5 Makanan Anti Mual Untuk Ibu Hamil Yang Bisa Anda Coba


5 Makanan Anti Mual Untuk Ibu Hamil Yang Bisa Anda Coba – Masalah yang umum dialami oleh para ibu hamil adalah mual terutama ketika memasuki trimester pertama. Jika Ibu Hami merasakan malas makan, maka hal ini masih wajar, tapi mau tidak mau harus diatasi. Jangan sampai anda dan janin dalam kandungan jadi sakit karena tidak mendapat gizi yang cukup.

Beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh para ibu hamil dan bisa membantu mengatasi masalah mual. Jadi untuk ibu hamil pastikan tidak memakan segala makanan seperti biasa saat anda belum memiliki janin dalam perut anda.

Berikut ini Jenis-Jenis Makanan Anti Mual Buat Ibu Hamil

5 Makanan Anti Mual Untuk Ibu Hamil Yang Bisa Anda Coba
5 Makanan Anti Mual Untuk Ibu Hamil Yang Bisa Anda Coba

Brokoli

Salah satu keluhan yang sering dialami para ibu hamil selain mual-mual juga gejala susah buang air besar alias konstipasi. Untuk mencegah hal ini disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan. Untuk sayuran, memperbanyak makan brokoli dianjurkan karena kandungan seratnya yang tinggi.

Tambahan lagi, dalam brokoli terdapat kalsium yang dibutuhkan oleh ibu dan janin,folat, lutein, zeaxantin, dan karotenoid yang baik untuk menunjang kemampuan penglihatan bagi janin. Memperbanyak konsummsi brokoli juga membantu mencegah gangguan hipertensi yang sering dialami oleh ibu hamil.

Yogurt

Kalau anda tidak suka susu, produk turunan dari olahan susu ini bisa jadi alternatif bagi anda, Ladies. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam yogurt malah lebih baik dari susu, lho. Soal rasa juga jelas lebih enak. Setiap sajian yogurt mengandung kalsium, protein , vitamin B6, dan Seng. Katanya nih, kalsium yang terdapat dalam yogurt malah lebih baik dari susu. Coba deh berbagai variasi sajian dari yogurt untuk rasa lebih enak dan tidak bikin bosan.

Berries

Biasanya wanita hamil punya kecenderungan menyukai makanan yang rasanya masa untuk membantu menetralkan rasa mual yang dialaminya. Kelompok buah-buahan berries ini bisa jadi alternatif untuk anda, Ladies. Ada strawberry yang sudah familiar dan mudah dijumpai, lau juga ada raspberry yang meskipun langka masih bisa dijumpai di supermarket. Begitu juga dengan blueberry.

Buah-buahan ini mengandung vitamin C dengan kadar yang tinggi, folat, potasium, serta serat dan antioksidan yang tinggi. Selain mencegah keluhan susah BAB juga bisa membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit selama masa kehamilan. Masih ada lagi zat lain yang terdapat pada buah-buahan ini, yakni phytonutrien yang membantu menjaga sel tubuh ibu dan janin agar tidak rusak.

Daging

Selama dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, tidak masalah dan tidak usah takut menyebabkan kolesterol atau kegemukan. Selain menyuplai kebutuhan protein, makan daging juga mencegah anemia atau kekurangan darah yang sering dialami oleh ibu hamil. Olah daging dengan cara dipanggang atau disup untuk menghindari penggunaan minyak yang tidak baik untuk kesehatan.

Kacang-kacangan

Nafsu ngemil selama hamil meningkat tapi takut efek sampingnya? Kalau begitu perbanyak saja stok kacang-kacangan di rumah terutama kacang kedelai, kacang hijau, dan kacang merah. Kacang-kacangan ini mengandung bahan yang diperlukan untuk menutrisi para ibu hamil. Misalnya saja protein, zat besi, seng, folat dan kalsium.