Cara Memakai Softlens dan Cara Melepasnya

Cara Memakai Softlens – Hai semuanya, di artikel kali ini aku bakalan bahas tentang cara memakai softlens sekaligus cara melepas softlens nih! Jadi, buat kamu yang masih bingung gimana sih cara pakai softlens yang baru di beli atau bahkan baru saja memakai softlens. Langsung saja yuk simak ulasannya di artikel ini.

Oke, jadi aku cerita dikit dulu yah! Jadi, aku tuh sudah kurang lebih 5 tahun menggunakan softlens karena aku punya masalah mata minus.

Ya, minus aku sudah lumayan besar sih. Jadi mau tidak mau aku harus pakai kacamata kemana-kemana biar nggak blur semua tuh pas aku lihat orang.

Sempet nih aku ngerasa capek pakai kacamata dan lepas kacamata. Eh, ternyata ngeganggu aktivitas banget karena pandanganku blur semua wkwk.

Oke, jadi semenjak itu aku berpikir untuk menggunakan softlens saja dan sesekali juga pakai kacamata.

Percayalah guys, pakai kacamata itu sungguh melelahkan nggak tahu kenapa kayak cape saja gitu pas lama-lama pakai kacamata. Heran!

Apalagi karena hidung aku lumayan pesek, wkwk. Jadi biasanya si kacamatanya tuh naik turun gitu. Ini ganggu banget sih apalagi pas aku lagi ada mata kuliah. Bikin nggak konsen!

Oke, aku semakin mantap untuk menggunakan softlens sejak saat itu!

Kayaknya enak saja gitu, lihat temen aku yang juga pakai softlens lebih praktis dan lebih ringkes nggak ribet saja pas di pakainya.

Apalagi sekarang juga sudah ada softlens minus juga kan!

Kelebihan Memakai Softlens Dibandingkan Kacamata

Oke, sebelum membahas tentang cara memakai softlens aku mau jelasin dulu nih ke kalian tentang kelebihan apa saja sih yang akan kalian dapatkan ketika memakai softlens dibandingkan dengan menggunakan kacamata.

Nah, jadi ada beberapa kelebihan memakai softlens dibandingkan dengan memakai kacamata menurut aku.

1. Lebih Praktis

Memakai softlens tentu akan lebih praktis dibandingkan dengan memakai kacamata. Ya, kalian tidak perlu ribet bawa dan pakai kacamata kemana-mana.

Cukup dengan memakai softlens saja kamu bisa melihat dengan jelas, buat kamu yang minus!

Aku terbantu banget sih pas pakai softlens ini, aktivitas memang benar-benar lebih nyaman pakai softlens saja.

2. Lebih Fashionable

Percaya atau tidak ketika menggunakan softlens, kamu akan terlihat lebih fashionable.

Ya, mungkin ini juga karena pemilihan ukuran diameter softlens yang lebih besar dari mata kamu kali ya.

Apalagi juga banyak nih pilihan warna softlens yang bisa kamu pakai.

Softlens memang akan membuat seseorang bisa tampil percaya diri tanpa kacamata.

Bahkan seseorang yang tidak menggunakan kacamata atau tidak minus pun banyak yang menggunakan softlens untuk menunjang penampilan. Iya nggak?

3. Banyak Pilihan Warna Softlens

Ada banyak pilihan warna softlens yang bisa kamu pilih dan gunakan untuk bantu penglihatan mata kamu yang minus atau bahkan yang normal.

Kamu bisa pilih warna softlens yang transparan, hitam, brown, ungu, biru, abu-abu, kuning, hijau dan masih banyak pilihan warna lainnya.

Pilih yang sesuai denganmu ya!

Buat kamu yang ingin tampil dan terlihat lebih natural. Kamu bisa nih pilih warna softlens yang transparan, hitam atau brown/coklat.

Warna-warna ini memang lebih nyatu dengan mata ketika digunakan sih!

4. Membuat Look Mata Lebih Cantik

Softlens dengan pilihan warna yang tepat akan membuat look matamu lebih hidup dan lebih cantik ketika digunakan.

Bahkan nih, para MUA atau make up artist memang lebih menyarankan untuk memakai softlens ketika akan di make up.

Soalnya memang se-ngaruh itu ke tampilan make upnya yang membuat mata lebih hidup dan lebih cantik.

Baca Juga: Lulur Wajah vs Masker Wajah: Manakah yang Lebih Bagus?

Pengalaman Memakai Softlens yang Baru Dibeli Pertama Kali

Pengalaman Memakai Softlens yang Baru Dibeli Pertama Kali
Pengalaman Memakai Softlens yang Baru Dibeli Pertama Kali

Oke, setelah tahu kelebihan dan terutama karena aku suka capek pakai kacamata jadi aku putuskan untuk membeli softlens yang sesuai dengan minus aku.

Pertama kali beli softlens tuh aku pilih warna softlens yang brown/coklat, soalnya aku nggak mau terlihat terlalu mencolok dan ingin tampil senatural mungkin walaupun menggunakan softlens.

Oh iya, buat kamu yang beda minusnya kanan kiri. Aku sarankan lebih baik kamu beli 2 pasang softlens dengan minus yang berbeda sesuai dengan beda minus mata kanan kiri kamu ya!

Soalnya sepasang softlens gitu biasanya dijual dengan ukuran yang sama minusnya. Jadi, mau nggak mau kamu harus beli 2 pasang softlens biar sesuai dan pas dengan minus mata kanan dan kiri kamu.

Oke, lanjut ke cerita pengalaman aku pertama kali menggunakan atau memakai softlens nih!

Jujur, pertama kali pakai softlens itu susah banget beb!

Aku bolak balik cari di internet cara memakai softlens yang baik dan benar.

Baca artikel dan mungkin cari video cara pakai softlens di youtube.

Soalnya untuk pertama kali, kamu harus terbiasa dengan cara pakai softlens yang menyentuh matamu.

Jadi, pertama kali mau pasang softlensnya tuh aku selalu saja kedip soalnya kan menyentuh daerah mata gitu kan.

Kayaknya mata aku sangat sensitive dengan sentuhan deh! Kalian gitu juga kan sekarang? Hehe

Tenang itu wajar kok buat orang yang masih pemula saat akan memakai softlens.

Kerana memang kita kan nggak pernah tuh nyentuh-nyentuh daerah dalam mata.

Nah, pas pasang softlens ini mau tidak mau kamu harus menyentuh bagian bola mata kamu untuk pasang softlensnya.

Pas pertama kali pasang sering banget tuh aku kedipin mata dan softlensnya jadi terlipat dan copot lagi.

Sampai merah mata aku coba pasang softlensnya yang copot mulu. Huhu!

Memang perjuangan banget sih, bisa 1 jam aku habiskan waktu untuk pasang softlens saja. Parah nggak tuh?

Perjuangan memakai softlens ini aku lalui kurang lebih sekitar 1 mingguan deh kayaknya.

Ya, dalam 1 minggu aku masih merasa kesulitan pas pasang softlens di mata.

Apalagi pas posisi softlensnya kurang pas, biasanya bakal sedikit nge-ganjel gitu pas dipakai.

Nggak cuma perjuangan pas ketika pasang softlens saja.

Pas mau melepas softlens pun untuk pertama kalinya aku masih kesusahan.

Sampai merah mataku gara-gara mau copot softlens yang nggak bisa-bisa. Wkwk (kalian pasti juga tahu lah rasanya gimana. Ya kan?)

Nah, jadi setelah 1 minggu berlalu kayaknya mata aku sudah terbiasa dan tidak terlalu sensitive terhadap sentuhan yang aku lakukan ketika pasang dan memakai softlens deh!

Aku jadi terbiasa pasang dan copot softlens menggunakan jari mungilku ini. Hehe

Ya, sekarang aku sudah terbiasa banget pasang dan copot softlens dengan cepat dan mudah!

Makanya aku mau bagi informasi tentang cara memakai softlens dan cara melepas softlens yang aman, cepat dan mudah untuk kalian para pemula.

Cara Memakai Softlens untuk Pemula yang Benar

Oke, sekarang mari kita bahas poin utama artikel ini dibuat setelah aku ngalor-ngidul ceritain pengalamanku pertama kali pakai softlens yakni cara memakai softlens. Wkwk!

Oke, jadi sebenarnya cara pakai softlens tidak terlalu ribet kalau kamu sudah terbiasa. (Yaiyalah)

Yang paling penting sih, kamu jangan takut aja ketika softlens di pasang ke bola matamu.

Kalau kamu takut, otomatis mata kamu akan terus berkedip.

It’s okay ini wajar! Tapi kamu harus membiasakannya ya.

Oke, jadi seperti ini langkah-langkah cara memakai softlens yang biasanya aku lakukan.

1. Pastikan Tangan Sudah Cuci dan Bersih

Pertama-tama pastikan dulu tanganmu sudah dicuci dan sudah bersih ya!

Ini penting banget, apalagi buat kamu yang memiliki mata sensitive.

Kamu tentu tidak mau kan matamu menjadi iritasi akibat penggunaan softlens karena adanya kotoran yang menempel?

Adanya kotoran yang menempel pada tangan juga akan membuat matamu perih dan merah ketika menggunakan softlens.

Jadi, kamu harus pastikan tanganmu bersih dulu sebelum memakai softlens.

2. Bersihkan Softlens Menggunakan Air Khusus

Bersihkan Softlens Menggunakan Air Khusus
Bersihkan Softlens Menggunakan Air Khusus

Selain tangan yang juga perlu dibersihkan, kamu juga harus membersihkan softlens terlebih dahulu sebelum dipakai menggunakan air khusus softlens.

Kamu bisa bersihkan softlens di tempat softlensnya dengan cara di aduk-aduk dan bersihkan menggunakan tangan atau alat.

Tapi hati-hati ya saat membersihkannya jangan terlalu keras agar softlens tidak sobek.

3. Ambil Softlens

Ambil Softlens
Ambil Softlens

Selanjutnya, kamu bisa ambil softlens yang sudah kamu rendam di dalam air softlens dan bersihkan tadi.

Oh iya, pastikan kamu selalu merendam softlens di air khusus softlens ya biar nggak kering softlens nya.

Kamu bisa mengambil softlens dengan menggunakan tangan atau bisa juga dengan alat penjepit khusus softlens yang sekarang juga sudah banyak dijual.

Disini aku pakai alat penjepit softlens untuk ambil soflensnya.

4. Letakkan Softlens Diatas Jari Tangan atau Alat Pasang Softlens

Letakkan Softlens Diatas Jari Tangan atau Alat Pasang Softlens
Letakkan Softlens Diatas Jari Tangan atau Alat Pasang Softlens

Nah, kalau sudah diambil sekarang kamu bisa letakkan softlens diatas jari tangan. Gunakan jari tangan telunjuk agar lebih mudah.

Pastikan bagian dalam softlens yang cekung berada diatas ya! Cek gambar.

Selain pakai tangan kamu juga bisa pakai alat pasang softlens dalam bentuk tongkat kecil gitu.

Biasanya alat softlens ini dijual secara lengkap dan komplit di optik atau tempat beli aksesoris softlens lainnya.

Disini aku pakai jari telunjuk saja untuk memasangnya.

5. Tuangkan Air Atas Softlensnya Sebelum Dipakai

Tuangkan Air Atas Softlensnya Sebelum Dipakai
Tuangkan Air Atas Softlensnya Sebelum Dipakai

Nah, ini nih triknya agar lebih mudah memakai softlens.

Jadi, setelah kamu ambil softlensnya dan sudah diletakkan di atas jari.

Agar trik cara memakai softlens agar lebih mudah dan cepat terpasang di mata ala Alvindayu adalah tuangkan air softlens terlebih dahulu diatas softlens yang akan dipakai.

Teteskan air softlens sekitar 1-2 tetes saja jangan kebanyakan.

6. Buka Mata Lebar-lebar dengan Bantuan Tangan

Buka Mata Lebar lebar dengan Bantuan Tangan
Buka Mata Lebar lebar dengan Bantuan Tangan

Nah, sekarang kamu bisa mulai pasang softlensnya.

Cara memakai softlens yang bisa kamu lakukan adalah buka mata lebar-lebar dengan bantuan tangan lainnya.

7. Pasang Softlens dan Selesai

Pasang Softlens dan Selesai
Pasang Softlens dan Selesai

Setelah itu, letakkan softlens tepat di depan bola mata.

Kalau softlens sudah menempel gerak-gerakan mata agar softlens lebih pas dan tidak mengganjal ketika digunakan.

Selesai deh! Mudah dan gampang banget kan?

Sekarang kamu bisa coba praktekkan nih!

Baca Juga: Review Primer Pixy Make It Glow Beauty Skin Paling Jujur!

Cara Melepas Softlens Setelah Dipakai dengan Mudah

Oke, sekarang kalau sudah tahu bagaimana cara memakai softlens, lanjut kalian juga harus tahu bagaimana cara melepas softlensnya nih!

Ya, ini juga penting banget dan memang cukup sulit untuk melepas softlens bagi pemula yang baru saja belajar dan beli softlens.

Waktu pertama kali aku pakai softlens dan berhasil, perjuanganku selanjutnya yang harus aku pikirkan adalah bagaimana cara melepas softlens ini. Wkwk.

Oke, deh buat kalian yang juga bingung kira-kira bagaimana cara melepas softlens yang benar dan aman. Langsung saja yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Pastikan Tangan Sudah Bersih

Sama seperti ketika akan memakai softlens, saat akan melepas softlens pastikan juga tanganmu sudah bersih ya!

Jangan sampai tanganmu kotor terutama pada bagian jari karena kamu akan melepaskan softlens menggunakan jari.

2. Buka Mata Lebar-lebar

Buka Mata Lebar lebar
Buka Mata Lebar lebar

Nah, kalau tangan sudah bersih.

Sekarang gunakan salah satu tangan untuk membuka mata lebar-lebar seperti yang terlihat pada gambar.

Pastikan pandanganmu ke arah depan.

3. Lepas Softlens dengan Cara Mencubitnya Sedikit

Lepas Softlens dengan Cara Mencubitnya Sedikit
Lepas Softlens dengan Cara Mencubitnya Sedikit

Sekarang, kamu bisa coba lepaskan softlens dengan cara mencubitnya menggunakan kedua jari yakni jari jempol dan jari telunjuk seperti yang terlihat pada gambar.

Lakukan dengan cepat agar lebih cepat lepas softlensnya. Tapi kamu harus hati-hati juga.

4. Selesai, Softlens Berhasil Dilepas

Selesai Softlens Berhasil Dilepas
Selesai Softlens Berhasil Dilepas

Sudah deh selesai, sekarang softlens sudah berhasil di lepaskan.

Kamu bisa coba dan praktekkan sendiri ya sekarang.

Tips Memakai Softlens yang Aman dan Benar

Oke, sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana cara memakai softlens dan juga bagaimana cara melepas softlens.

Nah, selain itu tips memakai dan melepas softlens yang akan aku jelaskan berikut ini juga penting banget nih!

Agar lebih aman dan nyaman saja ketika menggunakan softlens minus ataupun normal.

1. Usahakan Kuku Tidak Panjang

Tips yang pertama adalah usahakan kamu tidak memelihara kuku terlalu panjang karena ini akan berbahaya ketika akan memasang atau melepas softlens. Kurang safety saja sih menurutku.

Jadi, buat kamu yang masih pemula sebagai pengguna softlens. Mending potong kukumu dulu deh ya biar lebih aman.

2. Bersihkan Softlens Sebelum dan Sesudah Digunakan

Selanjutnya, pastikan kamu membersihkan softlens dengan menggunakan air khusus softlens sebelum dan sesudah menggunakannya.

Saat kamu membersihkan softlens sebelum di pasang, tentu saja hal ini akan membuat softlens lebih bersih, nyaman dan tidak perih dan seperti ada yang mengganjal ketika digunakan.

Ya, biasanya softlens yang perih dan terasa mengganjal ketika digunakan itu disebabkan karena adanya debu atau kotoran yang masih menempel.

Jadi, sebelum memasang ke mata. Pastikan dulu kalian membersihkannya ya!

Begitu juga ketika selesai memakai softlens. Pastikan juga kalian membersihkan softlens sebelum diletakkan di tempat softlens menggunakan air khusus softlens.

3. Lebih Baik Gunakan Alat

Ketika akan memasang softlens memang akan lebih baik jika kamu menggunakan alat untuk memasang softlens yang sudah ada tersedia dan terjual di pasaran.

Seperti penjepit dan tongkat kecil untuk memasang softlens agar lebih bersih dan higenis.

4. Perhatikan Expired atau Masa Pakai Softlens dan Air Khusus Softlens

Selain itu, tips memakai softlens yang juga perlu kamu perhatikan adalah pastikan juga kamu memperhatikan masa pakai atau expired softlens dan air softlens yang kamu gunakan.

Biasanya softlens memiliki masa pakai 6 bulan hingga 1 tahun.

Jadi, lebih dari masa itu lebih baik kamu segera ganti softlensnya ya!

Begitu juga dengan air khusus softlens ini juga memiliki masa pakai atau expired date  yang perlu diperhatikan.

5. Lebih Baik Gunakan Softlens Kurang Dari 8 Jam

Terlalu lama menggunakan softlens tentu tidak akan baik untuk kesehatan mata. Ya, ibaratnya mata juga perlu relax dan beristirahat.

Softlens ini ibarat beban bagi mata kita dan bahkan penggunaan softlens dengan diameter yang terlalu besar akan membuat mata kita kekurangan oksigen dan akan lebih cepat kering.

Oleh karena itu, lebih baik gunakan softlens kurang dari 8 jam saja ya! Jangan terlalu lama. Kasian matanya!

Apa lagi ya? Aku rasa itu saja deh tips memakai softlens untuk pemula.

Cara Merawat Softlens Agar Awet dan Tetap Nyaman Walau Tidak Sering Dipakai

Cara Merawat Softlens Agar Awet dan Tetap Nyaman Walau Tidak Sering Dipakai
Cara Merawat Softlens Agar Awet dan Tetap Nyaman Walau Tidak Sering Dipakai

Oke, berikutnya buat kalian yang sering atau jarang menggunakan softlens sehari-hari.

Kalian juga harus tahu nih cara merawat softlens agar tetap awet, tidak mudah sobek, tidak cepat kering, tidak perih dan tetap nyaman digunakan.

Nah, berikut ini beberapa cara merawat softlens menurut para ahli yang bisa kalian lakukan.

1. Pastikan Softlens Selalu Terendam Air

Pertama, jangan lupa untuk merendam softlens dengan air khusus softlens agar softlens tidak kering.

Biasanya softlens yang kering akan cepat rusak dan tidak akan nyaman lagi ketika dipakai.

Oleh karena itu, pastikan kamu selalu merendam softlens di dalam air khusus softlens tersebut.

2. Selalu Bersihkan Softlens Secara Rutin

Lanjut, walaupun tidak sering digunakan lebih baik kamu sering dan rutin membersihkan softlens yang kamu miliki ya.

Dengan begitu, softlens akan lebih awet karena selalu terjaga kebersihannya.

3. Ganti Air Softlens Minimal 3 Hari Sekali

Lanjut, softlens yang jarang dipakai bukan berarti harus kamu biarkan.

Kamu juga perlu merawatnya nih agar tetap bersih dan nyaman ketika digunakan lagi.

Lebih baik kamu ganti air softlens yang digunakan untuk merendam minimal 3 hari sekali.

Dengan begitu, kebersihan softlens akan selalu terjaga!

4. Tutup Softlens dengan Rapat

Tutup wadah softlens dengan rapat agar air softlens tidak tumpah dan agar softlens tidak kering didalamnya.

Tak hanya itu, setelah menggunakan air softlens pastikan juga kalian menutupnya dengan rapat agar air lebih terjaga kebersihannya dan terhindar dari debu yang masuk.

5. Selalu Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Membersihkan Softlens

Selanjutnya, tips merawat softlens agar awet dan tetap nyaman dipakai adalah pastikan kamu selalu cuci tangan baik sebelum dan sesudah membersihkan softlensnya. Ini penting banget dan sering diabaikan!

Oke deh, mungkin itu saja beberapa informasi tentang cara memakai softlens, cara melepas softlens dan tips serta cara merawat softlens.

Semoga bermanfaat ya, terimakasih!

Baca Juga: Review Pixy Make It Glow Series Terlengkap [Cushion, Primer dan Silky Powdery Cake]

255K
SHARES
2.4M
VIEWS

Sosok wanita periang, dengan ketawa lepas, suka makan coklat sembari menulis. Suka makan tapi sulit gemuk! follow sosial media saya ya, biar kita lebih akrab lagi :D