Cara Menggunakan Headset Bluetooth Alvindayu

Cara Menggunakan Headset Bluetooth – Bagi sebagian besar orang, mendengarkan musik adalah suatu kewajiban. Mungkin kamu juga. Apa lagi saat sedang santai atau saat sedang melakukan work out, medengarkan musik bisa jadi pilihan untuk menemani kegiatan kamu tersebut. Tapi pernah gak sih kamu ribet masalah kabel headset yang sering kali buat kamu ribet? Tergulung asal, belum lagi kalau tak sengaja tersimpul, ujung-ujungnya rusak kan? Nah, karena alasan itu lah sekarang ini banyak orang-orang yg memilih menggunakan headset bluetooth.

Headset bluetooth memang kerap menjadi pilihan piranti untuk mendengarkan musik agak lebih praktis karena tanpa kabel. Terlebih buat kamu yang sering melakukan kegiatan di luar ruangan.

Tapi, beberapa orang justru masih bingung menggunakan headset nirkabel ini. Bagi kamu yang belum mengerti tentangĀ  cara menggunakan headset bluetooth, aku bakal kasih tahu kamu cara-caranya nih.

So, buat kamu yang mau tahu cara menggunakan headset bluetooth untuk mendengarkan musik, langsung saja ya disimak penjelasan aku di bawah ini.

Apa Itu Headset Bluetooth?

Sebelum masuk ke cara menggunakan headset bluetooth, aku kasih tahu duli nih, apa itu headset bluetooth.

Jadi guys headset bluetooth itu, headset yang tanpa kabel atau nirkabel. Suara audio dari ponsel akan disambungkan melalui gelombang bluetooth. Dengan menggunakan bluetooth ini, tak perlu lagi ribet akan kabel yang sering kali melilit.

Headset bluetooth ini jarak jangkauanya lumayan jauh guys, ada yang 10 meter bahkan 20 meter bergantung merk biasanya. Dengan jangkaukan yang lumayan jauh ini, kamu bisa mengontrol musik yang diputar dengan jarang yang jauh juga.

Untuk konektivitasnya gak usah kamu ragukan lagi ya guys, karena zaman modern ini sudah banyak jenis headset bluetooth yang bisa kamu gunakan di cuaca buruk sekalipun. Jadi, untuk kualitas suara, headset bluetooth ini sudah pasti bagus. Bahkan, sudah ada beberapa merk headset bluetooth sudah mendukung suara 360 derajat atau surrround sound.

Memiliki banyak keunggulan dibanding dengan headset konvensional, tak lantas membuat headset bluetooth ini mahal. Kalau kamu menginginkan headset bluetooth ini, kamu bisa kok guys mendapatkannya dengan harga bekisar 100 ribuan.

Nah, kalau kamu baru pertama kali menggunakan headset bluetooth, aku bakal kasih tahu nih cara menggunakan headset bluetooth ini.

Cara Menggunakan Headset Bluetooth dengan Mudah

Nah guys, sebenarnya cara menggunakan headset bluetooth itu gampang banget, lho. Hanya saja memang, beberapa orang tidak memahami bagaimana caranya. Bagi kamu yang juga belum paham, aku bakal kasih tahu cara simple menggunakan headset bluetooth ini nih.

Jika kamu mencari cara pakai headset bluetooth JBL TWS4, menggunakan headset bluetooth Robot r3, dan cara menggunakan headset bluetooth Oase, kamu bisa cek uraian yang di bawah sini ya! Berikut

1. Aktifkan Headset Bluetooth Terlebih Dahulu

Layaknya headset konvensional, headset bluetooth juga memiliki sambungan kabel yang terdapat berbagai tombol-tombol yang memiliki fungsi masing-masing.

Biasanya, pada headset konvensional, sambungan kabel ini ada tiga tombol, yakni tombol untuk mengaktifkan mic, tombol mengatur volume, dan aja juga tombol untuk menerima atau mematikan telepon.

Nah, di headset bluetooth ada satu tombol lagi, yakni tombol power.

Baca Juga:

Untuk mengaktifkannya, tekan tombol untuk beberapa saat, aktifnya headset ini, biasanya ditandai dengan nyalanya LED.

Jika Headset bluetooth kamu tidak memiliki sambungan kabel, biasanya tombol power, cari saja tombol-tombol yang bisa mengkatifkannya. Atau kamu cek tutorialnya di kardus headset bluetooth kamu.

2. Aktifkan Bluetooth Hp Kamu

: Namanya saja headset bluetooth ya guys, jadi kamu harus menggunakan bluetooth untuk menyambungkannya. Maka dari itu, kamu harus mengaktifkan bluetooth yang ada diponsel kamu agar lagu yang ada diponsel kamu bisa terputar di headset bluetooth.

Beeikut aku kasih tahu cara mengkatifkan bluetooth.

  • Pertama, buka Pengaturan di hp kamu.
  • Kemudian pilih opsi Bluetooth.
  • Setelah itu, klik atau geser tombol, untuk mengaktifkan Bluetooth.

Cara ini merupakan contoh pengaktifan bluetooth pada Android ya. Tiap ponsel bisa berbeda-beda, tinggal kamu sesuaikan saja.

3. Sambungkan Headset Bluetooth dengan Ponsel

Langkah selanjutnya adalah menyambungkan bluetooth dengan hp kamu. Biasanya meski sudah diaktifkan, headset bluetooth ini belum bisa kamu pakai kalau belum kamu sambungkan guys. Jadi, harus kamu sambungkan dulu.

Gampang kok caranya, begini:

  • Setelah bluetooth hp kamu diaktifkan, kamu cek dulu daftar bluetooh yang masuk. Pastikan bluetooth headset kamu sudah ada didaftar bluetooth yang terdeteksi.
  • Biasanya nama bluetooth pada headset bluetooth seperti ini, merupakan nama merk si bluetooth misal Robot TW4. Klik bluetooth tersebut.
  • Dibeberapa bluetooth, kamu diminta untuk memasukkan pin. Coba kamu masukkan 0000 terlebih dahulu. Jika belum bisa, kamu bisa cek di buku panduannya.

4. Test Koneksi Headset Bluetooth

Setelah tersambung kamu tinggal cek headsetnya, berfungsi atau tidak. Kamu bisa cek dengan cara menyetel musik di platform musik atau youtube.

Kelebihan dan Kekurangan Headset Bluetooth

Headset bluetooth memiliki beberapa kelebihan juga kekurangan. Apa saja, berikut ulasannya.

Kelebihan Headset Bluetooth

  • Praktis, salah satu headset bluetooth ini digemari oleh banyak orang karena praktis digunakan untuk apapun, seperti mengangkat panggilan, mematikan panggilan, mendengarkan musik jarak jauh, tidak ribet masalah kabel headset, dan lain-lain.
  • Bebas Bergerak, Kelebihan selanjutnya adalah, jika kamu menggunakan headset bluetooth ini, ruang gerak kamu lebih bebas. Tidak seperti saat kamu menggunakan headset konvensional yang harus ribet akan kabel-kabel. Menggunakan headset bluetooth ini, cocok buat kamu yang memiliki mobilitas tinggi.
  • Perihal Keamanan Berkendara, Biasanya banyak orang yang memaksakan memegang satu stir hanya demi mengangkat telepon dengan tangan satunya. Jelas hal ini begitu membahayakan si pengendara. Dengan menggunakan headset bluetooth, kamu tak perlu lagi mengangkat panggilan telepon menggunakan ponsel kamu. Kamu tinggal klik tombol angkat telepon pada sambungan kabel atau yang ada di headset bluetooth.

Kekurangan Headset Bluetooth

Selain kelebihan headset bluetooth juga memiliki beberapa kekurangan nih guys, apa saja kekurangannya. Cek di bawah ini ya!

  • Membutuhkan Daya cukup besar, tidam seperti headset konvensional yang hanya tinggal menyambungkannya dengan ponsel sekali tancap, headset bluetooth memerlukan daya untuk bisa hidup, jadi setiap saat kamu harus charge ini headsetnya agar tidak kehabisan baterai ketika kamu gunakan. Selain itu, dengan menggunakan headset bluetooth, daya baterai kamu akan terbebani, jadi ponsel kamu rawan habis baterai.
  • Harga lebih Mahal, Jadi guys kalau kamu pengen menggunakan headset bluetooth, kamu haris merogoh kocek agak dalam nih untuk membeli produk headset bluetooth, karena harga yang dibanderol cukup mahal dibanding dengan headset konvensional.
  • Skinkronisasi Bluetooth Agak Sulit Jika Berbeda Versi

Satu lagi kekurangan dari headset bluetooth ini yakni, masalah sinkronisasi atau kesesuaian versi bluetooth antara hp dan headset. Misal bluetooth pada headset berada pada versi 4.0 sedang bluetooth pada hp baru berada pada versi 2.0, maka penyesuaian bluetooth akan agak sulit.

Jangkauan bluetooth 4.0 itu sudah bisa mencapai jarak kurang lebih 100 m, tapi karena partner bluetoothnya hanya mampu menjangkau 10-20 meter, makan dia akan menyesuaikan dengan versi yang lebih rendahnya.

Demikian ya guys ulasan aku tentang cara menggunakan headset Bluetooth juga kekurangan dan kelebihannya. Semoga bermanfaat.

255K
SHARES
2.4M
VIEWS

Sosok wanita periang, dengan ketawa lepas, suka makan coklat sembari menulis. Suka makan tapi sulit gemuk! follow sosial media saya ya, biar kita lebih akrab lagi :D