Apa Itu SRG Gateway J&T





Apa Itu SRG Gateway J&T – Dewasa ini, penggunakan jasa ekspedisi semakin meningkat seiring daya beli masyarakat akan belanja online juga meningkat. Di Indonesia sendiri, jasa ekspedisi sudah banyak sekali bermunculan, muali dari JNE, Wahana, Anteraja, Ninja, Pos Indonesia, J&T, dan masih banyak lagi.

Buat kamu yang suka belanja online, sering gak menggunakan jasa ekspedisi J&T? Pernah gak sih kamu bingung dengan kode-kode yang ada tertera di status pengiriman kamu? Atau pernah gak sih khawatir karena status paket kamu tertahan/berhenti di SRG Gateway? Paham gak apa yang dimaksud dengan SRG Gateway yang ada di status pengiriman jasa ekspedisi J&T?

Oke guys kalau kamu mau tahu apa itu SRG Gateway, aku bakal jelasin di artikel ini nanti. Gak Cuma itu, buat kamu yang khawatir akan barang yang tertahan di SRG Gateway, aku bakal kasih alamat SRG Gateway J&T.

Aku juga bakal kasih tahu kamu nomor telepon J&T SRG Gateway.

Aku juga bakal kasih tahu kamu pengertian kode-kode yang sering ada di paket pengiriman kamu.

So, buat kamu yang ingin paham apa itu SRG Gateway, disimak baik-baik ya!

Apa Itu SRG Gateway?

Di saat sedang membeli barang secara online, apa yang kamu lakukan? Pasti selalu cek posisi barang kamu sampai mana ‘kan? Memastikan barang kamu akan datang kapan.

Nah, kamu yang sering pakai jasa ekspedisi J&T pasti sering mendapati status barang kamu di SRG Gateway. Kadangpun, cukup lama terhenti di sana. Lalu sebenarnya apa sih SRG Gateway itu?

Yap guys, aku bakal jelasin nih apa itu SRG Gateway. Sebelum masuk ke SRG Gateway, kita bahas dulu ya apa itu Gateway.

Gateway yakni gudang penyimpanan atau tempat transit barang/cargo di kantor utama sebelum nantinya barang tersebut di distribusikan ke kantor-kantor cabang kota yang dituju.

Di gateway atau kantor pusat inilah barang-barang atau paket-paket yang akan didistribusikan disortir.

Sedangkan SRG itu merupakan kode ekspedisi Bandara Ahmad Yani International Airport. Jadi SRG Gateway itu merupakan gudang penyimpanan atau tempat transit barang/paket yang berkantor pusat di Semarang.

Jangan keliru mengartikan kode SRG ini ya guys. SRG ini kode Bandara Ahmad Yani, sedangkan kode kota Semarang itu sendiri SMG.

Oh iya guys, perlu kamu ketahui, meski gateway ini menjadi gudang penyimpanan barang atau paket di pusat sebelum dilakukan pengiriman ke gudang cabang, kamu tidak serta merta bisa mengambil paket kamu dengan seenaknya di kantor penyimpanan.

Kenapa? Karena paket atau barang milik kamu itu perlu terlebih dahulu didistribusikan dari gateway atau gudang pusat ke gudang atau kantor cabang J&T terdekat sesuai dengan alamat yang tercantum dalam paket.

Nah, sudah tahu kan apa itu SRG Gateway. Sekarang aku bakal kasih tahu kamu nih kenapa barang-barang atau paket itu harus mandeg sejenak di Gateway untuk disortir. Berikut penjelasannya.

Tujuan Penyortiran Paket di Gateway

Banyak dari kamu yang bertanya-tanya mungkin ya, kenapa paket tidak langsung saja dikirimkan ke alamat tujuan? Kenapa harus disortir dulu? Ada tujuannya guys. Apa saja tujuannya, berikut aku uraikan.

1. Mempercepat Pengiriman

Tujuan penyortiran paket di Gateway yang pertama adalah agar paket-paket yang akan dikirim ke alamat tujuan lebih cepat sampai.

Dengan adanya penyortiran ini, membuat paket-paket telah dikelompokkan sesuai daerah atau lokasi tujuan. So, bayangan guys, kalau paket-paket tak mengalami penyortiran terlebih dahulu, pasti akan ribet dan lama sampai.

2. Membuat Alur Proses Lebih Teratur

Pengiriman paket atau barang itu tidak sedikit jumlah dan asalnya. Jika tak disortir terlebih dahulu, proses pengiriman akan kacau.

Baca Juga:

Maka dari itu, fungsi penyortiran salah satunya agar alur proses pengiriman barang menjadi lebih tertata dan teratur.

3. Mencegah Paket Tertinggal

Tujuan penyortiran selanjutnya adalah, mencegah paket tertinggal. Di dalam satu hari, banyak sekali paket yang harus didistribusikan ke alamat tujuan, nah, paket-pkaet tersebut pasti memiliki tanggal yang sama untuk dikirim.

Agar paket dengan tanggal yang sama itu tidak ada yang tertinggal, maka dilakukanlah penyortiran ini .

4. Membuat Rangkaian Jadi Terorganisasi

Berbagai macam paket dari berberapa wilayah tertampung. Jika tidak dilakukan penyortiran, rangkaian-rangkaian pengiriman paket tidak akan terlaksana dengan baik dan pastinya akan sulit sampai ke tangan konsumen.

Untuk itu, agar proses pengiriman paket terorganisasi dengan baik, dilakukanlah penyortiran ini guys, biar rapih dan aman terkendali.

Apa Penyebab Barang/Paket Dari J&T Berhenti Lama Di SRG Gateway?

Banyak ya di antara kalian yang menggunakan jasa ekspedisi dari J&T dan kadang kali mengalami barang berhenti di SRG Gateway cukup lama.

Selain proses penyortiran, ada beberapa hal nih guys yang buat paket atau barang kamu harus tertahan dulu di gateway cukup lama. Tapi gak perlu khawatir, itu hal wajar kok. Lantas, apa penyebabnya? Berikut aku jelaskan:

1. Overload

Overload adalah ketidak mampuan operator mengolah barang yang masuk karena terlalu banyak. Biasanya Overload ini terjadi karena adanya hari-hari besar atau hari-hari spesial.

Terlebih sekarang ini, sedang trend adanya harbolnas atau hari belanja nasional.

Atau juga sering karena adanyanya promo istimewa dari toko online pada tanggal-tanggal cantik seperti 10.10, 11.11, atau 12.12.

Banyak orang yang tak ingin terlewat promo murah seperti itu, dan hal inilah yang sering membuat kewelahan para jasa ekspedisi dalam menyortir barang atau paket yang masuk.

2. Barang Tak Tersortir/Tertinggal

Barang tertinggal atau tidak tersortir ini bisa berkaitan dengan adanya overload di gudang ya guys. Saking banyaknya, barang/paket kamu mungkin tercecer dari rombongan. Atau, bisa jadi kejadian ini adalah tindakan lali dari petugas.

Tapi tenang saja guys, barang ini tak mungkin hilang, hanya saja mungkin kedatangannya akan lebih lama dari perkiraan kamu. Kalau masih belum datang, kamu bisa melakukan komplain terhadap pihak J&T.

3. Petugas Banyak yang Absen

Ini merupakan penyebab yang manusiawi ya guys, mungkin pihak ekspedisi sedang kekurangan petugas penyortiran karena petugas ada yang sakit, jatah libur, ataupun resign. Hal ini yang membuat barang kamu tertahan cukup lama di SRG Gateway.

Tapi tenang saja, ini bukan hal yang mengkhawatirkan kok guys.

Itu ya guys penyebab barang atau paket kamu tertahan di SRG Gateway cukup lama, jadi gak perlu risau dulu ya. Lalu, gimana kalau barang kamu STOP dan tiak bergerak dalam waktu yang lama?

Oke guys, jika sudak terlalu lama barang kamu stuck di SRG Gateway, kamu bisa komplain dengan menghubungi pihak J&T langsung. Kamu bisa menghubungi mereka di beberapa kontak berikut:

  • Alamat SRG Gateway J&T: Randu Garut, Kec. Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah 50181
  • Nomor telepon J&T SRG Gateway: untuk SRG Gatewaynya belum ada ya guys, tapi kamu bisa menghubungi kontak pusat J&T di 021 8066 1888
  • Instagram: @jntexpressid
  • Twitter: @jntespressid

Itu ya guys ulasan aku tentang SRG Gateway, semoga bermanfaat!

Buka #Tag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *