Cara Daftar Kartu Pra kerja Online di Website Prakerja go id

Cara Daftar Kartu Pra Kerja – Pendaftaran kartu Prakerja atau bisa disebut dengan kartu pekerja sudah mulai di buka sejak tanggal 11 April 2020 kemarin. Daftar kartu prakerja online bisa dilakukan secara langsung di website resmi prakerja.go.id. Sebelum membuat kartu prakerja, kamu harus daftar kartu prakerja terlebih dahulu lalu login ke akun prakerja yang sudah dibuat. Namun, banyak yang mengeluhkan bahwa website daftar dan login www.prakerja.go.id sulit diakses bahkan eror.

Pendaftaran kartu prakerja dilakukan di seluruh daerah Indonesia. Seperti pendaftaran kartu prakerja Jakarta, Surabaya, Jawa Barat, Jawa Timur dan wilayah Indonesia lainnya.

Nah, untuk lebih jelasnya langsung saja yuk simak ulasan selengkapnya di artikel berikut ini yuk! Artikel ini  saya tulis berdasarkan pada referensi dari laman berita yang akurat dan juga menurut pengalaman pribadi saya! Penasaran kan? Langsung saja mari kita simak selengkapnya.

Informasi Tentang Pendaftaran Kartu Prakerja 2020

Oke, sebelum saya membahas tentang cara daftar kartu prakerja di laman atau situs resmi https://www.prakerja.go.id saya akan menjelaskan tentang informasi tentang kartu prakerja yang dilaunching atau diterbitkan oleh presiden Joko Widodo tahun 2020 ini.

Kartu prakerja adalah kartu yang dikeluarkan oleh pemerintah Presiden Jokowi dengan tujuan untuk membantu para lulusan baru atau freshgraduate dan juga para masyarakat umum  yang masih belum mendapatkan pekerjaan.

Oke, jadi nantinya kartu Pra Kerja ini bisa nih kamu gunakan untuk mendapatkan bantuan berupa biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia untuk meningkatkan keterampilan dan keahliannya.

Sehingga dengan begitu, masyarakat Indonesia bisa memiliki potensi dan skill yang bisa bersaing di dunia kerja untuk kedepannya.

Dari sini sudah paham ya tentang apa itu kartu Prakerja serta tujuan dan fungsi dari kartu prakerja yang dirilis oleh presiden Jokowi tepat pada tanggal 11 April 2020 kemarin.

Saya simpulkan lagi deh! Jadi, kartu pra kerja adalah kartu yang bisa digunakan untuk mendapatkan bantuan  biaya pelatihan khusus masyarakat Indonesia yang mau meningkatkan skill, keahlian dan keterampilannya!

Jadi, kamu bisa pilih nih ingin bekerja sama dengan mitra Pra Kerja yang ditunjuk oleh pemerintah yang mana untuk meningkatkan skill dan keahlianmu!

Secara umum, pemerintah sudah bekerja sama dengan 8 mitra Pra Kerja untuk tingkatkan keterampilan masyarakat seperti Tokopedia, BukaLapak, Skill Academy, Pintaria, Pijar, Sekolahmu, MauBelajarApa dan Kemnaker.

Kamu bisa putuskan untuk pilih mitra  Pra Kerja yang mana saja sesuai keinginan dan kebutuhanmu!

Keuntungan Memiliki Kartu Pra Kerja, Segera Daftar Online Sekarang Juga!

Oke, jadi bisa saya simpulkan lagi nih. Ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika melakukan pendaftaran dan memiliki kartu pra kerja yakni sebagai berikut.

1. Mendapatkan Bantuan Pelatihan Sebesar Rp. 1 Juta

Pemilik kartu pra kerja akan mendapatkan bantuan berupa biaya pelatihan sebesar Rp. 1 Juta.

Dengan begitu, kamu bisa kembangkan dan tingkatkan keahlian dan skill kamu dengan mengikuti pelatihan yang tersedia tanpa harus pikirkan masalah biaya.

2. Mendapatkan Intensif Sebesar Rp. 600.000/bulan Pascapelatihan

Nah, kalau sudah melakukan pelatihan. Kamu juga akan mendapatkan biaya intensif pasca pelatihan sebesar Rp. 600.000 tiap bulannya selama kurang lebih 4 bulan.

3. Intensif Survey Kebekerjaan Rp. 50.000

Tak hanya itu saja, kamu juga akan mendapatkan biaya intensive survey kebekerjaan sebesar Rp. 50.000 tiap surveinya. Kira-kira sekitar 3 kali survei. Sehingga total biaya yang akan kamu dapatkan adalah sebesar Rp. 150.000.

4. Mendapatkan Sertifikat Kompetensi

Tak hanya bantuan biaya saja, jika kamu sudah menyelesaikan pelatihan baik secara online maupun offline kamu akan langsung mendapatkan sertifikat kompetensi.

Dengan begitu, kamu bisa lebih percaya diri saat akan melamar kerja di suatu perusahaan.

Bagaimana? Menguntungkan sekali bukan? Kamu bisa langsung coba buat dan daftar kartu Pra Kerja sekarang!

Pembuatan atau Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka Tanggal 11 April 2020

Kamu tahu tidak? Sebenarnya pendaftaran kartu Prakerja ini sebelumnya akan dibuka pada tanggal 9 April. Namun, pemerintah mengundur pendaftaran kartu pra kerja ini hingga pada akhirnya resmi di buka pada tanggal 11 april 2020 hari Sabtu kemarin.

Penundaan pembukaan pendaftaran kartu Pra Kerja ini pasalnya dilakukan agar situs website www.prakerja.go.id yang nantinya akan digunakan untuk daftar kartu prakerja secara online bisa diakses secara lancar tanpa ada kendala teknis.

Ya kan? Kalian tahu sendiri kan server website resmi pemerintah terkadang memang mengalami maintance atau blank dan down sehingga tidak bisa diakses karena banyaknya orang yang membuka website tersebut.

Seperti yang terjadi pada webisite pln.go.id kemarin! Dari saking banyaknya orang yang membukanya sampai-sampai layanan pln.co.id down dan tidak bisa diakses!

Oke, jadi sekarang apakah situs website prakerja.go.id sudah bisa diakses secara online dengan lancar? Mari kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya!

Ketentuan dan Syarat Daftar Kartu Prakerja Online di www.prakerja.go.id

Melihat kesempatan di website www.prakerja.go.id daftar kartu Prakerja ini tentu saja saya tertarik untuk mencobanya!

Kebetulan saya adalah pekerja freelance saat ini, jadi tidak ada salahnya jika saya coba daftar di prakerja.go.id untuk dapatkan kartu Pra Kerja agar mendapatkan bantuan biaya pelatihan. Hehe.

Sebelum melakukan pendaftaran, saya cari dulu kira-kira apa saja syarat dan ketentuan untuk bisa daftar kartu pra kerja ini.

Berikut ini beberapa ketentuan dan syarat daftar kartu pra kerja yang harus saya dan mungkin kamu penuhi untuk bisa mendapatkan kartunya.

1. Warga Negara Indonesia Belum Punya Pekerjaan

Syarat pertama yang harus kamu penuhi untuk daftar dan dapatkan kartu prakerja ini adalah pastikan kamu adalah Warga Negara Indonesia atau WNI yang belum memiliki pekerjaan.

2. Berusia Minimal 18 Tahun

Selanjutnya, syarat untuk mendaftar kartu Pra Kerja adalah kamu harus sudah berusia minimal 18 tahun.

3. Tidak Sedang Sekolah dan Kuliah

Pendaftar juga tidak berstatus sebagai siswa atau mahasiswa. Ya, jadi pendaftar kartu prakerja ini harus yang sudah lulus sekolah dan kuliah dan sedang mencari pekerjaan.

4. Warga yang Terdampak Pandemi Covid-19

Syarat terakhir yang juga ditambahkan oleh pemerintah baru-baru ini akibat pandemi covid-19 adalah warga yang terdampak pandemi Covid-19 dan kehilangan pekerjaannya juga bisa mendaftar kartu pra kerja mulai pekan kedua bulan april 2020.

Hal ini juga sudah ditegaskan oleh Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksanaan Kartu Pra Kerja.

Cara Daftar Kartu Pra Kerja Online di Situs Prakerja.go.id

Kalau sudah memenuhi syarat yang sudah ditentukan oleh pemerintah diatas.

Dan kamu merasa bahwa kamu termasuk ke dalam kriteria tersebut, kamu bisa langsung saja coba daftar kartu pra kerja secara online melalui situs resmi prakerja.go.id.

Hal-hal yang Perlu Disiapkan untuk Daftar Kartu Prakerja

Sebelumnya, pastikan kamu sudah menyiapkan beberapa hal berikut ini untuk melakukan pendaftaran kartu pra kerja.

  • Nomor HP/Email aktif,
  • KTP,
  • Swafoto, dan
  • Jaringan Internet.

Langkah-langkah Cara Daftar Online Kartu Prakerja.go.id

Nah, kalau sudah kamu bisa ikuti langkah-langkah pendaftaran kartu pra kerja berikut ini.

1. Buka Situs Resmi www.prakerja.go.id

Webiste Prakerja go id
Webiste Prakerja go id

Pertama, kamu bisa langsung buka situs resmi www.prakerja.go.id.

Kamu bisa membuka situsnya melalui ponsel/HP atau PC/Laptop.

Pastikan ada jaringan internet yang lancar ya!

2. Klik Daftar Sekarang pada Beranda

Nah, kalau sudah kamu bisa langsung pilih menu Daftar Sekarang pada beranda prakerja.go.id.

3. Masukkan Email dan Buat Password

Masukkan Email dan Password untuk Buat dan Daftar Kartu Pra Kerja
Masukkan Email dan Password untuk Buat dan Daftar Kartu Pra Kerja

Berikutnya, kamu bisa masukkan email yang masih aktif untuk melakukan pendaftarkan dan dapatkan kartu pra kerja. Lalu, buat password dan konfirmasi password untuk buat akun pra kerja.

4. Pilih Menu Daftar untuk Mendaftar

Jika sudah selesai, kamu bisa langsung klik Daftar untuk melakukan pendaftaran.

5. Verifikasi Alamat Email

Cek Email untuk Daftar Kartu Pra Kerja
Cek Email untuk Daftar Kartu Pra Kerja

Lanjut, kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi email yang sudah kamu masukkan.

Verifikasi Email untuk Daftar Kartu Pra Kerja
Verifikasi Email untuk Daftar Kartu Pra Kerja

Cek email untuk lakukan verifikasi lalu, klik Verifikasi Alamat Email.

7. Selesai, Daftar Kartu Pra Kerja Berhasil

Sudah deh selesai, pendaftaran kartu pra kerja berhasil dilakukan.

Bagaimana jika mengalami kegagalan saat melakukan pendaftaran kartu pra kerja? Kamu bisa mengulangi proses pendaftaran kartu prakerja dari awal.

Login dan Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar Kartu Pra Kerja

Nah, kalau sudah melakukan pendaftaran. Kamu bisa langsung login ke akun kartu pra kerja yang sudah kamu buat sebelumnya. Berikut ini langkah-langkah login ke akun daftar kartu pra kerja.

1. Login Akun Daftar Kartu Pra Kerja

Email Terverifikasi Lanjut Login Daftar Kartu Pra Kerja
Email Terverifikasi Lanjut Login Daftar Kartu Pra Kerja

Silahkan lakukan login terlebih dahulu untuk daftar kartu pra kerja.

Masukkan Alamat Email dan Password untuk Login Akun Prakerja
Masukkan Alamat Email dan Password untuk Login Akun Prakerja

Masukkan alamat email dan password yang sudah kamu daftarkan sebelumnya. Lalu, pilih Daftar.

2. Lakukan Verifikasi KTP

Masukkan Nomor KTP dan Tanggal Lahir untuk Daftar Kartu Prakerja
Masukkan Nomor KTP dan Tanggal Lahir untuk Daftar Kartu Prakerja

Kamu akan diminta untuk memasukkan nomor KTP dan juga tanggal lahirmu. Masukkan nomor KTP dan tanggal, bulan, tahun lahir. Lalu, pilih Lanjutkan.

3. Isi Formulir Data Diri

Lengkapi Formulir Data Diri untuk Daftar Kartu Prakerja
Lengkapi Formulir Data Diri untuk Daftar Kartu Prakerja

Jika kamu masih belum memenuhi pengisian formulir daftar kartu pra kerja. Maka kamu akan diminta untuk melengkapinya terlebih dahulu.

Kamu akan diminta untuk memasukkan nama lengkap, alamat, hingga foto KTP dan foto selfie dengan KTP. Kalau sudah kamu bisa pilih Lanjutkan.

4. Masukkan Nomor HP

Lanjut, ke tahap ketiga. Kamu akan diminta untuk memasukkan nomor HP. Masukkan nomor HP yang masih aktif untuk daftar kartu pra kerja.

5. Lakukan Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar

Berikutnya, kamu akan langsung diarahkan untuk mengerjakan tes motivasi dan tes kemampuan dasar untuk mendapatkan kartu pra kerja.

FYI, tes ini diberikan untuk mengenali kompetensi dan juga potensi yang kamu miliki.

Dalam melakukan atau mengerjakan tes kompetensi ini kamu bisa menggunakan kertas, pensil atau bolpoin untuk oret-oretan dalam penyelesaian soal.

6. Pilih Pelatihan yang Diinginkan

Nah, setelah selesai melakukan tes motivasi dan kemampuan dasar.

Kamu bisa langsung pilih pelatihan yang kamu inginkan.

Selanjutnya, pastikan kamu selalud mengikut dan menyelesaikan semua kelas pelatihan yang sudah kamu pilih sebelumnya untuk mendapatkan kartu pra kerja dan sertifikat kompetensi.

7. Selesai

Selesai, sekarang kamu bisa belajar gratis di beberapa pelatihan yang sudah kamu pilih.

Tak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan intensif juga! Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera daftar dan miliki kartu pra kerja untuk masa depan  yang lebih cerah!

Website Prakerja.go.id Error dan Tidak Bisa Diakses?

Sudah tahu dan sudah siap daftar kartu pra kerja? Eh, tapi situs website resmi prakerja.go.id malah tidak  bisa diakses atau eror? Ini memang biasa terjadi. Dan bahkan juga terjadi pada saya juga saat ini.

Saat ingin melakukan pendaftaran kartu pra kerja, saya tidak bis mengakses websitenya untuk lanjutkan pendaftaran.

Saat saya buka websitenya untuk mendaftarkan diri dapatkan kartu pra kerja, website malah eror dan blank.

Jadi, sebenarnya apa yang terjadi?

Kenapa Website Prakerja.go.id Tidak Bisa Diakses?

Website prakerja yang tidak  bisa diakses karena error dan blank ini dikeluhkan oleh masyarakat termasuk juga saya.

Sebenarnya kenapa website prakerja.go.id tidak bisa diakses dan eror atau blank saat dikunjungi masih menjadi pertanyaan.

Jika memang server website prakerja.go.id yang down. Maka sudah pasti semua halamannya tidak akan bisa diakses.

Namun, ini hanya pada halaman daftar/login kartu pra kerja saja yang tidak bisa diakses?

Saya pribadi masih belum mendapatkan jawabannya.

Jika memang karena server eror atau down. Maka sebaiknya kamu bisa coba terus lakukan pendaftaran kartu pra kerja sampai berhasil.

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Eror dan Gagal Saat Daftar Kartu Pra Kerja?

Solusi yang bisa saya sarankan dan sudah terbukti berhasil pada kebanyakan orang yang juga sedang berjuang daftar dan buat kartu pra kerja di website prakerja.go.id saat ini adalah pastikan kamu selalu cek dan mencoba akses situsnya berulang kali.

Di waktu-waktu tertentu ada beberapa orang yang bisa akses prakerja.go.id. Mungkin untuk lebih efektifnya kamu bisa akses kartu prakerja saat dini hari sebelum banyak orang yang mengaksesnya!

Solusi ini diberikan oleh salah satu teman saya yang berhasil daftar dan buat kartu pra kerja! Kamu juga bisa mencobanya!

Saat ini saya juga tengah berjuang untuk membuat dan daftar kartu pra kerja. Nanti kalau sudah berhasil saya akan lengkapi artikel ini dengan gambar dan langkah-langkah cara daftar kartu pra kerja di www.prakerja.go.id lebih lengkapnya!

Jadi, pastikan kamu subscribe artikel ini ya untuk dapatkan info updatenya!!

Yang sudah berhasil atau gagal daftar bisa tuliskan di kolom komentar untuk sharing pengalaman. Terimakasih!

255K
SHARES
2.4M
VIEWS

Sosok wanita periang, dengan ketawa lepas, suka makan coklat sembari menulis. Suka makan tapi sulit gemuk! follow sosial media saya ya, biar kita lebih akrab lagi :D