasi Emas dalam Bentuk Surat

Nah, berbeda dengan investasi emas dalam bentuk real asset.

Paper Asset ini adalah bentuk investasi emas yang tidak memiliki bentuk fisik dan hanya ada disebuah kertas saja.

Contohnya seperti sertifikat, trading emas, reksa dana emas atau bahkan yang juga hype sekarang adalah tabungan emas.

Jenis-jenis Investasi Emas

Oke, setelah tahu bentuk investasi emas.

Sekarang mari kita bahas tentang jenis investasi emas satu per satu.

Jadi, ada beberapa jenis investasi emas yang dapat kalian pilih dan putuskan ingin berinvestasi dimana.

Ini dia jenis-jenis investasi emas yang dapat kalian pilih dan sudah pasti jauh lebih menguntungkan dibandingkan investasi emas perhiasan.

1. Emas Batangan (Gold Bullion)

Emas Batangan (Gold Bullion)
Emas Batangan (Gold Bullion)

Jenis investasi emas yang pertama adalah gold bullion atau emas batangan.

Jenis investasi emas batangan adalah salah satu jenis investasi yang paling banyak dijadikan pilihan oleh para investor yang ingin investasi emas.

Dibandingkan dengan emas koin atau perhiasan, emas batangan adalah bentuk investasi emas fisik yang paling banyak disukai oleh para investor.

Why? 

Jawabannya adalah karena sudah pasti emas batangan memiliki biaya yang lebih rendah dan tingkat likuiditasnya juga tinggi. Walaupun masih lebih tinggi koin emas.

Jadi, emas batangan ini akan amat sangat mudah dicairkan dalam bentuk dana tunai jika kalian butuh uang cepat.

Namun walaupun begitu, investasi emas batangan ini memiliki kekurangan dan kelebihan.

Apa kelebihan dan kekurangan investasi emas batangan. Oke jadi,

Keuntungan investasi emas batangan: yaitu sebagai investor kalian memiliki kepemilikan secara langsung dan dapat menjaga nilainya juga secara langsung. Sedangkan,

Kekurangan investasi emas batangan: yaitu emas fisik yang disimpan secara pribadi memiliki tingkat likuiditas yang rendah, biaya-biaya lainnya juga sangat tinggi seperti biaya pengiriman dan pemrosesan.

Selain itu, mana mungkin kalian akan menyimpan emas batangan secara fisik yang kalian miliki dirumah kan?

Tentu saja semakin banyak emas batangan yang kalian miliki dan simpan sendiri akan semakin ribet kalian menjaganya dari berbagai macam risiko. Seperti kemalingan misalnya.

Tidak hanya itu, emas batangan juga memiliki berat per batang itu sekitar 1 Kg.

Tentu saja untuk menjual 1 emas batangan saja kalian akan membutuhkan waktu lama karena harganya yang cukup mahal.

Tidak mungkin kan kalian bisa membelah sedikit atau memotongnya menjadi beberapa bagian?

2. Investasi Koin Emas

Investasi Koin Emas
Investasi Koin Emas

Oke, lanjut ke jenis investasi emas fisik berikutnya yakni dalam bentuk koin emas.

Nah, koin emas ini memiliki tingkat likuidatas yang lebih tinggi daripada emas batangan karena sifatnya yang gampang untuk dijual kembali.

Berat dan bobotnya yang cenderung kecil, membuat orang akan mudah untuk membelinya dan tidak berpikir dua kali karena harganya yang pastinya lebih murah.

Nah, buat kamu yang masih memiliki modal investasi yang pas-pasan bisa banget nih beli mas dalam bentuk koin ini.

Anggap saja beli mas secara ecer! Hehe, yang penting rutin nambah investasi emas terus menerus nanti juga akan sama dengan 1 emas batangan.

Untuk jenisnya nih, ada 2 jenis koin emas yaitu koin emas kuno dan koin emas dinar.

Apa bedanya?

Jadi, bedanya itu koin emas kuno adalah koin emas yang memiliki nilai yang tinggi karena bersejarah. Selain dijadikan sebagai investasi biasanya juga digunakan untuk koleksi.

Sedangkan koin emas dinar adalah koin emas yang dibuat oleh PT Antam dan disertifikasi oleh LBMA di Indonesia.

Menurut Investopedia ada beberapa keuntungan yang akan kalian dapatkan ketika memutuskan untuk investasi emas dalam bentuk koin emas yaitu:

  • Harganya yang murah dan pada umumnya banyak terpublikasi di pasar keuangan global.
  • Koin emas dibuat dan dicetak dalam ukuran yang kecil (sekitar 1 ons kurang), dengan begitu akan sangat mudah bagi kalian beli untuk investasi.
  • Sudah ada banyak orang yang menyediakan platform investasi emas dalam bentuk koin di berbagai kota bahkan secara online.

Walaupun terdapat 2 jenis emas dalam bentuk koin.

Saran saya akan lebih baik jika kalian investasi pada emas yang dijual secara luas saja misalnya seperti emas dinar atau emas antam.

jangan investasi emas kuno agar tidak sulit untuk dijual karena memilik nilai yang cukup tinggi.

Eits, tapi jangan buru-buru investasi emas fisik dulu.

Karena sebagai bentuk investasi emas fisik, emas batangan dan juga koin emas menurut saya tidak cukup efektif untuk dijadikan produk investasi.

Mengapa?

Karena masalah utama pada emas fisik adalah pada biaya penyimpanan dan asuransi.

Tentu saja kalian akan memerlukan biaya tambahan dalam hal ini.

Selain itu, investasi emas secara fisik juga memiliki risikko pada setiap perubahana harga emas yang terjadi jika dimiliki sendiri.

Harga tentu saja akan berbeda bahkan lebih murah dibandingkan dengan emas yang sudah disertifikasi oleh suatu lembaga.

Masih belum paham maksudnya? Lanjut ke bahasan jenis investasi emas berikutnya deh biar paham.

3. Reksadana Emas

Reksadana Emas
Reksadana Emas

Nah, untuk menghindari masalah investasi emas fisik seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

Sebagai alternatif kalian bisa pilih jenis investasi emas dalam bentuk reksadana nih.

Bagaimana sih cara kerja reksadana emas?

Oke, jadi jika kalian memutuskan untuk investasi di reksadana emas maka secara tidak langsung modal kalian akan ditanamkan pada perdagangan emas secara fisik sekaligus transaksi atas saham perusahaan emas.

Nah, dengan begitu jenis investasi reksadana ini tentu saja lebih menguntungkan karena kalian sebagai pemilik tidak harus menyimpan emas dalam bentuk fisik.

Bahkan nih, untuk mencoba bermain di reksadana saham juga amat sangat mudah saat ini.

Karena investasi reksadana sudah dapat dilakukan secara online baik melalui platform aplikasi, website hingga marketplace juga loh.

Eh tapi, menurut investopedia kebanyakan reksadana yang ada pada saat ini tidak hanya berfokus pada emas saja ya.

Sebagian reksadana yang ada pada saat ini adalah reksadana yang juga memiliki komoditas lain selain emas.

Sejauh ini saya juga masih belum menemukan nih reksadana yang memang hanya fokus pada emas saja.

Buat kalian yang tahu bahwa ada reksadana emas di Indonesia yang bisa diikuti. Share di kolom komentar ya!

Baca Juga: Mengenal Investasi Reksadana, Jenis Produk dan Cara Investasi di Reksadana

4. ETF/Trading Emas

ETF Trading Emas
ETF Trading Emas

Selain reksadana emas, kalian juga bisa nih pilih ETF emas. Cara kerjanya sih hampir sama dengan investasi di reksa dana emas.

Investasi emas di ETF, ini juga hampir sama dengan pada saat kita jual beli saham yang diperdagangkan di bursa efek.

5. Sertifikat Emas

Sertifikat Emas
Sertifikat Emas

Jenis investasi emas yang tergolong dalam bentuk paper asset berikutnya adalah sertfikat emas.

Apa itu sertifikasi emas?

Jadi, sertifikat emas adalah suatu bukti kepemilikan emas yang tersimpan dalam suatu bank.

Dengan memutuskan untuk investasi pada sertifikat emas maka secara otomatis kalian juga akan mengurangi resiko emas hilang akibat pencurian, perampokan atau penjambretan.

Selain itu, investasi sertifikat emas juga akan mengurangi biaya.

Kalian tidak perlu khawatir dan mengeluarkan biaya tambahan untuk penyimpanan emas. Mudah dan gampang banget deh pokoknya tidak ribet!

Keuntungan Investasi Emas Dibandingkan Jenis Investasi Lainnya

Keuntungan Investasi Emas Dibandingkan Jenis Investasi Lainnya
Keuntungan Investasi Emas Dibandingkan Jenis Investasi Lainnya

Oke, setelah kita tahu apa itu investasi emas, bentuk dan jenis investasi emas. Pertanyaan yang juga sering muncul untuk dijadikan pertimbangan dalam berinvestasi emas adalah apa sih keuntungan investasi emas?

Apa keuntungan investasi emas dibandingkan jenis investasi lainnya?

So, mari kita bahas bersama keuntungan investasi emas.

1. Aman atau Low Risk

Emas adalah jenis investasi yang low risk jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya.

Kok bisa?

Karena emas memiliki sifat safe-haven bahkan nih pada saat kondisi politik tidak stabil atau bahkan krisis ekonomi dan inflasi dimana-mana.

Kalian masih bisa loh menjadikan emas ini sebagai nilai tukar.

Sebab nilainya tidak terpengaruh pada fenomena kondisi politik, krisis ataupun inflasi.

Bahkan saat inflasi nilai atau harga emas akan semakin naik. Jadi sudah pasti aman dan kalian tidak perlu khawatir menghadapi kondisi buruk yang terjadi.

Selain itu, emas dikatakan sebagai investasi yang aman juga disebabkan karena pergerakan nilai emas yang statis cenderung naik.

Tentu hal ini akan sangat berbeda dengan jenis investasi lainnya seperti saham atau obligasi yang memiliki pergerakan cukup dinamis bahkan drastis dari waktu ke waktu.

2. Tidak Perlu Modal Besar untuk Mulai Investasi Emas

Oke, keuntungan selanjutnya adalah tidak perlu modal besar untuk bisa mulai investasi emas.

Ini nih yang biasanya banyak dicari oleh para calon investor pemula.

Ya, jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya, investasi emas tidak perlu modal besar untuk memulainya.

Kalian bisa mulai investasi emas mulai dari 1 gram dengan harga sekitar Rp. 756.000 sekarang.

3. Mudah Dicairkan dalam Bentuk Tunai

Berikutnya, investasi emas amat sangat mudah dicairkan dalam bentuk tunai karena memang sifatnya yang likuid.

Ini tentu menguntungkan jika kalian butuh uang tunai cepat.

Permintaan emas selalu saja meningkat dan membuat harga jualnya selalu mengalami peningkatan.

Kalian bisa langsung jual emas yang kalian miliki saat butuh uang.

Jadi, dapatkan dikatakan emas ini bisa nih dijadikan dana darurat kalian saat ada kebutuhan mendesak.

4. Dapat Dijadikan Jaminan

Tidak hanya dapat dijual saja loh, kalian juga bisa menjadikan emas sebagai jaminan saat akan pinjam uang atau yang lainnya.

Di mata lembaga keuangan, emas memiliki nilai yang cukup tinggi sehingga bisa jadi limit kredit kalian juga bisa tinggi.

Menarik sekali bukan?

Baca Juga: 20 Daftar Aplikasi Pinjaman Online 24 Jam Langsung Cair Terdaftar OJK

Cara Investasi Emas untuk Pemula

Oke, setelah mengetahui keuntungan investasi emas pasti kalian bertanya-tanya kan.

Bagaimana cara investasi emas untuk pemula? Dimana nih kita bisa investasi emas.

Nah, seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi khususnya dalam bidang fintech.

Saat ini kalian bisa banget loh investasi emas online maupun offline.

Dimana dan gimana cara investasi emas online atau offline? Langsung saja mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Cara Investasi Emas di Gedung Pusat Antam

Cara Investasi Emas di Gedung Pusat Antam
Cara Investasi Emas di Gedung Pusat Antam

Cara investasi emas yang pertama, kalian bisa langsung nih datangi tempat investasi emas di Gedung pusat Antam.

Jika kalian membeli emas secara langsung di gedung pusat antam, sudah pasti kalian akan lebih nyaman untuk melakukan transaksi.

Karena ditangani langsung oleh yang membuatnya.

Tak hanya itu, di gedung pusat Antam ini kalian juga bisa loh membeli emas tanpa batas.

So, buat kalian yang memang sudah berniat untuk menginvestasikan uang kalian yang cukup banyak pada investasi emas.

Kalian bisa banget langsung datang ke gedung pusat Antam, dengan begitu kalian tidak perlu menunggu antrian yang panjang juga.

Untuk bisa investasi emas secara langsung ke gedung pusat Antam, kalian bisa langsung datang ke jalan Simatupang, Jakarta.

Wah, lumayan jauh juga ya? Hehe

2. Cara Investasi Emas di Unit Bisnis Antam

Cara Investasi Emas di Unit Bisnis Antam
Cara Investasi Emas di Unit Bisnis Antam

Tempat investasi emas berikutnya adalah unit bisnis Antam.

Jadi, dapat dikatakan ini adalah cabang dari pusat Antam gitu loh.

Aneka Tambang adalah unit bisnis Antam yang berada di Pulogadung, Jakarta Timur.

Jadi, untuk membeli emas batangan kalian bisa datang ke lokasi unit bisnis Antam tersebut nih.

Bagaimana dengan harganya?

Tentu saja sama dengan harga emas di gedung pusat Antam.

Harga emas di unit bisnis Antam ini memiiki harga yang lebih murah karena kalian membeli emas langsung dari produsennya gitu.

Tidak hanya itu, biasanya jika kalian membawa NPWP saat membeli emas di unit bisnis Antam.

Harga emas disini juga sudah termasuk PPh 22, tak hanya itu saat kalian membawa NPWP untuk beli emas disini kalian juga akan mendapatkan potongan pajak yang lebih rendah sebesar 0.45% loh.

Tentu ini sangat menguntungkan sekali terutama buat kalian yang ingin investasi emas dalam bentuk fisik dan dalam jumlah banyak.

Eits, tapi buat kalian yang berniat untuk membeli emas disini.

Siap-siap deh dengan antrian yang super duper panjangnya karena pembeli biasanya hanya akan dibatasi sebanyak 150 orang.

Tidak hanya, sistem pemeriksaannya juga amat sangat ketat.

Tapi jangan khawatir, saat ini unit bisnis Antam juga menyediakan sistem pembelian delivery order loh.

Jadi, kalian tidak perlu repot datang ke kantornya karena emas akan diantar.

Tapi ya, tentu saja kalian akan dikenakan biaya tamabahan yaitu biaya antar ketika menggunakan layanan ini.

Buat kalian yang tidak ingin mengantri dan jauh-jauh pergi ke kantornya. Kalian bisa langsung nih kunjungi situs resmi Antam antam.com atau menghubungi contact centernya.

3. Cara Investasi Emas di Toko Emas

Cara Investasi Emas di Toko Emas
Cara Investasi Emas di Toko Emas

Eh, tahu tidak kalian juga bisa loh investasi emas dengan cara langsung membelinya di toko emas.

Ya, ada beberapa toko emas yang juga menyediakan emas murni untuk keperluan investasi bukan hanya perhiasan emas saja.

Tapi, kok menurut saya ini sedikit mengkhwatirkan ya. Kalian harus super duper hati-hati saat ingin membeli emas di toko emas agar tidak tertipu.

Akan lebih baik jika kalian juga memperhatikan sertifikatnya juga ya saat akan membeli emas murni di toko emas agar aman.

4. Cara Investasi Emas di Bank

Cara Investasi Emas di Bank
Cara Investasi Emas di Bank

Bank adalah tempat investasi emas pertama yang bisa kalian jadikan pilihan.

Ada banyak pilihan bank di Indoneissia untuk investasi emas, seperti bank mandiri, BCA, BRI dan lainnya.

Bahkan nih, saat ini juga ada banyak bank syari’ah yang menawarkan investasi emas loh.

Tentu saja ini bisa kalian jadikan pilihan terbaik untuk investasi emas di Bank.

Pasalnya syarat dan cara investasi emas di bank syari’ah lebih mudah dan ringan.

Kok bisa?

Hal ini karena kalian bisa lakukan pembelian emas dengan cicilan setiap bulannya.

Selain bisa dilakukan secara offline dengan langsung datang ke kantor pusat atau kantor cabang bank.

Kalian juga bisa nih investasi emas secara online dengan cara mendaftarkan diri kalian.

Walaupun tidak sepenuhnya online sih karena kalian juga masih harus pergi ke bank tersebut untuk melanjutkan proses investasi emas hingga selesai.

5. Cara Investasi Emas di Pegadaian

Cara Investasi Emas di Pegadaian
Cara Investasi Emas di Pegadaian

Selain di bank, saat ini pegadaian juga menawarkan jasa layanan tabungan emas loh buat kalian yang ingin mulai investasi emas.

Nah, di pegadaian ini kalian bisa beli emas batangan murni langsung secara tunai atau secara cicilan.

Kalian bisa pilih dan sesuaikan sendiri dengan kondisi keuangan kalian.

Buat kalian yang masih belum memiliki modal untuk investasi emas, kalian bisa pilih sistem cicilan.

Atau buat kalian yang sudah memiliki modal yang cukup untuk investasi emas, kalian bisa langsung membelinya secara tunai.

Berapa dana untuk membuka tabungan emas pegadaian?

Tak perlu khawatir masalah dana buka rekening tabungan emas pegadaian, karena dana yang kalian perlukan amat sangat terjangkau.

Hanya dengan Rp. 7.000 saja kalian sudah bisa buka rekening tabungan emas pegadaian.

Wah, murah sekali ya?

Bahkan nih, investasi emas di pegadaian juga semakin mudah saat ini karena kalian bisa lakukan secara online.

Sudah ada aplikasi pegadaian untuk investasi emas di play store atau App Store.

Dengan begitu tentu akan semakin mudah untuk kalian yang ingin investasi emas secara online.

6. Cara Investasi Emas Online

Cara Investasi Emas Online Buka Emas Tokopedia dan Bukalapak
Cara Investasi Emas Online Buka Emas Tokopedia dan Bukalapak

Buat kalian khususnya kaum milenial yang ingin investasi emas tapi tidak mau ribet dan gampang, jangan khawatir.

Kalian bisa nih coba lakukan cara investasi emas online.

Saat ini sudah ada banyak aplikasi investasi emas online yang terpercaya, bahkan selain pegadaian, ternyata PT Antam juga memiliki sistem investasi emas online loh.

Walaupun kalian masih perlu pergi ke kantor pusat Antam untuk melakukan verifikasi.

Mau yang tidak ribet dan praktis?

Kalian juga bisa nih coba investasi emas online di beberapa marketplace yang saat ini juga menyediakan fitur layanan investasi emas.

Apa saja marketplace yang dapat kalian pilih?

Jawabannya adalah tokopedia dan bukalapak.

Ya, kedua marketplace ini sekarang juga sudah menyediakan fitur investasi emas online mudah, cepat dan tidak ribet.

Kalian bisa banget nih coba gunakan aplikasi marketplace ini untuk melakukan investasi emas.

Untuk saat ini saya memang masih belum mencoba fitur tabungan emas tokopedia atau buka emas dari bukalapak.

Soon ya, InsyaAllah saya juga akan share pengalaman saya untuk menjawab pertanyaan cara investasi emas di Tokopedia ataupun cara investasi emas di bukalapak.

Stay tune aja terus di blog alvindayu. InsyaAllah informasi yang akan saya bagikan disini bermanfaat untuk kalian semua.

Oke, mungkin itu saja informasi tentang investasi emas yang dapat saya sampaikan.

Baca Juga: Tips Investasi Pemula Modal Kecil, Milenial Wajib Tahu!

Nanti, jika ada update-an tentang investasi emas pasti akan saya bagikan disini. Jadi, klik berlangganam artikel alvindayu.com ya biar tidak ketinggalan. Thankyou!

255K
SHARES
2.4M
VIEWS

Sosok wanita periang, dengan ketawa lepas, suka makan coklat sembari menulis. Suka makan tapi sulit gemuk! follow sosial media saya ya, biar kita lebih akrab lagi :D