Ide Usaha Bisnis Tanpa Modal untuk Mahasiswa

Ingin Uang Jajan Tambahan? Ini Dia Ide Usaha Bisnis Tanpa Modal untuk Mahasiswa, Cobain Yuk!

Ide usaha bisnis tanpa modal untuk mahasiswa, mungkin hal inilah yang sempat terbesit di pikiran para mahasiswa yang sedang mengemban ilmu untuk meraih cita-cita. Ya, menjadi seorang mahasiswa menunjukkan bahwa kita semua sudah mulai beranjak dewasa, bahkan sudah cukup untuk bisa hidup mandiri. Kalaupun tidak sepenuhnya hidup mandiri pastinya kita ingin sekali membantu orang tua untuk meringankan biaya untuk kita.

Menjadi seorang mahasiswa, akan membuat kita menjadi lebih dewasa dan sudah seharusnya kita bisa membantu dan hidup mandiri. Hal ini tentunya juga akan menjadi pembelajaran bagi kita untuk bisa menghadapi kehidupan yang lebih keras di masa depan nantinya.

Nah, siapa nih yang juga memiliki pikiran yang seperti ini? buat kalian yang juga memiliki pemikiran bahwa setelah menjadi mahasiswa sudah seharusnya mulai belajar mandiri dan membantu ekonomi keluarga. Saya acungin 4 jempol karena memang sudah seharusnya seorang mahasiswa memiliki pikiran yang cukup dewasa seperti itu.

The problem is… terkadang kita memang selalu memiliki keinginan yang seperti itu, kita ingin hidup mandiri, kita ingin membantu meringankan beban orang tua, kita ingin membayar biaya kuliah sendiri. Namun, kita sendiri bingung ide usaha bisnis untuk mahasiswa apa yang cocok untuk kita. Bahkan, tidak sedikit orang yang hanya memiliki ide-ide dalam pikiran tanpa direalisasikan. Dan pada akhirnya ide-ide tersebut tergerus dengan keadaan dan hanyut dalam angan. Jangan sampai ini terjadi ya teman-teman.

Bagi kalian yang bingung kira-kira ide usaha bisnis apa yang cocok untuk mahasiswa dan bahkan ide usaha bisnis tanpa modal untuk mahasiswa apa yang cocok. Yuk, kita simak aja beberapa ide usaha bisnis tanpa modal yang cocok untuk mahasiswa berikut ini.

Alasan Mengapa Mahasiswa Harus Memulai Bisnis

Alasan Mengapa Mahasiswa Harus Memulai Bisnis

Sebelum membahas mengenai beberapa ide usaha bisnis untuk mahasiswa tanpa modal, berikut akan saya jelaskan beberapa alasan mengapa seorang mahasiswa harus memulai bisnis. Langsung saja yuk simak alasannya berikut ini.

  • Membantu Finansial Orang Tua

Menurut saya, satu alasan yang sangat dasar mengapa mahasiswa harus mulai berbisnis ketika di bangku kuliah yang pertama adalah untuk membantu finansial orang tua. Ya, membantu finansial orang tua yang dimaksud tidak melulu tentang membayar biaya kuliah.

Namun, setidaknya kita bisa mencukupi biaya kita sendiri selama kuliah misalnya seperti beli paketan internet, hang out bersama teman-teman, membeli apapun yang kita inginkan dan kita butuhkan selama kuliah dan lain sebagainya. Percaya atau tidak dapat memenuhi kebutuhan kita sendiri dengan uang hasil keringat kita sendiri pastinya akan berbeda. Tidak hanya itu, secara otomatis ini juga bisa meningkatkan tingkat percaya diri kita sendiri loh. Cobain aja!

  • Memiliki Uang Jajan Tambahan

Siapa yang tidak mau memiliki uang jajan tambahan? Ya, saya yakin semua mahasiswa di seluruh dunia pasti ingin memiliki yang jajan tambahan. Coba deh bayangkan kita bisa memiliki uang jajan tambahan bahkan bisa membantu finansial orang tua untuk meringankan beban orang tua untuk kita kuliah pastinya bakal feel proud of your self banget.

Ya, mengharap income semata-mata dari orang tua pada usia 20 tahun ke atas bukan lagi pilihan yang bijak bagi mahasiswa. Jadi, sudah saatnya kalian mulai mencari uang jajan tambahan sendiri. Selain dapat meringankan beban orang tua, mendapatkan penghasilan sendiri sudah pasti rasanya akan lebih memuaskan bukan?

  • Mampu Mengasah Kemampuan Bisnis Saat Santai

Pada saat kuliah merupakan waktu yang tepat untuk membangun dan memulai bisnis. Mengapa demikian? Yang sudah kuliah pasti tahu jawabannya. Ya, pada saat kuliah kita akan memiliki banyak waktu yang cukup santai jika dibandingkan ketika kita sekolah SMP SMA. Jadi, kita harus bijak dalam mengisi waktu luang selama kuliah ini.

Nah, ini bisa menjadi waktu terbaik untuk memulai belajar berbisnis. Jadi, selain kalian dapat mengisi waktu dengan belajar, kalian juga bisa menggunakannya untuk lebih mengasah kemampuan bisnismu. So, pastikan kalian membuat masa menjadi mahasiswa kalian lebih produktif ya. Caranya? Ya, dengan mulai belajar berbisnis. Mulai belajar berbisnis dapat kalian  awali dengan apa yang kalian senangi.

  • Masih Memiliki Kesempatan yang Banyak untuk Berbenah Ketika Gagal

Kegagalan bagai bumbu ketika berbisnis. Jadi, pada saat kalian memulai berbisnis jangan kaget atau menyerah ketika mengalami kegagalan. Kegagalan dalam berbisnis merupakan hal yang wajar. Kegagalan akan mengiringi usaha bisnis yang kita lakukan.

Nah, ketika kalian sudah terbiasa berbisnis sejak kuliah dan menjadi seorang mahasiswa otomatis kalian akan memiliki banyak kesempatan untuk memperbaiki kekurangan yang ada pada bisnis yang sedang dijalankan.

  • Tanggung Jawab Masih Ringan

Seorang mahasiswa masih memiliki tangggung jawab yang ringan. Beban mahasiswa pastinya semata-mata hanya sebatas kuliah dan belajar. Jadi, masa ini merupakan masa yang tepat membangun bisnis. Coba saja bandingkan dengan mereka yang sudah berkeluarga ketika membangun bisnis. Pasti beban yang ditanggung akan semakin berat. Jadi, pikirkan dari sekarang ya dan bijaklah mengambil keputusan berbisnis.

  • Melatih Kemandirian Finansial

Pada saat kalian belajar memulai bisnis pada saat kuliah tentunya untuk kedepannya kalian akan mulai terbiasa bertanggung jawab pada pengelolaan bisnis dan keuangan kalian sendiri. Ini merupakan langkah yang sangat baik untuk kemandirian finansialmu. Kalian tidak perlu terlalu kaget menghadapi situasi yang lebih rumit.

  • Lulus, Kerja, Bisnis Pun Jalan

Siapa yang tidak ingin hidup seperti ini, lulus, kerja dan bisnis pun jalan. Pada saat kalian memutuskan untuk mulai berbisnis ketika menjad seorang mahasiswa secara otomatis bisnismu perlahan akan mulai stabil ketika sudah sering mengalami kegagalan dan memperbaiki kekurangan sistem yang ada.

Jadi, sudah tahu kan apa saja alasan mengapa mahasiswa perlu membangun bisnis. Akan banyak keuntungan yang akan kalian dapatkan. Jadi, jangan sia-sia kan golden moment ini untuk memulai bisnis.

Ide Usaha Bisnis Tanpa Modal untuk Mahasiswa

Setelah masalah keraguan ketika akan mulai membangun sebuah bisnis, masalah kedua yang mungkin juga akan hadir dalam pikiran ketika akan memulai bisnis adalah ide usaha bisnis untuk mahasiswa apa yang tepat atau bahkan tanpa modal.

Ya, menentukan sebuah ide bisnis untuk mahasiswa tidaklah sembarangan karena sebagai mahasiswa pastinya kita harus bisa me-manage waktu dengan sangat baik. Karena tugas kita sebagai mahasiswa yang berbisnis ada dua yakni belajar dan menjadi seorang pebisnis.

Problem terbesar ketika menjadi seorang mahasiswa sekaligus pebisnis adalah masalah management waktu. Oleh karena itu, pastikan kita bijak dalam memilih ide bisnis untuk mahasiswa apa yang cocok dan sesuai dengan kondisi kita.

Tidak hanya masalah waktu. Big problem yang kedua ketika akan membangun sebuah bisnis untuk mahasiswa adalah berkaitan dengan modal. Ya, modal terkadang menjadi kendala ketika akan memulai bisnis. Tidak hanya untuk mahasiswa, modal juga sering kali menjadi masalah utama oleh siapa saja yang ingin membangun sebuah bisnis.

Oleh karena itu, berikut akan saya jelaskan beberapa ide usaha bisnis tanpa modal untuk mahasiswa yang tepat. Apa saja ide bisnisnya? Yuk, langsung simak aja.

  • Bisnis Online untuk Mahasiswa Menjadi Penulis Artikel Freelance

Bisnis Online untuk Mahasiswa Menjadi Penulis Artikel Freelance

Mengapa saya merekomendasikan ide bisnis online untuk mahasiswa ini di urutan pertama? Ya, karena menjadi penulis artikel online freelance meruapakan ide bisnis yang tepat untuk mahasiswa. Mengapa demikian? Alasan pertama, menjadi penulis artikel freelance dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Tentunya ini sangat fleksibel bagi kalian seorang mahasiswa yang menginginkan penghasilan tambahan.

Alasan kedua, mengapa harus menjadi penulis artikel freelance? Karena ide bisnis yang satu ini dapat kita lakukan tanpa modal bahkan nol modal. Kalian hanya membutuhkan modal laptop dan jaringan internet untuk bisa menjalankan bisnisnya. Dan pastinya mahasiswa sudah pasti memiliki laptop dan jaringan internet bukan? Jadi, langsung saja deh kalian bisa coba ide bisnis tanpa modal untuk mahasiswa yang satu ini!

  • Bisnis Online Shop untuk Mahasiswa

Ide bisnis untuk mahasiswa yang kedua adalah bisnis online shop. Ya, kalian bisa menjual apa saja di online shop milik kalian. Walaupun ide bisnis usaha untuk mahasiswa yang satu ini cukup mainstream. Tidak masalah, kalian bisa saja mencobanya. Saran saya sih, pastikan kalian memilih produk online shop yang kalian senangi misal produk fashion bagi kalian yang berhijab bisa nih coba peluang usaha bisnis hijab online bagi mahasiswa.

Untuk promosinya kalian bisa memanfaatkan media sosial milik kalian sendiri misalnya seperti instagram, facebook, whatsapp, marketplace dan lain sebagainya. Atau jika memungkinkan kalian juga bisa membuat website toko online sendiri agar lebih terlihat professional.

Bisnis Online Shop untuk Mahasiswa

Buat kalian yang memiliki hobby make-up, kalian juga bisa buka online shop skincare atau kosmetik lainnya. Nah, untuk masalah modal kalian bisa menjadi reseller dengan modal kecil. Atau kalian juga bisa menjadi seorang dropshipper sehingga bisnis online shop tanpa modal dapat kalian jalankan sebagai seorang mahasiswa yang minim budget.

Hal terpenting yang harus kalian ingat ketika akan memulai bisnis apa saja adalah pastikan kalian memulai bisnis dari apa yang kalian senangi atau jadikan hobby. Pastinya bisnis menjadi menyenangkan dan tidak akan membosankan!

  • Bisnis Pulsa Elektrik dan Paket Internet

Pada saat ini pulsa dan paket internet sudah menjadi kebutuhan utama semua orang. Bahkan pada saat ini banyak orang yang tidak bisa hidup tanpa paket internet. Iya kan? Termasuk kalian juga kan?

Nah, peluang ini bisa kalian jadikan peluang bisnis untuk mahasiswa yang tepat. Kalian bisa menjalankan bisnis ini tanpa modal yang cukup besar. Jadi, dengan modal yang kecil dan prospeknya yang cukup menjanjikan pada saat ini kalian bisa menjadikan ini awal bisnis yang cukup baik.

Nah, selanjutnya kalian perlu memikirkan masalah target market misalnya seperti teman-teman kampus dan lain sebagainya. Semuanya tergantung pada bagaimana cara kalian memasarkannya kepada mereka.

Keuntungan dalam berjualan pulsa dan paket internet ini memang cukup kecil yakni hanya sekitar Rp. 1.000 hingga Rp. 2000. Namun, jika kalian bisa menggaet banyak customer setia, maka tidak menutup kemungkinan jika keuntungan yang didapatkan bisa berlipat ganda. Dalam membangun bisnis semua hasilnya tergantung pada usaha kita.

  • Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa, Jasa Desain Grafis

Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa, Jasa Desain Grafis

Nah, contoh bisnis kreatif mahasiswa yang satu ini sangat cocok bagi kalian yang memiliki keahlian di bidang desain grafis. Biasanya seseorang yang memiliki keahlian ini berawal dari hobby, tentunya hal ini akan sangat menguntungkan karena hobby yang disenangi bisa menjadi pekerjaan dan dapat menghasilkan uang pastinya.

Perkembangkan dunia digital seperti pada saat ini tentu akan sangat menguntungkan dan memberikan peluang yang cukup besar bagi para pemilik keahlian kreatif salah satunya adalah seseorang yang ahli di bidang desain grafis.

Jadi buat kalian yang memiliki keahlian desain grafis, kalian bisa menghasilkan uang jajan tambahan dari project-project online yang berhubungan dengan desain. Bahkan kalian bisa memulai ide bisnis kreatif untuk mahasiswa tanpa modal. Kalian hanya perlu keahlian desain, laptop dan jaringan internet jika diperlukan.

  • Bisnis Online untuk Mahasiswa dengan Menjadi Blogger Profesional

Bisnis Online untuk Mahasiswa dengan Menjadi Blogger Profesional

Menjadi seorang blogger professional merupakan sebuah bisnis yang cukup populer pada saat ini walaupun kalian tidak bisa langsung mendapatkan hasil yang besar dari bisnis online untuk mahasiswa yang satu ini. Namun, prospek ke depannya cukup bagus jika kalian telaten menjalankannya.

Kalian bisa mengisi konten apa saja mulai dari yang kita senangi dan lain sebagainya. Namun, akan lebih baik jika kalian coba isi konten kalian dengan hal-hal yang menjadi hoby awalnya. Walaupun pada umumnya, untuk menjadi seorang blogger professional membutuhkan skill yang tidak sembarangan dari mulai kemampuan menulis hingga kemampuan mengoptimasi website namun tidak ada salahnya kalian coba jalankan dan suku-sukur dapat merasakan hasilnya setelah lulus kuliah.

  • Bisnis Untuk Mahasiswa yang Hobby Mengajar

Membuka bisnis les private merupakan salah satu bisnis yang dapat kalian coba sebagai mahasiswa terutama bagi mahasiswa yang memiliki basic di dunia pendidikan. Ini bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan di masa depan loh. Siapa tahu kelak kalian bisa membuka bisnis bimbingan belajar sendiri dan bahkan bisa merekrut pengajar professional.

Bisnis yang sukses besar berawal dari impian dan mimpi kecil serta usaha dan tekat yang kuat. Tidak hanya bisa mendapatkan penghasilan tambahan ketika kuliah, ilmu kalian juga akan bermanfaat bagi orang lain pastinya.

  • Bisnis Kuliner untuk Mahasiswa

Bisnis Kuliner untuk Mahasiswa

Nah, buat kalian yang suka masak bisa nih cobain ide usaha bisnis untuk mahasiswa yang satu ini. Kalian juga bisa menyesuaikan modal yang kalian butuhkan untuk menjalankannya. Bisnis kuliner untuk mahasiswa yang dapat kalian coba dapat mencakup apa saja misalnya seperti bisnis makanan ringan, bisnis kue, catering dan lain sebagainya. Kalian juga bisa menjalankan bisnis ini bersama dengan teman kosan atau kontrakan kalian juga loh. Tentunya modal bisa diatur dan bisa lebih ringan kan.

Ada banyak media yang bisa kalian gunakan untuk mempromosikan jualan kuliner kalian seperti media sosial atau bahkan promosi secara offline juga dapat kalian lakukan. Target pasarnya saya sarankan untuk membidik para mahasiswa sehingga dengan begitu kalian bisa menyesuaikan harga, porsi dan rasa yang pas di kantong dan lidah para mahasiswa. Ini akan sangat mudah sekali bukan?

  • Bisnis Traveling Online

Mahasiswa jaman now pasti sangat senang sekali melakukan kegiatan travelling. Ya, siapa yang tidak suka travelling. Apalagi sekarang lagi banyak tuh yang memanfaatkan moment travellingnya untuk menghasilkan uang misalnya seperti menerima jasa titip atau bahkan bagi seorang influencer ini bisa juga dijadikan ajang promosi.

Ini pasti impian dari semua traveller lovers ya. Nah, buat kalian yang suka travelling namun juga bisa menghasilkan uang jangan khawatir. Kalian bisa kok mencoba bisnis travel online. Awalnya kalian bisa bergabung dengan para agen bisnis travel online yang tersedia. Siapa yang tidak mau mau memiliki bisnis yang menguntungkan seperti ini.

Berita baiknya bisnis travel online ini juga bisa dijalankan oleh para mahasiswa. Jadi, selain dapat uang jajan tambahan kalian juga akan memiliki kesempatan untuk travelling ke banyak tempat baik dalam negeri atau dalam negeri.

Sebenarnya masih banyak ide usaha bisnis untuk mahasiswa yang dapat kalian jalankan. Namun, rasanya tidak cukup meluapkannya dalam satu artikel ini. Pasti akan sangat membosankan. Nantikan artikel tentang bisnis yang lainnya ya. Semoga bermanfaat dan bisa mengubah pola pikir kalian untuk belajar bisnis sedini mungkin. Thank you!