Cara Mengatasi WordPress Tidak Bisa Mengirimkan Email di DigitalOcean

Mengatasi WordPress Tidak Bisa Mengirimkan – Beberapa waktu yang lalu, saya mencoba untuk membuat website menggunakan WordPress di DigitalOcean. Dan seperti kebiasaan saya, setelah berhasil menginstall WordPress saya langsung melakukan tes kirim email, menggunakan plugin WP Mail SMTP by WPForms untuk memastikan apakah website saya bisa mengirimkan email atau tidak.

Karena memang, masalah yang paling sering dialami oleh pengguna WordPress adalah tidak bisa mengirimkan email, baik email notifikasi member baru, komentar baru, reset password, kontak form dan semua yang berhubungan dengan email. Hal ini terjadi bukan karena ada bug tertentu pada fungsi email WordPress, melainkan karena ada masalah konfigurasi pada hosting atau server yang kita pakai.

Tanpa banyak melakukan pengaturan pada plugin, saya langsung tes dan muncul notifikasi bahwa email berhasil terkirim. Namun, anehnya tidak ada email masuk di inbox email saya. Sehingga saya pastikan website tidak bisa mengirimkan email.

Saya mencoba untuk googling cara mengatasi masalah ini di forum-forum yang ada, semuanya menyarankan agar mengatur postfix ataupun sendmail, dan saya pun mengikuti saran tersebut namun tetap saja tidak berhasil, email tidak terkirim.

Kemudian saya mencoba untuk mengatur pilihan mailer pada plugin WP Mail SMTP yang saya pakai, di sana terdapat lima pilihan mailer, native, Google Gmail, Mail Gun, Send Grid dan Other SMTP.

Saya mencoba memilih other SMTP dan memasukkan informasi SMTP host, port serta autentikasinya.

Kemudian saya tes lagi, dan hasilnya masih sama, email tidak terkirim. Sehingga saya menduga ada sesuatu yang menghalangi mailer untuk menggunakan SMTP.

Saya mencoba googling kembali untuk mencari jawaban di forum-forum dan ternyata dugaan saya benar, DigitalOcean memblokir SMTP bagi pengguna baru, saya diminta untuk membuka tiket agar tim support membuka blokir SMTPnya.

Setelah mengirimkan tiket, saya mendapatkan balasan dari tim support seperti ini:

Hello,

Thank you for contacting DigitalOcean.

Stopping spam is a constant fight, so we have implemented some restrictions on newer accounts. To qualify for the ability to send out email, we do require accounts to wait 60 days before we can look into removing the restriction. Once your account has reached 60 days of stable use, please do reach back out to us so we can look into this for you.

We appreciate your understanding on this matter.

Regards,
Platform Support Specialist

Dan dari sini saya mengerti bawah DigitalOcean memiliki kebijakan terkait spam. Mereka memblokir fungsi email bagi pengguna baru, untuk memastikan apakah ia spamer atau bukan, dan akan membuka blokirnya setelah 60 hari kedepan.

Lalu bagaimana agar website saya bisa mengirimkan email?

Penyebab WordPress Tidak Bisa Mengirimkan Email

Seperti yang telah saya sebutkan di atas, WordPress seringkali tidak bisa mengirimkan email, baik WordPress di VPS ataupun di shared hosting. Alasan yang paling umum adalah, server belum dikonfigurasi untuk menggunakan fungsi PHP mailer.

Selain itu, terkadang pihak layanan hosting sengaja memblokir fungsi mailer, untuk melindungi dari spam. Karena banyak pengguna website yang memanfaatkan server yang mereka pakai untuk kegiatan spam.

Menjawab pertanyaan saya di atas, sudah baca belum? Bisakah website saya mengirimkan email, walaupun fungsi PHP mailer sedang diblokir? Jawabannya, bisa.

Untuk mengatasi masalah ini, saya menggunaan Gmail SMTP dengan plugin WP Mail SMTP by WPForms. Bukan tanpa alasan saya memilih plugin ini, selain cara menggunakannya yang cukup mudah, plugin ini juga aman. Saya tidak harus memasukkan username dan password, cukup dengan menghubungkan aplikasi dengan website.

Membuat Aplikasi Web di Google Api Console

Untuk menggunakan mailer Gmail SMTP, saya harus memasukkan client ID dan client secret. Saya mendapatkan Client ID dan secret setelah membuat aplikasi web di Google API Console.

Google Api Console
Google API Console

Kemudian, saya diminta untuk menambahkan credential pada aplikasi yang saya buat, saya memilih Gmail API, yang dipanggil melalui Web Server, dan data yang saya akses adalah User data.

Gmail Api
Gmail API
  • Setelah itu, saya diminta untuk memasukkan data origin, dan authorized url callback yang saya salin dari halaman settings WP Mail SMTP plugin.
  • Setelah semua data dimasukkan, dan tidak ada error, saya diminta untuk melakukan setup OAuth dengan memasukkan informasi yang dibutuhkan, seperti email address dan nama produk.

Aplikasi berhasil dibuat, dan saya sudah bisa menyalin Client ID dan Client secretnya. ID dan secret ini saya salin dan tempelkan pada masing-masing field, di halaman settings plugin.

Langkah terakhir saya diminta untuk mengklik tombol “Allow plugin to sends email using your Google Account”. Tombol ini muncul ketika saya sudah memasukkan Client ID dan secret dengan benar.

Tanpa menunggu lama, saya langsung melakukan tes kirim email, dan berhasil! Email tes masuk ke inbox.

Plugin WP Mail SMTP di Shared Hosting

Apakah plugin ini juga bisa mengatasi masalah WordPress yang tidak bisa mengirimkan email di shared hosting? Jawabannya, tentu saja bisa. Saya sudah sering menggunakan plugin ini pada WordPress dengan shared hosting. Saya menggunakan SMTP server, username dan passoword yang sudah disediakan oleh penyedia server, data SMTPnya bisa diakses di halaman cpanel.

255K
SHARES
2.4M
VIEWS

Sosok wanita periang, dengan ketawa lepas, suka makan coklat sembari menulis. Suka makan tapi sulit gemuk! follow sosial media saya ya, biar kita lebih akrab lagi :D