Fungsi-Fungsi Icon Pada Photoshop dan Tool-Tool Inti Photoshop


Fungsi Icon Pada Photoshop dan Tool-Tool Inti Photoshop – Di dalam program desain photoshop terdapat icon-icon atau tools di bagian samping giri yang berguna membantumu untuk memilih aksi mana yang akan kamu gunakan untuk proses desain yang sedang di kerjakan, ada banyak icon dengan masing-masing fungsinya yang bisa dengan mudah kamu pilih, hanya tinggal klik icon tertentu.

Dalam artikel ini akan saya bahas beberapa fungsi penting icon yang akan sering kamu gunakan untuk desain. Jika kamu belum membaca tentang cara cepat mengoprasikan photoshop dengan shortcut maka kamu harus membaca artikel: Belajar Shortcut Photoshop untuk mempercepat proses belajar dan jangan lupa juga memahami layer pada photoshop agar tahu skema yang diterapkan program desain ini.

Nama-Nama Icon atau Tools Photoshop dan Fungsinya

Icon-icon Photoshop
Icon-icon Tools Photoshop
  • Move Tools (V)

Berfungsi memindahkan objek dari satu tempat ke tempat yang lain, dengan Shortcut V. Dimana objek yang kamu pilih harus pas. Untuk memilih objek jika kamu banyak menggunakan objek dalam satu desain, kamu hanya harus menekan CTRL+KLIK, dan arahkan ke objek yang kamu pilih, tanpa perlu memperhatikan layer yang ada di samping kanan. Untuk memastikan objek yang kamu pilih benar kamu bisa tekan CTRL+T (Transform), maka objek yang kamu pilih akan memiliki kotakan dengan 8 sisi titik seperti gambar di bawah ini.

Memilih Objek
Memilih Objek
  • Rectangular Marguee Tools (M)

Adalah tools untuk menyeleksi suatu objek yang akan kamu beri tindakan, semisal objek yang kamu pilih akan kamu potong, mewarnai, menghapus atau mengkopi dengan kotak Rectangular Marguee Tools. Dengan contoh di bawah ini yang akan saya warnai bagian yang terseleksi.

Seleksi dan Mewarnai degan Bursh
Seleksi dan Mewarnai degan Bursh

Untuk menghilankan manbah dan mengurangi kotak seleksi kamu bisa menambahkan SHIFT + KLIK TARIK dan untuk mengurangi tinggal ALT + KLIK TARIK. Dengan contoh sebagi berikut.

This slideshow requires JavaScript.

  • Lasso Tools (L)

Berfungsi untuk menyeleksi suatu objek dengan mengikuti kursor di arahkan, jadi jika kamu memiliki touch pad sejenis wacom maka akan sangat terbantu dengan lasso tools. Lasso tools sendiri memiliki beberapa jenis yang bisa kamu gunakan dengan masing-masing fungsinya yang berbeda, tetapi mirip.

Lasso Tools
Lasso Tools

Jenis-Jenis Lasso Tools

    1. Lasso Tools “Biasa”
    2. Polygonal Lasso Tools
    3. Magnetic Lasso Tools

Penggunaan dan Fungsi dari masing-masing Lasso Tools

    1. Lasso Tools
      Berfungsi untuk menyeleksi gambar dengan bantuan kursor yang kamu harus pelan-pelan melakukanya jika menggunakan mouse. Hasilnya akan seperti ini.

      Hasil Lasso Tools Biasa
      Hasil Lasso Tools Biasa
    2. Polygonal Lasso Tools
      Berfungsi untuk menyeleksi objek atau gambar dengan lurus yang mana kamu akan terbantu menyeleksi objek yang memiliki bidang rata atau lurus dengan Polygonal Lasso Tools. hasilnya seperti ini.

      Hasil Polygonal Lasso Tools
      Hasil Polygonal Lasso Tools
    3. Magnetic Lasso Tools
      Berfungsi untuk menyeleksi objek dengan bantuan seperti magnet yang akan menempel di permukaan objek yang di dekatnya. Hasilnya akan seperti ini.

      Hasil Magnetic Lasso Tools
      Hasil Magnetic Lasso Tools
  • Magic Wand Tools (W)

Magic wand tools adalah tool yang berfungsi untuk menyeleksi objek yang memiliki permukaan warna yang sama, kamu bisa menggunakan Magic wand tools untuk menyeleksi objek tertentu yang warnanya flat sama. Maka kamu akan lebih cepat menyeleksinya daripada manual menggunakan Pen Tools (P).

Magic Wand Tools
Magic Wand Tools

Jenis-Jenis Magic Wand Tools

    1. Magic Wand Tools Biasa
    2. Quick Magic Wand Tools

Penggunaan dan Fungsi dari masing-masing  Magic Wand Tools

  1. Magic Wand Tools Biasa
    Berfungsi untuk menyeleksi objek dengan cepat yang memiliki warna dan tekstur yang rata. Hasilnya akan seperti ini.

    Hasil Magic Wand Tools
    Hasil Magic Wand Tools
  2. Quick Magic Wand Tools
    Berfungsi untuk menyeleksi beberapa pagian tertentu dengan bantuan cursor. Hasilnya akan seperti ini.

    Hasil Quick Magic Wand Tools
    Hasil Quick Magic Wand Tools
  • Crop Tools (C)

Berfungsi untuk memotong objek dengan aturan flat, semua layer akan ikut terpotong saat kamu menggunakan crop tools ini. maka dari itu kamu harus mencobanya sendiri jika ingin mengetahui fungsi pada intinya.

Crop Tools
Crop Tools

Jenis-Jenis Crop Tools

  1. Crop Tools
  2. Perspektive Crop Tools
  3. Slice Tools
  4. Slice Select Tools
Jenis-Jenis Crop Tools
Jenis-Jenis Crop Tools

Penggunaan dan Fungsi Crop Tools

  1. Crop Tools
    Memiliki fungsi memotong objek yang ingin kamu potong dengan keseluruhan, dengan artian semua layer akan ikut terpotong. Langkah-langkahnya seperti berikut.

    Memotong Objek Dengan Crop Tools
    Memotong Objek Dengan Crop Tools

    Sedangkan hasilnya akan seperti ini dan silahkan ENTER.

    Hasil Pemotongan Objek Dengan Crop Tools
    Hasil Pemotongan Objek Dengan Crop Tools
  • Patch Tools (J)

Patct tools berfungsi untuk beberapa jenis penggabugan warna dari objek yang di seleksi ke objek baru yang ingin di clone. Penerapan menggunakan patch tools biasanya di terapkan ke objek yang memiliki bintik mengganggu, seperti penggunaan pada teknik menghilangkan jerawat menggunakan Patch tools.

Patch Tools
Patch Tools
    • Langkah pertama untuk menggunakan pacth tool kamu harus memiliki objek yang ingin di ratakan. saya ambil contoh gambar di bawah ini, yang akan di hilangkan bercak hitam yang ada di pipi.

      Penerapan Pacth Tools
      Penerapan Pacth Tools
    • Pertama, lingkari bercak hitam dengan patch tools seperti gambar di bawah ini.

      Melingkari objek dengan Patch Tools
      Melingkari objek dengan Patch Tools
    • Lalu setelah kamu lingkari, Klik Geser bagian yang terseleksi ke arah bagian yang memiliki warna rata atau sama dengan yang terdapat bercak hitam, Lalu lepaskan. Hasilnya akan seperti di bawah ini.

      Menghilangkan bercak dengan patch tools
      Menghilangkan bercak dengan patch tools
  • Brush Tools (B)

Brush adalah tool yang berfungsi untuk memberi warna objek yang yang ingin kamu beri warna tertentu, cara penerapanya sangat gampang. Kamu tinggal tekan atau klik icon brush.

Brush Tools
Brush Tools

Penggunaan dan Fungsi Brush Tools

    1. Merawanai objek dengan menggunakan brush, cara ini akan sering kamu gunakan saat melakukan manipulasi foto atau desain lain yang sangat erat dengan banyak warna. Penggunaanya cukup simple. Dan memiliki banyak jenis brush yang bisa kamu pilih.
      Jenis-Jenis Brush
      Jenis-Jenis Brush

      Penggunaanya brush tools, yang sebelumnya kamu harus kamu bisa memilih warna yang saya beru panah tahapanya di bawah ini.

      Hasil Penggunaan Brush Tools
      Hasil Penggunaan Brush Tools

      Atau untuk menclone warna kamu bisa menggunakan ALT + KLIK PADA OBJEK WARNA YANG INGIN KAMU COPY.

  • Clone Stamp Tools (S)

Clone stamp tools berfungsi untuk menyalin suatu objek tertentu dengan basis lingkaran yang sebelumnya kamu copy ke objek lain yang ingin kemu letakan layaknya stempel.

Clone Stamp Tools
Clone Stamp Tools

Penggunaan dan Fungsi Clone Stamp Tools

    1. Kamu bisa menyalin objek yang ingin kamu jadikan stempel seperti gambar di bawah ini, caranya sebelumnya kamu KLIK ICON CLONE STEMP. Lalu tekan ALT dan arahkan ke bagian yang ingin kamu copy menjadi stempel. Dan lepaskan. Lalu Arahkan pada objek yang ingin kamu beri stempel.

      Hasil Clone Stamp Tools
      Hasil Clone Stamp Tools
  • Eraser Tools (E)

Berfungsi untuk meghapus objek dalam bentuk gambar, jika kamu akan menghapus font dan vector yang memiliki garis tepi maka akan ada peringatan pengubahan otomatis yang akan mengubah objek menjadi gambar.

Eraser Tools
Eraser Tools

Penggunaanya dan hasilnya akan seperti di bawah ini.

Hasil Eraser Tools
Hasil Eraser Tools
  • Gradient Tools (G)

Berfungsi untuk memberi gradari 2 warna pada objek tertentu, kamu bisa mengatur di mana letak yang akan di beri gradasi dengan bermain warna.

Gradient Tools
Gradient Tools

Penggunaan dan Fungsi dari Gradient Tools

    1. Pertama-tema kamu harus memahami jenis-jenis pola gradien yang ingin kamu gunakan yang ada di pojok kiri atas.

      Memilih Jenis Gradient Tools
      Memilih Jenis Gradient Tools
    2. Lalu setelah memilih pola kamu bisa langsung menggunakan gradient tools pada objek, jangan lupa untuk memilih warna terlebih dahulu, ada 2 warna yang harus kamu tentukan.

      Memilih Warna Gradient Tools
      Memilih Warna Gradient Tools
    3. Klik dan geser, membuat titik awal dan melepaskannya pada titik akhir gradient yang ingin kamu buat. seperti di bawah ini.

      Hasil Gradient Tools
      Hasil Gradient Tools
    4. Perhatikan layer 1 gradien yang di tumpuk atau di masukan ke dalam layer 0 (logo) alvindayu. Cara memasukan gradient ke dalam logo kamu hanya tinggal tekan ALT+KLIK di antara garis pembatas layer. Jika benar maka kursor akan otomatis berubah menjadi tanda belok ke bawah.

      This slideshow requires JavaScript.