Cara Jualan di Shopee Indonesia

Cara Jualan di Shopee – Halo semuanya, ingin buka toko Shopee dan mulai jualan di Shopee tapi masih bingung bagaimana cara jualan di Shopee? Jangan bingung lagi, karena saya akan kupas tuntas cara jualan di Shopee bagi pemula yang ingin coba peruntungan untuk berjualan di Shopee baik lewat HP atau melalui PC agar jualan cepat laku dan laris manis.

Saya juga akan mengulas tentang strategi tips dan cara jualan di Shopee tanpa modal dan juga tanpa stok barang dengan sistem dropship yang juga banyak diminati oleh para pemula yang tidak memiliki cukup modal untuk bisa mulai jualan di Shopee.

Ulasan cara jualan di Shopee ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya yang saat ini juga mulai merintis usaha bisnis online dengan membuka toko Shopee dan jualan disana.

Jadi, mari kita sharing saja pengalaman saya dan pengalamanmu juga. Langsung saja yuk kita simak ulasannya!

Bagaimana Cara Jualan di Shopee untuk Seller Shopee Pemula?

 

Pertanyaan yang seringkali ditanyakan oleh para seller atau penjual Shopee yang masih pemula dan baru saja ingin memulai usaha bisnis online toko Shopee adalah bagaimana cara jualan di Shopee?

Ya, pertanyaan tersebut memang seringkali ditanyakan, termasuk juga saya sendiri.

Pertanyaan yang muncul di benak saya saat akan memulai usaha buka toko di Shopee dan ingin mulai jualan di Shopee adalah gimana cara jualan di Shopee agar laris manis ya?

Oke, untuk menjawab pertanyaan tersebut saya melakukan riset terlebih dahulu.

Karena kebetulan saya tidak memiliki cukup banyak modal untuk bisa berjualan di Shopee saat itu.

Oleh karena itu, saya mencari tahu bagaimana cara jualan di Shopee tanpa stok barang dan tanpa modal.

Karena saya rasa kedua cara jualan di Shopee tersebut lebih pas dan cocok untuk saya yang tidak memiliki cukup banyak modal untuk buka toko Shopee.

Setelah saya melakukan riset, dapat saya simpulkan untuk bisa membuka toko di Shopee ada beberapa cara seperti berikut ini.

1. Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang dan Tanpa Modal sebagai Dropshipper

Cara pertama yang menarik perhatian saya saat akan mulai berjualan di Shopee adalah menjadi seorang dropshipper.

Ya, cara jualan di Shopee sebagai dropshipper ini saya rasa pas dengan kondisi saya yang pada saat itu tidak memiliki cukup banyak modal untuk bisa buka toko dan jualan di Shopee.

Cara jualan shopee sebagai dropshipper ini bisa juga dikatakan sebagai cara jualan di Shopee tanpa modal atau cara jualan di Shopee tanpa stok barang.

Ya, dengan menggunakan sistem dropship saat berjualan di Shopee kalian tidak perlu repot untuk melakukan stok barang.

Selain itu, kalian juga tidak perlu khawatir masalah modal karena jualan di Shopee sebagai dropshipper ini saya rasa bisa dilakukan dengan modal yang sedikit atau bahkan tanpa modal sama sekali. Kok bisa?

Ya, bisa saja karena penjualan dropship ini merupakan sistem penjualan yang simple dan fleksibel.

Kita dapat menjual barang dari produsen atau penjual lainnya dengan melakukan mark up harga untuk mendapatkan keuntungan tanpa harus menyetok barang atau produk yang kita jual.

Jadi, saat ada penjualan kita bisa langsung menghubungi pihak produsen atau penjual barang tersebut.

Kemudian memintanya untuk mengirimkan produk tersebut ke penjual atas nama toko kita.

Buat kalian yang masih belum tahu tentang apa itu sistem penjualan dropship bisa baca artikel tentang sistem penjualan dropship terlebih dahulu.

Sebagai seller Shopee pemula, tentu saja saya tidak ingin terlalu banyak mengambil resiko dan sekalian saya ingin riset kira-kira produk seperti apa yang paling banyak diminati oleh para buyer atau pembeli pengguna Shopee.

Jika saya memilih sistem dropship, saya akan lebih mudah untuk mengganti-ganti produk yang sekiranya banyak diminati oleh para pengguna Shopee. Ini cara saya ya!

Mungkin buat kalian yang sudah memiliki passion atau ketertarikan terhadap suatu hal tertentu bisa saja menentukan produk atau barang secara tetap untuk dijual di akun Shopee seller milik kalian.

Totally, ini tidak masalah!

Tapi bagi saya riset produk untuk dijual di toko Shopee adalah hal pertama yang harus dilakukan agar jualan di Shopee laris manis dan cepat laku.

2. Cara Jualan di Shopee sebagai Reseller

Metode atau cara jualan di Shopee lainnya yang bisa kalian pilih adalah menjadi seorang reseller dari produsen produk yang akan dijual.

Cara ini hampir sama dengan cara jualan di Shopee sebagai dropshipper.

Hanya saja, ada syarat untuk menjadi reseller yang harus kalian penuhi.

Biasanya produsen barang akan memberikan syarat minimal pembelian pada kalian untuk bisa mendapatkan harga reseller yang pastinya jauh lebih murah dari harga biasanya.

Hal ini tentu saja berarti bahwa, sebagai reseller yang jualan dan membuka toko di Shopee Anda harus menyetok barang atau produk jualan kalian terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, dalam hal ini kalian juga memerlukan modal untuk membeli minimal produk sebagai syarat menjadi reseller.

Walaupun begitu, ada beberapa kelebihan menjadi seorang reseller dibandingkan dengan menjadi seorang dropshipper.

Selengkapnya kalian bisa membacanya di artikel perbedaan reseller dan dropshipper yang sudah dibahas sebelumnya.

Nah,  buat kalian yang ingin menjadi reseller ataupun dropshipper untuk bisa jualan dan buka toko di Shopee.

Pastikan kalian mencari produsen atau distributor produk dengan harga paling murah ya.

Dengan begitu kalian akan bisa lebih banyak mendapatkan keuntungan dengan meningkatkan mark up harga produk di Shopee yang lebih tinggi.

Kalian bisa baca artikel tentang petualangan saya mencari produk termurah di Shopee untuk bisa mendapatkan produsen atau distributor produk untuk dijual kembali di akun toko Shopee milik kalian disini: Petualangan Mencari Produk Best Seller Shopee Tangan Pertama.

3. Cara Jualan di Shopee dengan Produk Sendiri

Selain 2 cara jualan di Shopee diatas, kalian juga bisa loh membuka toko di Shopee untuk jualan produk sendiri.

Ya, buat kalian yang sudah memiliki brand atau produk barang hasil produksi sendiri Anda bisa langsung menjualnya di Shopee.

Dengan begitu, Anda tidak perlu repot mencari produsen dan distributor untuk mendapatkan produk yang akan kalian jual di Shopee sebagai reseller ataupun dropshipper.

Hanya saja, saya rasa cara atau metode jualan di Shopee yang satu ini membutuhkan modal yang cukup besar karena kalian harus menyetok sendiri barang atau produk yang akan kalian jual sendiri dengan modal awal pembuatan produk.

Tapi, ini tidak jadi masalah selama kalian memiliki produk unggulan dan brand sendiri untuk dijual dan dipromosikan melalui akun toko Shopee milik kalian.

Membuka toko di Shopee tentu saja akan membuat penjualan produk milikmu meningkat dan laris manis.

Jadi, metode cara jualan di Shopee mana yang cocok dan pas untuk kalian pilih sebagai langkah awal jualan di Shopee?

Tata Cara Jualan di Shopee Lewat HP Atau PC bagi Pemula

Cara Jualan di Shopee Lewat HP dan PC
Cara Jualan di Shopee Lewat HP dan PC

Nah, setelah kalian tahu kira metode jualan seperti apa yang kalian ingin terapkan.

Sekarang saatnya ke pembahasan inti mengenai langkah-langkah cara jualan di Shopee untuk pemula baik lewat HP ataupun melalui PC.

Yuk simak langkah-langkah selengkapnya berikut ini.

1. Daftar Shopee sebagai Penjual

Langkah awal yang harus kalian lakukan untuk bisa membuka toko dan mulai jualan di Shopee adalah membuat akun Shopee atau daftar Shopee sebagai penjual.

Dengan begitu, kalian akan memiliki akun toko Shopee yang bisa kalian gunakan untuk berjualan atau bahkan membeli barang/produk Shopee di toko Shopee lainnya.

Tapi ingat, jika memang kalian mendaftar Shopee sebagai penjual akan lebih baik jika akun Shopee kalian ini dikhususkan untuk akun Toko Shopee saja dan hanya digunakan untuk melakukan transaksi penjualan saja.

Dengan begitu, kalian akan lebih mudah menganalisa tingkat penjualan setiap harinya melalui akun Shopee seller center yang kalian miliki.

Cara Daftar Shopee sebagai Penjual

Nah, untuk bisa memiliki aku Shopee kalian bisa melakukan pendaftaran di aplikasi Shopee melalui HP atau melalui PC.

Buat kalian yang ingin tahu cara membuat akun Shopee, kalian bisa baca artikel tentang cara daftar Shopee disini: Cara Daftar Shopee Sebagai Penjual

Disana sudah saya jelaskan secara lengkap dan jelas tentang langkah-langkah cara daftar Shopee untuk membuat akun di Shopee baik sebagai penjual ataupun pembeli.

2. Login Akun Shopee

Setelah berhasil mendaftar sebenarnya kalian akan langsung di direct ke halaman profil akun Shopee milik kalian.

Atau jika tidak secara otomatis terdirect kalian bisa login dulu ke akun toko Shopee milik kalian.

Cara Login Akun Shopee

Jika ada masalah pada saat akan login akun Shopee kalian bisa cek artikel ini: Cara Login Shopee Tanpa OTP, Lupa Password dan Nomor HP Hilang

3. Mulai Jualan dan Atur Toko Shopee

 Setelah berhasil mendaftar, langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah mulai berjualan di Shopee.

Sebelumnya kalian bisa atur toko di Shopee terlebih dahulu. Dengan mangatur toko Shopee, tampilan toko Shopee kalian akan lebih menarik.

Cara Atur Toko Shopee Agar Menarik

Buat kalian yang masih belum tahu bagaimana cara mulai jualan di Shopee dan mengatur toko Shopee agar tampilannya lebih menarik.

Kalian bisa baca artikel cara atur toko Shopee di artikel ini: Cara Atur Toko Shopee Agar Tampilan Menarik.

Kalian bisa mengatur toko Shopee melalui aplikasi Shopee di HP ataupun melalui Shopee seller center di PC.

Cara Menggunakan Shopee Seller Center

Namun, saya sarankan agar lebih leluasa untuk mengatur toko di Shopee, kalian bisa kelola toko Shopee di Shopee seller center melalui PC.

Disana fitur-fiturnya lebih lengkap karena memang dikhususkan untuk para seller Shopee yang ingin mengelola toko Shopeenya agar lebih menarik.

Buat kalian yang masih belum tahu bagaimana cara menggunakan shopee seller center. Baca dulu artikel ini ya: Cara Daftar dan Menggunakan Shopee Seller Center Indonesia Versi Terbaru

4. Tambahkan Produk Shopee

Lanjut ke langkah berikutnya, cara jualan di Shopee selanjutnya adalah menambahkan produk Shopee yang akan kalian jual di toko Shopee milik kalian.

Pastikan foto produk Shopee yang kalian upload adalah gambar atau foto produk yang jelas dan berkualitas tinggi ya.

Dengan begitu, calon pembeli akan lebih tertarik untuk melihat produk Shopee yang kalian jual.

Saat berjualan di Shopee atau berjualan secara online, hal pertama yang harus kalian perhatikan untuk mendapatkan presentasi atau penampilan yang menarik adalah foto produk yang bagus, berkualitas serta menarik.

Jadi, pastikan kalian mengupload foto produk Shopee yang berkualitas.

Buat kalian yang menjual produk sendiri, agar hasil foto produk lebih bagus kalian bisa gunakan kamera yang beresolusi tinggi agar mendapatkan hasil gambar yang real sesuai dengan aslinya dan pastinya berkualitas tinggi.

Cara Download Foto Produk di Shopee

Nah, buat kalian yang menjual produk dari produsen atau distributor sebagai reseller atau dropshipper.

Kalian bisa meminta foto katalog produk pada produsen/distributor produk yang kalian ajak kerjasama.

Atau buat kalian yang mendapatkan produsen atau distributor yang juga memiliki toko di Shopee, kalian bisa langsung download gambar produk di Shopee dari produsen/distributor tersebut.

Cara simpan gambar di Shopee sangat mudah, untuk lebih jelasnya kalian bisa baca artikel ini: Cara Download Gambar/Images di Shopee Dengan Mudah

Cara Menambahkan Produk Shopee

Nah, jika sudah mendapatkan foto produk shopee yang akan dijual, baru deh kalian bisa upload atau tambahkan produk shopee di toko Shopee milik kalian.

Ada banyak cara menambahkan produk Shopee baik melalui HP atau melalui Shopee seller center di PC.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa coba beberapa cara menambahkan produk Shopee yang sudah pernah saya ulas berikut ini:

Dari 4 langkah awal diatas sebenarnya kalian sudah bisa mulai jualan dan buka toko di Shopee.

Beberapa langkah diatas adalah langkah dasar yang harus dilakukan sebagai cara jualan di Shopee bagi pemula.

Strategi Cara Jualan di Shopee Agar Laris dan Cepat Laku

Cara Jualan di Shopee Agar Laris Manis
Cara Jualan di Shopee Agar Laris Manis

Eits tapi tidak semudah itu Ferguso! Tidak sampai disitu saja.

Untuk bisa bersaing dengan para penjual Shopee lainnya yang juga menjual produk serupa.

Kalian harus tahu strategi cara jualan di Shopee agar cepat laku dan laris manis di borong pembeli.

Nah, untuk tahu kira-kira bagaimana cara jualan di Shopee agar laris manis dan cepat laku kalian bisa ikuti trik strategi cara jualan di Shopee berikut ini.

1. Buat Voucher Shopee untuk Menarik Pembeli

Cara jualan di Shopee agar laris dan cepat laku pertama yang bisa kalian coba lakukan adalah dengan cara membuat voucher toko Shopee untuk menarik calon pembeli.

Coba deh possikan diri kalian sebagai pembeli atau pengguna Shopee yang ingin berbelanja.

Pastinya hal pertama yang kalian lakukan adalah mencari produk harga murah atau mencari toko yang menyediakan vocher diskon atau voucher gratis ongkir atau voucher menarik lainnya bukan?

Nah, sama dengan sebagian calon pembeli yang juga mencari toko Shopee dari seller Shopee yang menawarkan cukup banyak voucher belanja Shopee yang bisa digunakan untuk mendapatkan potongan harga produk atau gratis ongkir Shopee.

Cara Membuat Voucher Shopee

Buat kalian yang masih belum tahu bagaimana cara membuat voucher Shopee, coba deh baca artikel ini: Cara Membuat Voucher Shopee, Tips Jualan di Shopee Laris Manis

Disana sudah saya jelaskan secara detail lengkap dan jelas tentang cara membuat voucher Shopee untuk para penjual atau seller Shopee yang ingin menambahkan fitur ini guna untuk menarik calon pembeli agar kepincut dengan toko kalian.

Siapa tahu karena tawaran-tawaran menarik salah satunya dengan adanya voucher, banyak pembeli yang menjadi cutomer yang loyal kan?

ini bisa kalian jadikan trik untuk meningkatkan penjualan di Shopee nih.

2. Tambahkan Harga Grosir Produk Shopee

Lanjut, trik dan startegi selanjutnya yang bisa kalian coba untuk meningkatkan penjualan di Shopee adalah dengan cara menambahkan harga grosir pada produk Shopee.

Tentu saja harga grosir yang ditetapkan harus lebih murah dari harga normal.

Nah, dalam hal ini kalian bisa nih tentukan minimal pembelian untuk mendapatakan harga grosir produk Shopee untuk para pembeli.

Bukannya malah rugi ya kalau harga diturunin?

Eits, jangan salah! dengan strategi ini kalian tidak akan pernah rugi kok karena apa?

Karena kalian akan mendapatkan orderan produk yang cukup banyak dari calon pembeli.

Soalnya kan beli lebih banyak harga lebih murah.

Harga grosiran Shopee ini biasanya akan banyak dicari oleh orang yang akan menjual produk kembali atau bisa dikatakan reseller dari produk Anda.

Nah, jadi double deh keuntungannya.

Kalian bisa dapatkan keuntungan yang lumayan besar dari penjualan produk dengan jumlah yang banyak.

Selain itu, kalian juga akan mendapatkan reseller yang akan selalu kembali untuk membeli produk di toko Shopee kalian. Menarik sekali bukan?

Cara Menambahkan Harga Grosir Produk Shopee

Nah, buat kalian yang ingin mencoba startegi cara jualana di Shopee yang satu ini.

Kalian baca penjelasan lebih lengkapnya di artikel ini: Cara Menambah Harga Grosir di Shopee

Disana saya sudah menjelaskan panjang kali lebar bagaimana cara menambahkan produk di Shopee.

Jadi, tidak usah dijelaskan lagi disini ya. Hehe.

3. Ikut Program Shopee Gratis Ongkir

Lanjut ke strategi penjualan Shopee agar laris manis dan cepat laku berikutnya nih.

Oke, jadi buat kalian yang ingin meningkatkan penjualan di Shopee pastikan Toko Shopee kalian mengikuti program gratis ongkir Shopee.

Kalian tahu kan? Shopee terkenal dengan program gratis ongkirnya ke seluruh Indonesia.

Ya, walaupun tidak sepenuhnya gratis ya karena itu hanya berupa potongan.

Tapi ini tidak masalah karena potongan gratis ongkir ini sangat berarti bagi para pembeli atau pengguna Shopee.

Adanya program gratis ongkir ini lah yang menarik perhatian masyarat untuk berbelanja di Shopee.

Cara Jualan di Shopee Gratis Ongkir

Lalu bagaimana cara jualan di Shopee gratis ongkir? Nah, untuk caranya kalian bisa baca di artikel ini: Cara Gratis Ongkir Shopee

Disana saya sudah menjelaskan secara detail mengenai cara gratis ongkir Shopee baik itu untuk penjual ataupun untuk pembeli yang masih belum bisa menggunakan voucher free ongkir dari Shopee.

Cek dan baca aja dengan teliti ya!

4. Promosikan di Sosial Media

Cara jualan di Shopee agar laris manis dan cepat laku berikutnya yang bisa kalian coba adalah dengan mempromosikan produk Shopee di media sosial yang kalian punya.

Akan lebih baik jika media sosial yang kalian miiki adalah media sosial khusus toko online usaha bisnis kalian.

Dengan begitu akan lebih terlihat profesional dong ya pastinya.

Nah, kalian bisa promosikan produk di Toko Shopee kalian di facebook, instagram, whatsApp, twirtter, line dan media sosial lainnya.

Dengan begitu toko Shopee kalian kalian lebih dikenal oleh orang-orang yang mengikuti kalian di sosial media.

Kalian juga bisa kok mengiklankannya di media sosial kalian.

Nanti deh saya akan bahas mengenai cara iklan produk di instagram atau cara iklan produk di facebook.

Jadi pantengin terus aja blog alvindayu.com ini. Hehe

Atau buat kalian yang juga ingin membuka toko di facebook. Kalian bisa baca artikel tentang :Cara Membuat Toko Online di Facebook, Ribuan Produk Sekali Klik Dari Wocommerce.

Ini bisa banget kalian jadikan referensi untuk membuat toko di facebook biar penjualan lebih meningkat.

5. Manfaatkan Fitur Promosi dan Iklanku di Shopee Seller Center

Selain bisa mempromosikan toko Shopee di sosial media.

Sebagai seller shopee kalian juga bisa loh manfaatkan fitur promosi dan iklanku yang memang sudah disediakan oleh pihak Shopee.

Cara Menggunakan Fitur Promosi dan Iklanku di Shopee

Bagaimana cara menggunakan fitur promosi dan iklanku di Shopee?

Nah, fitur ini ada di dalam Shopee seller center. Untuk selengkapnya kalian bisa baca artikel tentang cara menggunakan fitur promosi dan iklanku di Shopee.

6. Menjadi Star Seller Shopee

Strategi cara jualan di Shopee agar cepat laku dan laris manis yang terakhir dan sudah menjadi senjata pamungkas oleh seller-seller Shopee yang sudah senior adalah dengan cara menjadi star seller Shopee.

Ada banyak keuntungan yang akan kalian dapatkan ketika menjadi star seller Shopee.

Misalnya lebih di prioritaskan oleh pihak Shopee dan lebih banyak dicari oleh para pembeli. Kok bisa?

Ya bisa dong, star seller Shopee itu ibaratnya seperti penjual terpercaya di Shopee.

Karena untuk menjadi star seller Shopee atau mendapatkan undangan star seller dari Shopee kalian harus memenuhi syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pihak Shopee.

Jadi, sudah pasti star seller Shopee adalah para penjual terpilih yang lebih direkomendasikan oleh pihak Shopee.

Cara Menjadi Star Seller Shopee

Nah, buat kalian yang ingin tahu bagaimana cara menjadi star seller Shopee, buruan deh baca artikel tentang Rahasia Cara Menjadi Star Seller Shopee dalam Waktu Singkat.

Disana saya sudah jelaskan mengenai keuntungan menjadi star seller Shopee, Syarat dan Keuntungan menjadi Star seller Shopee, dan langkah-langkah gimana caranya jadi star seller Shopee secara detail dan lengkap.

Oke, munkgin itu saja kali ya penjelasan tentang cara jualan di Shopee untuk pemula.

Saya juga sudah jelaskan cara jualan di shopee tanpa stok barang dan cara-cara jualan di Shopee lainnya secara detail dan lengkap.

Buat kalian yang ingin jualan di toko shopee kalian laris manis dan cepat laku.

Kalian bisa coba cara jualan di Shopee agar laris manis dan mendadatkan gratis ongkir yang juga sudah dijelaskan diatas.

Nah, buat kalian yag sudah coba terapkan strategi cara jualan di Shopee ala Alvindayu ini.

Share yuk gimana perkembangan toko Shopee kalian di kolom komentar.

Komentar kalian bisa saja bermanfaat untuk orang lain yang membutuhkan informasi ini loh!

Komentar kalian juga berarti bagi saya karena saya juga sedang berjuang untuk membuat toko Shopee saya laris manis di serbu pembeli.

Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai akhir ya!

255K
SHARES
2.4M
VIEWS

Sosok wanita periang, dengan ketawa lepas, suka makan coklat sembari menulis. Suka makan tapi sulit gemuk! follow sosial media saya ya, biar kita lebih akrab lagi :D