Cara Membuat Baca Juga di Blog WordPress Rekomendasi Berdasarkan #Tag

Cara Membuat Baca Juga di Blog Wordpress Rekomendasi Berdasarkan Tag

Cara Membuat Baca Juga di Blog WordPress – Hallo sahabat blogger, membahas mengenai internal link atau rekomendasi halaman lain yang biasa ada pada blog-blog dengan rekomendasi baca juga di dalam sebuah artikel membuat pengunjung betah berlama-lama di blogmu, dengan rekomendasi artikel ini yang ada pada blog bisa mempercantik blogmu. Akan memakan waktu yang banyak jika kamu membuatnya secara manual.

Dalam artikel ini, saya akan membagikan code function untuk membuat baca juga di blogmu. Yuk simak beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk membuat rekomendasi baca juga dalam sebuah postingan. Hasilnya akan seperti di bawah ini.

Baca Juga di Blog WordPress
Baca Juga di Blog WordPress

Langkah-Langkah Membuat Rekomendasi Baca Juga

Hal yang harus kamu pastikan terlebih dahulu jika kamu menggunakan themes gratisan atau themes dari orang lain adalah pada Child Themes yang berfungsi mengamankan code function dan css pada file terpisah yang ada pada themes.

Jika nantinya themes anda harus update, maka code dan tata letak css yang sudah anda buat atau edit tidak akan hilang. Untuk membuat Child Themes silahkan baca pada halaman ini: Membuat Child Themes WordPress

Jika kamu menggunakan themes custom milik sendiri, pastinya tidak membutuhkan Child Themes, karena yang memiliki kontrol penuh adalah kamu sendiri, bagaimana kamu mengamankan code yang sudah kamu buat.

Membuat File Fuctions Baca Juga

Berikut ini file functions Baca Juga yang bisa kamu pakai untuk memunculkan rekomendasi postingan berdasarkan tag slug yang kamu buat.

Silahkan pastekan code di atas pada file fuctions themes yang kamu gunakan. Pada posisi paling bawah, agar gampang untuk kamu temukan suatu saat nanti.

Keterangan pada code di atas yaitu sebagai berikut:

  • Membuat daftar postingan rekomendasi pada tag yang sudah kamu buat sebelumnya dengan memanfaatkan slug yang kamu gunakan pada tag. Misalnya tag yang kamu gunakan adalah code wordpress berati tag=”” yang akan kamu masukan di shortcode nantinya code-wordpress dan pisahkan dengan
  • Daftar default yang akan keluar berjumlah 5 list rekomendasi codenya ada pada tag ‘number’ => 5, ganti sesuai keinginan kamu jika kamu ingin memasukan angka default rekomendasi yang akan keluar.
  • Memanggil code rekomendasi baca juga pada postingan, kamu cukup menggunakan: [ bacajuga no=5 tag=”code-wordpress,code-php,dll” ] (Hilangkan spasi pada kurung pembuka dan penutup.)

Menambah CSS Pada Rekomendasi Baca Juga

Untuk mendesign gaya yang kamu gunakan untuk css bisa kamu sesuaikan dengan keinginan. Berikut ini css yang saya gunakan pada contoh di atas yang bisa kamu salin atau modifikasi sesuai keingin kamu sendiri.

Tempatkan code ini pada file css kamu yang ada pada themes, jika ingin mudah, tempatkan pada custom css pada themes yang kamu gunakan, yang bisa kamu akses pada menu Appearance > Edit CSS

Custom CSS Baca Juga
Custom CSS Baca Juga

Lalu kamu akan di bawa ke halaman edit css yang ada pada custom, letakan kode CSS di atas di paling bawah. Dengan tujuan yang sama, agar kamu bisa gampang mencarinya suatu saat nanti.

*Catatan: Jika kamu menempatkanya pada custom themes CSS, maka jika themes yang kamu gunakan update, maka CSS ini akan hilang. Maka dari itu gunakanlah Child Themes untuk mengatasi hal ini.

Code CSS Baca Juga
Code CSS Baca Juga

Nah sampai di sini, lihat hasilnya. Sampai di sini dulu pembahasan kali ini, semoga artikel ini bermanfaat dan code ini bisa bermanfaat, silahkan share kepada teman-teman kamu sesama blogger yang ingin menggunakan fitur baca juga di blognya.

Cara Membuat Baca Juga di Blog Wordpress Rekomendasi Berdasarkan #Tag 1