Cara Membuat Rekening BNI

Cara Membuat Rekening BNI – Hai hai, sudah punya rekening BNI belum? Ingin membuat rekening BNI tapi bingung dan masih belum tahu tata caranya. Don’t worry, karena di artikel kali ini saya akan bahas tentang cara membuat rekening BNI secara online dan juga offline terbaru dan ter-update.

Jadi, cerita dikit dulu nih. Saya membuat artikel ini karena 1 hari yang lalu suami saya memutuskan untuk membuat atau membuka rekening BNI, untuk mendapatkan fasiltas VCN yang dimiliki BNI. Kebetulan saya juga ngintilin suami saya pas waktu buka rekening BNI ke bank terdekat dari rumah.

Eh BTW, buat yang belum tahu apa itu VCN? Jadi, VCN adalah Virtual Card Number yang berfungsi salah satunya adalah sebagai alat pembayaran untuk bertransaksi di luar negeri. Tentu saja di toko online luar negeri yang menerima sistem pembayaran yang memiliki logo MasterCard. Misalnya seperti Ebay, Alibaba, Amazon dan lainnya.

Apa Itu Fitur VCN BNI?

Fitur VCN BNI
Fitur VCN BNI

Intinya VCN ini dapat digunakan untuk segala transaksi pembayaran langsung ke luar negeri gitu lah pokoknya. Jadi, kalian tidak perlu repot membuat kartu kredit yang cukup ribet. Biasanya kan ada beberapa e-commerce yang tidak menyediakan sistem pembayaran Paypal tuh. Nah, kalian bisa banget nih gunakan fitur VCN BNI ini untuk melakukan transaksi pembayaran online.

Eh, tapi kata suami VCN ini memiliki kekurangan saat digunakan bertransaksi. Virtual Card Number yang dapat digunakan dari rekening BNI ini hanya memiliki jangka waktu 7 hari, setelah itu nomor kartu kredit virtual akan secara otomatis ganti-ganti terus setiap 7 hari.

Kekurangannya dimana? Jadi, contohnya misal saat kalian beli sesuatu di ebay dan misal kasusnya barang tidak segera dikirim oleh penjual. Nah, biasanya kan ada fitur pengajuan dana kembali gitu kan? Jika kalian menggunakan VCN, pastikan pengajuan dana kembali tersebut dilakukan kurang dari 1 minggu/7 hari setelah VCN digunakan. Jika lebih dari itu, maka dana tidak dapat kembali ke rekening.

Tapi tenang saja, e-commerce yang menyediakan dana saldo akun akan mengirimkan dana pengembalian ke saldo akunmu kok. Kelemahannya hanya dana pengembalian tidak bisa kembali ke rekening. Itu saja? Paham kan maksud saya? kalau belum paham, coba ulang lagi deh bacanya. Hehe.

Baca Juga: Tips Investasi Pemula Modal Kecil, Milenial Wajib Tahu!

Cara Membuat Rekening BNI

Cara Membuat Rekening BNI Taplus
Cara Membuat Rekening BNI Taplus

Nah, sekarang sudah tahu kan alasan suami saya membuka rekening di BNI. Oke, sekarang kita langsung saja bahas topik utama kita di artikel ini yaitu bagaimana cara membuat rekening BNI? Well, setelah saya datang ke kantor BNI terdekat dari rumah saya.

Biasa, pas baru datang kita disambut oleh satpam bank BNI yang bertugas disana. Setelah itu, Ia akan bertanya ada yang bisa dibantu? lalu ada keperluan apa? Nah, setelah itu kami langsung to the point saja ingin membuka rekening BNI. Satpam akan langsung mengambilkan nomor antrian menuju Customer Service (CS). Lalu, si satpam BNI ini memberi kita saran agar proses pembuatan rekening BNI lebih cepat kita bisa mengisi e-form pembukaan rekening tabungan BNI via Online jika masih belum pernah punya rekening BNI.

Oke, dari sini saya dapat simpulkan bahwa cara membuat rekening BNI dapat dilakukan dengan 2 cara yakni membuat rekening BNI secara online dan juga secara offline. Kalian bisa pilih nih, mau membuat rekening BNI secara online atau secara offline.

Tapi intinya itu, mau kalian membuat rekening secara online atau offline pun, kalian masih harus datang ke kantor untuk membuka rekening BNI. Karena yang dilakukan secara online hanya pengisian e-form nya saja. Setelah itu kalian masih harus pergi ke kantor untuk melakukan verifikasi dan mendapatkan kartu tabungan dan ATM BNI.

Oke, agar lebih efisien dan kebetulan pada saat itu antrian di customer service (CS) masih sangat panjang. Kami putuskan untuk membuat rekening BNI secara online. Bagaimana cara membuat rekening BNI secara online? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Syarat Buka Rekening BNI

Syarat Buka Rekening BNI
Syarat Buka Rekening BNI

Sebelum membahas mengenai cara membuat rekening BNI secara online, pastikan kalian sudah memenuhi syarat buka rekening BNI. Adapun syarat buka rekening BNI yang diperlukan adalah sebagai berikut.

  • KTP
  • NPWP
  • Setoran tunai untuk saldo tabungan, tergantung pada jenis tabungan BNI yang akan digunakan.

Baca Juga: Jenis Tabungan BNI Terbaru dan Terupdate

Syarat utama pembukaan rekening hanya3 hal itu saja.

Cara Membuat Rekening BNI secara Online

Cara Membuat Rekening BNI secara Online
Cara Membuat Rekening BNI secara Online

Nah, sekarang bagaimana cara buka rekening di BNI secara online. Jadi, kalian bisa langsung buka situs website resmi BNI untuk mengisi e-form. Nah, pengisian e-form secara online bisa melalui HP/Laptop. Lebih mudah menggunakan HP smartphone yang kalian miliki. Tapi disini saya akan ilustrasikan gambarnya melalui browser PC.

Langsung saja yuk simak langkah-langkah lengkapnya berikut ini.

E Form BNI Pembukaan Rekening
E Form BNI Pembukaan Rekening
  • Setelah muncul e-form pengisian data seperti gambar diatas. Langsung saja kalian isi form tersebut dengan benar dan lengkap.
  • Isi NIK, nama lengkap, email, nomor telepon rumah, nomor HP, nomor NPWP, penghasilan per bulan dan tulis ulang captcha.
  • Setelah itu, jika sudah selesai, klik Submit.
  • Maka akan muncul notice seperti berikut ini.
Simpan Eform BNI
Simpan Eform BNI
  • Klik OK. Kamu akan mendapatkan nomor referensi yang ada di pojok kanan atas seperti gambar berikut ini.

Nah, jika sudah selesai. Kamu hanya perlu datang ke kantor BNI terdekat yang ada di sekitarmu untuk melakukan verifikasi dan pembuatan buku tabungan serta ATM.

Berhubung saya dan suami sudah ada di kantor BNI saat mengisi e-form ini. Maka kami, hanya perlu menunggu giliran menuju ke Customer Service untuk proses pembuatan buku tabungan dan ATM.

Setelah itu, saat dipanggil oleh customer service. Kalian akan ditanya apakah sudah mengisi form secara online atau tidak. Jika, dilakukan secara online, maka kalian akan diminta untuk menunjukkan nomor referensi yang sudah didapatkan.

Tunjukkan nomor referensi yang sudah didapatkan tadi pada CS, dan selesai. Dengan cara membuat rekening BNI online ini, kalian tidak perlu ribet mengisi dengan menulis form di kertas. Tinggal tunggu sebentar, dan violaaa rekening tabungan dan ATM sudah jadi.

Oh iya, tidak hanya dapat membuat rekening tabungan BNI secara online. Kalian juga bisa mengajukan pinjaman KTA BNI dengan mengisi e-form pinjaman secara online loh.

Baca Juga: Mengenal Investasi Reksadana, Jenis Produk dan Cara Investasi di Reksadana

Cara Membuat Rekening BNI Offline di Kantor

Cara Membuat Rekening BNI Offline di Kantor
Cara Membuat Rekening BNI Offline di Kantor

Buat kamu yang masih kurang mengerti dengan tata cara membuat rekening BNI secara online, tak perlu bingung dan khawatir. Kamu juga bisa kok membuat rekening BNI secara manual atau offline dengan langsung datang ke kantor BNI menemui Customer Service (CS). Tapi pastikan dulu kamu sudah membawa syarat buka rekening BNI yang sudah disebutkan diatas ya.

Selain itu, pastikan juga, kamu mengambil antrian untuk bisa menemui CS BNI. Jangan langsung duduk di depan kursi CS. Hehe.

Cara membuat rekening BNI Offline dengan langsung ke kantor BNI sebenarnya hampir sama dengan cara buka rekening BNI secara online sebelumnya. Hanya saja disini kamu tidak perlu membuka website bank BNI untuk mengisi form secara online karena nanti kamu dapat tulis secara langsung di kertas. Cara lebih detailnya adalah sebagia berikut.

  • Datang ke kantor pusat/cabang BNI terdekat, pastikan sudah membawa syarat yang diperlukan untuk buka rekening,
  • Ambil nomor antrian untuk menemui CS BNI,
  • Tunggu hingga dipanggil oleh CS,
  • Setelah dipanggil, kamu akan diminta untuk mengisi form pengisian data di kertas untuk pengajuan pembuatan rekening tabungan BNI. Pastikan mengisinya dengan lengkap dan benar.
  • Setelah itu, serahkan pada CS dan tunggu buku tabungan dan ATM selesai dibuat.

Mudah sekali bukan?

Cara Mengaktifkan Fitur VCN BNI, M-banking, I-Banking dan SMS Banking BNI

Cara Mengaktifkan Fitur VCN BNI, M-banking, I-Banking dan SMS Banking BNI
Cara Mengaktifkan Fitur VCN BNI, M-banking, I-Banking dan SMS Banking BNI

Nah, sekarang untuk cara mengaktifkan fitur VCN BNI, kalian bisa langsung memintanya ke Customer Service untuk mengaktifkan fitur VCN ini. Tidak hanya VCN saja, untuk mengaktifkan fitur VCN, m-banking atau i-banking juga bisa kalian informasikan kepada CS agar diaktifkan terlebih dahulu.

Cara Mengaktifkan Fitur VCN BNI

Untuk mengaktifikan fitur VCN, CS akan meminta kamu untuk mendepositokan uangmu minimal $1 pada akun apa saja sebagai syarat pengaktifan. Kamu juga akan diminta untuk melakukan konfirmasi melalui nomor HP yang kamu gunakan. Jadi, pastikan kamu menggunakan nomor HP yang masih aktif ya.

Cara Mengaktifkan Mobile Banking BNI (M-banking BNI)

Selanjutnya, cara mengaktifkan mobile banking BNI juga amat sangat mudah. Pertama, pastikan dulu kamu sudah mendownload aplikasi m-banking di smartphone kamu. Setelah itu, CS akan langsung membantumu untuk membuatkan akun m-banking. Kamu akan diminta untuk mengisi serial number di kartu debit, melakukan konfirmasi nomor HP dan PIN m-banking.

Cara Mengaktifkan Internet Banking dan SMS Banking BNI

Caranya mengaktifkan internet banking dan juga SMS banking BNI juga amat sangat mudah. Kamu hanya perlu datang ke kantor BNI, kemudian CS akan menjelaskan dan membantumu untuk mengaktifkan fitur internet banking dan juga SMS banking BNI. Kamu hanya perlu pergi ke kantor cabang BNI untuk menemui CS dan membawa KTP dan juga kartu debit serta.

Baca Juga: 10 Daftar Aplikasi Pinjam Uang Online Terdaftar OJK, Syarat dan Cara Pengajuannya

That’s it. Mudah sekali bukan? Itu dia cara membuat rekening BNI baik online maupun offline terbaru dan terupdate. Semoga artikel ini membantu ya. Share juga pengalamanmu membuat rekening bank BNI atau rekening bank lainnya di kolom komentar untuk berbagi dengan sahabat alvindayu. Thank you!

255K
SHARES
2.4M
VIEWS

Sosok wanita periang, dengan ketawa lepas, suka makan coklat sembari menulis. Suka makan tapi sulit gemuk! follow sosial media saya ya, biar kita lebih akrab lagi :D